Musim Hujan Sudah Tiba. Yuk, Jaga Kesehatan Si Kecil dengan 7 Tips ini!

19 Desember 201857 Comments
Blog post

”Saat musim hujan tiba, udara menjadi lembab dan menyebabkan virus serta bakteri mudah sekali berkembang biak dan menyebabkan banyak penyakit pada si kecil seperti demam, flu, batuk, radang tenggorokan hingga diare. Cari tahu yuk, tips apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatannya.”

Haeee Buibuuu, udah masuk musim hujan nih. Gimana, udah sibuk dong ya mindahin jemuran bolak balik karena di PHP sama sang surya alias matahari. Baju udah rapi nih berderet di jemuran, kok ya doi ngumpet terus disusul sama gerimis. Gegap gempita lah kita masukin jemuran ke rumah. Eh baru beres, kok dia nongol lagi? Huwaaa, KZL.

I feel youuu, hahaha. Demi baju kering aja perjuangannya masya Allah ya. Tapi ya mau gimana lagi. Wes disyukuri aja, anggep sekalian olahraga, kan mayan tuh buat nurunin berat badan. Meski cuma se ons, muehehe.

Tapi selain perkara jemuran, ada satu lagi nih yang bikin kita was-was pas musim penghujan , yaitu kesehatan keluarga terutama anak-anak.

Maklumlah, kita aja orang dewasa kalau musim hujan gini sering ngerasa dingin, nggreges dan nggak enak badan. Apalagi anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa.

Di sekolah kakaknya Ayyas, semenjak musim hujan banyak banget yang ijin karena sakit. Saya bilang banyak karena selalu di atas 10 anak, huhuu kasihan. Tetangga juga udah ada beberapa yang kena batuk pilek.

Nggak heran ya, musim hujan gini memang rentaaan banget penyakit. Virus dan bakteri mudah berkembang biak di udara lembab seperti sekarang. Makanya kita juga harus ekstra dalam menjaga kesehatan anak-anak.

Nah, apa saja sih yang bisa dilakukan? Berikut 7 tips menjaga kesehatan anak saat musim hujan ala saya.

7 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

  1. Memakaikan pakaian yang hangat

Kaos yang agak tebal, sweater dan jaket yang tadinya terlipat rapi mulai saya keluarkan dari lemari. Saat hujan deras dan cuaca makin dingin, saya pakaikan ke anak-anak. Apalagi saat tidur ya, biasanya anak nggak berasa tuh kalau dingin. Atau sebenernya mereka dingin tapi karena ngantuk jadi nggak mau bilang, mending terusin tidur aja.

Saya pernah loh pas kebangun, pegang telapak kaki anak-anak kok dingin banget. Selimut udah tau kemana, ditendangin sama mereka. Cari aman, saya mending pakaikan kaos kaki bila perlu. DIjamin nyantol sampai pagi.

  1. Awasi Saat Bermain di Luar

Siapa yang anaknya senang main hujan? Toss dulu dong. Saya nggak pernah larang anak-anak bergembira bersama hujan, tentu dengan syarat dan ketentuan yang kami sepakati. Pernah saya tulis di sini, baca ya.

[Baca: Manfaat dan Tips Bermain Hujan]

Yang paling penting, awasi ya Bu kalau anaknya sedang mandi hujan agar kita tahu dia masih bermain dengan aman. Nggak minum genangan air, misalnya.

Penting juga untuk membatasi waktunya, soalnya mereka mah taunya asik maiiiin aja. Kalau udah gitu jadi abai terhadap tubuh yang sebenernya udah kedinginan.

Dan habis main hujan, jangan lupa bersihkan badan si kecil dan beri dia minuman hangat.

  1. Jaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Ini mah memang wajibul kudu ya, bahkan saat nggak musim hujan. Tapi saat sekarang musti ekstra saat bebersih rumah dan lingkungan. Pastikan tidak ada genangan air, tidak ada wadah yang terbuka, atau tumpukan sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk.

  1. Awas Nyamuk!

Ini nih yang ganggu banget. Nyamuk kebon pada bergerilya masuk rumah. Gede-gede banget! (Nulis ini langsung merinding bayangin nyamuk yang gendut-gendut). Kalau anak main ke luar, jangan lupa oleskan lotion atau minyak anti nyamuk.

Di dalam rumahpun kalau musim hujan gini saya nyalain obat nyamuk elektrik dari mulai jam 4 sore, dan baru saya matikan jam 10 keesokan paginya.

