5 Jenis Me Time ala Saya

29 Januari 201758 Comments

[SPONSORED POST]

Jadi beberapa hari yang lalu, Lendy chat ke saya menanyakan beberapa pertanyaan untuk menulis blogpost tentang saya. Saya dan Lendy memang tergabung di Geng Ijoek, yang merupakan grup arisan link Blogger Perempuan. Dan kemarin, nama saya yang keluar sebagai pemenang. Duh, langsung berasa jadi artis, banyak yang japri dan wawancara saya. Hahaha.

Banyak sih yang ditanyakan Lendy, tapi salah satunya adalah tentang me time ala Nyak.

“Nyak, punya me time dong ya? Apa aja yang menjadi me time Nyak?”

Dan pas itu saya jawabnya satu doang kayaknya, yaitu pergi kajian, atau taklim, atau liqo, you name it. Tapi terus jadi keidean nulis ini, karena bukan cuma itu me time ala saya. Lagian, me time toh nggak harus selalu keluar rumah, kan? Yang penting punya waktu untuk diri sendiri, sejenak ‘lepas’ dari rutinitas ngurus suami, rumah dan bocah yaaaang nggak ada habisnya.

Jadi ada me time yang saya lakukan dengan keluar rumah, namun ada juga me time yang saya lakukan di rumah dengan ada suami dan anak-anak -yang biasanya udah tidur- atau saya di rumah sendiri dan mereka pergi bertiga. Nikmat banget goler-goler sendiri tanpa ada yang ndusel-ndusel atau ajrut-ajrutan di punggung saya :’). Dan nikmat banget buka laptop buat sekedar bewe atau nonton youtube tanpa ada yang berebut minta pangku. Fyuuuhh.

So here it is, 5 jenis me time ala saya:

1. Pergi Kajian

Ini seperti jawaban saya ke Lendy. Saya sudah rutin ikut kajian semenjak SMA kelas 2, yang berawal dari keaktifan saya di Rohis. Alhamdulillah sampai sekarang kajian menjadi semacam charger buat lahir batin saya. Ketemu temen-temen yang bisa buat cerita dan curcol apa aja, bisa Β silaturrahim karena kita kajiannya kadang ke rumah temen-temen, jadi piknik juga kalau kajiannya di sekitaran taman atau area Masjid Agung yang super duper adem itu. Gelar tiker, keluarin bekel, piknik deh. Eh, ngaji maksudnya.

Saya memang punya kesepakatan sama suami, kalau anak-anak udah di atas satu tahun, saya nggak akan ngajak mereka ke kajian. Kecuali sikonnya nggak memungkinkan, misal suami juga ada acara yang berbarengan.

Kajian ini sepekan sekali. Dan tiap pulang kajian bener-bener ke-recharge. Ya pikiran, ya hati. Fikriyah dan ruhiyah. Saya bener-bener merasa fresh dan bahagiaa banget kalau pulang kajian. Mungkin karena keberkahan yang ada di sana. Saya pernah membaca hadits yang berbunyi, “Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah untuk membaca dan mengkaji kitab Allah, kecuali turun untuk mereka ketenangan, dipenuhi rahmat, dihadiri malaikat dan Allah sebut mereka di hadapan Malaikat yang di sisiNya”.

Masya Allah, tabarakallah. Doakan semoga saya istiqomah di jalan ini, ya :).

2. Rekreasi Menulis

Istilah ini pertama kali saya tahu dari Mba Carra. Penulis buku Blogging: Have Fun adn Get The Money ini bilang, bahwa adakalanya aktivitas menulis kita bisa stuck, mandeg, simply karena kita bosan dengan suasana rumah atau meja kerja. Jadi nggak ada salahnya sesekali kita mencari suasana baru. Pergi ke kafe yang wifinya kenceng, pesan kudapan dan minuman segar, dan menulislah!

Jadi saya kadang gitu. Me time sekaligus nyari ide atau ngedraft tulisan. Syukurnya di sekitaran rumah saya banyak banget kafe yang nyaman. Dekatnya level jalan kaki doang nyebrang jalan udah nyampe. Pikniknya kurang jauh? Biarin. LOL.

3. Baca Buku

Mau nangis dulu boleh nggak? Huwaaaa T_T

Waktu buat baca buku setelah menikah dan punya anak, amat sangat memprihatinkan. Tapi saya berusaha banget tetep punya waktu rutin baca buku meski yaaa, nggak bisa lama-lama kayak dulu yang sekali duduk langsung bisa selesai. Yaiyalah, dulu belum ada yang gangguin :D.

