Blogging, Contest

Ngeblog Lewat Smartphone? Kenapa Tidak?

ngeblog-lewat-smartphone-2

Ngeblog Lewat Smartphone? Kenapa Tidak?

Semenjak aktif ngeblog setahun yang lalu, saya memang sering menularkan virus ngeblog -atau nulis- ke siapapun. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Karena saya telah membuktikan, paling tidak untuk diri sendiri, bahwa ngeblog memberikan begitu banyak manfaat. Ngeblog bagi saya, merupakan me time paling asyik. Merupakan stress release yang paling ampuh. Merupakan ajang bagi saya untuk menghabiskan jatah 20.000 kata yang konon harus dikeluarkan oleh perempuan setiap harinya.

Apalagi kemudian, melalui blogging saya bertemu dengan banyak sekali teman baru, mendapat banyak sekali ilmu baru, networking yang luas, apalagi jika kemudian ada bonus berupa penghasilan tambahan lewat job-job yang saya terima dari blog. Uhuy banget kan?

Sampai saat ini, sering  sekali, entah itu teman di dunia maya maupun di dunia nyata minta diajarkan cara membuat blog. Dan satu hal yang seriiing sekali ditanyakan adalah, “Bisa ngeblog lewat smartphone kan? Nggak harus punya komputer/laptop kan?”

BISA BANGET!

Itu jawaban saya.

NGEBLOG LEWAT SMARTPHONE? KENAPA TIDAK?

 

Banyak banget kok teman-teman blogger yang dalam kesehariannya ngeblog pakai smartphone. Bahkan ada lho yang nggak pernah ngeblog pakai komputer. Awalnya sih katanya karena terpaksa, laptopnya rusak. Ternyata pas udah mulai ngeblog lewat smartphone, eeeh..ketagihan. Praktis, katanya lagi. Bisa ngetik sambil tiduran, atau sambil nyusuin anak *eh.

Iya banget ya. Apalagi smartphone sekarang, terus berlomba dalam menghadirkan performa yang mumpuni untuk mendukung gaya hidup masyarakat masa kini. Istilahnya dunia dalam genggaman tangan. Apa saja tinggal klak klik. Lha wong pesen ojek, pesen makan, pesen salon aja bisa lewat smartphone kok, apalagi blogging yang memang ‘mainnya’ di internet.

Saya sendiri, meski saat ini lebih sering ngeblog lewat laptop, tapi bukannya tidak pernah ngeblog lewat smartphone. Laptop ini kan sebelumnya punya suami, sebelum akhirnya dihibahkan ke saya. Jadi sebelumnya saya juga sering ngeblog lewat smartphone. Eh, bahkan sekarang, 70% kegiatan ngeblog saya masih pakai smartphone kok. Saya motret pakai kamera samrtphone, edit foto, kasih watermark juga memakai smartphone. Pakai laptop cuma ngetik doang deh. Maklumlah, saya ada dua krucils yang kalau emaknya buka laptop ikutan heboh. Heboh minta main zuma, main feeding frenzy, atau nonton youtube -___-

MEMAKSIMALKAN SMARTPHONE UNTUK BLOGGING

 

Seperti yang sudah saya tulis di awal, bahwa kebanyakan kegiatan blogging saya adalah lewat smartphone. Oiya, smartphone yang saya pakai adalah Samsung Galaxy J series, lebih tepatnya Samsung Galaxy J5. Saya beli kurang dari setahun yang lalu menggantikan smartphone saya sebelumnya, Samsung Galaxy Young. Warnanya tetep dong, putih.

20161120_075405-01

Do you know?

Dengan layar 5,0 inch dan berat 158 gram, menjadikan Samsung Galaxy J5 dan J7 sangat nyaman digenggam. Main displaynya jernih banget, tapi nggak silau. Ini karena Samsung Galaxy J5 dan J7 menggunakan teknologi super amoled yaitu teknologi yang menggabungkan lapisan layar dengan lapisan touchscreen menjadi satu. Itu yang bikin smartphone ini jadi lebih tipis dan lebih ringan. Dan itu tadi, nggak silau meski di bawah sinar matahari, jadi tetep nyaman buat stalking sosmed sambil momong bocah di taman atau di lapangan. Hahaha *jangan ditiru xD.

