Jawilan Blogger: Nostalgia Jaman SD Hingga Kuliner Favorit

Rabu, 14 September 201665 Comments
Blog post

Jawilan Blogger. Beberapa hari lalu saya lagi gegoleran di kasur sambil stalking timeline FB. Ternyata ada notif kalau saya ditag sama blogger kondang dari Tanah Pasundan sana, Teteh Nchie Hanie. Teteh yang satu ini rajin banget bewe ke blog saya. Kan akoh jadinya syenaang. Terlebih lagi kita sama-sama gabung di grup telegram Blogger Perempuan. Akhirnya kita pun makin akrab dan dekat. Eerrr, ini kayaknya saya aja yang ngaku-ngaku deh. Hahaha. Ampuni aku ya Teh :p.

Nah, terus apa hal Teh Nchie ngetag saya? Nawarin dagangan sprei?

Bukaaan >.< Teteh memperkenalkan saya tentang jawilan blogger. Jadi ini katanya dulu ngehits banget di kalangan blogger. Semacam pesan berantai gitu deh. Entah siapa yang memulai, nantinya blogger yang dijawil akan membuat postingan serupa dan menjawil blogger yang lain. Seru ya? Postingannya juga yang ringan dan asik-asik aja, nggak yang berat-berat semisal, “Berapa truk batako yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah?”. Nah, berat banget deh tuh.

screenshot_2016-09-15-12-23-41

Jawilan Teh Nchie ini ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab, dari nostalgia jaman SD sampai kulliner favorit. Lengkapnya, ini dia:

1.Siapakah nama guru SD yang pertama kali teringat? Dan apa cerita asik tentang beliau?

Saya langsung ingat sosok yang galak pol: Pak Darsono. Beliau ini punya senjata andalan yang selalu dibawa kemana-mana, yaitu tongkat yang dibuatnya sendiri. Pernah lihat orang bikin petasan nggak? Yang pakai kertas terus digulung-gulung dengan kencang? Nah. Tongkatnya Pak Darsono ya begitu itu. Petasan versi panjang.

Kalau ada murid yang lupa ngerjain PR, atau pas upacara lupa bawa topi, atau berisik pas pelajaran berlangsung, maka tongkat petasan itu akan langsung mendarat ke kepala. Sakit? Bukan cuma sakit kayaknya sih. Berkunang-kunang.

Saya nggak pernah dapat jatah pentungan sih. Kan anak baik-baik, wahaha. Untunglah dulu belum jaman lapor-laporan guru galak kayak sekarang ya. Kalau ada, entah berapa kali Pak Darsono dilaporin.

Orangtua kami dulu adalah tipe yang kalau kita ngadu, “Pak Guru galak”. Maka akan dijawab,”Mesti kowe nakal”. Nyesel doang cerita -___-

Tapi ada satu kenangan yang nggak mungkin lupa tentang Pak Darsono bagi saya. Suka ngasih duit buat jajan, hehehe. Mungkin nggak tega liat saya cengo plus ngences ngliatin temen jajan.

Saya pernah tulis ceritanya di sini. Pak Darsono sekarang udah meninggal. Nggak pake sakit. Menurut cerita Ibu, beliau pulang dari sawah ngeluh pusing terus tiduran dan meninggal T___T. Al Fatihah untukmu ya, Pak :’).

2. Siapakah nama teman SMP yang teringat pertama kali dan apa cerita asik tentangnya?

DARWADI. Bukan kenangan asik sih sebenernya. Tapi lucu. Darwadi ini tipe anak yang nyantai slenge’an kayak nggak punya semangat hidup gitu. Sebel setengah mati sama Matematika. Padahal guru Matematika jaman SMP the best deh. Cantik, lembut dan sabar. Tapi nggak ngaruh buat Darwadi.

Suatu hari, inget banget kita lagi belajar tentang materi persamaan.

5x+2y=….

Yang gitu-gitu deh. Lupa sayanya juga, wkwkwk.