Padahal buku bisa banget ya memberi kenikmatan yang nggak bisa kita dapatkan dari nonton serial atau film. Imajinasi yang bebas dan nggak terbatas. Saat baca buku kita bebas mengimanjinasikan apa yang sedang kita baca. Sosoknya kayak apa, latarnya bagaimana. Memantik kreatifitas masing-masing kita. Kalau nonton film kan udah ‘jadi’. Udah ada semua, kita tinggal nonton aja.

Menurut kalian gitu juga nggak sih?

Jadi, mari galakkan kembali budaya membaca. Semangat!

4. Nonton Film.

Yang ini PR banget, harus bisa ngontrol deh. Kalau nggak ada kontrol bisa jadi racuuuun alias candu. Jadi tadinya saya nonton film paling di HBO atau Fox atau Cinemax gitu kan, yang untung-untungan deh. Pas misal ada waktu selo anak-anak udah tidur terus baru nyalain. Pas ada film bagus ya syukur, pas nggak ada ya apes.

Nah, semenjak pasang Indihome beberapa bulan lalu yang gratis saluran Usee TV, ampun deh, banyak banget itu pileeeem. Baik yang di HBO on Demand, maupun yang ada di Catchplay atau Iflix. Huhuhuu. Udah aja tiap hari godaannya berad, pengen nonton film melulu. Pas bocah tidur siang, pengennya nonton. Pas bocah udah tidur malem, pengen nonton lagi -_____-

Jadi meskipun me time adalah kebutuhan, tapi tetep aja dalam prakteknya tetep perlu kontrol ya. Jangan sampe kebablasan dan berimbas ke terganggunya pekerjaan, misal blog yang dibiarkan lumutan karena lama banget nggak ada update-an. Heu.

5. Dengerin Musik atau Radio

Meski nggak terlalu sering, tapi dengerin musik atau radio sesekali menjadi pilihan saya untuk ber me time, terutama saat saya ingin me time yang sederhana. Dengerin musik favorit sambil ngemil, atau sambil goler-goler, atau sambil doodling dan mewarnai.

Ngomongin radio, saya suka banget sama Gen FM. Dulu pas masih jadi penyiar masih tune in banget sama dunia peradioan *halah, inget banget awal-awal penasaran ini radio apa sih di saluran 98,7? Kok musiknya bagus-bagus semua? Sampai akhirnya resmi launching dan saya hampir tiap hari selalu dengerin. Sekarang di Palopo nggak ada saluran radio yang saya suka sih, jadi seringnya streaming. Kadang streaming Smart FM buat dengerin sharing parenting bersama Bu Elly Risman, kadang streaming Gen FM juga.

Kalau musik, say no ah buat download MP3 gratisan. Masih jaman gitu? Itu kan pelanggaran ya. Sekarang udah banyak kok aplikasi streaming musik online semacam Spotify atau seperti yang saya pakai sekarang: JOOX. Bisa puas dengerin musik favorit dengan modal paket data.

By the way, saya lagi seneng banget karena sekarang ada layanan paket streaming musik Indonesia dari Telkomsel, namanya MusicMax. Kenapa seneng? Karena saya dapet dua-duanya! Ya musik ya radio Gen FM.

Jadi MusicMax ini merupakan paket data khusus musik. Iya, khusus musik, nggak nyampur sama paket data reguler yang kita punya. Jadi kita bisa puas streaming musik atau radio tanpa khawatir paket data kita cepet habis. Asik banget kan?

Saat ini aplikasi yang masuk ke layanan ini adalah aplikasi streaming musik JOOX, Guvera, aplikasi karaoke online Smule, dan aplikasi streaming radio Gen FM dan Prambors. Asiknya lagi pelanggan bisa menikmati layanan musik dari LangitMusik premium selama satu bulan!

Kamu tertarik buat nyobain? Langsung aktifkan aja lewat aplikasi My Telkomsel atau langsung tekan *363#. Paket streaming musik Indonesia ini bisa didapatkan mulai Β dari Rp. 20.000 dengan kapasitas 2 GB, dan dijamin puas dengerin siaran radio dan musik favorit.