Pokoknya, sampai saat ini Samsung Galaxy J5 jadi andalan banget buat partner blogging saya deh. Selain yang sudah saya sebutkan di atas, masih banyak keunggulan lainnya. Yuk ah saya bahas, sekalian saya mau share cara memaksimalkan smartphone untuk kegiatan blogging saya sehari-hari. Cuss…

1. Foto

Kamera terbaik adalah kamera yang ada di genggamanmu saat ini. Itu quote favorit saya banget dalam hal pepotoan. Dan karena saat ini kamera yang saya punya adalah kamera smartphone, maka saya berusaha semaksimal mungkin dalam memanfaatkannya. Nah, Samsung Galaxy J5 kameranya cihuy banget dengan 13 MP di main camera, dan 5 MP di front camera. Jadiii…no wonder ya, hasilnya jernih! Laaafff <3

Baca: Food Photography dan Kamera Impian

Main camera
Main camera
Front camera
Front camera

2. Editing

Untuk editing, andalan saya adalah aplikasi Snapseed. Tapi karena hasil jepretan memang foto yang siap edit alias jernih, jadi saya juga ngeditnya nggak terlalu banyak. Hanya menambahkan sedikit brightness, kontras, sama saturasion. Itupun untuk foto makanan ya. Kalau foto lain kaya yang di atas itu nggak saya edit. Udah cling soalnya^^

Dan untuk watermark, saya pakai aplikasi Phonto. Saya udah nginstal banyak font lucu di sana, jadi pilihannya banyak, nggak cuma font bawaan Phonto aja.

Baca: Resep Dorayaki

?
Gambar mentah sebelum edit
maksimalkan-smartphone-untuk-blogging
Setelah edit menggunakan Snapseed dan watermark menggunakan Phonto

3. Nulis / Blogging

Untuk ngedraft, saya manfaatkan notes bawaan dari smartphone ini. Notes ini saya simpan sesuai dengan kategori blog. Jadi enak, kapan ada ide langsung bisa cepet nyimpen, biar nggak keburu menguap :D.

maksimalkan-smartphone-untuk-blogging

Nah, untuk kegiatan bloggingnya saya instal aplikasi WordPress di Samsung Galaxy J5 saya. Bisa ngetik dari sana, kalau ada komen masuk pun langsung ada notif dan enaknya bisa langsung balas komen dong. Jadi nggak kelamaan bales deeehhh.

maksimalkan-fungsi-smartphone-untuk-blogging1-jpg

Kalau untuk menyimpan foto apalagi untuk keperluan blogging, saya instal aplikasi dropbox. Ini memudahkan saya untuk membuka file dari mana aja. Kalau misal lagi lewat smartphone oke, lewat laptop juga hayuk aja. Karena akunnya kan sinkron.

maksimalkan-fungsi-smartphone-untuk-blogging2-jpg

Banyak banget yang diinstal, Nyak? Muat itu memori smartphonenya?

Alhamdulillah muaaat. Samsung Galaxy J5 dan J7 ini menyediakan kapasitas penyimpanan masing-masing sebagai berikut:

  • RAM Size (GB)2 GB
  • ROM Size (GB)16 GB
  • Available Memory (GB)10.9 GB
  • Dukungan memori eksternal dengan micro SD (up to 128 GB). Tapi saya masang yang 16 GB aja sih, itu udah cukup kok buat saya 🙂
screenshot_2016-11-19-15-42-48
Smart manager yang memudahkan kita memanage penyimpanan mamori maupun daya baterai

Oiya, untuk kegiatan blogging yang lain yaitu share blogpost ke berbagai sosmed dan blogwalking alias jalan-jalan ke blog lain, saya juga lebih sering lewat smartphone. Bisa sambil gegoleran, cyin!

