3 Trik Bijak Menyikapi Diskon

Senin, 30 September 20191 Comments
Blog post

Diskon memang menyenangkan, tapi biar nggak terjebak, simak dulu yuk trik bijak dalam menyikapinya.

Siapa coba yang nggak seneng sama diskon? Apalagi kita kaum buibuk ya, selisih berapa rupiah aja pasti lah kita kejar, LOL. Sebagai manajer keuangan rumah tangga, memang sudah seharusnya kita cermat dan cerdik dalam berbelanja. Biar uang belanja aman sentosa, cukup sampai jangka waktunya, apalagi bisa sampai nyisa.  Beugh, auto jadi istri idaman *kikirkuku.

Tapi konon kita-kita ini juga yang paling mudah terjebak diskon. Mulai dari potongan harga, buy 1 get 1 free, hingga hadiah belanja atau tebus murah. Program semacam ini memang banyaak banget ya. Seolah berlomba ingin menguras isi dompet kita.

Niat hati nggak beli apa-apa, tapi liat promo dan diskon kok jadi tergoda? Pakainya aji mumpung. Ih mumpung promo. Ih mumpung diskon. Lah padahal meskipun promo atau diskon, kan perlu bayar juga toh? Apalagi kalau untuk  barang-barang yang sebenernya nggak butuh. Duh. 

Saya tadinya gitu juga. Kalau untuk diskon supermarket sih aman, namanya tinggal di desa jarang banget pergi ke mall/supermarket. Tapi kalau udah sekrol market place, duh godaannya berad sangad. Lihat skincare idaman lagi diskon, terus ada paket bundling lipen, belum lagi iming-iming free ongkir. Oh-tidak-Tuhanku-tolonglah-aku.

Terus kalau ke minimarket, pas bayar di kasir dengan minimal belanja tertentu bisa tebus murah. Mana itu kasirnya sungguh gigih.

“Silakan ibu mau sekalian tebus murah?

“Ini produk xx cuma sekian lho Bu”

“Wafer coklatnya  Bu buat si kecil”

“Obat kumurnya siapa tau di rumah habis”

Tadinya beneran saya gampang banget luluh. Tau-tau struknya kok jadi panjang. Terus menyesal deh. Sekarang sungguh kubangga bisa menolaknya. Pokoknya kalau ditawarin dengan bertubi-tubi, cukup bergaya kek orang India: goyangkan kepala Anda disertai senyum tipis-tipis, wkwkwk.

Yuk, Bijak Menyikapi Diskon!

Ya, meski kta seneng sama diskon, tetep harus bijak menyikapinya. Kembali ke pertanyaan kunci sih: butuh atau ingin?. Nah, berikut 3 trik agar kita bisa bijak menyikapi diskon:

1. Pastikan Barang yang Disale Sesuai Kebutuhan

Kalau barang yang promo atau diskon adalah kebutuhan rumah tangga, silahkan saja kalau mau beli sekalian banyak untuk stok. Detergen, sabun mandi, sampo, pasta gigi, pasti ke depannya akan terpakai dan habis. Tapi kalau jajan, hmmm pikir lagi deh. Masa yang tadinya nggak niat tiba-tiba kok jadi beli minuman botol atau wafer? 

Ini berlaku juga untuk promo di supermarket atau mall. Misal cuci gudang yang biasanya banyak digelar di lobi. Aneka jam tangan, dompet, tas, boneka, dan lain-lain. Dari rumah nggak ada niat beli begituan, tapi karena mata ini melihat tulisan diskon gede-gede, langsung mupeng deh.

Pokoknya jangan ragu untuk berfikir dulu ya. Jangan sampai impulsif!

2. Jangan Membeli Barang Diskon Terlalu Banyak

Kenapa? Karena biasanya diskon ini bertujuan untuk menghabiskan stok. Terutama untuk makanan dan minuman. Selalu cek tanggal kadaluwarsanya. Nggak mau kan, pas udah beli banyak, ternyata harus dibuang karena udah expired

3. Perhatikan Promo: Untung atau Malah Buntung?

Perlu kejelian dari kita agar diskon yang ditawarkan menguntungkan. Jangan sampai nih, hanya karena takut kalah cepet atau nggak kebagian sama pembeli lain akhirnya malah beli barang yang kualitasnya kurang bagus atau ada kerusakan.

