5 Kiat Agar Berkomunitas Makin Asik dan Bermanfaat

June 11, 201633 Comments
Blog post

5 Kiat Agar Berkomunitas Makin Asik dan Bermanfaat

Sebagai makhluk sosial, salah satu kebutuhan dasar manusia adalah bersosialisasi dengan orang lain. Bertemu, berkomunikasi dan berkegiatan bersama tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari, iya kan?

Dari interaksi sosial ini, terbentuklah sebuah komunitas atau perkumpulan karena kesamaan kepentingan atau kesamaan kesenangan dan hobi.

Menurut latar belakang berdirinya, komunitas atau grup terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Like Interest

yaitu sebuah komunitas atau grup yang terbentuk karena kesamaan pribadi yang bersifat lebih personal, misalnya grup alumni SMA/kuliah atau grup kantor/kerjaan. Komunitas atau grup semacam ini bebas, tidak ada aturan yang mengikat maupun sistem kepengurusan seperti dalam sebuah organisasi.

2. Common Interest

yaitu sebuah komunitas yang terbentuk karena persamaan hobi, kesenangan dan tujuan dari para anggotanya. Dalam komunitas ini, hubungan antar anggota lebih intens, karena ada tujuan yang hendak di capai. Memiliki aturan yang jelas, terdapat struktur kepengurusan yang jelas, ada tujuan yang hendak dicapai, pertemuan yang berkelanjutan dan sebagainya.

Berkomunitas Asik dan Bermanfaat di Era Digital

Di era digital seperti sekarang ini, jarak dan waktu bukan lagi menjadi hambatan untuk berinteraksi. Maka saat ini kita bisa dengan mudah menemukan begitu banyak komunitas online di FB, WA, Telegram maupun BBM.

Komunitas online ini banyak keuntungannya terutama waktu yang bisa menyesuaikan dengan kesibukan kita sehingga lebih fleksibel. Dan yang pasti, kita tetap bisa memetik manfaat dari sebuah komunitas yang kita ikuti.

Seperti salah satu teman saya yang juga aktif di berbagai komunitas online, Ipeh Alena. Ya, kami kenal dan berinteraksi hingga saat ini hanya lewat dunia maya. Ketemu langsung belum pernah, karena Ia tinggal di sebuah planet bernama Bekasi, yang konon untuk berkunjung ke sana kita harus memiliki visa khusus dari NASA. Hahaha, bercanda ya Peh. Salam damai untuk warga Bekasi :v.

Saya mengenal Ipeh di berbagai komunitas blogger, dan belakangan saya juga tau bahwa Ia aktif dan bahkan menjadi salah satu pengurus di komunitas klub buku Bekasi.

Ibu satu anak ini memang seorang bookworm, book addict, book lover, book mania atau apapun sebutannya, untuk seseorang yang sangat mencintai buku. Dan satu lagi, Ipeh juga seorang movie mania. Ia mengulas buku maupun film kesukaannya di blog.

Blogger, book lover dan movie reviewer adalah branding yang melekat pada sosok yang murah senyum ini. Blog personalnya di www.ipehalena.com sedangkan blog bukunya ada di www.bacaanipeh.web.id.

kiat-asik-berkomunitas
Blog ipehalena.com

Sadar bahwa komunitas begitu penting untuk mengembangkan passion dan hobinya, sebagai seorang blogger Ipeh bergabung dengan berbagai komunitas blogger dan terlibat aktif di dalamnya. Sebut saja Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan, Warung Blogger, Fun Blogging dan Blogger Crony.

Bagi Anda yang aktif di komunitas blogger tersebut, pasti nggak asing kan ya dengan Ipeh Alena. Lain lah sama saya yang suka ilang-ilangan, ehehehe. Sedangkan sebagai blogger buku, Ipeh tergabung dalam komunitas Blogger Buku Indonesia dan Klub Buku. Ipeh juga ikut dalam tantangan Baca itu Seru dari Goodread. Sedangkan sebagai seorang movie mania, saat ini Ipeh sedang ada niatan untuk bergabung di kaskus movie. Uwow banget ya. Aktif dan produktif syekaleee.

Nah, sebagai aktifis online alias aktif di berbagai komunitas online, Ipeh berbagi tip/kiat untuk kita agar kegiatan berkomunitas makin asik dan bermanfaat meski hanya lewat dunia maya. Ya, selayaknya interaksi di dunia nyata yang kadang juga banyak gesekan, intrik dan konflik, di dunia maya juga gitu kan ya. Malah katanya dunia maya ini lebih kezaaaaam. Amasa sih, tergantung kitanya juga sih kalau saya bilang. Ya udahlah yuk kita capcus, apa aja tip dari Blogger Bekasi ini.

kiat-asik-berkomunitas
Blog buku Ipeh

[ Baca juga: Tips Menjadi Istri dan Ibu yang Bahagia ]

Kiat Berkomunitas Agar Tetap Asik dan Bermanfaat

  1. Paham akan Manfaat Komunitas yang Diikuti

Apa alasan utama kita bergabung dalam sebuah komunitas? Tentu bukan hanya sekedar ikut-ikutan atau gaya-gayaan kan? Tapi karena kita paham akan segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dari komunitas tersebut.

