Memberi Permen Untuk Anak? Boleh Kok, Asal …

Minggu, 11 Maret 201866 Comments
Blog post

Memberi permen untuk anak? Memangnya boleh? Tentu saja boleh.

Asal aman, asal nggak keseringan, asal setelahnya jangan lupa bersihkan mulut dan gigi 😊

Permen? Siapa sih yang nggak suka permen? Rasanya yang manis dan ukurannya yang sekali ‘hap’, menjadikan permen sebagai salah satu ‘barang’ wajib yang ada di meja kerja, tas, atau bahkan saku celana. Di angkutan umum, makan permen. Bete kelamaaan nunggu sesuatu, makan permen. Ngilangin ngantuk? Emut saja permen. Gitu nggak? Apa saya doang? Hahaha.

Apalagi kalau anak-anak, jangan ditanya deh. Mana ada yang nggak suka permen? Makanya banyak orang tua yang suka menyogok anaknya dengan permen. Nangis dikit, kasih permen. Ngambek dikit, kasih permen. Giliran anaknya sakit gigi, salahin aja permen. Laaah, pukpuk permen.

Padahal, permen tidak akan menjadi buruk kok, asal dikonsumsi dengan tepat dan memilih permen yang bermutu baik. Apapun itu, kalau berlebihan pasti nggak bagus kan?

🍬Usia Berapa Anak Boleh Makan Permen?

Kalau yang saya baca di sebuah situs kesehatan, di usia dua tahun anak baru boleh dikasih permen. Di bawah itu? Big No. Selain rasanya yang manis, ukurannya yang kecil juga bisa berbahaya karena bisa menyebabkan tersedak.

Nah, meskipun sudah boleh makan permen, tetap harus ada aturan yang berlaku, ya. Apa saja?

🍬Ini dia 7 aturan memberi permen untuk anak:

aturan memberi permen untuk anak

1. Frekuensi

Nggak boleh sering-sering. Satu permen untuk satu hari sudah cukup. Atau maksimal dua. Aturan ini banyak dipakai oleh teman-teman saya. Kalau saya sendiri, dulunya anak-anak nggak kenal permen. Makanya pas di sebuah grup parenting pada curhat anaknya ketagihan permen, saya selow aja, dan bangga gitu anak saya nggak kenal permen. Hingga pengasuh grup bilang bahwa, ya wajar nggak kenal, wong nggak pernah dikenalin. Yang hebat itu, anak kenal permen, tapi paham batasannya. Jadi ketika ada ‘ujian’, misalnya di rumah bertaburan permen, atau dikasih permen sama nenek, dia tetap paham: cukup satu permen untuk satu hari. Itu berarti anak kita lulus ujian.

Kalau nggak pernah ada ujian, gimana kita tau dia lulus atau enggak? O-ow… bener juga ya.

Sejak itu saya termasuk orang tua yang oke buat ngasih permen Wafa dan Ayyas. Again, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tentunya.

[ Baca juga: Random facts About Ayyas ]

2. Pilih yang aman

Permen keras buat saya termasuk kategori nggak aman. Karena kadang anak-anak belum bisa ngontrolnya. Bukannya dikulum, malah langsung dikunyah gitu aja, huhuu. Selain itu berpotensi untuk tertelan. Saya aja sebagai orang dewasa pernah ngalamin. Duh, sakit banget itu rasanyaaa, leher kaya tercekik T___T

Yang masuk kategori aman buat anak-anak bisa perman loli (karena bisa dipegang), atau permen chewy (kunyah) sehingga mudah dimakan.

3. Reputasi produsen

Mereknya jelas, dikemas dengan baik dan higienis, ada kode produksi dan tanggal kadaluwarsa, dan pastinya bersertifikat MUI dan BPOM sebagai jaminan bahwa permen tersebut halal dan aman dikonsumsi👌

permen aman untuk anak

4. Periksa permen

Pastikan kemasannya masih bagus, permen masih utuh (tidak mencair atau meleleh).

5. Makan dengan cara yang benar

Kalau permen hisap ya harus dikulum sampai habis, jangan langsung digigit. Permen kunyah ya harus dikunyah, jangan langsung ditelan. Dan jangan makan bergantian sama orang lain!

6. Perhatikan waktunya

Berikan permen di snack time anak, atau jadikan permen sebagai reward untuk anak. Yang penting untuk diingat, jangan pernah memberikan permen sebelum waktu makan, karena bisa merusak nafsu makan anak.

