Bikin Sendiri Jajanan Sempol Ayam, Yuk!

January 13, 201726 Comments
Sempol Ayam

Saya kok semakin yakin ya sama the power of kepepet dan penasaran. Terutama dalam hasrat saya tentang makanan *halah. Jadi biasanya gini: ada makanan atau jajanan yang lagi ngehits, gambarnya bertebaran di temlen facebook maupun instagram, terus saya cuma ngiler karena di Palopo nggak ada yang jual. 
Meh.
Saya penasaran dong, terus coba bikin sendiri untuk menuntaskan rasa penasaran saya. Meski nggak ngerti juga sih, apakah masakan saya sama enaknya sama jajanan yang dijual itu. Tapi kalau menurut saya dan suami, dan anak-anak, dan tetangga yang biasanya saya bagi bilangnya enak, saya puas banget. Dan biasanya resep itu akan masuk ke daftar repeat order, ya sama siapa lagi kalau bukan sama suami dan anak sendiri, wekekek.
Termasuk yang kali ini mau saya share, yaitu Sempol Ayam.
Jadi banyak banget yang upload gambar sempol ayam ini di Instagram. Yang masak sendiri, yang recook dari berbagai resep, atau yang memang jajan di pinggir jalan dan CFDan.
Katanya sempol ayam ini jajanan khas Malang, yang kemudian jadi ngehits dan banyak di jual di mana-mana. Terus si sempol ini sering dibandingkan sama jajanan lain yang serupa. Karena teksturnya kenyal, suka dibandingkan sama cilok Bandung. Karena sempol ini ditusuk-tusuk dan komposisinya mirip, dia dibandingkan sama kaki naga.

[ Baca Juga: Resep Kaki Naga ]

Kasian ya sempol, masa dibanding-bandingin gitu. Kita aja kalau dibanding-bandingkan kan nggak suka *Nyak drama.
Kalau menurut saya semua enak. Mau sempol, cilok, atau kaki naga. Dan semuanya sama-sama nggak ada di Palopo. Sigh!

Bikin Sendiri Saja

Sukses penasaran, akhirnya saya mengeksekusi resep sempol ayam. Dari berbagai resep, ada yang hanya pakai ayam, ada juga yang menambahkan campuran udang. Dan karena udang adalah salah satu bahan yang wajib ada di kulkas saya, akhirnya saya putuskan pakai campuran udang.
Oiya resepnya juga pakai daun kucai yang nggak ada di sini. Jadi saya pakai cincangan daun bawang. Ternyata bener ya, komposisi dan cara membuatnya memang mirip dengan kaki naga. Tapi kalau kaki naga dikukus, sempol ayam ini direbus. Terus kalau kaki naga dicelup telur dan dibalur tepung roti, sempol ayam cukup dicelup kocokan telur dan langsung di goreng.
Eh eh, itu barusan saya mbandingin sempol sama kaki naga nggak sih?? LOL. Maap ya sempol.
Okelah langsung aja ke resepnya yuk!

RESEP SEMPOL AYAM



Bahan-bahan:

– 200 gr ayam cincang
– 100 gr udang kupas (Note: Kalau nggak mau pakai udang, berarti ayamnya 300gr ya)
– 150 gr tepung tapioka
– 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
– 2 sdm bawang merah goreng
– 1 butir telur
– Daun bawang secukupnya, cincang
– Garam, lada bubuk dan kaldu bubuk secukupnya
– Bahan pencelup: 2 butir telur, kocok lepas

Cara Membuat:

1. Masukkan ayam dan udang cincang, bawang putih, bawang merah goreng ke dalam food processor dan proses hingga halus dan tuang ke wadah. Saya nggak punya food processor, jadi as usual pakai blender deh. Tapiii nggak bisa sekaligus karena blendernya kasian takut nggak shanggup, jadi sedikit-sedikit deh. *ini kode buat yang suka minta masakin :p
2. Kalau sudah di tuang di wadah, campurkan bahan lain ya. Garam, lada bubuk, kaldu bubuk, telur dan daun bawang. Tambahkan juga tepung tapioka, lalu aduk deh sampai merata. Kalau misal mau nyicipin apa asinnya udah oke atau masih kurang, bisa ambil sedikit adonan dan rebus di air mendidih.
3. Kalau rasanya udah oke, bisa lanjut membentuk adonan. Oleskan minyak goreng ke kedua tangan, ambil adonan secukupnya dan kepalkan dengan bentuk memanjang di tusuk sate. Lakukan sampai adonan habis.
4. Didihkan air dan rebus sampai matang, kurang lebih 15-20 menit. Pokoknya kalau udah mengambang insyaAllah udah mateng sih. Angkat dan tiriskan, biarkan agak dingin.
5. Terakhir celupkan ke kocokan telur, dan goreng di minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
6. Sempol ayam yang endess dan gurih siap disantaaaap.
Katanya sempol ayam biasa disajikan dengan sambel kacang, tapi saya sudah terlampau lelah buat bikin sambel lagi. Jadi cukup dicocol ke saos sama mayonaise deh.
Gimana gimana, gampang kan? Yuk cobain buat camilan keluarga tercinta^^
Salam,

Prev Post Next Post