Review

Serba-serbi Tax Amnesty

[SPONSORED POST]

1474788729462

Serba-serbi Tax Amnesty. Akhir-akhir ini lagi heboh banget ya bahasan tentang Tax Amnesti atau pengampunan pajak. Tapi saya sih nggak terlalu ngikutin, lagian nggak ada harta saya yang musti diampuni kok *eh. Maksudnya semua harta saya yang tak seberapa selalu dilaporkan dan selalu taat membayar pajak. Jadi ya woles aja pas heboh tentang tax amnesty ini.

Meski awalnya nggak begitu ngerti, tapi punya suami yang dulu kuliahnya jurusan ekonomi meskipun bukan perpajakan, bisa lah ditanya tentang apa itu tax amnesty dengan bahasa sederhana biar istrinya ini ngerti. Jadi ada yang bingung nggak kayak saya dulu tentang tax amnesty ini?

Pengertian Tax Amnesty

Tax Amnesty atau Pengampunan Pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak meliputi penghapusan pajak terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT, dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan.

Jadi misal ada wajib pajak, katakanlah pengusaha A, yang nggak bayar pajak atas harta atupun asetnya selama bertahun-tahun. Nah, otomatis tunggakan pajaknya membengkak. Dengan adanya tax amnesty, dia bisa melapor dan nantinya akan diproses dan dia diwajibkan melunasi tunggakan plus denda atas keterlambatannya selama ini.

Banyak sekali warga Indonesia yang menyimpan harta dan asetnya di luar negeri lho, dengan harapan bisa terbebas dari kewajiban membayar pajak. Lha padahal kan dia orang Indonesia, yang menurut Undang-undang yang berlaku, wajib membayar pajak tanpa pengecualian.

Siapa yang Bisa Memanfaatkan Tax Amnesty?

Semua warga negara Indonesia:

  1. Wajib Pajak Orang Pribadi
  2. Wajib Pajak Badan
  3. Wajib Pajak yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM)
  4. Orang Pribadi atau Badan yang belum menjadi Wajib Pajak

Lalu Apa Keuntungannya Ikut Tax Amnesty?

Banyak banget isu yang berkembang tentang pengampunan pajak ini, sehingga banyak juga masyarakat yang bingung. Mesti ikut atau nggak ya? Apa keuntungannya sih kalau ikut Tax Amnesty?

Yang jelas banyak banget keuntungannya. Selain kita menjadi warga negara yang baik dan taat hukum, pastinya kita jadi lebih tenang karena sudah menunaikan kewajiban kita. Ya nggak?

Nah, beberapa manfaat ikut Tax Amnesty ini antara lain:

  1. Jika sudah ikut Pengampunan Pajak, atas harta yang dilaporkan tidak akan diperiksa lagi di masa depan.
  2. Jika ikut Pengampunan Pajak, maka akan dilakukan penghentian pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan, dalam hal Wajib Pajak sedang dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan.
  3. PPh Final atas pengalihan harta berupa tanah dan/atau bangunan serta saham akan dihapuskan jika Wajib Pajak ikut Pengampunan Pajak.
  4. Jika ikut Pengampunan Pajak dan dikemudian hari ditemukan harta yang tidak dilaporkan di dalam periode pengampunan pajak yakni harta per 31 Desember 2015 , maka temuan harta tersebut akan dikenakan tarif pajak sebesar 30 persen ( tarif PPh pribadi yang berlaku ) dan sanksi denda sebesar 200 persen.

Bagaimana Perkembangan Tax Amnesty untuk Saat ini? Dan Apa Manfaatnya untuk Negara?

 

Menurut yang saya baca di pengampunan pajak atau Tax Amnesty Sindonews, bahwa perkembangan Tax Amnesty saat ini cukup bagus. Bahkan presiden Jokowi optimis bahwa dengan TAx Amnesty sekarang ini, Indonesia bisa keluar dari kondisi ekonomi dunia yang melambat.

tax-amnesty-sindonews1

Menurut beliau, tax amnesty bisa menjadi solusi yang bisa dilakukan untuk menambah arus modal dalam negeri. ‎”Saya sampai saat ini masih optimis dengan program ini, saya bukan berbicara angka. Memang saya tidak pernah bicara angka, yang paling penting adalah trust dari masyarakat terhadap pemerintah kelihatan ad‎a,” ujarnya.

