Review

Jenis Mainan Bayi Usia Tiga Bulan

mainan bayi usia 3 bulan

Pertumbuhan dan perkembangan bayi dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Seperti halnya pemberian mainan bayi di usia 3 bulan pertama yang dapat membantu merangsang gerakan si kecil. Walaupun sebenarnya bayi pada usia itu gerakannya masih sangat sedikit tetapi rasa ingin tahu mengenai benda-benda disekitar sudah mulai muncul. Jadi sebagai orang tua memberikan mainan kepada anak itu bukan hanya sebagai penenang atau penghibur saja tetapi juga harus berpengaruh positif pada tumbuh kembangnya. Makanya perlu banyak pertimbangan sebelum akhirnya menentukan mainan mana yang cocok untuk buah hati.

Baca: Mainan Anak, Beli atau Bikin Sendiri?

Mungkin Ayah Bunda pernah merasa bingung akan memberikan jenis mainan apa saja untuk anaknya di usia tiga bulan pertama. Atau lagi cari kado untuk teman yang baru melahirkan? Nah, berikut ini ada beberapa jenis mainan yang dapat dijadikan pilihan tepat untuk bayi, antara lain:

1.Mainan yang menghasilkan bunyi.

Sebagai pilihan pertama, Ayah Bunda bisa nih menyiapkan mainan yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Mainan kayak gini tentu akan membuat anak merasa senang dan berusaha untuk meraihnya. Mainan tersebut bisa ditaruh diatas tempat tidur dan di gantungkan. Apalagi sekarang ini banyak ditawarkan berbagai jenis dan bentuk mainan gantung yang secara otomatis mengeluarkan bunyi.

2. Tekstur mainan yang berbeda.

Saraf motorik bayi akan lebih meningkat saat diberikan beberapa jenis mainan yang mempunyai tekstur berbeda. Ayah Bunda bisa memilih jenis mainan yang bertekstur kasar, lembut, atau lainnya sebagai perkenalan awal untuk bayi. Selain dengan benda-benda yang ada di rumah seperti selimut dan aneka tekstur kain, sekarang juga banyak lho buku bayi yang isinya bermacam-macam tekstur.

3. Mainan yang dapat digigit.

mainan bayi

Di usia 3 bulan pertamanya, bayi masih suka memasukkan apa saja yang dipegangnya ke mulut. Makanya perlu diperhatikan pemilihan mainan yang memang dapat dimasukkan kedalam mulut dan tidak berbahaya. Teether warna-warni bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihannya ya, dengan rajin mencuci dan mensterilkannya :).

Nah, itu tadi beberapa jenis mainan yang dapat Ayah Bunda gunakan untuk memberikan hiburan kepada bayi dan juga memberikan rangsangan. Untuk mainan bayi 3 bulan ataupun 1 tahun pertama itu yang paling penting adalah tidak berbahaya jika dimasukkan kedalam mulut. Karena seperti yang diketahui bahwa di usia ini bayi masih dalam masa oral, jadi apa aja pasti deh hap, dimasukkan ke mulut. Jadi, hindari mainan yang mempunyai kandungan berbahaya yang bisa membuat kesehatan anak terganggu.

Masih ingat kan, beberapa waktu yang lalu beredar kabar mengenai beragam jenis mainan untuk bayi maupun anak yang mengandung berbagai bahan atau zat berbahaya. Apalagi mainan itu dijual bebas mulai dari toko tradisional, mall bahkan sampai dengan situs jual beli online. Makanya Ayah Bunda harus lebih selektif lagi dalam memberikan apapun untuk anak. Apalagi jika anak telah memasuki umur 3 sampai dengan 5 tahun yang sudah mengerti dan meminta apa yang mereka inginkan.

Baca: Ayyas Mau Naik Ambulans!

Yang penting jangan hanya memberikan apa yang diinginkan anak, tetapi tetap dampingi dan beri masukkan apakah itu mainan baik ataupun tidak. Orang tua juga harus lebih bijak untuk menjaga keamanan dan juga kesehatan anak dari ancaman berbagai jenis mainan yang berbahaya. Tumbuh kembang anak baik buruknya itu dipengaruhi oleh orang tua yang merawat, mendidik dan mendampingi sampai dengan dewasa.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan dalam pemilihan mainan untuk anak. Sebenarnya kalau dilihat, nggak terlalu banyak jenis mainan bayi 3 bulan, soalnya memang di 3 bulan pertama usianya, bayi belum terlalu membutuhkan mainan yang bermacam-macam. Ada ide mainan lain apa yang cocok untuk bayi usia 3 bulan?

Salam,

Nyak Rotun^^

Tags:

5 Comments

  1. mainan bayi emang emesh-emesh nyak.. hehehe masih setia belikan keponakan. soalnya belum punya dedek sendiri hihihihi

  2. Sama aku dulu juga koleksinya mainan yang agak beda teksture. Kalau yang agak besar gitu biasanya sewa

  3. Idealnya pas 3 bulan baru beli ya, mbak? Apa di tiga bulan pertama langsung?

  4. gagal fokus ke adek bayinya yg gemesin :::::)))))))

  5. masih ingat mainan bayi yang digantung pada zaman dulu. Warnanya merah dan bisa muter kenceng. Aku aja pusing melihatnya, langsung deh dicopot heheheh
    Tapi sekarang makin banyak jenis mainan bayi yang digantung yang beraneka warna

Leave a Reply

Required fields are marked*