Review

Ingin Menyetrika Lebih Cepat dengan Hasil Lebih Rapi? Pakai Setrika Uap Aja!

Sudah menjadi rahasia umum deh kalau dari sekian banyak pekerjaan rumah tangga, yang paling bikin mager alias malas gerak adalah … menyetrika! Sering banget ada survey di beranda Facebook saya tentang hal ini. Meski nggak 100% ibu-ibu malas menyetrika ya, tapi sebagian besar lebih memilih nyuci, masak atau beres-beres dibanding menyetrika. Alasannya? Menyetrika itu monoton. Maju mundurin setrika selama berjam-jam. Belum lagi panasnya yang bikin daster kesayangan lepek karena keringat. Apalagi nih, kalau bajunya susah banget rapinya. Perasaan udah sepenuh tenaga menekan setrika, eeeh pas diangkat lha kok bajunya masih aja kusut. Pffttt.

Nggak heran kalau perkara menyetrika ini bikin ibu-ibu bete dan malas. Akhirnya nunda-nunda nyetrika. Kelar cuci dan jemur, udah aja itu tumpukan baju memenuhi keranjang. Dan pada akhirnya terciptalah mahakarya berupa gunung Everest dari tumpukan baju. LOL.

Baca: Tips Melipat Baju

Kalau kamu gimana, Nyak?

Errr … sama aja sih, hahaha. Trik menyetrika saya yang sungguh tak patut ditiru adalah baru menyetrika kalau bajunya mau dipakai. Suami mau berangkat taunya baju kerjanya masih di keranjang. Gedebukan deh saya nyalain setrika. Suhunya dinaikin dengan semena-mena dengan harapan baju cepet rapi dalam waktu singkat. Hasilnya? Sungguh luar biasa. Baju suami bukan cuma rapi, tapi juga warnanya cepat pudar. Dan kebiasaan saya yang nyetrika sebentar-sebentar tapi sering ini membuat tagihan listrik membengkak. Nooooo >,<

Akhirnya demi kemaslahatan bersama, baju kerja suami di laundry aja wes. Kalau baju saya sama anak-anak gampang lah, di rumah ini. Kusut-kusut dikit nggak apa, nggak ada yang melihat juga, hihi. Hasil laundry itu luar biasa ya. Bersih, rapi, wangi. Bikin saya envy. Kok bisa sih bajunya licin banget tapi warnanya nggak cepat pudar? Dan saya sempat nanya tuh sama mbak-mbak laundrynya. Pewanginya memang khusus, dan untuk hasil lebih rapi dan licin mereka pakai setrika uap. Hooo, ternyata itu rahasianya.

Setrika Uap Untuk Menyetrika Lebih Cepat dan Rapi

Setelah tau rahasia pakaian licin ala laundry, saya jadi pengen deh punya setrika uap. Kayaknya bakalan mempermudah pekerjaan menyetrika saya. Dan sebelum nyowel-nyowel suami buat minta beliin, saya musti punya alasan kuat kenapa saya harus punya setrika uap. Maka sayapun mencari kelebihan dan keunggulan si setrika uap ini. Dan inilah beberapa diantaranya:

1. Lebih Cepat

Berapa lama biasanya waktu yang dibutuhkan untuk menyetrika? Luama. Apalagi kalau baju kerja. Dipastikan betul semua sisi rapi. Ya bagian badannya, kerahnya, maupun lengannya. Dan biasanya yang ngeselin nih: Bagian lengan udah rapi jali, lanjut ke bagian badan. Bagian badan rapi, kok bagian lengan seolah-olah kembali ke bentuk semula? Alias kusut maning kusut maning?? Yassalaaam.

Tapi, kalau pakai setrika uap nggak bakal gitu sih. Panas yang dihasilkan dari uap air membuat baju lebih cepat licin dan nggak balik kusut lagi. Otomatis, hal ini membuat pekerjaan menyetrika lebih cepat. Kan bagus, jadi waktu saya bisa digunakan untuk kegiatan berfaedah lainnya, misalnya nonton drama korea *eh.