Akan halnya dengan Ipeh, niat awal gabung dengan berbagai komunitas blogger adalah untuk menimba ilmu. Selaras dengan tagline blognya ‘Love to Learn’, Ipeh memang sangat mencintai belajar banyak hal. Apalagi untuk hal yang Ia senangi.

Dengan bergabung di berbagai komunitas blogger, Ipeh bisa mengikuti perkembangan dunia blogging dan bisa menyerap banyak ilmu yang dishare oleh anggota yang lain baik secara online maupun offline melalui workshop blogging dan semacamnya.

Sedangkan untuk komunitas buku, Ipeh merasakan manfaat berupa semakin beragamnya jenis bacaan. Karena pastinya setiap anggota punya selera masing-masing dan bisa saling mempengaruhi.

Manfaat lainnya? Banyaaak. Nambah temen, nambah ikatan silaturrahim, nambah follower twitter sama instagram juga pastinya, hihi. Yang terakhir anggep aja bonus ^_*

2. Pilah-pilih Teman

Kok? Iya bener, pilah-pilih temen. Memang sih katanya berteman dengan siapa saja, tapi tetap saja kan bahwa teman bisa mempengaruhi kita. Jika teman kita baik, kita bisa terwarnai menjadi baik dan sebaliknya. Seperti halnya Ipeh, agar kegiatan berkomunitas onlinenya tetap asik, Ia terbiasa untuk memilih teman.

Teman yang bagaimana? Teman yang tahan banting. Whaat? Ipeh suka sumo? Banting-banting orang? Hahaha, enggaklah. Maksudnya tahan banting perasaannya, nggak gampang baper gitu. Dikomenin apa aja nggak baper, japri dibalesnya lama nggak baper, arisan link nyetornya telat juga nggak baper. Dududu, siapa itu ya? *selftoyor*

Nah, menurut Ipeh, model kayak gitu pasti tambah dia asikin. Tapi kalau sekiranya ada yang sensinya level potatoque, mendingan biasa aja. HIhi, iya juga ya.

Kiat Asik Berkomunitas
Ipeh bersama teman-teman KBI (Klub Buku Indonesia)

3. Aktif

Jika kita sudah diterima dalam sebuah komunitas, maka alangkah baiknya kita bisa terlibat aktif di dalamnya. Nggak harus nongol tiap waktu juga kok, masing-masing kita bisa tau kadar dan waktu kapan sempatnya kita ikut chit chat di grup. Dengan begini, selain bisa mengikuti info dan ilmu yang di share, kita juga bisa lebih akrab dengan teman-teman di komunitas itu. Cihuy kan?

4. Manajemen Baper

Duh, bahasanya XD. Poin ini masih ada kaitannya dengan poin ketiga tadi. Dalam sebuah komunitas, pasti banyak kepala, banyak ide yang beragam. Dan, namanya manusia yang punya hati dan perasaan pasti banyak bapernya juga. Udah banyak lah cerita-cerita tentang per-baper-an di komunitas online. Jadi agar berkomunitas kita makin asik, mulai kurangi baper.

Sebenernya baper itu wajar, namanya juga perasaan. Tapi yang penting setelah baper gimana? Apa makin larut dengan bapernya, mutung terus leave grup, atau malah saling legowo minta maaf dan memaafkan.

Kalau kata Ipeh, dia orangnya woles sih. Kalau ada yang baper karena dia, ya dia nggak akan segan untuk meminta maaf. Kalau dia yang baper? Biasanya Ipeh memilih untuk ‘break’ sebentar dan nggak nengok percakapan di komunitas dulu. Hmm..setuju pisan, Peh.

5. Kontrol Diri

Baik dalam dunia nyata maupun dunia maya, kunci sukses dalam berinteraksi dengan orang lain adalah pandai memposisikan diri. Begitu halnya dengan Ipeh. Ia mengaku selalu berusaha memposisikan diri dengan sebaik-baiknya.

Kalau dirasa komunitas yang diikuti banyak manfaat, maka Ia akan berusaha aktif di dalamnya. Namun, jika dirasa terlalu banyak baper dan hal nggak menguntungkan, Ipeh memilih untuk nggak sering-sering nengok dan terlibat di komunitas tersebut.

Bagi Ipeh, kekinian itu bukan ketika ada yang nyinyirin orang terus kita ikut-ikutan. Baginya itu wasting time banget. Selain itu Ipeh juga mengaku takut jika dengan kenyinyirannya, keridhoan Allah atasnya bisa dikurangi atau malah diambil, karena Allah murka atas perbuatannya yang menyakiti makhluk lain.

Intinya dengan nikmat Allah atas hidupnya, Ipeh ingin banyak bersyukur saja, males ngutak atik kehidupan orang lain. Duh Ipeh, kamu memang bijak bestari :D.

Nah, itu dia 5 kiat berkomunitas asik ala Ipeh Alena. Sip markusip kan? Kayaknya kalau kita praktekkan kiat dari Ipeh ini, berkomunitas online kita makin asik dan bermanfaat ya.

Ada yang punya kiat lain? Share yuk!

Salam,

Rotun DF

Prev Post Next Post