Darwadi kayaknya udah frustasi. Berulang kali dijelaskan sama guru, nggak mudeng-mudeng juga. Setengah menangis karena putus asa, dia nanya:

“Bu, ini sebenernya belajar kayak gini buat apa sih? Kan nggak bakal kepake juga di hidup saya. Nggak mungkin kan Bu nanti saya bilang, eh, Bang beli ciloknya dong 10x”

LOL.

Saya ingat Bu Guru tertawa sampai merah semua mukanya. Tapi sedetik kemudian, sosoknya yang anggun dan lembut telah kembali.

“Dar, karena kamu sedang sekolah, maka pelajaran ini perlu. Buat apa? Buat ngerjain tes, biar nilai rapot kamu bagus, biar kamu lulus”.

“Paham?”, pungkas Bu Guru.

3. Apakah kuliner di luar kotamu yang teringat pertama kali, di mana lokasinya dan  apa keistimewaannya?

Ini banyak banget, hahaha. Tapi yang teringat pertama kali Toge Goreng. Nyaaammm. Kenangan banget juga sih. Jadi hampir tiap wiken beli Toge Goreng ini bareng suami. Yaampun enak banget lah.

Gurih, lontongnya lembut, bumbu tauconya berlimpah, daun kucainya segeeerr. Juara pokoknya. Ada dimana? Di GOR Ragunan. Seporsinya cuma 7 ribu. *Ngences segalon*

toge-goreng
Toge goreng khas Bogor. Gambar dari Kompasiana.

4. Pernah baca koran edisi cetak sebulan terakhir ini? Kalau pernah apa nama korannya dan bacanya di mana?

Pernah. Baca koran Fajar di hotel Makassar long wiken kemarin.

5. Jika kamu sempatkan meletakkan gadgetmu, kemudian melihat sekeliling di tempat umum, apakah kamu melihat keberagaman (manusia) yang ada? Apapun jawabannya , maka apakah yang ada dibenak mu melihat hal ini.

Kemarin sih ini pas perjalanan Makassar-Palopo. Hp lowbatt, jadi blas nggak pegang HP. Dan namanya penumpang di transportasi umum, pasti beragam banget ya.

Yang ada di benak kemarin ngerasa terganggu dengan salah satu penumpang. Jadi itu kan bis malam, yang mostly pada pengen tidur karena ngantuk. Tapi ada satu penumpang yang lamaaaaaa banget telponan sama seseorang.

Pembicaraannya bener-bener nggak penting. Semacam rumpi on the bus kali ya. Segala hal diomongin. Dan itu nggak cuma sekali. Udah ditutup, terus telpon lagi. Gitu aja terus sampai lebaran kucing.

Sempet ngerasa emosi tapi terus mikir mungkin beliau ini insomnia. Nggak bisa tidur, jadi yaudah ngobrol aja via telpon dengan someone. Mungkin seharusnya saya sarankan untuk baca nyakrotun.com aja ya :v.

6. Apakah angkutan umum terakhir yang kamu naiki, Asik ga sih perjalanan mu?

Nah, ini udah terjawab di nomer 5 :p.

7. Apakah pagi ini kamu sempat melihat matahari terbit? Kenapa?

Enggaaaakk *tutup muka*. Why oh why? Anak-anak tidur siangnya kesorean, tidur malemnya kemaleman. Jadi nemenin mereka main dulu sampai jam 11 lewat. ZZzzzz..

Tambahan pula lagi datang bulan jadi bangun siang deh *alesyan*

Udaaaah, sampai nomor 7 aja. Misi jawilan selesai. Yeaaay! Saya mau njawil Mba Ety abdoel, Jiah Al Jafara, Lendy Agasshi, ngg…siapa lagi ya?

Atau ada yang mau nulis kayak gini juga? Boleh banget lho :D.

Palopo, pertengahan September.

^Nyak Rotun^

65 Comments

  • Nchie Hanie

    Kamis, 15 September 2016 at 8:27 AM

    Hahahhaa..aku ngakak sosok Darwadi, mbayangin wajahnya unyu2 ga yaaa…
    Bu guru cantiknya, pinter jawab pulaaa

    Makasih ya Nyaaaak, udah mau jawab jawilan eykeh..
    Semangat ngeblog..!!

