Cara Membuat Domain Untuk Pemula

Rabu, 21 November 201827 Comments
Blog post

Ingin membuat website maupun blog pribadi yang keren? Di artikel cara membuat domain untuk pemula ini, kamu bisa menemukan kemudahan untuk membuat sebuah website terbaik yang sesuai kebutuhan. Satu hal yang pasti, kamu bisa membuat banyak web dengan ekstensi apapun yang disuka. Tapi kamu wajib tau juga bahwa proses pembuatan web tersebut tidak semudah yang dibayangkan, apalagi buat pemula.

Dari awal sangat disarankan untuk mengetahui beberapa hal dibawah ini supaya kamu bisa menciptakan situs terbaik yang benar-benar sesuai kebutuhan. Tak hanya itu saja, dengan menciptakan website terbaik, kamu akan bisa membuat sebuah situs yang lebih berkualitas dan tepat sasaran.

Cara Membuat Domain Untuk Pemula

Mulai Dengan Pemilihan Jasa Hosting

Cara membuat domain untuk pemula yang pertama diawali dengan pemilihan jasa webhosting domain yang akan digunakan. Ibarat membeli sebuah rumah, tentu pengen rumah dengan fasilitas terbaik, bukan?

Dengan kata lain, pemilihan hosting yang tepat akan bisa memberikan banyak keuntungan. Beberapa fasilitas akan tersedia misalnya domain yang berkualitas, server yang tidak mudah error, berbagai fitur bandwidth, disk space, dan lain-lain yang pasti akan sangat mudah untuk didapatkan.

cara membuat domain untuk pemula

Cara membuat domain untuk pemula yang bagus juga dinilai dari apa hosting yang digunakan, apakah dedicated, VPS, atau sharing. Kalau pakai sharing maka bersiap saja dengan website yang loadingnya kurang begitu memuaskan. Selain itu, banyak hambatan lain yang akan ditemukan.

Meskipun demikian, tipe shared hosting disarankan bagi pemula yang ingin belajar banyak hal tentang domain. Selain itu, bagi professional, juga bisa memilih shared hosting sebagai potofolio tambahan. Jadi nggak perlu cemas dan khawatir lagi. Yang jelas proses pembuatan domain akan benar-benar bisa sesuai dengan yang dibutuhkan.

Cara membuat domain untuk pemula yang tak kalah pentingnya adalah dengan memilih apa nama ekstensi domain anda. Mungkin bisa membuat sebuah situs yang lebih menjual dengan ekstensi .com, .net, .asia, dan lain sebagainya.

Tapi jangan melihat dari keren atau tidaknya. Lihatlah dari umum atau tidaknya ekstensi tersebut. Kamu bisa memilih ekstensi .com yang pastinya memberikan kemudahan membuat web yang sesuai dengan kebutuhan. Di sisi lain, ekstensi yang satu ini juga akan lebih mudah mendatangkaan manfaat lainnya. Karena sudah banyak yang memakainya juga.

Bisa Dimulai Dengan Domain Gratis

cara membuat domain untuk pemula

Cara membuat domain untuk pemula juga sebetulnya bisa memakai yang gratisan. Sekali lagi, ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran dalam membuat web terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Disini kamu berpeluang untuk membuat web terbaik dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Tapi dari segi fitur sudah pasti jangan dibandingkan dengan versi yang berbayar.

Oiya, fitur domain untuk pemula gratis tak sebanyak yang berbayar ya. Pemilihan temanya tentu tak banyak, plugin juga tidak ada yang tersedia. Contohnya kalau di WordPress. Sejumlah syarat dan ketentuan yang banyak juga harus dipatuhi.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Blogger Harus Memakai Jasa Hosting Domain

Jadi inti dari cara membuat domain untuk pemula ini adalah pemilihan mana yang anda inginkan, gratis atau berbayar. Sudah pasti dua-duanya sama-sama enak tapi yaaa harus memutuskan sendiri mau yang mana. Tapi tenang saja cara membuat domain untuk pemula yang lengkap juga masih ada lainnya, yaitu memakai domain blogspot.com.

Disini sebetulnya fitur lebih lengkap ketimbang WordPress yang versi gratis. Tapi kamu harus tau bahwa website tipe yang satu ini memang banyak sekali pesaingnya.