7. Bersihkan mulut setelah selesai makan permen.

Jadi setelah anak selesai makan permen, segera ajak atau ingatkan untuk kumur-kumur, minum air putih, atau lebih bagus sikat gigi sekalian.

Nah, itu dia 7 aturan memberi permen untuk anak yang selama ini saya terapkan. Selanjutnya, saya ada rekomendasi permen yang bukan hanya enak, tapi juga aman.

🍬Pindy Susu, Permen Aman Untuk Anak

Iya, jadi Pindy Susu merupakan salah satu permen yang saya ijinkan untuk dikonsumsi sama anak-anak. Kenapa? Karena Pindy ini kan produk udah lama ya, dan bisa bertahan sampai sekarang, jadi pastinya aman dan terjamin kualitasnya. Dan yang paling penting, permen yang diproduksi oleh PT. Inasentra Unisatya – Kabupaten Bogor ini sudah bersertifikat halal dari MUI dan sudah terdaftar di BPOM dengan nomor izin edar BPOM RI MD 224510008005. 

Pindy susu ini ada tiga rasa by the way, coklat, stroberi dan rasa original alias susu. Dan di rumah ini lucu. Ayyas suka banget sama yang coklat, Wafa suka yang stroberi, dan saya suka yang original. Hahaha. Bagus lah ya, biar nggak rebutan.

Oiya, yang berteman sama saya di Facebook mungkin tahu, beberapa hari lalu saya sempat syok karena di grup sekolah Wafa beredar HOAX yang bilang bahwa permen Pindy Susu mengandung narkoba😱

Me like…

WHAT?

Yang bener aja, hoax itu kan udah lama. Saya beberapa kali dapat dari WAG lain. Terkait hal ini, sudah ada klarifikasi langsung dari BPOM tentang isu itu. Mbok yaaa, kalau ada berita apa-apa terutama yang nggak jelas, cek ricek dulu gitu yaaa. Jangan main sebar-sebar aja 😖

Kutipan klarifikasi BPOM terkait Pindy Susu

Akhirnya saya kirim tuh link klarifikasi BPOM, dan kemudian yang bersangkutan bilang kalau beliau dapat berita itu dari temannya di Jakarta. Bukan berita deng, tapi capture-an WA dari entah-siapa-sumber-pertamanya👻

Jadi buat yang baca artikel ini dan merasa pernah dapat kiriman serupa, itu hoax yaaaa. Nggak udah dikirim ke mana-mana lagi, hapus aja udaaah.

Nah, karena Pindy Susu ini sudah terbukti aman, jadi nggak usah khawatir lagi buat ngasih ke anak-anak ya, Buibuuu. Tetap dengan aturan yang berlaku di masing-masing keluarga tentu saja😉

Ada yang suka juga sama Pindy Susu? Favoritnya yang mana, original/plain, cokelat, atau stroberi? Bisa diceki-ceki di sini nih👇

                                                                                🍬Pindy Susu🍬

http://www.iu.co.id/

Facebook : https://www.facebook.com/PermenPindy

Instagram : @permenpindy_id

Ah ya, ada yang punya aturan lain terkait memberi permen untuk anak? Sharing yuuuk!

Salam semanis permen🍭

66 Comments

  • Yulia Marza

    Senin, 12 Maret 2018 at 8:49 PM

    Anak saya gak terlalu suka sih ama permen, sekali kali sih makan juga. Tapi selalu saya biasakan minum air setelah makan permen.

    1. Rotun DF

      Selasa, 13 Maret 2018 at 8:51 AM

      Good, Mba πŸ™‚

  • Rita Asmaraningsih

    Senin, 12 Maret 2018 at 9:42 PM

    Jangankan anak2.. Saya aja suka banget sama permen susu.. Hehe

    1. Rotun DF

      Selasa, 13 Maret 2018 at 8:52 AM

      Toosss, Mba Rita. Menurut saya rasa permen susu tuh bikin rileks πŸ™‚

  • Nchie Hanie

    Senin, 12 Maret 2018 at 10:10 PM

    Aku paling suka permen, biar enak di mulut. Nah kalo buat anak, dr dl paling seneng banget terus makannya dikunyah, aturan kan harusnya diemuut. Jadi mau coba Pindy Susu niiy..

