Cara Tukar Kartu 4G Telkomsel Indonesia

October 2, 201633 Comments
Blog post

Saya lupa-lupa ingat kapan tepatnya di handphone saya sering masuk SMS dari provider langanan yaitu Telkomsel, berupa himbauan untuk menukarkan kartu lama untuk di upgrade menjadi 4G. Gratis. Dengan mendatangi kantor Grapari terdekat.

Jujur awalnya saya cuek, dan mikir ‘ah, paling di Palopo belum support jaringan 4G’. Jadi pesan itu saya abaikan saja.

Sampai kemudian beberapa hari yang lalu saya membaca postingannya CutdekAyi. Dia cerita kalau suaminya baru saja menukarkan kartu lamanya dengan kartu baru yang support jaringan 4G.

Postingan itu sukses membuat saya penasaran. Karena kan dia tinggal di Aceh. Pikir saya di Aceh aja udah bisa, mungkin Palopo bisa juga nih. Akhirnya saya bbm suami yang lagi ngantor. Saya bilang kalau pengen ikut program tukar kartu 4G.

“Eh tapi Palopo udah ada jaringan 4G LTE Telkomsel belum sih?” tanya saya.

Tak lama, suami mengirimkan capture-an dari web Telkomsel.

area4g
Ternyata udah ada. Saya tinggal di Wara Timur^^

Setelah itu, suami nyuruh saya ngecek device alias handphone apakah mendukung jaringan 4G LTE atau belum. Ternyata udah juga. Yeaaay.

Cara ngeceknya: masuk ke pengaturan > pilih jaringan seluler. Nanti akan kelihatan mode jaringan yang tersedia.

screenshot_2016-09-29-10-28-47
Mode Jaringan SIMPATI

Akhirnya, siang itu saya diantar ke kantor Grapari Telkomsel yang ternyata deket banget dari rumah. Ada di Jl. Jenderal Sudirman samping Kantor Pengadilan Negeri Palopo.

Tentang Tukar Kartu 4G

1. Apa yang dimaksud dengan program Tukar Kartu 4G ?

Tukar Kartu 4G adalah program yang dibuat oleh Telkomsel untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu SIM ke kartu 4G, melalui mekanisme secara online (pengiriman kartu 4G ke alamat pelanggan) maupun offline.

2. Dimanakah pelanggan bisa melakukan Tukar Kartu 4G ?

Tukar Kartu 4G bisa dilakukan melalui  :

Online : www.telkomsel.com/tukarkartu4g , Facebook & Twitter Telkomsel,

Call Center 188 dan 133

Offline (Walk In)  : Grapari, My Grapari, 4G Corner, dan channel lainnya

Informasi lengkap bisa dilihat pada website www.telkomsel.com/4g

3. Apakah syarat Tukar Kartu 4G melalui online channel?

Berlaku untuk pelanggan yang sudah menggunakan Device 4G (Smartphone, Tablet, Modem), tanpa menggunakan Kartu 4G, dan berada di kota yang sudah terdapat jaringan 4G. Untuk informasi kota 4G bisa di lihat pada website www.telkomsel.com/area4g

4. Bagaimana jika pelanggan tidak bisa melakukan pendaftaran Tukar Kartu 4G secara online?

Apabila pelanggan belum bisa melakukan pendaftaran melalui online, maka pelanggan direkomendasikan untuk datang ke Grapari terdekat. Daftar grapari yang melayani penukaran kartu 4G bisa di cek melalui website http://www.telkomsel.com/grapari4g

5. Apakah pelanggan akan dikenakan biaya untuk Tukar Kartu 4G ?

  • Online
    • Pelanggan yang melakukan pendaftaran Tukar Kartu 4G secara online dan diantar ke alamat tujuan akan dikenakan biaya sebesar Rp10,000.
    • Biaya gratis bagi pelanggan yang berada di Jakarta, Sidoarjo dan Surabaya, berlaku untuk 300.000 pemesan pertama
    • Khusus pelanggan kartuHalo untuk penukaran kartu USIM 4G dan pengiriman akan di gratiskan bagi pelanggan yang berada di Jabodetabek, Semarang, Sidoarjo, Surabaya, Bali, Makassar & Balikpapan, Berlaku untuk 10.000 pemesan pertama
  • Offline
    • Pelanggan yang melakukan Tukar Kartu 4G melalui mekanisme offline atau walk in ke titik – titik yang telah ditentukan, tidak dikenakan biaya ganti kartu 4G