Baca: Berbagi Tugas Rumah Tangga

2. Lebih Hemat

Nah, ini. Karena menyetrika lebih cepat, otomatis bisa lebih hemat. Hemat apa? Lha yo buanyak. Hemat waktu udah jelas, hemat tenaga udah pasti. Hemat listrik juga, jadi pos untuk tagihan listrik bisa dialihkan ke hal-hal lain. Beli beras, bayar sekolah anak, atau beli gincu baru. Uhuy.

3. Lebih Rapi

Dan mengurangi tingkat stress. Beneran deh, capek-capek nyetrika terus pas bajunya mau dihanger kok ternyata kusut lagi, itu bisa meningkatkan kadar stress secara siginifikan. Mangkel, Jeng. Nah dengan setrika uap, kita bisa tersenyum puas melihat hasil setrikaan yang rapi dan licin seperti punyanya mbak-mbak laundy.

4. Lebih Awet

Saya itu semenjak nikah entah udah ganti setrika berapa kali ya. Dulunya pakai setrika hasil kado mantenan. Ternyata nggak panas, akhirnya beli lagi. Terus kabelnya kusut dan terbuka lapisannya sampai pernah pas lagi nyetrika itu kabel yang terbuka memercik api. Ngeri tenan. Nah, kalau setrika uap menggunakan bahan stainless steel, jadi lebih awet dan tahan karat.

Beli Setrika Uap di mana?

Nah, setelah tau keunggulan setrika uap dibanding setrika lainnya, dan restu suami sudah dikantongi, selanjutnya mau beli di mana nih?

Gampang, pasti banyak kok yang jual.

Tapi saya selaku ibu-ibu millenial tentu saja memilih yang paling mudah dan praktis. Iyap, cukup beli dari rumah, tinggal sekrol-sekrol di MatahariMall.com, pilih setrika uap yang diinginkan, bayar, terus tinggal nunggu barangnya datang deh.

setrika uap
Aneka pilihan setrika uap di MatahariMall.com

Pilihannya banyaak ya. Dan karena aku cinta ungu kayaknya bakalan pilih yang ungu itu deeeh. Dengan aneka kelebihan setrika uap plus warna favorit, kali aja menyetrika akan berubah menjadi pekerjaan favorit juga. Yakan? hehehe.

Kalian ada yang sudah pakai setrika uap juga?

7 Comments

  1. setrika uap kayaknya gak bikin capek ya ^_^

  2. aku suka lho nyetrika. Soalnya momen nyetrika satu2nya momen yg bisa nyetel film, hahaha. Kalau cuci piring mana bisa.
    So, yes nyetrika.
    Setrika uap? Sangat yes

  3. jadi nyetrika pake setrika uap gak perlu diteken-teken gitu ya Nyak biar licin. Saya sering tuh diteken biar licin bajunya soalnya udah dibolak balik setrika ulang tetep aja ga licin.

  4. saya jg lg ngincer nih perkakas mba, tp blom kesampean
    ヘ( ̄ω ̄ヘ)

  5. Aku pas cari setrika kemarin, disaranin sm mbak2nya pakai setrika uap aja. Tapi, akunya ragu karena harga. Eh, ternyata mmg kelebihannya oke ya dibanding setrika biasa

  6. Jadi pengin setrika uap. Setrikaku yg sekarang aku beli murah2an aja krn memang waktu itu nggak punya duit. Eh, kok sampai skrg nggak rusak2? Di lembiru aja po ya? Biar punya alasan beli setrika uap heheee

  7. Wah…mbaca postingan ini kok aku jadi kepengen setrika uap mbak..setrika ku agak error itu soalnya. Nunggu THR dulu☺

Leave a Reply

Required fields are marked*