Blogging

Jawilan Blogger: Nostalgia Jaman SD Hingga Kuliner Favorit

jawilan-blogger

Jawilan Blogger. Beberapa hari lalu saya lagi gegoleran di kasur sambil stalking timeline FB. Ternyata ada notif kalau saya ditag sama blogger kondang dari Tanah Pasundan sana, Teteh Nchie Hanie. Teteh yang satu ini rajin banget bewe ke blog saya. Kan akoh jadinya syenaang. Terlebih lagi kita sama-sama gabung di grup telegram Blogger Perempuan. Akhirnya kita pun makin akrab dan dekat. Eerrr, ini kayaknya saya aja yang ngaku-ngaku deh. Hahaha. Ampuni aku ya Teh :p.

Nah, terus apa hal Teh Nchie ngetag saya? Nawarin dagangan sprei?

Bukaaan >.< Teteh memperkenalkan saya tentang jawilan blogger. Jadi ini katanya dulu ngehits banget di kalangan blogger. Semacam pesan berantai gitu deh. Entah siapa yang memulai, nantinya blogger yang dijawil akan membuat postingan serupa dan menjawil blogger yang lain. Seru ya? Postingannya juga yang ringan dan asik-asik aja, nggak yang berat-berat semisal, “Berapa truk batako yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah?”. Nah, berat banget deh tuh.

screenshot_2016-09-15-12-23-41

Jawilan Teh Nchie ini ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab, dari nostalgia jaman SD sampai kulliner favorit. Lengkapnya, ini dia:

1.Siapakah nama guru SD yang pertama kali teringat? Dan apa cerita asik tentang beliau?

Saya langsung ingat sosok yang galak pol: Pak Darsono. Beliau ini punya senjata andalan yang selalu dibawa kemana-mana, yaitu tongkat yang dibuatnya sendiri. Pernah lihat orang bikin petasan nggak? Yang pakai kertas terus digulung-gulung dengan kencang? Nah. Tongkatnya Pak Darsono ya begitu itu. Petasan versi panjang.

Kalau ada murid yang lupa ngerjain PR, atau pas upacara lupa bawa topi, atau berisik pas pelajaran berlangsung, maka tongkat petasan itu akan langsung mendarat ke kepala. Sakit? Bukan cuma sakit kayaknya sih. Berkunang-kunang. Saya nggak pernah dapat jatah pentungan sih. Kan anak baik-baik, wahaha. Untunglah dulu belum jaman lapor-laporan guru galak kayak sekarang ya. Kalau ada, entah berapa kali Pak Darsono dilaporin. Orangtua kami dulu adalah tipe yang kalau kita ngadu, “Pak Guru galak”. Maka akan dijawab,”Mesti kowe nakal”. Nyesel doang cerita -___-

Tapi ada satu kenangan yang nggak mungkin lupa tentang Pak Darsono bagi saya. Suka ngasih duit buat jajan, hehehe. Mungkin nggak tega liat saya cengo plus ngences ngliatin temen jajan. Saya pernah tulis ceritanya di sini. Pak Darsono sekarang udah meninggal. Nggak pake sakit. Menurut cerita Ibu, beliau pulang dari sawah ngeluh pusing terus tiduran dan meninggal T___T. Al Fatihah untukmu ya, Pak :’).

2. Siapakah nama teman SMP yang teringat pertama kali dan apa cerita asik tentangnya?

DARWADI. Bukan kenangan asik sih sebenernya. Tapi lucu. Darwadi ini tipe anak yang nyantai slenge’an kayak nggak punya semangat hidup gitu. Sebel setengah mati sama Matematika. Padahal guru Matematika jaman SMP the best deh. Cantik, lembut dan sabar. Tapi nggak ngaruh buat Darwadi.

Suatu hari, inget banget kita lagi belajar tentang materi persamaan.

5x+2y=….

Yang gitu-gitu deh. Lupa sayanya juga, wkwkwk.

Darwadi kayaknya udah frustasi. Berulang kali dijelaskan sama guru, nggak mudeng-mudeng juga. Setengah menangis karena putus asa, dia nanya:

“Bu, ini sebenernya belajar kayak gini buat apa sih? Kan nggak bakal kepake juga di hidup saya. Nggak mungkin kan Bu nanti saya bilang, eh, Bang beli ciloknya dong 10x”

LOL.