4. Email

Ini juga penting banget. Nggak kebayang deh kalau mau lihat email harus buka laptop dulu. Sementara kadang email berisi tawaran kerjasama alias job bisa datang sewaktu-waktu. Dengan adanya email di smartphone, saya bisa langsung dapet notif kalau ada email masuk.

Selain itu email juga saya manfaatkan untuk subscribe website dan blog teman-teman saya. Jadi kalau ada newsletter baru atau ada postingan baru, saya langsung tahu dan bisa membacanya detik itu juga.

screenshot_2016-11-19-15-29-57
Newsletter dari Female Daily

***

Kelebihan lain blogging lewat smartphone selain praktis adalah mobilitas. Lagi naik busway atau KRL, bisa sambil bewe atau ngedraft postingan, sambil nunggu antrian bank, antrian dokter, atau sambil nunggu anak sekolah. Istilahnya kapanpun dan dimanapun bisa happy blogging tanpa riweuh harus buka-buka laptop. Ya kan?

Apalagi Samsung Galaxy J5 dan J7 ini udah support jaringan 4G LTE yang pastinya bikin koneksi internet makin wuss dan ngeblogpun makin lancar jaya.

screenshot_2016-11-19-15-29-20
Ngeblog asik dan multitasking dengan Samsung Galaxy J5 dan J7

RESULT

Apakah saya puas ngeblog lewat smartphone? Meski pepotoan hanya pakai kamera smartphone?

So far saya puas banget dengan hasilnya. Terutama foto ya. Dan alhamdulillah cukup banyak yang mengapresiai karya saya. Banyak yang nanya baik lewat email, instagram maupun blog Dapur Nyak kamera apa yang saya pakai buat motrek. Akhirnya saya pampang secara nyata di profil IG :D.

1466131109200
Email dari pembaca blog :’)

 

maksimalkan-fungsi-smartphone-untuk-blogging3
All pic taken by Samsung Galaxy J5. IG @dapurotun, udah follow belum? :p

Eh, ada yang penasaran kenapa saya pakainya yang J5 dan bukan J7?

Soalnya pas saya beli J7 belum keluar. Hahahaha. Btw bedanya di layar aja, kalau J5 5,0 inch, J7 5,5 inch. Sama baterainya juga sih. Kalau J5 3100 mAh, sedangkan J7 3300 mAh. Untuk yang lainnya relatif sama sih. Sama-sama dual sim juga. Sila kunjungi web resmi Samsung untuk tau lebih detailnya ya^^

Gimana? Udah nggak ragu lagi kan kalau blogging bisa bangeeet dijalankan lewat smartphone? Apalagi kalau smartphonenya menyediakan fitur yang keren macem Samsung Galaxy J5 dan J7 ini.

Kalau kalian, pernah ngeblog lewat smartphone? Share dong gimana cara kalian memaksimalkan smartphone untuk kegiatan blogging. Sharing is caring!

Salam,

pinky

59 Comments

  1. Kameranya bagus hasilnya . Blogging dengan smartphone malah lebih asyik kayaknya ya mbak. Jauh lebih praktis dan efesien. Gede juga ya memory nya. Lebih manteb dari notebook punyaku.

    1. Iya bening banget ini Sar.
      Kalau buat ibu-ibu iya banget deh lebih praktis ngeblog lewat smartphone. Karena bisa berlama2 di depan laptop itu sebuah kemewahan yang amat langka bagi kami, wkwkwkw.

  2. wuuow panjang ternyata alas fotonya.
    Aduh, kalao hapeku bener2 yg udah minta ganti. Cuma buat notes doang, baru bisa pindah ke draft. Perkara editing selanjutnya ttap pake laptop. Semoga ada rejeki buat beli samsung

    1. Hahaha, dia fokus ke alas foto
      Iya memang panjang Mba. Pas lah menurutku.

      Aku malah kalau editing blogpost enakan lewat hp Mba, mungkin karena layarnya kecil jadi lebih keliatan mana2 yang typo. Kalau lewat lepi seringnya kelewat euy.