“Saya mengamati tax amnesty bergerak cepat dan aset deklarasinya sudah 1.029 triliun dan ini merupakan satu dari sukses tax amnesty yang ada di dunia. Saya sangat senang karena ini merupakan strategi Indonesia yang sangat baik,” papar Jokowi.

Masih menurut pengampunan pajak atau Tax Amnesty Sindonews, masyarakat begitu antusias mengikuti salah satu program pemerintah ini. Peserta sampai membludak di Ditjen Pajak hingga Menko Perekonomian Sri Mulyani langsung turun tangan untuk memantau jalannya Tax Amnesty ini.

tax-amnesty-sindonews

Waah, tentunya dengan progress yang baik seperti sekarang, kita optimis ya kalau ekonomi Indonesia bisa lebih maju lagi ke depannya.

 Baca: Jaringan 4G LTE

Nah, jadi sudah bisa memutuskan mau ikut Tax Amnesty atau nggak? Pastinya ikut lah ya. Yuk, jadi warga negara yang baik dan taat hukum. Orang bijak, bayar pajak :).

Salam,

Nyak Rotun.

 

17 Comments

  1. Wah tax amnesty rada berat nih bahasannya. Cuma yang pasti, Singapore udah kebat-kebit gara-gara kebijakan ini. Soalnya banyak duit orang Indonesia yang disimpan di bank-bank sana sih.

    1. Iya kabarnya gitu ya Mba. Tapi baguslah 😀

  2. Masih oral mudeng, pegawai biasa kayak gw masih perlu ikutan gak, sih?

    1. Kalau ada aset dan harta yang belum dibayar pajaknya ikut aja Mba.

  3. Kemaren dekopin juga ngundang orang pajak sosialisasi tax amnesty bagi koperasi. Pada baper dah mau ikut duitnya lumayan kalau ga ikut pemeriksaannya random juga…

    1. Iya, pada galaunya di situ ya Mba. Tapi mending ikut. Uang keluar banyak sekarang, tapi abis itu jadi tenang.

  4. Aku ga ngerti tax amnesty ini nyak. Tapi alhamdulillah si abang ngerti. Itu udah cukup. Yang selama ini berurusan ma kantor pajak ya dia, kalo aku mah nebeng npwp aj ;p

    1. Nah itu. Sama, hahaha.
      Cukuplah suami yang paham. Aku mah ngerti dikit-dikit doang 😀

  5. Hahaha aku idem sama Mbak Ayi. Semenjak pindah Jakarta NPWPku aku nonaktifin lalu nebeng suami.
    Yg aku tau TA bikin suami tetangga yang kerja di kantor pajak jd pulang agak malaman
    #apasihinimalahngomeninsuamitetangga :))

    1. Hahaha, kerjaan numpuk tuh pastinya.
      Nggak papa Mba, mungkin tunjangannya ditambah
      #lahdibahas :p

  6. Bahasan beraaat. Sama mba, ga ada harta yang harus diampuni jadi ga ngikutin soal beginian juga, wkwkw..

    1. Berat bangeeet, bantuin ngangkat Uni *eh

  7. jadi paham dikit2…. tfs nyak 🙂

    1. Sami-sami Mba Inne :*

  8. Aah..jadi inget belom bayar pajak juga niy.
    Lagi demam Tax Amnesty Pajak, soalnya mungkin banyak yang keberatan ya kalo bayar denda pajak yang besar.

    Mudah2an semakin sadar warga buat bayar pajak yaa *tunjuk diri sendir eaaa

  9. Saya nih semingguan kemarin sibuk ngurusin TA punya abah. Hehehe… Sebenarnya bayar pajaknya rajin tapi pas di laporan SPT di 2015 saya ga nyantumin aset. Kyaaaaa…. Tapi lega sekarang udah beres 😀

  10. Masih belum engeh banget sih sebenernya, tapi penting banget ya. Karena ternyata buat saya yang abis berenti kerja terus sering lupa lapor pajak (meski udah ga ada penghasilan dari kerjaan tetap) bakalan kena denda juga. Ini sempet kebat kebit mikirin dendanya 🙁

Leave a Reply

Required fields are marked*