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 9:43 AM

      Nggg…gitu deh Teh. Unyu2 nggemesin pengen nabok xD

  • tia

    Kamis, 15 September 2016 at 8:48 AM

    mbaa aku mauu dijawil juga… nih nih nih
    me likey cerita nostalgia soalnya. ehhee

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 9:44 AM

      Aku tadi nyari-nyari. Ternyata belum temenan di FB ya? Hahaha. Udah aku add, approve segera yuaaa

  • Rach Alida Bahaweres

    Kamis, 15 September 2016 at 10:18 AM

    Wah ini jadi nostalgia banget yaa mbaa Rotun. Aku lupa nama guru SD aku mbaaa. Tapi ingat banget disuruh berdiir gara2 nggak bisa jawab matematika hihihii

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 11:56 AM

      Masa Mbaa? Hahaha. Sambil pegang kuping nggak berdirinya? :p

  • Susindra

    Kamis, 15 September 2016 at 10:44 AM

    Oh ya lupa dengan Jawilan Blogger-nya Mbak Nchie. Hihihi…. Next week ya Mbak. 😉

    Saya senang zaman dahulu. kita pure menulis. Tapi namanya hidup memang harus berevolusi. Yang penting tetap rendah hati dan tetap tulus.

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 11:57 AM

      OIya Mba Susi juga dijawil ya.

      Bener Mba, setuju. Dan yang penting jangan lupa untuk bersenang-senang. Yeaayy.

  • Rusydina Tamimi

    Kamis, 15 September 2016 at 11:16 AM

    toge goreng itu gimana mba? masa cuma amkan toge gorneg doang nggak dikasih apa apa? :O

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 11:58 AM

      Hahahahaha, aku ngakak. Belum pernah lihat dan nyicipin ya? Maaf-maaf. Udah aku tambahin gambar ya :*

  • kania

    Kamis, 15 September 2016 at 12:46 PM

    seru juga ya jawilan ini tapi yg dijawil tau gak ya?

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 12:51 PM

      Iya Mba seruu. Tau Mba karena ditag via Facebook itu 🙂

  • Ety Abdoel

    Kamis, 15 September 2016 at 1:50 PM

    Arg, toge goreng.aku belum pernah ngerasain Nyak.
    Ayo tanggungjawab.

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 5:58 PM

      Ih aku aja ngidam ini Mbaak. Tapi mau bikin nggak ada tauco di Palopo, hiks hiks.

  • Gustyanita

    Kamis, 15 September 2016 at 2:31 PM

    Huaaa makacih mb rotun, nanti mbul nyusun jawaban duluk, biar keren ahahhaha #antusiaaas muach
    Eh pertanyaannya sama dg yang di sinikah untuk blogpostku mv? Apa temanya bebas?

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 5:59 PM

      Cama-cama Mbul sayang.
      Iyaaa, pertanyaannya sama. Jawabannya yang bebaaasss *yaiyalah* xD

  • Shona-ibubahagia.com

    Kamis, 15 September 2016 at 2:31 PM

    Wikikiki… diriku juga dijawil temen buat posting beginian, tp belum bikin. Gmn rasanya teh? 😀

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 6:00 PM

      Hayuk bikin, Uni. Rasanya? Syenaang. Nulisnya nggak ada beban. Asik banget Uni.

  • tutyqueen

    Kamis, 15 September 2016 at 3:52 PM

    kalo guru SD ingetnya cuma yang paling kejam haha

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 6:04 PM

      Yaampun, Mba Tuty. Kejam. Hahaha.Galak ajalah Mba :v

  • Lendyagasshi

    Kamis, 15 September 2016 at 5:29 PM

    Wiiwwiu…pertanyaannya seputar masa lalu….

    Nanti aku jawab mantan, piye Nyaak…?
    ^^

    Siap…siap.
    In syaa allah bikin bp kaya gini…seerruu yaa…colek colekaan..

    Haturnuhun, Nyak sayaaang..