    1. Rotun DF

      Selasa, 13 Maret 2018 at 8:53 AM

      Pas ngunyah bunyi kletuk kletuk gitu di mulut ya Teh, hahaha.
      Hayuk cobain Teh, aman kok ini πŸ™‚

  • Khairiah

    Selasa, 13 Maret 2018 at 10:16 AM

    Dulu waktu kecil suka banget permen sampai gigi ompong banyak bolong, banyak tambal, sekarang udah punya anak, anakku aku batasin kalo makan manis2 dan harus minum air putih jangan giginya kaya emaknya

    1. Rotun DF

      Rabu, 14 Maret 2018 at 9:07 AM

      Wah kok sama Mba, saya dulu 4 bersaudara giginya nggak ada yang beres, hahaha.
      Iya betul, makan manis nggak masalah asal tetap ada batasan dan aturannya ya πŸ™‚

  • Wida

    Selasa, 13 Maret 2018 at 11:15 AM

    Makasih tipsnya mbak, si sulung nggak gitu suka permen tapi adiknya sering minta permen mau yang pedes mau yang manis, mau yang kunyah mau yang kulum semua dia mau, sayang setelahnya dia akan batuk, muntah dan mimisan, jadi memang dibatasi kasih permennya

    1. Rotun DF

      Rabu, 14 Maret 2018 at 9:11 AM

      Waduh, bisa gitu ya Mba? Setiap makan permen pasti reaksinya begitu? Mungkin perlu konsul ke dokter, biar tau ada alergi atau enggak. Semoga sehat-sehat terus yaa^^

  • Herva Yulyanti

    Selasa, 13 Maret 2018 at 4:00 PM

    belum cobain pindy susu tapi permen pindy emang dari aku SD udah ada dulu tuh kan slogannya pindy dingin2 empuk bukan sih mba?sama kan ya sama pindy susu ini?

    anakku uda caries sebelum konsumsi permen tapi memang harus dibatasi dan dikasih aturan biar ga terus2an makan permen y mba

    1. Rotun DF

      Rabu, 14 Maret 2018 at 9:15 AM

      Iyaaa, hahaha.

      Aku pernah baca kalau penyebab gigi anak caries itu macem-macem, Teh. Ada yang meski gosok giginya rajin tetep karies, salah satu penyebabnya salliva atau ludah yang berbeda-beda di masing-masing anak.

  • maschun

    Selasa, 13 Maret 2018 at 7:07 PM

    tapi kadang anak suka ngambek kalau ngak diturutin, padahal dia kadang sedang batuk atau sakit, jadi gimana lagi kalau ngak diturutin nangis terus. tapi membacca artikel ini jadi lebih paham dan ngerti tentang ngasih permen ini ke anak.

    1. Rotun DF

      Rabu, 14 Maret 2018 at 9:20 AM

      Buat peraturan dan selalu sounding ke anak. Yang berat memang di komitmennya ya,, apalagi kalau anak ngambek atau nangis, hehe. Tapi lama-lama pasti anak ngerti kok, kalau itu demi kebaikannya juga. Semangat!

  • Maria Soraya

    Selasa, 13 Maret 2018 at 11:50 PM

    owhhh permen pindy masih ada ya ? ini permen kesukaan jaman esempe

    anakku suka permen susu terutama rasa strawberry, tapi klo makan permen yg gak ada tangkainya suka langsung digigit abis tanpa diemut2, gak sabaran kali yak … abis itu minum air putih yg banyak deh

    1. Rotun DF

      Rabu, 14 Maret 2018 at 9:24 AM

      Aish, ternyata sama aja ya, anak-anak suka main kletak aja kalau makan permen. Kita yang dengerin ngiluuu

  • Puspita Yudaningrum

    Rabu, 14 Maret 2018 at 9:16 AM

    Wah awalnya aku sempet percaya loh mbak kalo permen ini mengandung narkoba. Untung baca postingan ini jadi bisa klarifikasi kan klo masih ada yg blm tahu. Thanks mbak

    1. Rotun DF

      Rabu, 14 Maret 2018 at 9:30 AM

      Iya memang rame banget pas itu ya Mba, sampe masuk portal-portal berita. Kesian juga pihak Pindynya pasti dirugikan banget. Alhamdulillah udah ada klarifikasi langsung. Jadi legaaa.
      Iya Mba, sama-sama. Bantu nyebarin juga yaaa, thank you^^

  • Reyne Raea

    Rabu, 14 Maret 2018 at 10:49 AM

    Suami saya kapan hari pernah bilangin kalau ada permen yang mengandung bahan berbahaya.
    Katanya yang permen susu gitu.
    Saya sih gak yakin, karena zaman now gitu loh hoax menjadi temen orang2 yang gak keren sama sekali.