Cara membuat domain untuk pemula juga harus maksimal. Penyesuaian dalam pemilihan tema juga penting. Misalnya mau membuat website tentang teknologi, tapi temanya tentang tumbuh-tumbuhan, hal ini tentunya kurang cocok. Kesalahan dalam pemilihan pembuatan domain akan bisa berakibat fatal. Karena web tidak terlihat sinkron satu sama lain.

Maksimalkan Traffic Website Anda Dengan Konten Yang Original

cara membuat domain untuk pemula

Cara membuat domain untuk pemula tak hanya tentang bagaimana tampilan luar yang ada di Front End saja, tapi juga tentang bagaimana membuat sebuah konten atau artikel yang original ada didalamnya. Dengan membuat sebuah artikel yang original, akan membantu kamu dari segi SEO.

Selain itu juga akan mampu mendapatkan traffic yang lancar. Ini sangat penting supaya website kamu bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari dengan mudah.

Baca juga: Mengapa Menulis Blog?

Cara membuat domain untuk pemula tentunya juga harus didasari dengan pondasi atau tujuan awal dari penciptaan web itu sendiri. Untuk apa menciptakan website tersebut? Apakah ingin membuat sebuah online shop, ataukah ingin membuat sebuah web media informasi, atau ingin menciptakan sebuah website tentang tips kuliner dan semacamnya?

Yang terpenting susunlah segalanya dengan baik. Jangan sampai ada kesalahan yang signifikan dalam membuat web tersebut.

Cara membuat domain untuk pemula tentu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Jangan asal membuat web tanpa tau tujuan yang sebenarnya. Hal ini akan meminimalisir kesalahan dalam pembuatan website itu sendiri. Dengan pembuatan website yang tepat dan terbaik akan semakin banyak manfaat yang bisa diperoleh. Traffic yang bagus dan konten berkualitas akan menjadikan situs yang kamu miliki kian menarik dan istimewa.

Jadi jika kamu ingin membuat sebuah situs yang bagus, mulailah dengan memahami dan memperhatikan sejumlah pondasi awal yang dijelaskan diatas. Pilih domain yang tepat dan isilah dengan konten yang berkualitas agar tak hanya bermanfaat bagimu, tapi juga untuk pembaca websitemu.

Love,

27 Comments

  • Ahalona

    Sabtu, 24 November 2018 at 10:30 AM

    baca ini agaknya sedikit tertohok, jadi mikir apa konten yang saya tulis berkualitas apa ga, bermanfaat ga buat orang lain huhuhu
    apakah ini alasa traffic masih imut imut T-T

  • Ade anita

    Minggu, 25 November 2018 at 12:19 PM

    Alhamdulillah aku sudah melalui semua itu

  • Ade anita

    Minggu, 25 November 2018 at 12:20 PM

    Ngeblog itu gak susah emang. Asal dinikmati jadi lancar

  • lendyagasshi

    Minggu, 25 November 2018 at 1:04 PM

    Alhamdulillah~
    Kalau sudah makai salah satu penyedia hosting yang terpercaya, jadi ga pingin coba yang lain.
    Takut kecewa sebenernya.

    Padahal blog yang bener-bener diramut cuma satu.
    hiihii~
    Beranaknya mah…banyak.

  • Christina A. S

    Minggu, 25 November 2018 at 5:19 PM

    Duh duh, blog ku aja masih sering gonta ganti nama tapi insha allah semoga bisa dipatenkan dan nyusul jadi .com

  • Keke Naima

    Minggu, 25 November 2018 at 5:42 PM

    Pertama kali saya membuat blog memang taunya cuma blogspot. Saat ityu gak tau kalau blog ada berbagai pilihan platform 😀

  • Mechta

    Minggu, 25 November 2018 at 7:12 PM

    Nah jangan sepertiku yg sudah ngeblog lumayan lama tapi tetep saja ga ngerti teknis..hihi..

  • Dewi Natalia

    Minggu, 25 November 2018 at 9:15 PM

    Wah, informasinya pas banget nih untuk blogger yang baru serius ngeblog kaya aku. heheheh.

  • Rach Alida Bahaweres

    Senin, 26 November 2018 at 5:36 AM

    Memilih dan membuat domain itu menurutku harus dilakukan dengan fondasi yang mba berikan. Membantu sekali tulisannya

  • Eryvia Maronie

    Senin, 26 November 2018 at 6:05 AM

    Artikel yang bagus. Saya save, kali aja nanti dibutuhin. Soalnya selama ini untuk domain dan sebagainya saya masih mengandalkan orang lain dan tinggal bayar, hehe..