6. Device atau handset apa saja yang dapat digunakan dalam jaringan 4G LTE?

Untuk mengetahui Device atau handset yang dapat digunakan pada jaringan 4G bisa di cek melalui website www.telkomsel.com/cekhp4g

7. Apakah keuntungan yang didapat oleh pelanggan apabila melakukan penukaran  kartu 4G dibandingkan kartu 3G ?

Pelanggan akan mendapatkan bonus kuota 10GB (4G only) dan akan dapat mengakses data dengan  kecepatan yang rata rata lebih baik

8. Apakah yang dimaksud dengan bonus kuota 10GB 4G untuk penukaran kartu 4G?

Bonus Kuota 10GB 4G adalah bonus kuota yang diberikan ke pelanggan yang telah menukarkan kartu Non 4G ke kartu 4G, dimana bonus kuota tersebut dapat digunakan jika pelanggan menggunakan Handset 4G yang terkoneksi ke jaringan 4G Telkomsel yang tersebar di kota-kota 4G yang ada.

9. Apa tujuan dibuatnya bonus kuota 4G 10GB?

Bonus kuota 10GB 4G untuk Migrasi kartu 4G ditawarkan ke pelanggan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang telah mengganti kartu Non 4G yang pelanggan miliki sebelumnya menjadi kartu 4G.

10. Bagaimana cara mendapatkan bonus kuota 10GB 4G untuk migrasi kartu 4G?

  • Prabayar
    • Cara mendapatkan bonus kuota 10GB 4G adalah pelanggan cukup melakukan penukaran kartu Non 4G ke kartu 4G baik melalui:
    • Kartu upgrade 4G yang didapatkan melalui Smartphone corner atau store lain yang menyediakan kartu upgrade 4G
    • Penukaran langsung melalui GraPARI, MyGraPARI dan channel lainnya.
  • Pascabayar
    • Cara mendapatkan bonus kuota 10GB 4G adalah
    • Pelanggan harus mengisi form registrasi online order 4G USIM Migrasi kartuHalo di http://tsel.me/tukarkartu4g
    • Pelanggan yang sudah mendapatkan kartu USIM 4G harus menelpon ke call center kartuHalo (133) untuk mengajukan aktifasi paket 10GB 4G nya
    • Paket data 10GB akan diterima pelanggan 7×24 jam setelah kartu uSIM – nya diaktifkan oleh Call Center

11. Apakah bonus kuota 10GB 4G dikenakan biaya?

  • Bonus kuota 10GB 4G tidak dikenakan biaya apapun (GRATIS), pelanggan cukup menukarkan kartu non 4G menjadi kartu 4G.

