Lifestyle

Tips dan Trik Melipat Baju Untuk Ecomom

Tips dan Trik Melipat Baju Untuk Ecomom

Musim hujan t’lah tiba

Musim hujan t’lah tiba

Hore, hore, horeeeee!

Ya, ya, ya. Itu lirik aslinya libur t’lah tiba sih, lagunya Tasya jaman doi masih imut-imut. Tapi sepertinya musim liburan kali ini juga berbarengan dengan musim hujan. Yakan?

Dan hujannya merata ya, seluruh Indonesia. Sering tuh di grup-grup WA ada laporan tentang cuaca terkini.

“Pagi Geeengs…Jakarta mendung sedikit gerimis nih, dengan lalu lintas pamer dada alias padat merayap tersendat-sendat.”

“Bandung juga nih, gerimis mengundang dengan lalu lintas pamer paha alias padat merayap tanpa hambatan.”

“Palopo malah dari semalam hujannya belum berhenti. Awet banget, mungkin hujannya habis makan bakso berformalin.”

Hayo ngacung yang suka laporan cuaca juga di berbagai grup chat? :D.

Dan salah satu problemnya Ibu-ibu di musim hujan itu ya seputar cucian dan perbajuan. Punggung encok karena di php sama matahari. Panas dikit, keluarin jemuran. Nggak lama hujan lagi, jemuran pun masuk rumah lagi. Begitu terus sampai malam menjelang xD.

Sekalinya hari cerah, maka jemuran beberapa hari yang numpuk banyak itu, kering. Tapi itu juga melahirkan masalah baru. Pandangan kita nanar karena dihadapkan pada pekerjaan lain: melipat baju. Hahaha.

Baca: Lelahnya jadi Ibu Rumah Tangga

Duhai, Betapa Trickynya Melipat Baju

Melipat baju buat sebagian orang mungkin kedengaran seperti pekerjaan sepele. Tapi, buat ibu-ibu kayak kita yang setiap hari ketemu sama lipatan baju pasti tau gimana rasanya melipat baju yang memakan waktu cukup lama.

Kalian pernah gak sih merasa kesal waktu sedang melipat baju? Kalo iya, sini toss dulu sama saya. Karena saya juga merasakan hal yang sama. Apalagi kalau saya nih, punya penyakit lumayan akut yaitu, males :p. Kalau baju kering masih dikit, suka menunda melipat. Ah, nanti lah sekalian. Pas udah sekalian: HAH, banyak amat ini baju, kapan kelarnya!.

Dulu saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam lho untuk melipat baju. Hehehe. Mungkin metode melipat baju yang saya gunakan terlalu ribet dan memakan waktu lama.

Tapi sekarang gak gitu lagi, horeeee.

Saya sudah menemukan cara melipat baju yang lebih cepat dan efisien, dan hanya butuh waktu 5 detik saja! Nah, sekarang saya mau share beberapa tips dan trik untuk melipat baju dengan cepat dan tepat. Mudah-mudahan bermanfaat buat para ecomom yang lain ya. Yuk disimak bareng-bareng.

1. Melipat dengan alat pelipat baju

Cara melipat baju ini menggunakan alat pelipat. Alat pelipat ini bisa kita dapatkan di toko-toko online, atau kalau kalian mau, bisa membuat sendiri dirumah dengan bahan dasar kardus bekas. Biar lebih gampang, yuk lihat tutorialnya:

2. Melipat agar lipatan baju tidak terlihat

Cara yang ini merupakan cara yang sangat umum di pakai dalam melipat kemeja pada keseharian kita. Cara yang simpel ini membuat kemeja mempunyai bekas lipatan pada bagian lengan atas dekat pundak dan bagian kanan-kiri badan kita. Agar bentuk lipatannya tidak terlalu membekas sebaiknya kamu tidak terlalu menekan lipatan-lipatan tersebut.

 3. Menggulung Baju

Kalau trik ini mungkin lebih cocok digunakan saat akan berpergian untuk travelling, agar semua baju yang kita bawa bisa masuk tas/koper. Cocok nih buat ecomom yang sering berpergian jauh dan sering membawa baju yang banyak.

4. Cara melipat baju dengan cepat

Nah, ini nih metode melipat baju yang lagi ngehits. Banyak ecomom yang sharing di Instagram. Setau saya cara ini adalah cara melipat baju dari orang-orang Jepang. Dengan cara ini, kita bisa melipat baju dengan praktis dan cepat. Kurang dari 5 detik kita sudah bisa melipat baju dengan sangat rapi. Wow.

Cara ini lah yang sekarang sedang saya terapkan, karena menurut saya ini cara yang paling cepat dan tepat untuk melipat baju dengan rapi. Kalau lihat sepintas sih kayaknya susah, tapi kalau udah dipraktekin dan terbiasa, gambang banget lho.

Tadaaaaa…!

Nah ecomom, itulah beberapa trik yang saya ingin share. Sejauh ini saya merasa cara-cara tersebut dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga saya. Waktu yang dibutuhkan untuk melipat baju nggak lama jadinya bisa melakukan pekerjaan lain deh, semacam sekrol medsos beberes rumah atau main sama bocah :D.

Kalian paling sering melipat baju dengan metode yang mana nih? Atau ada cara lain yang menurut kalian efisien? Kalau gitu kenapa gak coba ikutan #ShirtFoldingChallenge. Itu adalah challenge buat nunjukkin kemampuan kita dalam melipat baju dengan cepat dan praktis. Info lebih lanjut, kalian bisa cek di http://www.ecomom.co.id/shirt-folding-challenge/ , kalau menang hadiahnya mayan banget lho.