    Btw memberi permen ke anak kecil saya rasa perlu deh, minimal di edukasi.

    Anak saya yang sekarang udah 7 tahun gak seberapa suka permen, gegara waktu kecilnya gak pernah saya biasakan kasih permen.

    Emaknya hepi? Gak juga!

    Soalnya kapan hari saya sampai pucat pasi waktu dia makan permen karet eh di telan dong huhuhu..

    Kesalahan saya gak diedukasi sejak kecil

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:15 AM

      Nah, setuju Mba. Memang penting banget mengedukasi segala sesuatu ke anak ya, agar jangan sampai dia tau orang lain (yang mungkin beda rulesnya dengan kita) atau malah anak coba-coba sendiri dan akhirnya membahayakan.
      Btw makasih banyak udah mampir yaa, salam kenal^^

  • Lia Lathifa

    Rabu, 14 Maret 2018 at 11:13 AM

    tipsnya boleh juga nih, aku juga agak sulit melarang anak untuk makan permen, takut batuk. Alhamdulillah anak-anak mau dikasih aturan, boleh makan permen asalkan yang merk-nya dikenal, ada logo izin resminya, dan jangan lupa sikat gigi

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:18 AM

      Anak-anak kan gitu Mba Lia, makin dilarang malah makin pensaran, hehe. Jadi sebisa mungkin kita kasih tapi tetap dengan batasan/aturan.

  • ucig

    Rabu, 14 Maret 2018 at 11:59 AM

    si adik suka banget permen… aku agak longgar nih sama anak kedua huhu
    makasih ya nyak tulisannya^^

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:20 AM

      Sama-sama Ucii. Sama nih di sini, si adik yang lebih suka dan hobi banget nawar minta nambah jatah permennya. Hahaha

  • damarojat

    Rabu, 14 Maret 2018 at 12:07 PM

    Saya ga melarang tapi anak-anak ga doyan permen. Soalnya pusing kalo makan permen.

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:23 AM

      Wah bagus banget dong Mbaa :)))

  • Lidha Maul

    Rabu, 14 Maret 2018 at 12:13 PM

    Aku termasuk yg membolehkan Cmumut makan permen dengan catatan sperti di atas. Tapi kalau suami sih, big no banget dia.

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:24 AM

      Ooo, jadi aturan mana yang berlaku buat Cmumut? Aturan Ayah atau ibunya? Hihi

  • Nani Nara

    Rabu, 14 Maret 2018 at 1:41 PM

    eh jadi ingat saya dulu suka sama permen pindy.
    Sekarang kok jarang ya neukan permen di di supermarket/minimarket.

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:25 AM

      Iyakah Mba? Beli online aja banyak kayaknya *duh permen aja online ya, hahaha

  • farida

    Rabu, 14 Maret 2018 at 1:54 PM

    Wah pindy susu ini permen jmn aku masih anak2. Sukaaa..
    Betul sih isi artikel ini. Tapi aku blm bisa menerapkan sepenuhnya ke anak2ku. Hiks

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:33 AM

      Hehe, pelan-pelan aja Mba kalau sama anak-anak mah πŸ˜€

  • Mugniar

    Rabu, 14 Maret 2018 at 3:03 PM

    Reputasi produsen mmg penting
    Sekarang banyak permen yg tidak ada mereknya. Takutknya komposisinya gak bagus apalagi bisa diselipkan narkoba. Hiii

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:34 AM

      Nah, itu dia Kak Niar. Makanya jangan deh beli permen yang nggak jelas produksinya. Cari aman saja.

  • Sandra Nova

    Rabu, 14 Maret 2018 at 5:45 PM

    Raya itu sebenernya ngga doyan permen krn aku ngga pernah ngenalin, tapiiii semenjak suka dapet goodie bag ultah dari temennya baru deh tau ada permen, coklat dll.. untungnya ngga terlalu suka, tapi kalau coklat tuh suka banget. Emang bener gigi harus dijaga kalau makan permen, apalagi anak2 suka ngga peduli, jadi emaknya lah yg harus galak (eh itu mah aku) nyuruh gosok gigi & ngeliatin kebersihannya πŸ˜€
    kalau permen susu, emaknya yg doyan hahahhaha.. boleh lah lempar kesini permen susunya #mangap πŸ˜€

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 Maret 2018 at 8:37 AM

      Benteng pertahanan ibu jebol saat goodie bag menyerang ya Mih, huahahhaha.
      Segala makanan ajaib yang selama ini anak nggak kenal tiba-tiba nongol. Betul, emaknya yang harus rajin ngontrol, kalau perlu pas sikat gigi dibantu biar bener-bener bersih (posesip).