      Amin, semoga segera bisa ganti hp ya Mba Lid :*

  3. Saya juga pake j5 ini. Tadinya mau ikut lomba, tapi katanya ada syarat harus buat minimal 5 post dulu di akun panitia lombanya, batal dech, saya kan baru, belum punya akun juga…

    1. Tooosss Teteh ^5
      Yaaah, sayang banget Teh. Bisa dikejar sih sebenarnya 5 post itu. Aktif di thread harian aja kalau aku Teh 🙂

  4. Sama mbak… lepi dipake buat ngetik aja, bw dan ngedit poto lebih seneng pake hape… lebih praktis… pernah liat J5 Punya Bapakku, emang bening banget kameranya…. pingin euy..

    1. Lebih praktis dan belum bisa ngedit pakai lepi kalau aku Mbaaa, hahaha. Corel apalagi psotoshop buta banget, huhu.

  5. Nyak iih….cakep banget deeh ulasannya.
    Lengkap dan inspiratif.

    Tapi kalau wp bisa enak gini Nyak…
    kalau punya tetangga (yang aku pake sekarang ini…), tampilannya sama fiturnya di HP gak sebagus WP.

    Seddihh….

    1. Iya banget Len, aku kan dua-duanya punya.

      Yang satunya tampilan di mobile nggak sama. Kalau wordpress sama plek, nggak ada bedanya. Jadi enakeun deh^^

  6. wow keren ulasannya mba… banyak aktifitas yang bisa dilakukan ya di handphone ini,
    apalagi kalo handphonenya mendukung, pasti puas banget,

    aku suka kameranya untuk J series ini, bening bingiittsss… hehehe

    1. Makasiiih^^

      Iya bening banget, syukak!

  7. Beniing nyak sebening hatimuu , samsung j series emg bisa diandalkan..

    1. Aw aw..Allahumma Amiiin, semoga jadi doa ya Mbaaa <3

    1. Aku mupeng juga, secara dia lebih lebar ya layarnya. Semoga ada rejekinya bisa upgrade ke J7. Amiiinn.

  8. Aku pakai smartphone buat bikin draft, utak atik foto, moderasi komentar dan blogwalking. Selebihnya masih pakai laptop karena aku anaknya old school, kayaknya kalau ngetik ngga pakai laptop rasanya kurang lengkap gimanaaa gitu, hahaha :p

    1. Wkwkwk, aku juga tadinya gitu. Sampai pas itu kondisi darurat. Udah mepet DL malah modem di lepi ngadat. Huhuu..akhirnya finishing pakai hp. Semuanya.
      Oh, ternyata bisa ya. Terus yaudah jadi nggak tergantung laptop banget jadinya.

  9. Wah jadi mupeng ni sama Samsung J5 🙂
    Banyak aplikasi yang mendukung buat nge blog yaa mba

    1. Iya Mba, worth it banget lah buat blogger.

  10. 20.000 kata sehari? Wah keren yaa kalau semuanya dibuat blogging. Bisa bikin 20 tulisan ^^

    1. Iyessss. Mantap banget ya kalau bisa 20 tulisan sehari, ckckkck. Kriting mungkin jempolnya buat ngetik. Hahhaha

  11. Nyak, belajar dong mau dong belajar sama Nyak. Cara ngatur properti biar tampilan foto stylish gitu. Saya maauuuu belajaaar nyaaak.

    1. Ayoookk…jadi nggak project kita ATM pixabay?

  12. Aku ga betah ngetik pake smartphone karena ga bisa 10 jari. Serasa udah ketik panjang ternyata cuma 300 kata. Tapi buat ngedraft oke juga, ada kategorinya gitu. Di HP ku ga ada. Haruskah aku ganti *hiks

    1. Wakakak. Ngenes ya. Aku malah kalau ngetik di laptop dikit2 ngelirik udah berapa kata. Hadeeh.
      Ngdraft bisa di Evernote Mba, coba donlod deh. Enak juga itu.