Yuk ikutaaaaan!

Salam

 

35 Comments

  1. Yang nomor satu itu biasa dipraktekin buat jual T-Shirt, pernah lihat pas pertama kali dan langsung ber’oo’ria, pantesaaan rapi (dan gepeng). Terus metode no.4 juga mereka pakai saat T-Shirtnya diobrak-abrik pembeli, praktis bener ngelipatnya ya.
    Nah, kalo paksu lebih suka ngelipat baju yang lengan ketemu lengan, jadi garis lipatan ada di tengah baju bukan dipinggir.

    1. Aku jadi ikutan ber ooo ria deh Mba. Ternyata pakai alat pelipat ya, pantes super duper rapi.
      Ih, aku paling sebel Mba kalau melipat baju model lipetannya di tengah, HAHAHA *Plis jangan dibilangin ke suami Mba Lidha ya :p

  2. aheiii… asyiknya. saya baru tahu ternyata ada alat buat pelipat baju ya. ahhh ke mana aja. Hellooo… aniwei cara ketiga itu jadi rapi banget ya mba. Bisa nih kayaknya saya tiru secara selama ini tak terlalu telaten urusan lipat melipat ini… 🙂

    1. Hahaha, sama Mba Ira. Aku juga baru tauuuu xD.
      Kalau aku dari kecil pakai nomer 2, ajaran dari kanjeng Ibu 🙂

  3. Baru tau saya ada tekhnik melipat baju dan ada alatnya juga..bisa dipraktekin nih mbak.
    Thanks info nya.

    1. Iya Mba, sama-sama ya^^

  4. Yeay..aku udh pernah nyobain cara melipat baju di gambar itu semuaa, udah pernah diajarin ibuku sejak kecil 🙂

    1. Aku cuma nomer 2 doang Mba, hihi. Diajarin dari kecil sama Ibu.

  5. Yang teknik keempat ini aku belum mudeng juga. Lalu menatap layar hape lekat-lekat 😀

    1. Hahaha, harusnya ada videonya ya Mba lin, biar lebih jelas :D.

  6. halo nyak rotun… biasanya aku pake teknik melipatnya konmari, cobain deh! lebih mudah dan lebih ramah space <3

    1. Aduh, gimana itu caranya Mba? Aku taunya konmari cuma teknik beberes rumah 😀

  7. dulu zaman kuliah, masih single dan belom ada buntut jago deh ngelipet yg efisien
    sekarang suka pusying duluan hahaha *emak macam apa akuu*

    1. HAHAHA, I feel you, Mba Ophi. Sehari aja lipetan buanyak banget Ya Allah aku lelah xD.
      Aku anaknya dua, lah Mba Ophi tiga. Kebayang deh, wkwkwk.

  8. Rata2 baju aku gantung smua… cuma yg daleman.aj di lipat egek malas x y…

    1. Digantung semua Mba? Lemarinya segede apa? Hahaha.

  9. ow ada alat pelipat baju ternyata. ada yg bisa lipet otomatis ga yaa *emak pemalas*

    1. Ayo Mba berdoa, sekalian ada mesih gosok baju. Duh, mau banget lah, hahaha.

  10. Aku selama ini kalau melipat baju suka belang bentong kadang nggak sama kanan kiri, hahaha. Baca ini jadi belajar lagi deh melipat yang bener. Syukur-syukur kalau bisa punya alat pelipat bajunya, hihihi.

    1. Iya aku juga penasaran deh. Itu mahal nggak ya alatnya *brb gugling*

  11. saya kalo melipat baju yang penting terlipat aja Mba, kadang gak sama lipatan yang kiri dan kanan hihihi 🙂

    1. Kalau saya harus rapi Mba, diajarin gitu dari kecil, huhu. Ibuku rapihan banget orangnya.
      Tapi sekarang pas punya anak berubah sih, yang penting cepet, wkwkwk.

  12. Ingin bisa melipat yang kayak orang-orang Jepang itu…praktis ya…
    Selama ini, kalau saya lipat baju, kanan kirinya gak selalu sama..hihihi…

    1. Memang perlu latihan sih ya Mba, kayaknya kalau pake alat itu dijamin sama semua deh. Beli yuk! 😀

  13. Wuahhhh…ini bisa dicoba bgt caranya..keliatannya gampang ya mba?hihi..cobain ahhh

    1. Iya Mba Gen, cepet dan rapi^^

  14. Baru tau juga kalo ngelipet baju bisa dilakukan dalam beberapa detik ya nyaaak. Kece!

  15. Yang terakhir sudah saya praktekkin tapi hasilnya warbyasah berantakan hahahaha.

  16. waw ada kompetisi ngelipet baju, kreatip amat ya berasa agustusan..

  17. Langsung praktek nomor 4.
    Satu dan kedua belum berhasil, pas yang ke 3, yay, I nailed it!
    Langsung pamer deh ke Yasmin, buah hatiku. Hahaha…
    Kalu begitu tak perlu sterika lagi dong yaa.

  18. Woow…
    Kalo di gambar ribet ngeliatnya, Mbak nomor 3 itu. Tp aslinya emang cepet n efisien banget

  19. Baru tw ada alat pelipat baju gt:D

  20. Aku pernah lihat video DIY yang bikin alat pelipat baju pakai kardus bekas. Mirip juga dgn yang ini ya mbak, tapi ini lebih custom. Keren beneran

  21. Baru tau ada alat pelipat baju. Tapi kayanya lebih oke cara ke empat yah. Coba ah …

Leave a Reply

Required fields are marked*