Ngomongin musik, kalian punya penyanyi favorit nggak? Kalau saya sih #temantulus. Duh, suka banget sama lagu-lagunya, liriknya dalem dan aransemennya indah banget.

Tetaplah bersamaku jadi teman hidupku
Berdua kita hadapi dunia
Kau milikku ku milikmu kita satukan tuju
Bersama arungi derasnya waktu

Bila di depan nanti
Banyak cobaan untuk kisah cinta kita
Jangan cepat menyerah
Kau punya aku, ku punya kamu, selamanya akan begitu.

(Tulus – Teman Hidup)

Dududuuh, nyanyi ini berdua suami sambil ngliatin anak-anak yang lagi asik main itu rasanyaa … :’)

*****

Itu dia 5 jenis me time ala saya. Alhamdulillah suami juga selalu memenuhi hak saya akan kebutuhan yang satu ini. Asalkan sudah disepakati, waktunya pas, dan tentu saja harus seijin beliau. Jika memungkinkan saya pergi keluar rumah, namun adakalanya saya ingin tinggal di rumah saja, ber-me time secara sederhana sementara suami pergi menjalin bonding dengan kedua anaknya. Win win solution, bukan? Hehehe.

Kalau me time favorit kalian apa nih? Sharing yuuk.

_____

Palopo, Minggu pagi yang gerimis.

 

58 Comments

  • Liswanti Pertiwi

    29 Januari 2017 at 11:27 AM

    Me timenya kece neh mba, aku paling dengerin musik, nonton drakor dan masak.

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 8:45 PM

      Aku pengen sih Mba nyobain drakor, tapi beneran takut nggak bisa ngontrol. Hehehe.

  • Dita Indrihapsari

    30 Januari 2017 at 1:01 AM

    Aku pun skrg lg merasa me-time. Anak suami pules, emaknya selonjoran sambil nonton csi2an hihi.. πŸ˜€ Jadi pingin jg nulis di kafe2 gitu, belum pernah.. Ganti suasana seru jg ya nyak.. πŸ™‚

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 8:47 PM

      Duh, nikmat banget ya Mba selonjoran tanpa ada yang gangguin. Iyes, ganti suasana biar fresh πŸ˜€

  • Santi Dewi

    30 Januari 2017 at 7:51 AM

    me time yg bener2 me-refresh otak πŸ™‚

  • Utieadnu

    30 Januari 2017 at 9:07 AM

    sweet me time-nya,,, beda memang kalau ada unsur hobinya,, mau juga ah,,

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 8:48 PM

      Hahaha, aku malah baru nyadar tentang unsur hobinya, Mba. Ternyata ya, me time pun nggak jauh-jauh dari hobi.

  • Mirna Kei Rahardjo

    30 Januari 2017 at 12:55 PM

    Masya Allah banget mba rotun, kajian termasuk me time ya mba… hehehe kapan aku berfikri gitu soalnya suka angot-angotan.. hiks astaghfirullah

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 8:49 PM

      HIhi, mungkin karena udah nemu kelompok yang klop juga Mir. Dan lagi udah jadi semacam kebutuhan sih buatku. Ayo semangaatt^^

  • leli

    30 Januari 2017 at 1:59 PM

    Ini pun me time me time kesukaan akuu πŸ˜€

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 8:50 PM

      Yeaaay, toss dulu kita Lel :*

  • Enny Law

    30 Januari 2017 at 2:14 PM

    Kalau kajian aku malah selalu bawa anak. Gak tega ditinggal sendiri, soalnya selalu nangis nyariin aku πŸ˜€

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 8:52 PM

      Usia berapa anaknya, Mba? Kalau anakku nggak pernah nangis sih, hahaha. Asik main sama ayahnya, atau malah diajak jalan-jalan.

  • Junita Siregar

    30 Januari 2017 at 2:48 PM

    Wah, aku nyontek me timenya ya Mak…. kalo saya sempet maen pokemon-go buat me time kalo lagi nggak pengen ngapa-ngapain, tapi sekarang udah berenti…masuk musim dingin nggak ku-ku

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 8:52 PM

      Musim dingin? Tinggal di mana Mak? Salam kenal ya, monggo2 disontek, hihi.

  • April Hamsa

    30 Januari 2017 at 6:16 PM

    Kalau aku tidur hehehe.
    Wah rekreasi menulis boleh juga dicoba mbak, aku jarang menulis di luar rumah soalnya TFS πŸ˜€

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 8:53 PM

      Aku nggak bakal bisa tiduuuur kalau ada anak-anak yang melek. Brisik banget soalnya, hahaha.