  13. Mba Rotun, aku kalau liat foto foto mba bawaannya lapar euy. Hihiii
    Aku juga pakai aplikasi Snapseed mba.

    1. Hahaha, baper ya Mba, bawaan laper :p
      Toos, Mba. Gampang ya pakai snapseed, dan hasilnya juga memuaskan.

  14. Oke. Masukkan J7 ke daftar nominasi kalau ganti hape. Hape yang ada sudah mulai bertingkah sih. Jadi, mulai lirik2 penggantinya 😀
    Saya juga BW, ngetik, sosmedan kebanyakan pakai hape. Tapi kalau posting blog nyaris selalu pakai laptop karena ngeditnya agak susah di hape. Pengaruh hape juga kali ya 😀

    1. Wahahaha, daftar nominasi xD
      Wah, kebalikan aku Mba, kalau ngedit pake laptop sering lolos yang typo2. Duh.

  15. jiyah kerennya Nyak satu ini, baru setahun tapi optimal banget, sukaaa!! Ajarin aku atu lah moto2 gituh.

    Aku seringnya ngeblog di hp juga, biar bisa apdet dimana aja hahah

    1. Aiih..tutup muka pake napkin. Optimal sebelah mananya, Teteeeehh?

      Iya apalagi blogger yang mobile kaya Teh Nchie, mbolang mulu. Penting update dari mana aja ya Teh 🙂

  16. Waah nyak ikutan? Diriku ga pede.. sampe deadline masih aja galau XD akhirnya ga jd ikutan, wkwk..

    good luck ya nyaaak…

    1. Iya Unii..
      Amiin..tararengkyuu..

  17. Aku tergoda dengan hasil karyamu, Nyak. Oh ini toh rahasia di balik foto kece itu.

    1. Hahaha, ku menggodamu ya Tis :p
      Betoel, inilah rahasianya, wahahaa.

  18. Pinjem donk henponnya mbak, hihihi bening2 ya potonya AKu msh belajar editing dan hasinya blm sebagus tmn2 yg lain. Ada tips gak mbak? 😀

    1. Hahaha..*lemparin ke Depok*

      Nggg..tipsnya nomer satu cahaya sih Mba, kalau cahaya bagus hasilnya juga pasti bening. Doakan bisa bikin postingan tips ala2 aku ya Mba :*

  19. keren banget ini artikelllnya … bermanfaat buat pemalas seperti saya hahaha … tapi klo lewat smartphone itu penyakit saya adalah typo mbak … mesti belajar lagi memang yaaa … TFS yaa 🙂

    1. Aih, Mba Riri..foto2mu sekarang kece2 beud. Sukaaa.
      Banyak typo karena belum terbiasa aja Mba Riri. Atau mungkin jempolnya perlu dikecilin dikit *kabooorr*

  20. Wah wah dah rame ni, mbul ketinggalan..
    Hmmm smartphone ya, aku batu bisa ngedit, watermark ama gridin foto, ama bewe doang klo pake hp, kerangka tulisan ama ngapload foto masih harus manual buka leptop…ini yang bikin repot dan jarang update emang hihi, sekalinya buka leptop uda deh ga kerasa tau2 uda malam

    1. Hooo..mbul hoo…
      Aku yang belum nemu nih, kalau upload foto dari hp nggak bisa diubah namanya. Padahal kan yang bagus buat SEO direname ya sesuai judul.

  21. Wuah hasil fotonya bagus-bagus. Kirain pake kamera itu 🙂
    Aku masih belum bisa ngeblog pake hp, ngetiknya jadi banyak typo dan lama banget hahaha.

    1. Makasih Mba Lii..sini nyumbang kamera buat aku, hahaha

      Emang sih kadang kalau ngetik dari hp kirain udah banyaaak gitu. Taunya masih dikit, wkwkkwk.