Saya ingat Bu Guru tertawa sampai merah semua mukanya. Tapi sedetik kemudian, sosoknya yang anggun dan lembut telah kembali.

“Dar, karena kamu sedang sekolah, maka pelajaran ini perlu. Buat apa? Buat ngerjain tes, biar nilai rapot kamu bagus, biar kamu lulus”.

“Paham?”, pungkas Bu Guru.

3. Apakah kuliner di luar kotamu yang teringat pertama kali, di mana lokasinya danΒ  apa keistimewaannya?

Ini banyak banget, hahaha. Tapi yang teringat pertama kali Toge Goreng. Nyaaammm. Kenangan banget juga sih. Jadi hampir tiap wiken beli Toge Goreng ini bareng suami. Yaampun enak banget lah. Gurih, lontongnya lembut, bumbu tauconya berlimpah, daun kucainya segeeerr. Juara pokoknya. Ada dimana? Di GOR Ragunan. Seporsinya cuma 7 ribu. *Ngences segalon*

toge-goreng
Toge goreng khas Bogor. Gambar dari Kompasiana.

4. Pernah baca koran edisi cetak sebulan terakhir ini? Kalau pernah apa nama korannya dan bacanya di mana?

Pernah. Baca koran Fajar di hotel Makassar long wiken kemarin.

5. Jika kamu sempatkan meletakkan gadgetmu, kemudian melihat sekeliling di tempat umum, apakah kamu melihat keberagaman (manusia) yang ada?Β Apapun jawabannya , maka apakah yang ada dibenak mu melihat hal ini.

Kemarin sih ini pas perjalanan Makassar-Palopo. Hp lowbatt, jadi blas nggak pegang HP. Dan namanya penumpang di transportasi umum, pasti beragam banget ya. Yang ada di benak kemarin ngerasa terganggu dengan salah satu penumpang. Jadi itu kan bis malam, yang mostly pada pengen tidur karena ngantuk. Tapi ada satu penumpang yang lamaaaaaa banget telponan sama seseorang. Pembicaraannya bener-bener nggak penting. Semacam rumpi on the bus kali ya. Segala hal diomongin. Dan itu nggak cuma sekali. Udah ditutup, terus telpon lagi. Gitu aja terus sampai lebaran kucing.

Sempet ngerasa emosi tapi terus mikir mungkin beliau ini insomnia. Nggak bisa tidur, jadi yaudah ngobrol aja via telpon dengan someone. Mungkin seharusnya saya sarankan untuk baca nyakrotun.com aja ya :v.

6. Apakah angkutan umum terakhir yang kamu naiki, Asik ga sih perjalanan mu?

Nah, ini udah terjawab di nomer 5 :p.

7. Apakah pagi ini kamu sempat melihat matahari terbit? Kenapa?

Enggaaaakk *tutup muka*. Why oh why? Anak-anak tidur sianynya kesorean, tidur malemnya kemaleman. Jadi nemenin mereka main dulu sampai jam 11 lewat. ZZzzzz..

Tambahan pula lagi datang bulan jadi bangun siang deh *alasyan*

Udaaaah, sampai nomor 7 aja. Misi jawilan selesai. Yeaaay! Saya mau njawil Mba Ety abdoel, Jiah Al Jafara, Lendy Agasshi, ngg…siapa lagi ya?

Atau ada yang mau nulis kayak gini juga? Boleh banget lho :D.

Palopo, pertengahan September.

^Nyak Rotun^

65 Comments

  1. Hahahhaa..aku ngakak sosok Darwadi, mbayangin wajahnya unyu2 ga yaaa…
    Bu guru cantiknya, pinter jawab pulaaa

    Makasih ya Nyaaaak, udah mau jawab jawilan eykeh..
    Semangat ngeblog..!!

