Kreasi Menu Gizi Seimbang So Good: Ungkapan Cinta Bunda untuk Keluarga

March 20, 201860 Comments
Blog post

Memasak, dan kemudian menghidangkannya untuk suami dan anak-anak, menjadi salah satu cara saya mengungkapkan cinta untuk mereka.

“Bunda, terimakasih ya sudah masak yang enak-enak buat kami”, kata Wafa ataupun Ayyas dalam berbagai kesempatan, setelah mereka menandaskan isi piring yang saya hidangkan. Mereka bilang begitu bahkan ketika saya cuma masak telur dadar yang digulung dan dipotong-potong. Oh, atau bahkan sepiring mie goreng instan yang memang dari sononya udah enak 😆😆

Pokoknya buat mereka, masakan bunda itu enak semua. Si Wafa malah sering banget cerita ke gurunya kalau bundanya pinter masak, dan dia cita-citanya mau jadi chef, seperti bunda.

Nggg, nganu Kak, tolong diralat ya, bunda ini belum pinter masak dan masih jauuuh banget dari predikat chef. Cuma pinter gugling resep dan lumayan rajin praktek di dapur kita. Gitu, Kak😂

Jadi ibu memang gitu ya, otomatis punya fans militan berupa anak sendiri. Kalau pas kecil dulu fans ini setia banget nungguin saya di depan kamar mandi sambil gedor-gedor pintu, maka sekarang mereka setia nunggu masakan atau menagih menu yang sudah lama saya nggak masak. Pancake, nasi goreng, ayam masak kecap, atau aneka frozen food homemade yang biasanya saya stok di freezer seperti kaki naga atau ebi furai.

Hmmm, perkara frozen food ini saya sudah pernah cerita di blog ini. Tentang anak-anak yang suka banget, tentang niatnya buat lauk tapi malah dicemilin mulu, dan tentang proses pembuatannya yang lama sedangkan habisnya setara dengan kecepatan cahaya!

Makanya saya kalau mau bikin atau nyetok, beneran nungguin mood bagus dulu, serta menyiapkan tenaga untuk membuat beberapa menu sekaligus (biasanya weekend). Maka dari ituuu, kalau ditagih-tagih mulu saya jadi streeesss 😫😫

❤ Thank’s to SO GOOD !

Yeeesss, syukurlah ada So Good yang menyediakan aneka produk siap olah dan siap masak sebagai salah satu sumber protein untuk pemenuhan gizi keluarga saya. Protein ini sangat penting karena berperan sebagai antibodi dan pengendali pertumbuhan. Membangun serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Brand frozen food yang baru-baru ini hadir dengan kemasan dan logo baru serta mengganti slogannya dari So Good is Very Good menjadi Lebih Baik So Good memang sudah lama menjadi favorit saya dan anak-anak.

Untuk saya, tentu saja karena praktis, cyin! Selain itu saya tau produk So Good aman dikonsumsi karena bebas bahan pengawet. Dia kan beku ya, jadi memang nggak perlu lagi bahan pengawet. Dan yang bikin kita sebagai konsumen tambah yakin karena So Good ini sudah mendapat sertifikasi BPOM dan label halal dari MUI.

Oiya, saya tau tentang rebranding dan segala hal tentang So Good dari reportase teman-teman blogger yang diundang ke peluncuran logo dan kemasan barunya beberapa waku yang lalu. Yang mau tau lebih lengkap bisa searching peluncuran logo baru So Good atau salah satunya bisa baca ulasannya Mba Almazia di sini ya.

Nah, kalau untuk anak-anak, tentu saja karena So Good enak dan banyak pilihannya. Nugget aja ada berapa macam deh tuh. Yang alphabet, dinobites, animal, sampai yang bentuk donat bulat-bulat. Belum lagi ada sosis, chicken karaage, chicken katsu juga chicken stick. Ah ya, jangan lupakan juga favorit sekeluarga yaitu chicken wings.

Baca juga: Resep Buffalo Chicken Wings 

Ngomong-ngomong, setelah tau So Good ganti kemasan, saya pengen beli juga dong. Apalagi pas stok di rumah juga lagi habis. Tapi ternyata pas ke supermarket di satu-satunya Mall di Palopo, ternyata kemasan barunya belum masuk sini euy. Baru beberapa produk doang kayak chicken nugget dan chicken stick. Untuk So Good ayam potong juga belum tersedia di sini.

Penasaran, saya coba ke beberapa minimarket. Ternyata sama wae, masih banyak kemasan yang lama. Ya sudah saya beli saja akhirnya. Mudah-mudahan segera masuk dalam waktu dekat.

❤ Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang So Good

Selain dimasak begitu saja apa adanya, saya juga beberapa kali mengkreasikan So Good menjadi aneka olahan yang menarik. Nah, selain menarik dan enak, dalam menyajikan menu untuk keluarga kita juga harus berpedoman pada takaran gizi seimbang, seperti yang dikampanyekan oleh So Good dalam piring gizi seimbang yaitu 35% karbohidrat, 35% sayur, 15% protein dan 15% buah-buahan.

Gizi seimbang ini sangat dibutuhkan bukan hanya oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, tapi juga orang dewasa untuk menunjang aktifitas hariannya agar tetap sehat dan fit. Takaran yang pas dan makanan yang beragam sangat berguna untuk pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh.