  22. Keren! Smoga sukse lombanya 🙂
    Sejak jd irt, brarti udah hampir 6 tahun, saya slalu ngeblog pakai hp… Ngeblog pake laptop br sekali aja wkt ikut lomba blog on the spot hihihi…

    1. Amiiiin, Teteh :*

      Waaah, Teteh lebih kereeen.

  23. Nyaak… Foto2mu selalu gemesin… Aku salut.. Untuk properti pepotoan sengaja beli nggak? Aku sampe sekarang urusan ngedraft lewat memo hp juga, klo foto lebih leluasa di lepi

    1. Aw aw..gemesin. Jadi pengen nyubit gitu? Wkwkwk.
      Iya, properti foto emang aku nyicil beli dikit2, tapi mostly buat food photography emang sih.

  24. Wah draf tulisannya banyak… foto-fotonya juga keren nyak…

    1. Aduuh, jadi malu. Draft nggak dieksekusi apalah artinya, Mba. Wkwkwk.
      Makasih Mba Ira :*

  25. Nyaaakkk..saya juga suka nge-draft pake HP, baru deh kalau agak selo ditambah-tambah dan diedit-edit lagi di PC.
    Kalo urusan foto, pinjem kamera Samsungnya si Opik, adik saya. Doain dong, biar bisa segera punya Samsung jugaaa.. Saya akui deh, foto pake kamera HP Samsung, hasilnya jauuuuh lebih bagus daripada pake HP saya. Huhuhuhu…

    1. Waah..toss deh sama si Opik, hihi
      Hayuk ganti samsung aja Mba Arin :p

  26. Kalau saya menjadikan smartphone sebagai modem Mbak, dan ini sudah berlangsung hampir 1 tahun. Berkat smartphoneku itu, aku jadi banyak menuai prestasi, smartphone emang membantuku sekali dalam mengejar cita cita sebagai blogger

    1. Saya tadinya juga gitu Mas, tapi belakangan jaringan di Palopo entahlah, sering kabur2an -____-
      Nyebelin banget pas dikejar kerjaan atau DL lomba. Akhirnya sekarang saya pakai Indihome :).
      Alhamdulillah, berkah terus ya Mas.

  27. CommentSalam kenal ya mbak. Mbak maap mau tanya utk ikutan lomba ini tuh apa betul harus punya postingan di female daily minimal 5 post ? Perasaan di persyaratan yg saya baca ga nemu ketentuan kya gitu. Soalnya saya member baru FD. Makasih ditunggu responnya.

    1. Hai Mba Dewi, di syarat lombanya memang nggak ada, tapi di thread tentang lomba ini, banyak hidden content yang hanya bisa dibuka oleh member yang postingnya minimal 5 post. Mba Dewi bisa buka dengan lengkap nggak threadnya? Atau ada yang hidden content?
      Nah, kemarin ini lombanya diperpanjang, terus syarat2nya semua dijelasin, nggak harus buka thread. Itu yang saya maksud kayaknya ada perubahan ketentuan dari Female Daily. Semoga jelas ya 🙂

      1. Nah itu dia mbak, pas awal tau lomba ini banyak yg hidden content karna saya member baru. Pas diperpanjang jd ga ada yg hidden content. Berarti saya bisa ikutan lomba ini dong ya mbak ?

        1. Iya Mba, bisaaaa. Hayuk ikutan :*

  28. Awalnya banget memang pakai handphone (dulu belum disebut smartphone ya, haha). Ya karena memang belum sanggup beli komputer, apalagi laptop yang dulu masih mahal-mahal banget. Kalau sekarang ya paling untuk blogwalking, balas komen. BTW itu memory kuat amat ya, mba. Segala macam disimpan, haha… Foto kamera depannya cakep juga, mba. Makin mantep deh Nyak Palopo ini 😀

Leave a Reply

Required fields are marked*