12. Apakah ada Syarat dan Ketentuan yang berlaku?

  • Ada, adapun syarat dan ketentuan Prabayar (Prepaid) yang berlaku adalah sebagai berikut:
    • Pelanggan yang berhak mendapatkan bonus kuota 10GB 4G adalah pelanggan yang berhasil mengganti dari kartu Non 4G menjadi kartu 4G
    • Bonus berlaku untuk pelanggan prabayar (simPATI, kartuAS, Loop).
    • Bonus kuota 10GB 4G hanya berlaku sekali dengan masa aktif 30 hari.
    • Bonus kuota 4G dapat dilihat di *889# dengan nama flash4G
    • Bonus kuota 4G terakumulasi dengan kuota 4G lainnya (jika pelanggan sudah memiliki kuota 4G sebelumnya) dan masa aktif kuota mengikuti masa aktif terpanjang.
    • Bonus kuota 4G dapat digunakan hanya di perangkat (device) 4G yang terhubung ke jaringan 4G Telkomsel melalui kartu 4G.
  • Sedangkan syarat dan ketentuan Pascabayar (Postpaid) yang berlaku adalah sebagai berikut:
    • Pelanggan yang berhak mendapatkan bonus kuota 10GB 4G adalah pelanggan yang berhasil mengganti dari kartu Non 4G menjadi kartu 4G
    • Bonus berlaku untuk pelanggan postpaidkartuHalo.
    • Bonus kuota 10GB 4G hanya berlaku 1x  dengan mengikuti 30 hari
    • Bonus kuota 10GB 4G bisa didapatkan 7×24 jam setelah pelanggan mendapatkan kartu uSIM Nya dan menghubungin call center untuk aktifasi kartu uSIM nya.
    • Bonus kuota 4G dapat digunakan hanya di perangkat (device) 4G yang terhubung ke jaringan 4G Telkomsel melalui kartu 4G.
    • Pelanggan dapat mengecek/menanyakan status pengirimannya kartu usim 4G ke call center kartuHalo (133)

13. Kapan program bonus Kuota 4G ini berlaku?

Program bonus kuota 4G ini dimulai tanggal 17 September 2016. Telkomsel berhak untuk menutup atau merubah program bonus kuota 4G ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Nah, kalau saya kemarin pakai metode offline, yaitu langsung datang ke kantor Grapari. Prosedur tukar kartu 4G cukup cepat. FYI, meski kartunya diganti, tapi nomornya nggak berubah kok. Jadi nggak usah khawatir ya :). Nggak sampai 10 menit prosesnya, dan lagi nggak banyak antrian juga sih.

Prosedur Tukar Kartu 4G Secara Offline

1. Make sure kalau device dan area tempat tinggal udah support jaringan 4G LTE

2. Saya menghadap ke CS dan bilang kalau mau tukar kartu 4G. Mba CS nya meminta handphone saya dan membantu memindahkan kontak yang tersimpan di kartu lama ke memori handphone.

3. Saya diminta foto copy KTP, yang alhamdulillahnya ada persediaan di dompet jadi nggak perlu ke tukang foto copy dulu. Lalu CS mengisi form dengan biodata berdasarkan KTP. Saya tinggal tanda tangan aja.

4. Proses berikutnya CS mengganti kartu lama non 4G dengan kartu baru 4G dan memberikan beberapa penjelasan termasuk bonus 10GB yang diberikan secara cuma-cuma.

Asik banget kan? Udah gitu selama pakai kartu non 4G, kan tiap isi paket data ada bonus kuota 4G tuh, nah langsung diakumulasikan dengan bonus 10GB dan bisa dipakai alias nggak hangus.

Karena saya termasuk boros rajin mengisi kuota internet, jadilah bonus 4G saya banyak bangeet. Wohoo, bisa surfing sepuasnya deh, atau download video buat anak-anak^^.

screenshot_2016-10-02-08-12-39
Bonus yang terakumulasi sampai 89GB! 😀

Oiya, kata Mba CSnya, di Palopo sendiri jaringan 4G LTE Telkomsel Indonesia belum terlalu merata, dalam artian nggak semua tempat kenceng gitu. Dan lucunya di kantor Grapari Telkomsel termasuk yang masih timbul tenggelam.

Sempet khawatir juga sih, tapi katanya kalau in case nggak ada jaringan 4G, nantinya kartu akan menyesuikan dan kembali lagi ke jaringan 3G. Tapi yaa bonusnya nggak bisa dipake.

Tapi saya hepi pas sampe rumah karena di rumah saya langsung muncul tuh jaringan 4Gnya. Hurraaay. Makin hepi karena banjir bonus dan internetan makin ngebut deh. Wuss wuusss…

jaringan-4g-lte
Jaringan 4Gnya udah muncul^^.

Nah, kalau kamu gimana, udah upgrade jaringan 4G LTE Telkomsel Indonesia belum?

Salam,

Nyak Rotun.

Prev Post Next Post