Dan sebagai seorang ibu, pemenuhan gizi seimbang keluarga tentu saja menjadi tanggung jawab saya. Untuk itulah, sebisa mungkin saya berusaha menyajikan menu terbaik untuk mereka. Ini diaaaa beberapa kreasi menu piring gizi seimbang So Good ala Dapur Nyak Rotun *tabur confetti 🎉🎉🎉

1. CHICKEN STICK SUSHI 🍣

Karbohidrat: Nasi
Sayur: Jagung, wortel dan kembang kol
Protein: So Good Chicken Stick Premium dan telur
Buah: Apel dan anggur

🍣 Alat dan Bahan :

  • Sushi mat
  • Plastik untuk alas
  • Satu mangkok nasi (saya pakai campuran ketan dengan beras biasa, takaran 50:50, dimasak dengan magic com)
  • So Good Chicken Stick Premium
  • 2 butir telur
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • Nori secukupnya
  • Mayonaise dan saos tomat sebagai pelengkap

🍣 Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak, goreng Chicken Stick hingga kuning keemasan, angkat dan sisihkan.
  2. Dadar tipis telur. Dua butir untuk dua dadar, angkat dan sisihkan.
  3. Siapkan sushi mat, taruh plastik di atasnya. Susun telur, nasi, nori, dan chicken stick.
  4. Gulung perlahan sambil ditekan-tekan. Potong-potong.
  5. Untuk sushi kedua, lakukan langkah yang sama, hanya saya balik lapisannya. Nori, nasi, telur dan chicken stick.
  6. Siapkan piring, garnish dan sayuran. Susun sushi sesuali selera, beri toping mayonaise dan saos tomat, beri taburan wijen sangrai bila suka.
  7. Sushi siap disantaaaappp..

2. CHICKEN KARAGE SAUS MADU 🍗

Karbohidrat: Kentang goreng
Sayur: Jagung, wortel dan kembang kol rebus
Protein: So Good Chicken Karage
Buah: Apel dan anggur
 

🍗 Bahan-bahan:

 
  • 100 gr So Good Chicken Karage
  • Bahan saus:
  • 1 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1/2 siung bawang bombay, cincang kasar
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm madu
  • 3 sdm saus tomat
  • Garam dan merica secukupnya
  • 1 sdm margarin untuk menumis
  • 100 ml air

🍗 Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak, goreng chicken karage hingga kuning keemasan. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan pan, lelehkan margarin lalu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  3. Masukkan saus tiram, saus tomat dan madu, aduk rata.
  4. Tambahkan air putih, aduk rata kembali.
  5. Bumbui dengan garam dan merica bubuk, masak sampai kental dan meletup-letup, angkat dan sisihkan.
  6. Potong-potong chicken karaage yang sudah digoreng, tata di piring lalu siram dengan saus madu. Hidangkan dengan pelengkap.
  7. So Good Chicken Karaage Saus madu siap disantaaaap…

3. SO GOOD CHICKEN KATSU SAMBAL MATAH 🍛

Karbohidrat: Nasi
Sayur: Oseng tauge daun bawang ( kesukaan kita berduaaa ) sama lalapan
Protein: So Good Chicken Katsu
Buah: Jeruk peras
Ini menu khuseus untuk saya dan suami sebagai penggemar sambal garis keras. Nyobain sambal matah khas bali yang seger dan pedesnya nampooool.

🍛 Bahan-bahan:

  • 50 gr bawang merah
  • 25 gr cabe rawit atau sesuaikan saja dengan tingkat kepedasan yang dimau 🙂
  • 25 gr bagian putih sereh
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 buah jeruk limau
  • 4 gr terasi bakar yang sudah dihaluskan (optional)
  • Garam dan gula secukupnya
  • 3 sdm minyak

🍛 Cara Memasak:

  1. Iris-iris bawang merah, cabe rawit, bagian putih sereh dan daun jeruk.
  2. Siapkan mangkok bersih, tuang bahan di atas, campurkan dengan terasi bakar dan kucuri dengan jaruk limau. Aduk rata dan tekan-tekan pakai sendok. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak, goreng chicken katsu sampai kuning keemasan. Angkat dan sisihkan.
  4. Minyak panas sisa menggoreng chicken katsu siramkan ke mangkok sambal (kira-kira 3 sdm).
  5. Masukkan garam dan gula secukupnya, aduk rata dan tekan-tekan pakai sendok.
  6. Siapkan piring, tata chicken katsu yang sudah dikerat. Siram dengan sambal matah.
  7. Hidangkan dengan pelengkap dan mari kita santaaapppp…

Nah, itu tadi tiga kreasi menu piring gizi seimbang So Good yang saya sajikan sebagai ungkapan cinta untuk keluarga.

Eitss, ada yang bilang makanan beku nggak sehat? Kalau makanan bekunya nggak jelas, nggak terdaftar di BPOM dan nggak ada label halalnya, mungkin iya nggak sehat.

Tapi kalau So Good ini seperti yang saya jelaskan di awal, insya Allah aman sehingga kitapun tenang dalam mengkonsumsinya.

Beberapa tips untuk makanan beku atau frozen food, selalu teliti tanggal kadaluwarsa saat kita membelinya ya, dan penyimpanannya juga harus diperhatikan yaitu di suhu yang menjamin produk dalam kondisi beku yaitu di kisaran 18-20 derajad celcius.

Teman-teman ada yang punya kreasi menu gizi seimbang So Good juga untuk keluarga? Favoritnya apa nih? Sharing yuuukk!

Love,

——-
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang So Good.
#BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang.
Prev Post Next Post