Di dalem rumah kalau lagi mendung atau hujan kan jadi remang-remang gitu kan. Nah, nyamuk seneng banget ngumpet di bawah meja atau di balik gorden. Hiiyyyy..

  1. Jauhkan dari Orang yang Sakit

Ayyas biasanya selalu ikut kalau saya jemput Wafa ke sekolah. Tapiii, sekarang nggak saya ijinkan. Kalau pas bubar sekolah kan rame dan crowded banget, ada anak yang pilek, atau anak yang baru sembuh dari sakitnya. Jadi saya nggak mau ambil resiko. Mending di rumah dulu deh. Syukurnya Ayyas ngerti J

  1. Jaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat ini banyak ya, diantaranya istirahat yang cukup, serta biasakan mencuci tangan sebelum makan, cuci kaki setelah dari luar rumah, memakai masker bila perlu, dan membuang bekas tisu setelah bersin atau batuk ke tempat sampah dengan cara yang baik.

Untuk hal ini kebantu banget sama buku bacaan. Anak-anak jadi lebih faham bagaimana menjaga kondisi kesehatannya, apa saja yang bisa membuatnya sakit, dan apa saja yang membuat tentara bakteri baik di tubuhnya semakin kuat. Kapan-kapan insya Allah saya review bukunya  di sini deh.

  1. Jaga Asupan Nutrisi

Asupan yang bergizi adalah hal yang sangat baik sebagai penangkal penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Kalau 6 tips sebelumnya merupakan faktor luar, maka menjaga asupan nutrisi ini adalah faktor dalam yang merupakan benteng pertahanan si kecil. Kalau daya tahan tubuh oke, maka insya Allah anak jadi nggak mudah terserang penyakit.

Lengkapi Asupan Nutrisi Anak dengan Bebelac Gold yang Tinggi Serat

review bebelac gold

Untuk Ayyas yang masih berusia 4 tahun, selain memberinya asupan nutrisi dari makanan sehari-hari , saya juga melengkapinya dengan Bebelac Gold. Susu yang tinggi serat ini mampu membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak.

Pemenuhan nutrisi dan serat yang cukup akan dukung perut si kecil untuk bisa hasilkan 7 kehebatan perut seperti cepat tanggap, perlindungan alami, dan pencernaan lancar.

Kehebatan perut lainnya yaitu penyerapan nutrisi secara maksimal yang akan berguna untuk tumbuh kembang anak, juga pencernaan nyaman yang ngaruh banget sama suasana hati. Jangankan anak-anak, kita aja kalau perutnya nggak nyaman pasti jadi bad mood kan? Serba salah mau ngapain juga.

review bebelac gold

Nah kalau anak-anak perutnya nyaman, dia juga jadi good mood, nggak gampang cranky dan aktif seharian. Kayak Ayyas nih, meski agak kecewa nggak bisa main sepeda di luar karena hujan mulu, tapi masih bisa teralihkan dengan main balok  di dalam rumah. Nggak kalah seru kok, asal kita mau nemenin dan ikut aktif bermain bersama.

Kegiatan lainnya di musim hujan tentu saja. Baca buku! Udah lah nggak ada bosennya kalau yang ini mah. Mau berapa buku kalau dijabanin juga hayuuk aja 😀

review susu bebelac gold

Atau jika kondisi memungkinkan, monggo aja kalau mau main hujan. Selesai main hujan langsung deh dapet paket kombo yaitu mandi air hangat, minum Bebelac Gold hangat dalam dekapan bunda yang so pasti hangat juga dong yaaa <3.

Kalian gimana gengs? Udah ada yang nyobain Bebelac Gold ini untuk anaknya? Yang belum, yuk lah cuss cobain!

#GrowThemGreat #7KehebatanPerut

Love,

57 Comments

  • Inna Riana

    20 Desember 2018 at 7:10 AM

    musim hujan… 2 boyz bolak-balik huhujanan. pulangnya langsung cuss ke kamar mandi 😀

  • herva yulyanti

    21 Desember 2018 at 11:52 AM

    yeay bener banget musim hujan banyak nyamuk nyak makanya wajib banget diperhatikan jangan sampe nanti malah sakit gegara nyamuk..
    dan asupan bebelac gold tentunya y nyak biar gizi anak terpenuhi

  • Anggraeni Septi

    21 Desember 2018 at 5:58 PM

    Hai kak Ayyas, Luigi juga minum Bebelac Gold karena diperkaya dengan Advansfibre yang tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak 🙂

  • Dwi Puspita

    21 Desember 2018 at 6:51 PM

    Jaga pola hidup sehat ini penting banget. Nggak hanya untuk anak tapi ortunya juga. Hehehe… Btw susu anak kita samaan nih Nyak. Anakku cocok dengan susu ini…

  • Muthmainnah Yuria

    21 Desember 2018 at 7:53 PM

    Bener banget harus hati2 sama nyamuk di kebon belakang rumah nyak..