      Sini sini Mih, masih banyak ni permennya πŸ˜€

  • Ipeh alena

    Kamis, 15 Maret 2018 at 8:59 AM

    Permennya komplit ya. Cocok juga buat anak2 yang males minum susu

    1. Rotun DF

      Minggu, 18 Maret 2018 at 7:41 PM

      Betuuul, Ipeh. Lagian susu memang nggak wajib juga kan, selama nutrisi bisa tercukupi dari asupan makanan yang lain πŸ™‚

  • Meutia Rahmah

    Kamis, 15 Maret 2018 at 12:55 PM

    Wah kalau permen mah orang dewasa juga seneng hihihi, jadi pengen cobain Pindy susunya mba πŸ™‚

    1. Rotun DF

      Minggu, 18 Maret 2018 at 8:12 PM

      . Betuuul, hahaha. Hayuk cobain Mba πŸ™‚

  • echaimutenan

    Kamis, 15 Maret 2018 at 8:53 PM

    Percaya atau tidak, sampai sekarang Raffi ga pinter makan permen xD wkwkwk
    Karena aku ga ngajarin dan dia lebih suka cemilan kriuk2 gt tapi nanti nyoba ah yang pindy <3

    1. Rotun DF

      Minggu, 18 Maret 2018 at 7:48 PM

      Mami Raffi keceeee. Wah jadi pengen tau reaksinya Raffi pas dikasih Pindy. Awas ketagihan ya, hihi.

  • Dekcrayon tata

    Jumat, 16 Maret 2018 at 12:53 PM

    Anak2 kenal permen malah usia 4 thn mbak. Tpi giginya ttp keropos. Orang2 selalu ngira karna kebanyakan permen πŸ™

    1. Rotun DF

      Minggu, 18 Maret 2018 at 7:54 PM

      Bukaaan, Mba. Banyak faktor kok gigi karies pada anak. Salah satunya jumlah saliva/ludah yang beda pada tiap orang πŸ™‚

  • Bibi Titi Teliti

    Jumat, 16 Maret 2018 at 4:28 PM

    Fathir nih doyan banget makan permen, terutama permen empuk yang bisa dikunyah gitu. Tapi emang harus dibatasi sih biar gak kebablasan.

    Nanti cobain ah beli permen pindy susu buat Fathir :))

    1. Rotun DF

      Minggu, 18 Maret 2018 at 7:55 PM

      Fathir udah gede, pasti udah ngerti ya Teh kalau nggak boleh makan permen banyak-banyak. Apa malah kebalikannya? πŸ˜€

  • Dian Safitri

    Senin, 19 Maret 2018 at 10:57 AM

    Iya nih yang suka nyebar-nyebar hoax itu kadang bikin was was. Aku sering dapat kiriman info makanan minuman yang katanya mengandung narkoba dan zat-zat berbahaya, tapi ternyata hoax.
    Pindy susu ini kan enak. Empuk dan rasa susunya terasa banget. Aku aja doyan.

    1. Rotun DF

      Minggu, 25 Maret 2018 at 7:21 PM

      Iya Mba, banyak banget hoax bertebaran ya πŸ™
      Aku mikirnya kasihan yang jadi korban. Kaya Pindy ini kan. Meski udah ada klarifikasi langsung dari BPOM, tapi tetep aja nggak sebooming berita hoaxnya.

  • Noe

    Senin, 19 Maret 2018 at 1:45 PM

    Eum, jadi inget iklannya jaman dulu. Pindy mint, dingin-dingin empuk! πŸ˜€

    1. Rotun DF

      Minggu, 25 Maret 2018 at 7:22 PM

      Eaaa, ngehits banget pada jamannya ya, Mba Noe >,<

  • Novarina DW

    Senin, 19 Maret 2018 at 2:31 PM

    Anakku udah kebanyakan permen susu dan terlanjur berlubang giginya hiks πŸ™

    1. Rotun DF

      Minggu, 25 Maret 2018 at 7:26 PM

      Waaah, udah ke dokter Mba? Bisa ditambal biar nggak jadi sarang bakteri lubangnya. Bisa memicu sakit gigi soalnya, huhuu

  • Aswinda Utari

    Senin, 19 Maret 2018 at 6:58 PM

    Saya dulu suka kasih rewards berupa permen setiap melihat kebaikan anak. Tapi sekarang udah beda, dia udah ga terlalu suka permen. Hihi. Sekarang dy lbh suka kumpulin point rewards dan dituker ke mainan.