    1. Nggg…gitu deh Teh. Unyu2 nggemesin pengen nabok xD

  2. tia

    mbaa aku mauu dijawil juga… nih nih nih
    me likey cerita nostalgia soalnya. ehhee

    1. Aku tadi nyari-nyari. Ternyata belum temenan di FB ya? Hahaha. Udah aku add, approve segera yuaaa

  3. Wah ini jadi nostalgia banget yaa mbaa Rotun. Aku lupa nama guru SD aku mbaaa. Tapi ingat banget disuruh berdiir gara2 nggak bisa jawab matematika hihihii

    1. Masa Mbaa? Hahaha. Sambil pegang kuping nggak berdirinya? :p

  4. Oh ya lupa dengan Jawilan Blogger-nya Mbak Nchie. Hihihi…. Next week ya Mbak. πŸ˜‰

    Saya senang zaman dahulu. kita pure menulis. Tapi namanya hidup memang harus berevolusi. Yang penting tetap rendah hati dan tetap tulus.

    1. OIya Mba Susi juga dijawil ya.

      Bener Mba, setuju. Dan yang penting jangan lupa untuk bersenang-senang. Yeaayy.

  5. toge goreng itu gimana mba? masa cuma amkan toge gorneg doang nggak dikasih apa apa? :O

    1. Hahahahaha, aku ngakak. Belum pernah lihat dan nyicipin ya? Maaf-maaf. Udah aku tambahin gambar ya :*

  6. seru juga ya jawilan ini tapi yg dijawil tau gak ya?

    1. Iya Mba seruu. Tau Mba karena ditag via Facebook itu πŸ™‚

  7. Arg, toge goreng.aku belum pernah ngerasain Nyak.
    Ayo tanggungjawab.

    1. Ih aku aja ngidam ini Mbaak. Tapi mau bikin nggak ada tauco di Palopo, hiks hiks.

  8. Huaaa makacih mb rotun, nanti mbul nyusun jawaban duluk, biar keren ahahhaha #antusiaaas muach
    Eh pertanyaannya sama dg yang di sinikah untuk blogpostku mv? Apa temanya bebas?

    1. Cama-cama Mbul sayang.
      Iyaaa, pertanyaannya sama. Jawabannya yang bebaaasss *yaiyalah* xD

  9. Wikikiki… diriku juga dijawil temen buat posting beginian, tp belum bikin. Gmn rasanya teh? πŸ˜€

    1. Hayuk bikin, Uni. Rasanya? Syenaang. Nulisnya nggak ada beban. Asik banget Uni.

  10. kalo guru SD ingetnya cuma yang paling kejam haha

    1. Yaampun, Mba Tuty. Kejam. Hahaha.Galak ajalah Mba :v

  11. Wiiwwiu…pertanyaannya seputar masa lalu….

    Nanti aku jawab mantan, piye Nyaak…?
    ^^

    Siap…siap.
    In syaa allah bikin bp kaya gini…seerruu yaa…colek colekaan..

    Haturnuhun, Nyak sayaaang..

    1. Mantan? Boleeeh. Bebas pokoknya. Mau satu pertanyaan terus jawabannya satu blogpost juga boleh *eh xD
      Yuhuu, ditunggu postingannya ya :*

  12. Wuahhh ngences liat gambar toge gorengnya. Penasaran pengin nyicip πŸ™‚

    1. Bikin Mba Li, canggih mah Mba Lianny bikin masakan πŸ™‚

  13. Guru SD yang [aling ganteng namanya Pak Yatno dan paling galak Pak Salimi. Waaaaa, jadi merasa dijawil πŸ˜€

    1. Cieee..paling ngganteng. Aku nggak ada je.Tua2 semua gurunya, wkwkwk.
      Ayo Dek bikin jugaaa.

  14. Bernostalgia memang selalu menyenangkan ya mba. Kadang suka bikin senyum-senyum sendiri hehehe

  15. hahaha… saya ketawa aja wes mbak…

    1. Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, Mas πŸ˜€

  16. heheheh. si Darwadi lugu polos banget.. πŸ˜€

    seru juga ya ada jawilan blogger. aku baru tahu πŸ™‚

    1. Iya Mba, aku juga baru tau ini ada jawil-jawilan begini, hehe.

  17. Kalau saya guru SD yang paling diingat itu namanya Tini Supartini, rumahnya deket juga sama rumah saya. Bahkan beberapa kali sempat berpapasan di jalanan. Kemudian merasa takjub, karena bu Tini ga tua-tua ….. sementara saya ~ (kemudian curcol)

