Parenting, Profil Blogger

Belajar Parenting dan Tumbuh Kembang Anak Bersama Petualangan Zara

1478577428274

Petualangan Zara? Apanya petualangan Sherina? Sekuelnya kah? Saingannnya kah?

Hahaha, bukaaaan. Petualangan Zara ini nggak ada hubungannya sama Petualangan Sherina kok, meski keduanya sama-sama bercerita tentang anak. Bedanya, Petualangan Sherina berbentuk film sedangkan Petualangan Zara berbentuk blog.

Iya, Petualangan Zara merupakan sebuah blog yang berisi tentang cerita dua orang anak yaitu Za dan Ra yang dikelola oleh Ummi/Ibu mereka. Kania Ningsih, nama lengkap ibu mereka, merupakan seorang blogger wanita yang saya kenal sudah malang melintang di dunia perbloggeran Indonesia. Bahkan baru-baru ini, Mba Kania medapatkan award sebagai Blog of The Month (BoTM) dari Kumpulan Emak Blogger. Kereeennn.

Menurut Makmin KEB, kriteria untuk bisa terpilih menjadi BoTM adalah keaktifan mengisi blog dengan konten yang bagus dan bermanfaat selama 3 bulan terakhir. Mba Kania? Hmm..bukan hanya 3 bulan, tapi sepanjang perjalanan ngeblog, kayaknya Mba Kania belum pernah hiatus alias berlama-lama membiarkan blognya kosong. Mba Kania rajin mengupdate blognya yang ada….empat!

  1. www.rumahmayakania.com
  2. www.petualanganzara.com
  3. www.bersenangsenangdidapur.blogspot.com
  4. www.kaniadanbuku.blogspot.com

Empat blog dan diupdate secara teratur, what a…….*speechless*

[Baca juga: Satu Dasawarsa Mugniar Marakarma Berkarya]

Saya pernah baca, jika ingin mengelola blog secara serius, maka kita HARUS membuat waktu untuk menulis. Bukan sekedar meluangkan waktu. Kapan sempat, nulis. Kapan nggak sempat, nggak nulis. Lha iya kalau sempat, kalau nggak sempat mulu? Lumutan deh tuh blognya :D. Padahal blogger Tangerang ini sama lho kayak saya, Ibu dengan dua anak.

Mba Kania membuat waktu menulis saat anak-anak berangkat sekolah. Di waktu itulah Mba Kania merasa tenang dan leluasa dalam menulis dan mengupdate blognya. Inget ya, update blog, bukan sosmedan dan chit chat di grup mulu *kaya yang ngomong* *plaaak* Etapi anak saya belum ada yang sekolah, 24 sama saya di rumah, jadi nganu…harap maklum lah kalau saya repot dan kewalahan update blog. Dih, bisa banget ngelesnya.

Tentang Petualangan Zara

Header blog petualanganzara.com

Ah iya, dari keempat blog Mba Kania, saya paling suka mantengin yang petualanganzara.com, karena di situ banyak banget ilmu parenting dan pengetahuan tentang tumbuh kembang anak. Banyak juga cerita keseharian tentang Za dan Ra, tentang sekolah mereka, jalan-jalan mereka, dan lain-lain. Berikut yang dikatakan Mba Kania:

Blog ini berisi semua cerita saya tentang Za dan Ra, cerita liburan mereka, tumbuh kembang mereka, sekolah mereka, pengalaman kuliner, dan sebagainya. Juga, cerita tentang anak pada umumnya. Seru juga mengabadikan kegiatan anak-anak di blog. Semoga blog ini bisa menjadi kenangan indah tersendiri buat Za dan Ra kelak.

Ah, pastinya ya. Blog ini akan menjadi cerita yang menyenangkan untuk dibaca Za dan Ra. Bahkan, saya pernah baca kalau Za sudah mulai minta diajarin ngeblog. No wonder sih, children see children do. Menjadi anak dari seorang momblogger, Za pasti sering melihat kegiatan Umminya dalam ngeblog, dan semua kesenangan yang di dapat darinya.