    1. Rotun DF

      Minggu, 25 Maret 2018 at 7:27 PM

      Ide bagus Mba, sampai berapa poin tuh biar dapet mainan? Secara mainan kan mayan ya harnyanya *emak perhitungan, wkwkwk

  • ernawati Lilys

    Senin, 19 Maret 2018 at 9:57 PM

    Anakku suk banget dengan susu apalagi ada permen susu.

    1. Rotun DF

      Minggu, 25 Maret 2018 at 7:27 PM

      Tosss, Mba πŸ˜€

  • Apura

    Selasa, 20 Maret 2018 at 4:32 AM

    Boleh makan permen, asalkan sehari ga lebih dari satu biji. Abis itu jangan lupa sikat gigi. Ketimbang 100% dilarang ntar diam-diam makannya malah banyak dan bikin batuk. Nice tips ini makk

  • Nurul Sufitri

    Selasa, 20 Maret 2018 at 4:59 PM

    Woww..permen! Aku suka! Anak2ku juga suka! Aku memperbolehkan mereka makan permen asaaaalll… sikat gigi sesudah mamam permen terutama akan tidur malam yah, biar ga nempel di gigi bikin sakit ntar hehee. Mau coba ah pindy susu rasa stoberinya, hhmm pasti manis enak ya.

  • Helena

    Selasa, 20 Maret 2018 at 7:41 PM

    Pindy ini merek dari zaman aku SD kayaknya deh. Ternyata masih ada ya. Aku belum kenalin permen ke SID soalnya aku ga suka makan permen. Mending makan nasi padang πŸ˜€

  • April Hamsa

    Rabu, 21 Maret 2018 at 7:24 AM

    Pindy ini merk dari kita (KITA) masih kecil kan ya?
    Anak2ku belum makan permen hehe. Tapi mereka suka kepoh gtu permen itu makanan apa, khawatir ketelen aja sih. Ortunya juga jarang makan sih hehe. Ketemu permen seringnya kalau pas lagi di bank, di counter CS, ada sajian permen anak2 liat aja makan πŸ˜€

    Duh ada2 aja berita hoax mengandung narkoba πŸ™
    Tanpa dikasi narkoba pun permen itu emang enak sih πŸ˜€

  • Nita Lana Faera

    Rabu, 21 Maret 2018 at 7:55 AM

    Saya lah orang yang kalau makan permen, mau apaan ajah pasti dikunyah, hahah… Saya belum pernah nyobain permen Pindy ini tapi kalau permen susu gini memang suka sih. Itu kurang ajar amat yang bilang kalau permen Pindy ini ada narkobanya. Kalau saya, selama itu makanan ada label halal MUI dan izin BPOM, ya berarti udah aman kan. Misal ada kesalahan, 2 lembaga inilah yang nomor 1 turun tangan.

  • rizka edmanda

    Rabu, 21 Maret 2018 at 4:08 PM

    wah pindy susu dari jaman aku sekolah dulu nih hihi, aku juga suka

  • Ria Kurniasih

    Kamis, 22 Maret 2018 at 11:33 AM

    Saya juga mengizinkan kedua putri saya makan permen mbak, dengan catatan jumlah dan frekuensi makannya ga terlalu banyak. Setelah itu gosok gigi dan alhamdulillah keduanya tidak ada yang sampai berlebihan banget kalo sama permen

  • Naqiyyah Syam

    Kamis, 22 Maret 2018 at 6:48 PM

    Penasaran permen susu apa ini jadi pengen mencoba ke anak-anak

  • andyhardiyanti

    Selasa, 27 Maret 2018 at 7:37 AM

    Anak saya doyan banget makan permen. Tapi saya selalu kasih aturan, boleh makan permen kalau udah kenyang makan nasi. Dia malas makan soalnya πŸ˜€

    Terus, sebelum dan sesudah makan permen harus minum air putih. Tentunya jangan lupa juga gosok gigi.

  • nufazee

    Selasa, 27 Maret 2018 at 3:47 PM

    Anakku suka makan permen tapi perutnya nolak, jadi abis makan permen, bereaksi perutnya, jadilah diare ringan huhu. Syukurnya dia cocok makan permen gulamerah itu mb

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post