Pokoknya nih, tetapkan dulu tujuan datang ke pusat perbelanjaan. Menjadi konsumen yang cermat dan cerdas nggak ada ruginya kok. Untuk bertahan di tengah hiruk pikuk pola hidup konsumtif, serta gempuran pusat-pusat perbelanjaan baru yang menawarkan diskon. 

Nah, daripada pusing dengan tawaran diskon, mending kita atur sendiri deh diskon yang kita mau. 

Hah? Emang bisa? Bisa dong!

Diskon Setiap Saat Dengan Kartu Diskon Sodexo

kartu diskon sodexo

Ada yang pernah dengar tentang kartu diskon Sodexo? Sesuai namanya, kartu diskon premium ini dapat kita gunakan untuk mendapatkan diskon di seluruh merchant yang tersedia. Saat ini sudah ada lebih dari 20 merchant dan 140 outlet dengan diskon sampai dengan 59%!]

Kartu diskon Sodexo juga bisa banget loh digunakan sebagai salah satu alternatif hadiah bagi sahabat atau kolega. Tampilan kartunya bisa dicustom sesuai keinginan kita. Kalau untuk perusahaan bisa tuh didesign sesuai logo perusahaan, jadi sekalian bisa digunakan sebagai identitas karyawan.

Manfaat Kartu Diskon Sodexo

1. Manfaat Untuk Perusahaan

  • Cocok untuk berbagai kebutuhan. Jadi satu kartu diskon Sodexo bisa dipakai sebagai kartu ucapan, hadiah, maupun kartu identitas keanggotaan bagi karyawan. All in one nggak sih, jadi karyawan bisa pakai kartu membernya buat belanja dan dapet diskon.
  • Nilai tambah bagi pengguna kartu. Ya siapa yang nggak seneng dapet kartu cantik yang bisa jadi alat untuk dapet diskon setiap belanja di merchant dan outlet terkait.
  • Personalisasi perusahaan. Seperti yang saya tulis tadi, bisa dikasih logo dan nama perusahaan, juga nama karyawan pemegang kartu. Praktis!

2. Manfaat Untuk Menchant

  • Jumlah transaksi yang meningkat karena tambahan penjualan dari pemegang kartu diskon Sodexo
  • Perluasan saluran penjualan. Otomatis ketika jadi mitra Sodexo, maka merchant mendapat promosi di web Sodexo. Ini bisa memangkas biaya promosi juga lho.
  • Pengenalan merek dari merchant untuk memperbesar peluang pemasaran produk.

3. Manfaat Untuk Pengguna

  • Kebebasan memilih hadiah. Jadi nih, sebagai pemegang kartu diskon Sodexo, kita bebas memilih hadiah yang diinginkan di jaringan merchant Sodexo
  • Penggunaannya mudah. Tinggal tunjukkan kartu diskon Sodexo ke kasir daaan nikmati diskonnya!
  • Jumlah outletnya banyak

Nah, terbukti kan kalau ternyata kita bisa mengatur diskon yang dibutuhkan dengan kartu diskon Sodexo ini. Tinggal pilih merchant atau outlet sesuai kebutuhan kita, tunjukkan kartunya, dan dapet diskon deh.

Untuk merchant dan outlet lengkapnya bisa kalian cek di website Sodexo Indonesia, www.sodexo.co.id.

Akhir kata, diskon itu tak perlu dihindari. Tapi bagaimana kita bisa bijak dalam menyikapi dan memanfaatkannya.

Jadi, selamat berbelanja dan berburu diskon ya!

Tons of love,

1 Comments

  • Beli Backlink

    Minggu, 27 Oktober 2019 at 6:42 AM

    Terkadang kita seenaknya sendiri ya bak, yang penting diskon langsung beli. Padahal justru itu adalah momok yang harus disikapi serius 🙁

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post