  • Rotun DF

    30 Januari 2017 at 8:48 PM

    Lagi dikurang-kurangin ini nontonnya x_x

  • Dian Ravi

    30 Januari 2017 at 9:18 PM

    Aku baru dengar istilah Rekreasi Menulis. Bagus juga ya. Dan kayanya patut dicoba. Terimakasih

    1. Rotun DF

      30 Januari 2017 at 9:28 PM

      Hooh Mba, ayo cobain. Terimakasih kembali, makasih udah mampir ya Mba^^

  • Dewi Nielsen

    31 Januari 2017 at 3:18 AM

    Suka maaak me timenya..Kalau saya, sukanya window shopping tanpa suami πŸ˜€ ha ha ha

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:37 AM

      Ah Mba Dewi mah me timenya kereeeeen. Halan-halan muluk bikin aku envy, ahahahaha.

  • elisabeth murni

    31 Januari 2017 at 5:24 AM

    Kalo me time saya yang palinh sederhana si bikin mie rebus pake telur malam-malam, makannya sambil denger music atau nonton film random tanpa gangguan bocah. Itu udah refresh sekali, nggak mikir lemak numpuk di perut hehehe

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:38 AM

      Eh aku juga gini sih Mba, tapi suka dilarang2 sama suami kalau keseringan makan mie. Ah KZL.

  • Gustyanita

    31 Januari 2017 at 9:13 AM

    Hbo ama fox tapi perasaan filmnya diulang2 terus deh wakakaka

    Aku suka baca, nonton film, ama jajan receh di indomaret#e teteup yak mbul

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:41 AM

      Iiih, iya bener NIt. Kalau Catchplay kebalikannya, sering banget muncul film baru. Laaaaf <3
      Nggg..jajan receh di Indomaret juga iya sih, aku emak2 penyuka jajan receh. Hahahha.

  • agen tas rumah warna

    31 Januari 2017 at 11:28 AM

    kalau aku mungkin lebih ke dengerin musik aja di kamar… kalau baca buku jarang..hehehe
    makasih beberapa time yang anda bagikan, sangat bermanfaat sekali..

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:44 AM

      Terimakasih juga udah mampir ya^^

  • Shona Vitrilia

    31 Januari 2017 at 2:27 PM

    Biasanya me time ga selalu me time ya nyak XD yg sering malahan we time, hihi

    Tentang sebuah rasa yo nyak, we time juga bisa jd me time kok *aceileh

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:48 AM

      Iya Un. Kalau aku lebih ke lepas dari rutinitas rumah sih, jadi meski dilakukan sendiri atau ngumpul sama teman-teman ya aku bilangnya me time aja lah. Hahahaha.

  • lia lathifa

    31 Januari 2017 at 4:42 PM

    jenis me time ku ngMie di pojokan dapur, bikin es kopi, setelah anak-anak berangkat sekolah, dan si bayi bobo lagi xixi

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:49 AM

      Kenapa harus di pojokan dapur Mbaaa, wkwkwk.
      Anakku belum ada yang sekolah nih,ada masanya ya nanti me time kita saat anak-anak pergi sekolah πŸ˜€

  • Eni martini

    31 Januari 2017 at 9:05 PM

    Me time saya..baca buku, ngelulur diri di rumah hahaha, ngobrol sama suami sambil makan. Ya, hal2 ringan tapi spesial

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:50 AM

      Ih Mba Eni, jadi inget aku udah berapa abad nggak luluran, hiks. Seringnya dipanggilin molo sama bocah kalau di kamar mandi kelamaan xD.

  • charles

    31 Januari 2017 at 9:29 PM

    Salam kenal…tulisan menarik..sy banyak belajar dari blog ini..mohon kesediaan bertandang dan meninggalkan jejak komentar pada tulisan saya ini terima kasih.

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:51 AM

      Halo, salam kenal juga ya^^

  • sarah

    1 Februari 2017 at 1:04 AM

    Kalo aku me time nya itu bobok cantik sambil nonton Drakor #hahaha tanpa gangguan.