    Tapi kok anak2 demen banget mainan disana, apalagi sambil main hujan..

    Baru mau berhenti setelah kedinginan trus minta dibikinin susu bebelac anget

  • arifah wulansari

    21 Desember 2018 at 7:58 PM

    Iya nih, musim hujan kayak sekarang memang rawan bikin anak sakit. Emang bener mak, daya tahan tubuhnya harus dikuatin dengan suplai nutrisi. Untung ada Bebelac Gold Ya 🙂

  • Ruli retno

    21 Desember 2018 at 8:06 PM

    Asupan nutrisi memang faktor penting untuk daya tahan tubuh anak ya, dan semua ada di bebelac

  • Alia

    21 Desember 2018 at 9:09 PM

    Bener bun musim hujan harus asupan gizi

  • Aswinda Utari

    21 Desember 2018 at 9:33 PM

    Huaa.. Bener banget kalo lg musim hujan kudu perhatikan anak bener2. Aplg anakku tipe yg manis daging. Jd nyamuk tuh suka banget. Spy ga gampang sakit kt mmg hrs mmprhatikan nutrisinya ya bund. Untung ad bebelac gold. 🙂

  • lingga

    22 Desember 2018 at 12:32 AM

    Asupan yang bergizi adalah hal yang sangat baik sebagai penangkal penyakit dan menjaga daya tahan tubuh, ini bener banget sih. selain gizi seimbang, susu jg sangat penting ya mba

  • Raisa Hakim

    22 Desember 2018 at 5:54 AM

    Musim hujan nih memang ya bikin saluran cerna anak berubah mungkin dari angin juga eh tapi kalau pencernaan sydah terjaga sehat kan gak bikin anak gampang sakit juga ya. Keren banget sih manfaat perut sehat pengaruh nya banyak ke aspek perkembangan anak lainnya. Love Bebelac Gold

  • Khairiah

    22 Desember 2018 at 8:20 AM

    Anakku udah nyobain bebelac gold dan langsung suka

  • Siti hairul

    22 Desember 2018 at 9:14 AM

    Anak2ku kalo hujan seneg banget main hujan. Kalo ga disuruh brenti ga masuk rumah

  • Ria Fasha

    22 Desember 2018 at 11:09 AM

    Musim hujan memang kudu jaga kesehatan keluarga Karena mudah banget kena batuk pilek. Nah ubay juga minum bebelac gold untuk melengkapi nutrisi nya biar tetap sehat dan ceria

  • Yoanna Fayza

    22 Desember 2018 at 3:58 PM

    Sama mak, yg aku takutin dari musim hujan itu nyamuk-nyamuknya, banyak dan mengerikan. Kalau kesehatan anak sih Alhamdulillah udah ada Bebelac yg membantu menjaga kesehatan mereka 🙂

  • Mei Wulandari

    22 Desember 2018 at 4:37 PM

    Kalau lagi hujan emang kita harus ekstra jaga kesehatan ya MB. Apalagi anak-anak yang emang aktif. Kenzo jg nih minum Bebelac gold untuk membantu menjaga pencernaan.

  • CatatanRia

    23 Desember 2018 at 8:19 AM

    Anak-anak saya juga paling seneng main hujan. Samaa mba setelah main hujan mereka mendapatkan segelas susu hangat bebelac gold hehe

  • Cindy Vania

    23 Desember 2018 at 8:51 AM

    Ini musim ujan, panas, anakku lagi suka naik turun kolam karena sodara dateng ke rumah.