    1. Apakah Bu Tini adalah orang Sunda?
      Apakah Bu Tini masih mengajar sampai sekarang?
      Apakah akhirnya anaknya Ipeh menjadi murid Bu Tini juga?
      .
      .
      Jika iya, maka itu membuktikan bahwasanya kebanyakan seorang guru memang panjang umur dan awet muda.
      Masya ALLAH :)))

      1. jawil akuh jawil akuh nyak

        1. *tabok Kak Lidha* >,<

  18. Helena Foottrip

    Seru juga dijawil begini. Berarti pertanyaan dari si penjawil dan suka-suka dia ya. Mau dong nyak…

    1. Iya seru Mba. Aku aja ketagihan, hihi. Yuk bikin lagi yuk..

  19. Hehehehe seru seru nostalgianya. Btw.. Yg no 4 kalo aku pasti kesulitan krn dah lama gak langganan media cetak appaum

    1. Sama Mba Ade. Aku juga udah lamaaa nggak pernah baca media cetak. Tapi ndilalahnya kemarin kok ya pas di lobi hotel ada terus baca deh πŸ˜€

  20. Jadi tertawa terbahak2, ngekek istilahnya sehabis baca postinganmu mbk yang penuh humor jenaka.Peace dah

    1. Hahahaha, wes mirip stand up comedy hurung Mba? Tak ndaftar po? :p

  21. Bener banget mak, di tahun 2009-2010 jawilan ini ngeheits banget, bisa sampe puluhan loh pertanyaannya *hiks capek hayati heheheh
    Nomer 7 itu epicc dah πŸ˜€ hidup emak2

    1. Iyakah Mak Ran? Yuk kita lestarikan lagi. Seru ya.
      Puluhan pertanyaan? Oh em ji apa aja itu?
      Nomer 7 kayaknya banyak temennya ya, wkwkwk.

      Hidup Emak-emaaaks!

  22. Noe

    Hehehe seru ya jawil2an nya. Jd bernostalgia deeh pertanyannya

  23. dulu sering banget ya jawilan2, mention sesama blogger, ga peduli berapa backlink yang habis

    1. Gitu ya Kak Liza? Hahaha. Ayok kita mula lagi Kak. Seruuu!

  24. Aku ketawa-ketawa sendiri bacanya, lucu-lucu banget pertanyaannya, hihi. Sebagian jadi flashback memori jadul ya.

    1. Awas dikira kenapa-kenapa kok ketawa2 sendiri :v
      Yuk bikin juga Mba.

  25. Mba Rotun dulunya tinggal di Jkt ya? πŸ˜€ Jauh juga migrasinya ke Palopo πŸ˜€

    1. Huum Mba, 8 tahunan lah di Jakarta.
      Iya nih jauh banget ke Eropa, wkwkwk.

  26. Ooo itu to rupanya toge goreng….

  27. Malam2 baca postinganmu, bikin aku pengen makan toge goreng mbak hehehe

    1. Hahahaa, maafkaaan Mba April.
      Eh dirimu bikin juga kan ya? Mau mampir aaah

  28. seru juga nih idenya Mba Rotun, buat tulisan sekaligus mengenang masa lalu, hihihi πŸ™‚

    1. Iya Mba Ira, yuk ikutan bikin juga. Asik Mba, sembari bernostalgia πŸ˜€

  29. Baca-baca ini jadi mikir jawaban versiku sendiri mbak hihihi… mengenang masa laku…

    1. Yuk bikin juga Mba^^

  30. Aih, jadi teringat jaman dulu, wkt baru2 ngeblog dan belum begitu ngeh akan dunia monetization. Sering main jawil-jawilan gini, seru dan asyik! πŸ™‚

    1. Hayuk mulai lagi, Mba Al. Seru ya!

  31. Waaaaaaaaa πŸ˜€ Jawilan blogger seru nih hehehehe πŸ˜€

    Wkwkw kok guru yang galak gitu gampang banget diinget yak mbak :p wkwkwk

    Aaaaakh, Toge Gorengnyaaa :’ aku menyeraaaah jam segini liat foto itu :’

    1. Galak tapi baik hatiiii πŸ™‚
      Cuss beli laah toge gorengnya πŸ˜€

  32. Jadi pengen ngerasain tauge goreng. Kayak apa ya he he

Leave a Reply

Required fields are marked*