Profil Blogger, Travelling

Punya Rencana Liburan Keluarga? Simak Tips dari Tamasyaku.com dulu, yuk!

tamasyaku-com

Kemarin malam, pas anak-anak lagi main sendiri, saya ngobrol sama suami. Lebih tepatnya sih curhat bermuatan galau, tentang salah satu lomba yang pengen banget diikuti tapi belum punya amunisi. Itu lho, lomba blog tentang liburan ceria bersama anak. Yang sponsornya salah satu syrup penurun panas yang emang cocok banget buat anak-anak saya.

Terus galaunya di mana?

Karena belum punya foto pendukungnya. Sama sekali. Iya kita keluarga yang jarang banget liburan *cry*. Liburan terakhir adalah staycation di Zen Room Makassar awal bulan kemarin. Dan seharusnya itu jadi kesempatan emas kan buat hunting foto. Pas banget sama tema lombanya.

Ya terus?

Lupa beli syrupnyaaaaaa T___T

Sebenernya pas mau berangkat, bahkan dari mulai rencana mau staycation, udah kepikiran tuh. Ah, sekalian hunting foto buat tema lomba nih. Mantep. Tapi terus karena nunggu kepastian jadwal staycarion, yang justru fix pas udah deket sama harinya, bikin agak kesusu dan grasa-grusu. Bukan apa-apa, tanggal staycation berbarengan dengan long weekend Idul Adha. Udah ketar-ketir jangan-jangan kehabisan tiket  bis Palopo-Makassar. Alhamdulillah dapet. Terus mempersiapkan apa-apa yang mau dibawa. Rempong cyin, ketahuan ya jarang traveling, hahahaha *ketawa miris*.

[Baca juga: Staycation Zen Rooms Makassar]

Nah karena grasa-grusu itu mungkin, akhirnya lupa beli syrup yang mau di poto-poto di lokasi liburan. Padahal tau nggak sih, kita nunggu bis itu di depan apotek. Iya, apotek. Dan nggak ada yang inget. Baik saya maupun suami.

Pun pas sampai Makassar dan mendarat di hotel, udah lupa blas sama niatan foto buat lomba.

Kami menyesal. Menyesaaaaal. Dhuaarr!

Tapi yaudahlah udah terjadi mau gimana lagi ya kan?

Tapi paling nggak kejadian kemarin jadi pembelajaran banget buat saya dan suami. Terutama masalah pembagian tugas. Kemarin itu suami bilang, mbok ya kalau saya udah ada niatan mau sekalian poto-poto, ya tinggal beli aja itu syrup penurun panasnya. Nggak harus dia, nggak harus nungguin dia. Gitu. Sedangkan di pikiran saya, saya udah ngomong mulu dan nggak ditanggepin sama dia jadi mikirnya nggak setuju kali nih, yaudahlah.

Saya lupa bahwa laki-laki itu nggak bisa mikir banyak hal di waktu yang sama. Pas itu suami lagi mikirin tiket dan ngelarin kerjaan yang sekalian mau diserahkan ke bos di Makassar. Jadi ya sama sekali nggak fokus pas saya bilang berulang kali tentang si syrup ini.

Kesalahan telah terjadi. Selanjutnya nggak boleh gitu lagi. Agar kejadian itu nggak terulang, saya mutusin buat berguru sama seseorang yang suka traveling. Yang lebih berpengalaman dalam hal jalan-jalan, terutama bareng keluarga. Lalu saya ingat temen travel blogger saya, Primastuti Satrianto aka Manda. Travel blogger di tamasyaku.com.

tamasyaku
Blog Manda di tamasyaku.com

Kalau buka blognya, dijamin mupeng sama segala hal yang ada di sana. Tempatnya, kulinernya, dan juga kekompakan Manda dan suaminya, Panda. Beneran kompak dan serasi bangeeet.

Rahasia di balik Kekompakan Tamasyaku.com

Saya nanya ke blogger Jogja yang memiliki senyum manis ini, selama ini kalau traveling sama Panda itu gimana kok ya bisa kompak banget. Ternyata rahasianya ini nih:

1. Karena Manda pisces dan Panda cancer. Hah ngaruh ya? Menurut Manda sih gitu. Saya sendiri nggak terlalu hafal dan ngerti sama zodiak :D. Tapi bukan tanpa alasan juga sih. Manda sama Panda ini emang udah kenal dan berteman dari jaman SD, berlanjut sampai sekarang jadi teman hidup. Aih, dari temen jadi demen ya judulnya. Makanya ya nggak heran juga kalau mereka super duper kompak. Semoga dengan berjalannya waktu, saya dan suami juga bisa seperti mereka, menjadi teman dan sahabat  bukan hanya untuk perjalanan liburan, tapi juga perjalanan hidup. Ihir.

2. Kesamaan hobi, yaitu jalan-jalan dan makan-makan. Nah poin yang ini sama sih sebenernya. Dan hampir tiap orang punya hobi ini kayaknya. Hanya kadar menyeriusinya yang beda-beda. Kalau saya dan suami, memiliki liburan keluarga yang terjadwal masih sebatas niat. Sedangkan Manda dan Panda mengaku, hampir tiap weekend mereka tamasya, meski hanya ke tempat-tempat yang dekat dengan rumah saja.