Mba Kania pernah cerita, kalau ada kiriman hadiah ataupun produk sponsor, yang paling girang adalah anak-anak. Hahahaha, sama sih. Dan Ibunya melihat anaknya seneng pastilah tambah seneng^^.

[Baca Juga: Bersikap Manis pada Anak-anak]

Ada Apa di Petualangan Zara?

petualangan-zara
Mba Kania bersama dua buah hatinya, Za dan Ra

Seperti yang dikatakan Mba Kania, blog ini berisi banyak sekali tips parenting, tumbuh kembang anak, juga informasi seputar anak. Saya paling suka membuka label tumbuh kembang anak, karena banyak banget informasi dan tips yang berguna buat orangtua seperti saya.

[Baca juga: Tips Menjadi Istri dan Ibu Bahagia]

Ada tentang dampak buruk menakuti anak, tentang stimulasi anak dengan kecenderungan kinestetik seperti Ra, cara menghadapi sibling rivalry atau perselisihan antar anak, dan lain-lain. Kemarin saya sempet nanya sama Mba Kania, apa Za dan Ra sering berantem juga? Soalnya yang di sini nih, Wafa sama Ayyas sering banget berantem. Meski berantemnya ya paling pol rebutan mainan, atau rebutan minta dipangku bundanya, atau rebutan mau ngambilin minum bundanya, hal-hal yang kelihatan sepele sih, tapi kan tetep aja bikin pusiiiiing. Apalagi kalau ujung-ujungnya jadi lomba nangis *____*

Ternyata jawaban Mba Kania bikin saya berlega hati. Ternyata sama aja euy. Za dan Ra juga ada masanya sering berantem. Yang kakaknya hobi ngejek adeknya, adeknya juga hobi ngusilin kakaknya dan sukses bikin Mba Kania pusing juga ๐Ÿ˜€ Ada tiga hal yang dilakukan Mba Kania saat saya tanya gimana cara mengatasi sibling rivalry pada kakak adik.

  • Memberikan makanan kesukaan mereka. Kok? Iya, kata Mba Kania kalau Za dan Ra lagi marahan, sodorin aja makanan kesukaan mereka dalam satu piring. Udah deh, mereka asyik makan, ketawa-ketawa akhirnya suasana mencair. Hadeeh, anak-anak ya. Mangga manis merupakan makanan favorit keduanya.
  • Ajak jalan-jalan. Nggak perlu jauh-jauh, cukup keliling kompleks dengan jalan kaki atau naik sepeda. Dengan keluar rumah, menghirup udara bebas dan melihat pemandangan luar bikin suasana mencair dan Za dan Ra kembali asyik bermain bersama.
  • Metode Hipnosis untuk anak. Metode hipnosis untuk anak ini Mba Kania dapatkan saat mengikuti seminar parenting di sekolah Ra. Jadi ini semacam afirmasi positif yang terus-menerus dibisikkan kepada anak saat anak tertidur. ย Untuk Za dan Ra, Mba Kania rajin membisikkan agar mereka saling menyayangi dan rukun satu sama lain. Berikut saya kutip dari artikel Mba Kania ‘Hipnosis untuk Anak’:

Hipnosis adalah teknik membuka pikiran bawah sadar lalu memasukkan sugesti sesuai keperluan.Tips menghipnosis anak dari Bu Hayati Nufus yaitu dengan melakukan hypnosleep, dengan mengusap kening anak sampai tulang ekor (jika anak tidur miring) atau dari kening sampai leher (jika anak tidur telentang), sekitar jam 1 malam dimana suasana tenang. Sambil mengusap anak, kita bisa membisikkan sugesti kita di telinga anak. Misalnya, โ€œMulai sekarang kamu lebih sayang sama adik yaโ€, โ€œMulai sekarang kamu jadi anak yang soleh yaโ€, dan sebagainya. Bisa juga dengan membisikkan ayat Alquran (saya lupa surat apa ya yang disarankan Bu Hayati Nufus). Lakukan secara konsisten sekitar 1-3 bulan.