    1. Rotun DF

      Kamis, 15 September 2016 at 6:06 PM

      Mantan? Boleeeh. Bebas pokoknya. Mau satu pertanyaan terus jawabannya satu blogpost juga boleh *eh xD
      Yuhuu, ditunggu postingannya ya :*

  • lianny hendrawati

    Kamis, 15 September 2016 at 6:11 PM

    Wuahhh ngences liat gambar toge gorengnya. Penasaran pengin nyicip 🙂

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:17 AM

      Bikin Mba Li, canggih mah Mba Lianny bikin masakan 🙂

  • Ayaa

    Kamis, 15 September 2016 at 6:59 PM

    Guru SD yang [aling ganteng namanya Pak Yatno dan paling galak Pak Salimi. Waaaaa, jadi merasa dijawil 😀

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:18 AM

      Cieee..paling ngganteng. Aku nggak ada je.Tua2 semua gurunya, wkwkwk.
      Ayo Dek bikin jugaaa.

  • Liswanti

    Kamis, 15 September 2016 at 9:21 PM

    Bernostalgia memang selalu menyenangkan ya mba. Kadang suka bikin senyum-senyum sendiri hehehe

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:19 AM

      Huum Mba 🙂

  • aqib

    Kamis, 15 September 2016 at 9:29 PM

    hahaha… saya ketawa aja wes mbak…

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:21 AM

      Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, Mas 😀

  • Arina Mabruroh

    Jumat, 16 September 2016 at 12:07 AM

    heheheh. si Darwadi lugu polos banget.. 😀

    seru juga ya ada jawilan blogger. aku baru tahu 🙂

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:22 AM

      Iya Mba, aku juga baru tau ini ada jawil-jawilan begini, hehe.

  • Ipeh Alena

    Jumat, 16 September 2016 at 12:47 AM

    Kalau saya guru SD yang paling diingat itu namanya Tini Supartini, rumahnya deket juga sama rumah saya. Bahkan beberapa kali sempat berpapasan di jalanan. Kemudian merasa takjub, karena bu Tini ga tua-tua ….. sementara saya ~ (kemudian curcol)

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:24 AM

      Apakah Bu Tini adalah orang Sunda?
      Apakah Bu Tini masih mengajar sampai sekarang?
      Apakah akhirnya anaknya Ipeh menjadi murid Bu Tini juga?
      .
      .
      Jika iya, maka itu membuktikan bahwasanya kebanyakan seorang guru memang panjang umur dan awet muda.
      Masya ALLAH :)))

      1. Lidha Maul

        Sabtu, 17 September 2016 at 8:44 AM

        jawil akuh jawil akuh nyak

        1. Rotun DF

          Selasa, 20 September 2016 at 8:40 PM

          *tabok Kak Lidha* >,<

  • Helena Foottrip

    Jumat, 16 September 2016 at 6:16 AM

    Seru juga dijawil begini. Berarti pertanyaan dari si penjawil dan suka-suka dia ya. Mau dong nyak…

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:25 AM

      Iya seru Mba. Aku aja ketagihan, hihi. Yuk bikin lagi yuk..

  • Ade Anita

    Jumat, 16 September 2016 at 6:48 AM

    Hehehehe seru seru nostalgianya. Btw.. Yg no 4 kalo aku pasti kesulitan krn dah lama gak langganan media cetak appaum

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:26 AM

      Sama Mba Ade. Aku juga udah lamaaa nggak pernah baca media cetak. Tapi ndilalahnya kemarin kok ya pas di lobi hotel ada terus baca deh 😀

  • cputriarty

    Jumat, 16 September 2016 at 7:36 AM

    Jadi tertawa terbahak2, ngekek istilahnya sehabis baca postinganmu mbk yang penuh humor jenaka.Peace dah

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:27 AM

      Hahahaha, wes mirip stand up comedy hurung Mba? Tak ndaftar po? :p

  • Ranny

    Jumat, 16 September 2016 at 7:48 AM

    Bener banget mak, di tahun 2009-2010 jawilan ini ngeheits banget, bisa sampe puluhan loh pertanyaannya *hiks capek hayati heheheh
    Nomer 7 itu epicc dah 😀 hidup emak2

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:29 AM

      Iyakah Mak Ran? Yuk kita lestarikan lagi. Seru ya.
      Puluhan pertanyaan? Oh em ji apa aja itu?
      Nomer 7 kayaknya banyak temennya ya, wkwkwk.