3. Pembagian tugas yang jelas. Nah ini nih poin pentingnya. Jadi biasanya kalau mau tamasya, Panda ngusulin beberapa tempat dan nyiapin budget liburan. Sedangkan Manda memutuskan tujuan liburan, gugling akomodasi dan direktur keuangan. Artinya Manda yang mengatur semua kebutuhan dan logistik selama liburan. Wiiih, rapi ya. Boleh banget ditiru nih. Biar kejadian kayak kemarin nggak terulang lagi.

4. Planning yang matang. Ini juga penting banget ya. Karena dengan perencanaan yang matang, persiapannya juga lebih maksimal. Nggak pake ada acara lupa atau ketinggalan barang *lirik suami*. Untuk tamasya yang deket rumah, Manda mengaku lebih fleksibel aja. Artinya kapan ada waktu longgar ya ayo jalan. Tapi jika tujuannya jauh, planningnya bisa 2-3 bulan sebelumnya lho. Wiiihh.

[Baca juga: Tips Menjadi Istri dan Ibu yang Bahagia]

Beberapa hal Terkait Persiapan Liburan

Nah, selain berbagi rahasia tentang kekompakan liburan mereka, Manda juga berbagi tentang apa saja sih hal yang perlu diperhatikan saat memepersiapkan sebuah liburan. Hal ini penting karena jangan sampai liburan  yang dibayangkan sebagai ajang untuk melepas penat dan bersenang-senang, malah akhirnya jadi bete karena terganggu dengan kurangnya persiapan kita, misalnya saja bensin habis di tengah jalan. Nah lho, bete banget kan?

Jadi, jangan lupakan hal-hal berikut ini saat mempersiapkan sebuah liburan ya:

  1. Membawa uang berlebih dalam bentuk cash. Karena biarpun anggaran liburan sudah disusun, kadangkala ada aja kebutuhan tak terduga saat liburan. Sedangkan, nggak semua tempat liburan ada fasilitas ATM. Ya kan?
  2. Isi bensin full tank. Untuk mencegah kejadian kayak yang di atas tadi.
  3. Membawa obat-obatan. Meski kita berangkat dengan kondisi sehat wal afiat, tapi sebagai manusia kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi. Misal sakit di perjalanan, belum tentu nemu toko obat kan?

Nah, gimana? Akhir tahun sudah di depan mata, udah punya rencana liburan belum nih? Jangan lupa tips dan trik dari Manda ini dipraktekkan ya. Kalau mau dapet referensi liburan dan tips seputar liburan, bisa kepoin blog Manda di www.tamasyaku.com . Di jamin kumpliiittt. Searchingnya juga gampang, karena di side bar blognya, Manda membagi kategori menjadi seperti ini nih:

tamasyaku-com
Kategori wisata yang komplit di blog tamasyaku.com

Dengan persiapan yang matang ala tamasyaku.com ini, semoga liburan kamu jadi lancar dan menyenangkan ya.

Yuk, piknik!

39 Comments

  1. Enak banget ya kalau bisa selalu menyempatkan diri liburan berdua aja sama pasangan. Karena partner liburan yang paling menyenangkan memang pasangan halal.

    1. Bener Mba, bebas mau ngapain aja ya. Dan yang pasti lebih tenang karena didampingi sama muhrim 🙂

  2. Wah seru banget ya liburannya, ikutan mupeng deh

    1. Ayo Mba Naqi jalan2 juga 😀

  3. Liburan memang bikin hubungan makin sip mba. Apalagi sambil poto potoan. Hihii

    1. Nah itu, kalau aku seringnya lupa poto2, hahaha. Saking asiknya menikmati liburan. Maklumlah jarang2 Mba :D.

  4. Mandaaa selalu bikin mupeng liburannya. Kompak selalu ya mandaa.
    Hihihi, baca ceritamu aku jadi ingat diriku sendiri. Kalau pergi kemana gitu, selalu mikir buat foto2.
    Ya kali suatu saat bakal kepake gitu Nyak.
    Tapi ya jangan serius amatlah, malah gak nikmati perjalanan kalau mikirin foto.
    Apalagi kayak aku yg gak terampil memotret pasti makan waktu.

    1. Itu dia Mba Ety. Saking asiknya jalan2 sampe lupa rencana awal mau pepotoan, wkwkwk. Iyasih Mba, kebanyakan moto jangan sampai mengurangi keasikan liburan ya.