  • Ainhy

    Senin, 26 November 2018 at 10:13 AM

    Hikss, sebagai Blogger pemula kemarin saya menemui kesulitan menentukan domain dan pemilihan hosting, alhamdulillah dengan modal nekat akhirnya pindah domain juga walau sekarang masih perlu banyak belajar, thanks rekomendasinya kak ☺️

  • Rani Yulianty

    Senin, 26 November 2018 at 4:26 PM

    Nama domain memang mesti ditetapkan dari awal ya biar selanjutnya langgeng eh apa nih langgeng, makasih tipsnya, cocok buat yang sedang cari nama domain

  • Diah

    Senin, 26 November 2018 at 4:26 PM

    saya masih konsisten dengan domain yang tanpa hosting, Mbak, hehehh.
    masih senang yg free aja, kayaknya ribet ya ngurusin plug in segala 😀

  • Jiah

    Senin, 26 November 2018 at 5:28 PM

    Aku dulu buat blog asal2 lan sih. Ada yang lupa paswordnya juga. Pas ambil keputusan buat ngedomainin, baru deh dipikir matang

  • Novi Nusaiba

    Senin, 26 November 2018 at 5:32 PM

    Makasih ya mba artikelnya. Bermanfaat banget buat nyubi-nyubi kaya aku. Da perlu dibaca buat yg pengen ngeblog jugaaa.

  • Hidayah Sulistyowati

    Senin, 26 November 2018 at 5:51 PM

    Aku baruuu aja bikin website baru, niche nya Traveling keluarga. Dan pakai wordpress, lumayan jg bayar hosting nya

  • Leyla

    Senin, 26 November 2018 at 9:44 PM

    Aku punya blog yang domainnya berbayar, ada juga yang gratisan..tapi lebih sering update yang berbayar biar bisa bayar sewanya wkwk

  • Utie adnu

    Senin, 26 November 2018 at 11:06 PM

    Aku juga lagi berusaha untuk buat content original mba. Meskipun belum fokus banget branding di blog

  • Siti Faridah

    Senin, 26 November 2018 at 11:19 PM

    Aku masih belum banyak tahu tentang domain dan hosting. Harap maklum ya, aku cuma blogger pemula. Setelah baca postingan ini jadi makin banyak tahu lah seputar domain dan hosting.

  • Indah Nuria

    Selasa, 27 November 2018 at 4:57 AM

    Yang penting luruskan niat dan serius.. jadi blogger memang bukan hanya tulis dan share ya sekarang mba

  • Siti hairul

    Selasa, 27 November 2018 at 5:03 AM

    Yang susah itu konsistenebangun konten yg berkualitas ya Nyak. Hahahahaha

  • Indira W

    Selasa, 27 November 2018 at 6:12 AM

    Aku penasaran mau coba WordPress, duh tapi biaya yg keluar bakal lebih banyak dibanding tinggal di bloplgpost. Tapi fitur WordPress lebih lengkap ya, duh bingung sekali hehe

  • Ika Puspita

    Selasa, 27 November 2018 at 6:38 AM

    Dulu setahun pertama ngeblog blm kepikiran beli domain, soale nggak ngerti caranya. Nah, setelah gabung dg komunitas blogger, dikasih tahu lah caranya dan juga manfaatnya kalo pake domain pribadi, salah satunya ya dpt job. Hihi

  • Noe

    Selasa, 27 November 2018 at 6:50 AM

    Jd inget aku gk bertahan lama ngeblog di wp gratisan, banyak yg terbatas, akhirnya beli hosting dan domain TLD bahkan sebelum dunia perbloggingan ramai dg paid post sprti sekarang ini. Hoho

  • maraSolehah

    Selasa, 27 November 2018 at 7:00 AM

    Makjleebbb… sepertinya kontenku d blog bnyak yg berbayar drpd yg original.

  • Ekamustikasari

    Selasa, 27 November 2018 at 7:47 AM

    Benar beud. Itu yang dirasakan emak yg naru belajar kayak saya. Berusaha nulis dgn benar dan original.

  • herva yulyanti

    Selasa, 27 November 2018 at 8:42 AM

    meski udah 2 tahun aku masih dikatakan pemula juga mba masih ada yg blm mengerti gitu jadi kalau baca2 yg begiini suka lgsg tertohok hehhee

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post