    1. Rotun DF

      1 Februari 2017 at 6:53 AM

      Bobok cantik sambil nonton ki piye, Sar? Emang bisa bobok sambil nonton? Kan merem? *ditabok Sarah xD

  • Ilham

    1 Februari 2017 at 7:10 AM

    aku kalau me time paling dengerin musik aja

  • herva yulyanti

    1 Februari 2017 at 2:23 PM

    Me time biasanya paling suka baca buku sambil tiduran onde mandeh enaknyooo hahaha simple aja sih klo aku mah mba segitu aja udah seneng banget :p

    1. Rotun DF

      2 Februari 2017 at 6:19 AM

      Onde mandeeee, nikmat tiada terkira ya Mba πŸ˜€

  • Kania

    1 Februari 2017 at 2:28 PM

    samaaaa Nyak, ke5 nya juga me time saya..:)

    1. Rotun DF

      2 Februari 2017 at 6:20 AM

      Hihiw, toss Mba Kania πŸ™‚

  • Uci

    1 Februari 2017 at 7:29 PM

    Nomor 5 paling sering mbaaa nyakkk aku. Iyah sama setelah nikah punya anak, baca buku itu kegiatan mewah yaa nyak….

    1. Rotun DF

      2 Februari 2017 at 6:21 AM

      Iyaa, soalnya nomer 5 bisa dilakukan sambil ngapain aja ya. Modal headset cantolin di kuping, hihi.
      Hiks, samaan ya ternyata. Semoga nggak jadi alesan buat males baca buku.

  • Astin Astanti

    3 Februari 2017 at 11:18 AM

    Me timenya menyenangkan banget ya, Mbaaak.

    1. Rotun DF

      14 Februari 2017 at 3:25 PM

      Alhamdulillah, Mba^^

  • mayasitha arifin

    4 Februari 2017 at 9:53 AM

    Utk tips nomer 5 agak susah aku dapet me time nya. Soalnya temen kerja sukanya beda2 jadi campur aduk banget dengerinnya.

    Utk yang nomer 1 aku baru mulai. Masih moody sih. Semoga bisa belajar buat istiqomah. Hehehehe

    1. Rotun DF

      14 Februari 2017 at 3:27 PM

      Ahahaha, memang dengerinnya nggak lewat earphone, Mba? πŸ˜€

  • Ophi Ziadah

    4 Februari 2017 at 2:01 PM

    me time ala saya mah ngeblog ajaaa

    1. Rotun DF

      14 Februari 2017 at 3:27 PM

      Mantaaap, Mba Ophi.

  • Lusi

    5 Februari 2017 at 3:07 PM

    Dari semua itu udah dilakukan tpi yg rekreasi menulis itu aku susah banget. Kalau ke cafe sendiri nggak enak aja rasanya, lebih enak nulis dirumah. Tapi kalau ngajak teman akhirnya rumpi heheee

    1. Rotun DF

      14 Februari 2017 at 3:29 PM

      Aku tadinya gitu Mba Lus, nggak boleh ke kafe sendirian. Harus ada yang nemenin. Tapi aku mikir kan kasian yang nemenin, masa aku tinggal nulis, hahaha. Akhirnya dengan pertimbangan itu jadi boleh deh :p

  • ulu

    7 Februari 2017 at 3:34 PM

    3 terakhir me time saya juga. kalo udah nikah mah emang ya sesederhana dengerin musik dan baca buku aja adoohhhh udah nikmaaatttttt πŸ˜€

    1. Rotun DF

      14 Februari 2017 at 3:30 PM

      Betoeeeel.

  • Heni Puspita

    17 Februari 2017 at 11:37 PM

    Saat ini yang memungkinkan bagi saya baru no 3 s.d 5 he he. Disyukuri sajalah yang penting masih ada waktu buat me time he he

  • Nyi Penengah Dewanti

    23 Februari 2017 at 2:01 PM

    aku lebih banyakan membaca buku ama nonton film deh kayaknya me timeku nyak

  • Yuli Yuliawati

    16 Oktober 2017 at 5:16 AM

    wow me’ time kalau udah nikah waktu yang sangat istimewah dan sangat special. bagi waktu antara keluarga, sosial dll sehingga kadang buat sendiri jadi nyuri-nyuri waktu iya. so before sebelum nikah dan after menikah ketahuan timeline kegiatan serta hobi nya plus isi waktu dengan hal apa. menentukan karakter juga heheheh so kepikiran ke masalalu dan Now

    alah mba rotun thanks u so much udah posting ini di ingatkan kembali moment terindah nya Me time

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post