Rukun-rukun terus ya, kalian^^
Rukun-rukun terus ya, kalian^^

Saya pernah juga mendengar metode ini dalam parenting, tapi baru tau kalau namanya adalah Hipnosis. Beberapa kali juga mempraktekkan untuk Wafa, terutama saat dulu proses toilet training. Tapi kata Mba Kania, yang paling penting dalam hipnosis adalah konsistensi. Karena nggak akan bekerja maksimal kalau kita bolong-bolong ngerjainnya. Bukan hanya hipnosis, segala hal juga kunci suksesnya adalah di konsinten ya. Bahkan Allah SWT sangat mencintai amalan yang konsisten walaupun kecil/sedikit.

Dari โ€™Aisyah radhiyallahu โ€™anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu โ€™alaihi wa sallam bersabda,

ุฃูŽุญูŽุจู‘ู ุงู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุฃูŽุฏู’ูˆูŽู…ูู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู‚ูŽู„ู‘ูŽ

โ€Amalan yang paling dicintai oleh Allah Taโ€™ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.โ€

Nah, itu tadi sharing saya dan Mba Kania tentang bagaimana mengatasi sibling rivalry pada anak. Masih banyak ilmu dan tips parenting lainnya yang Mba Kania tulis di blognya. Jadi buat kamu para ibu atau orangtua, silakan kunjungi blog petulanganzara.com ya!

Salam,

pinky

23 Comments

  1. Makasih nyak, jadi ortu itu belajar sepanjang masa ya ๐Ÿ™

    1. Sama-sama Mba Kania <3
      Betuul banget. Semoga kita dimampukan ya Mba ๐Ÿ™‚

  2. Seruu bacanya..jd pengen kepoin juga deh blognya petualangan zara.hahaha

    1. Hai Mba Gena, makasih ya udah mampir^^
      Sok atuh kepoin segera.

  3. Bagus banget, ya blog Mbak Kania. Memang nggak salah jadi blog of the month.

    1. Bagus kontennya dan rajiin ngisinya, Fah ๐Ÿ™‚

  4. Nah iya, saya juga melakukan hal yang sama kayak mba Kania. Sering bisikin ke si kakak pas dia lagi tidur malem. Tapi, kurang satu langkah nih saya, soalnya belum mengusap2 sampai tulang ekor, kudunya praktek secara menyeluruh yaa. Baiklah malam nanti saya akan menyempurnakan prakteknya.

    1. Sama Peh. Kalau aku sama konsistennya sih yang masih kurang. Ha piye, kadang aku tiru duluan dari anak-anak, hahahha.

  5. Senang ya kalo kita bisa belajar banyak lewat blog.
    Keep sharing.

    1. Betul banget Mba. Yuhuu, keep blogging and sharing^^

  6. Metode Hypnosis pernah aku baca dan katanya berhasil lho mbak. Jadi penasaran mau cobain juga deh nanti kalau udah punya baby. Makasih tipsnya mbak!

    1. Ihiyy,,Amin Put. Ditunggu undangannya dulu :*

  7. Iy mba.. hmpir stiap mlm jg aku sll membisikkan hal2 pisitif k anak2

    1. Alhamdulillah Mba ๐Ÿ™‚

  8. Hypnosis… perlu ini tapi aku belum konsisten… he2

  9. Diriku juga bikin 4 dan sayangnya enggak teratur, heuheu.. *masih belajar manajemen waktu

    1. Mantap Uniii…lanjutkan!

  10. Masya allah
    Blognya mba kania banyaaak..saya satu aja ya kepegang. Keren kereen

    1. Beneeerr.
      Yuk sama2 belajar dari Mba Kania, Mba ๐Ÿ™‚

  11. Garap empat blog sekaligus? Aku mah nyerah. Hihii
    Mba Kania keren ya. Konsistensinya itu yang penting. Apalagi mba Kania rajin BW juga ๐Ÿ™‚

    1. Nah iya bener. Mba Kania rajin banget bewe.
      Hap hap, ayo semangat Mba Alida! ๐Ÿ˜€

  12. Wah empat blog dan update semua. Kereeeenn ๐Ÿ˜€
    AKu yg paling sering ke petualangan Zara itu mainnya ๐Ÿ˜€

    1. Toss Mba April, aku juga paling sering ke situ ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Required fields are marked*