      Hidup Emak-emaaaks!

  • Noe

    Jumat, 16 September 2016 at 8:23 AM

    Hehehe seru ya jawil2an nya. Jd bernostalgia deeh pertanyannya

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:30 AM

      Hooh bener.

  • LIZA

    Jumat, 16 September 2016 at 8:52 AM

    dulu sering banget ya jawilan2, mention sesama blogger, ga peduli berapa backlink yang habis

    1. Rotun DF

      Jumat, 16 September 2016 at 10:30 AM

      Gitu ya Kak Liza? Hahaha. Ayok kita mula lagi Kak. Seruuu!

  • ratna dewi

    Jumat, 16 September 2016 at 10:55 AM

    Aku ketawa-ketawa sendiri bacanya, lucu-lucu banget pertanyaannya, hihi. Sebagian jadi flashback memori jadul ya.

    1. Rotun DF

      Selasa, 20 September 2016 at 8:44 PM

      Awas dikira kenapa-kenapa kok ketawa2 sendiri :v
      Yuk bikin juga Mba.

  • nitalanaf

    Jumat, 16 September 2016 at 3:21 PM

    Mba Rotun dulunya tinggal di Jkt ya? 😀 Jauh juga migrasinya ke Palopo 😀

    1. Rotun DF

      Selasa, 20 September 2016 at 8:42 PM

      Huum Mba, 8 tahunan lah di Jakarta.
      Iya nih jauh banget ke Eropa, wkwkwk.

  • Jiah

    Jumat, 16 September 2016 at 7:57 PM

    Ooo itu to rupanya toge goreng….

    1. Rotun DF

      Selasa, 20 September 2016 at 8:42 PM

      Betoel.

  • April Hamsa

    Jumat, 16 September 2016 at 10:32 PM

    Malam2 baca postinganmu, bikin aku pengen makan toge goreng mbak hehehe

    1. Rotun DF

      Selasa, 20 September 2016 at 8:41 PM

      Hahahaa, maafkaaan Mba April.
      Eh dirimu bikin juga kan ya? Mau mampir aaah

  • Irawati Hamid

    Jumat, 16 September 2016 at 10:45 PM

    seru juga nih idenya Mba Rotun, buat tulisan sekaligus mengenang masa lalu, hihihi 🙂

    1. Rotun DF

      Selasa, 20 September 2016 at 8:40 PM

      Iya Mba Ira, yuk ikutan bikin juga. Asik Mba, sembari bernostalgia 😀

  • Retno kusuma wardani

    Minggu, 18 September 2016 at 12:37 PM

    Baca-baca ini jadi mikir jawaban versiku sendiri mbak hihihi… mengenang masa laku…

    1. Rotun DF

      Selasa, 20 September 2016 at 8:39 PM

      Yuk bikin juga Mba^^

  • Alaika Abdullah

    Minggu, 18 September 2016 at 5:54 PM

    Aih, jadi teringat jaman dulu, wkt baru2 ngeblog dan belum begitu ngeh akan dunia monetization. Sering main jawil-jawilan gini, seru dan asyik! 🙂

    1. Rotun DF

      Selasa, 20 September 2016 at 8:39 PM

      Hayuk mulai lagi, Mba Al. Seru ya!

  • febridwicahya

    Minggu, 18 September 2016 at 10:33 PM

    Waaaaaaaaa 😀 Jawilan blogger seru nih hehehehe 😀

    Wkwkw kok guru yang galak gitu gampang banget diinget yak mbak :p wkwkwk

    Aaaaakh, Toge Gorengnyaaa :’ aku menyeraaaah jam segini liat foto itu :’

    1. Rotun DF

      Selasa, 20 September 2016 at 8:38 PM

      Galak tapi baik hatiiii 🙂
      Cuss beli laah toge gorengnya 😀

  • Heni Puspita

    Rabu, 21 September 2016 at 9:32 PM

    Jadi pengen ngerasain tauge goreng. Kayak apa ya he he

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post