  5. Liburan nggak bareng pasangan nggak seru banget, badannya di mana pikirannya dimana hehe

    1. Wahahaha, komen of the day nih Mba Tuty. Iya bangeeet, hihi *udah pernah ngrasain*.

  6. Wow akipun mau ah kalau nanti sudah berkeluarga bikin jadwal tetap buat liburan hehehe. Makasih kak Manda inspirasinya dan makasih kak rotun udah merangkum tips dari kak manda:D

    1. Asik asiiik..*nunggu undangan *eh

  7. Ngiri sama Manda dan Panda hehe
    Kapan ya aku bisa pergi berduaan aja ma suami?
    Lalu bingung anak2 ma siapa :))

    1. Wahaha, toss banget Mba April. Buntutnya nggak bisa ditinggal dan nggak ada yang bisa dititipin.

  8. Ayok liburang bareng nyaaaak!
    sama Ijukers pasti rame bianget.

    1. Ih mau bengat lah Nyiii. Rame bin heboh pastinya 😀

  9. Kategori wisatanya Manda, beragam ya… asik banget bisa menjelajahi semuanya 🙂

    1. Iya Mba Nurul. Tinggal dipilih…dipilih…dipilih…xD

  10. Blognya diisi bareng suaminya jg mb? Ih kereeeen..

    1. Iya Uni, tapi kalau untuk nulis kayaknya sih Manda yang pegang. Coba saya panggilin Manda ya.
      Mandaaaa…ada yang nanya nih 😀

  11. laki-laki itu nggak bisa mikir banyak hal di waktu yang sama <– nah ini nih, suamiku sering bilang gitu hihihi.
    Katanya kalo kebanyakan wanita yang biasanya mampu multitasking, memikirkan beberapa hal/pekerjaan sekaligus 😀

    1. Betoel syekali Mba Li. Cuma kadang kitanya lupa ya. Menganggap bahwa mereka itu kayak kita. Lalu berujung kecewa *lah curcol

  12. Seneng ya kalau bisa kompakan dengan suami masalah jalan-jalan

  13. Kompak banget sekeluarga suka jalan-jalan. Tamasyaku bisa buat cari referensi liburan keluarga nih.

    1. Huum, Mba Len. Monggo diintip-intip 🙂

  14. Nyaaak, gue banget nih! Sukak lupa sama barang endorse eh bukan ding barang buat lomba. Jadi sekarang eike kudu buat alarm di hp, nyak. Biar kagak lupak. Etapi, kadang tetap saja, masih ada yang lupak.
    Welcome a board ya mak.
    Ada cerita nih, Pas travelling ke Lampung, eike bawa satu tas pernak-pernik foto, mereka pada takjub! Hihihi… niat amak ya mbak, kata mereka. Lalu mereka ikutan foto jugak. Hahaha… menularkan virus kontes foto.

    1. Wahahaha, tooosss lah Mba.Terlalu banyak pikiran kali ya kita ini. Lupaan mulu, ampun deh.

      Haaa, sama lagi. Aku juga kemarin pulkam ke Kebumen bawa properti foto. Plus alas fotonya, wkwkwk. Pada takjub ngliatin aku pepotoan. Apalagi poto makanan xD.

  15. Makasih ya nyak Rotun ,tulisannya kece dan sesuai banget sama yg kami alami. Jgn berfokus sama mau foto kayak apa dulu ya tar stress. Happy traveling with beloved family and friends ya semua! Jangan lupa bahagia, selamat berakhir pekan.

    1. Yeaaay, sama-sama Manda :*

  16. Hmm, pengalaman libur lebaran kemaren asli banyak lupa motretnya, nggak cuma itu onlen pun males….enyaaak banget rasanya hidup. Giliran pas lomba bingung gak ada foto, nekat aja ikut, judulnya: lebaran tanpa foto.
    Menang? KAGAK… 😀 😀
    Btw, seandainya bukan cancer dan pisces, mereka memang sudah saling cinta dan menjadi jodoh dunia akhirat.

    1. Iya bener Mba Lidha, pengen meresapi liburan sampe sedalam-dalamnya. Menangkap semua momen dengan mata kita sendiri.
      Hahaha, nggak papa nggak menang Mba, daripada aku. Nggak ikutan :D.
      Iya, so so banget deh mereka ini. Nggak ngerti lagi gimana nggambarinnya 🙂

  17. Penyakitku sama mbak, sering lupa foto diri dan keluarga (baca: narsis) saat traveling. Kamera dipake buat foto2 pemandangan cakep doang dan pernah nyeseeel luar biasa saat traveling bersponsor, brandnya nanyain fotonya dan aku lupa blasss. Gemesss bener deh

    1. Heh? Terus gimana Mba? Hahaha, semoga brandnya memaklumi ya. Karena saking menikmati liburan sampe lupa foto 😀

  18. Cara belajar yang asyik ….. melalui ngeblog 🙂

    1. Dan belajar yang tak pernah usai, di universitas kehidupan ya, Kak.

  19. Setuju ama Manda, jalan-jalan di kota kita aja, banyak pasti yang belum dijamah dan dishare 🙂

  20. asik ya manda kompak sama panda. klo saya biasanya bagi tugasnya: suami yg pesen ini itu secara uangnya dari dia, dan saya yg riweuh sama anak dan persiapan lainnya

  21. Anisa Ae

    Uang cash emang penting dibawa waktu tamasya. Jaga2 kalau si kecil minta jajan di perjalanan. 🙂

    1. Iya banget Mba Nisa.

Leave a Reply

Required fields are marked*