    Yaa jadi cuma bisa menguatkan dari makanan dan susu yg kaya nutrisi dan tinggi serat supaya anak2 ga gampang sakit. Berterima kasih juga sama minyak2 pembuat hangat ituh

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    23 Desember 2018 at 10:05 AM

    Anakku paling demen begitu hujan, karena bisa main hujan. Biasanya aku membiarkan sampai 15 menit dia main hujan di teras belakang. Untuk melengkapi harinya biasanya aku kasih Bebelac Gold

  • Naqiyyah Syam

    23 Desember 2018 at 9:56 PM

    Senang banget ruangan bacanya tapi. Sama kayak Aisyah nih suka dibacakan buku. Apalagi kalau dipangku abis minum susu Bebelac Gold ya, makin anteng deh

  • Arinta Adiningtyas

    24 Desember 2018 at 1:13 PM

    Untuk menghindarkan kulit dari gigitan nyamuk, saya pakai minyak telon, Nyak.. Nggak cuma anak-anak saja yang pake, saya juga, hihi..

    Tapi untuk menjaga kesehatan perut, saya pakai Bebelac Gold juga untuk anak-anak. 🙂

  • Mildaini

    26 Desember 2018 at 9:29 AM

    iyah, nih sedang musim hujan, anak juga suka lapar yah, harus dijaga asupan gizinya, supaya tidak salah masuk, apalagi bikin sakit perut. Sedia bebelac di rumah ya mom

  • Rani R Tyas

    7 Januari 2019 at 10:36 AM

    Musim penghujan emang rawan sakit ya, Mbak. Berkat musim hujan gini, aku juga jadi pasang obat nyamuk bakar! Lha yang elektrik udah nggak mempan kok. Ya udah deh. Masa hujan-hujan gini, konsumsi susunya juga harus yang berkualitas, kayak Bebelac Gold ini.

  • Allaely Hardhiani

    7 Januari 2019 at 11:13 AM

    Asupan nutrisi emang penting banget nih buat daya tahan tubuh. Kalau nggak ya bisa gampang sakit. Cuma ini anak sulung lagi malas makan, alhasil beberapa waktu lalu saat di rumah ada yg sakit dia yg paling cepat tertular deh.

  • Mpo ratne

    7 Januari 2019 at 11:31 AM

    Musim hujan memang menyenangkan bagi anak anak terutama bisa main air hujan.

    Menjaga kondisi sang anak jangan sampai sakit. Bisa di atasi dengan mandi jika habis bermain air hujan

  • Cindy Vania

    7 Januari 2019 at 11:34 AM

    Terimakasih tipsnya ya nyak. P
    Ini musim hujan + angin emang harus banget jaga kesehatan anak2

  • Siti Faridah

    7 Januari 2019 at 11:45 AM

    Tipsnya betul banget itu. Kalau musim hujan, aku juga suka pakai pakaian hangat. Btw, kalau keponakanku belum pernah minum Bebelac Gold ini.

  • Linimasaade

    7 Januari 2019 at 12:11 PM

    Mantul banget bund tips untuk si kecil. Selain menjaga tubuh juga asupan makanan juga perlu.Salah satunya dengan minum bebelac gold. Keponakan saya juga minum bebelac gold rasanya enak katanya

  • Rach Alida

    7 Januari 2019 at 12:12 PM

    Awasi nyamuk tuh jadi perhatian saya saat hujan mba. Soalnya kalau nyamuk kan jadi sumber penyakit. Dan anakku pernah sakit gara2 nyamuk. Hiks. Makasih ya mba sudah memberikan tips yang bermanfaat

  • Ira Hamid

    7 Januari 2019 at 2:15 PM

    iyaa nih, musim hujan gini anak-anak (juga orang dewasa) rentan banget terkena penyakit. Selain nyamuk, di rumah kami kalo musim hujan juga banyak lalat, Mba. Jadi selain jaga asupan makanan, kebersihan lingkungan, tak lupa kami juga harus rajin cuci tangan pakai sabun (terutama saya dan Wahyu)

  • Keke Naima

    7 Januari 2019 at 2:44 PM

    Di sini malah mulai jarang hujan lagi. Tetapi, memang penting menjaga asupan makanan terutama saat musim hujan. Dan, nyamuknya kadang-kadang suka gak tahan

  • Mama Kepiting

    7 Januari 2019 at 4:21 PM

    Ih, kenapa nggak keidean untuk pakaikan kaos kaki juga yaa.. anak-anak Mama sama juga, susah banget diselimutin, Nyak.. baru diselimutin udah ditendang-tendang selimutnya. nanti malam tak pakein kaos kaki aja deh.. Kasihan kalau tengah malam mereka kedinginan..

  • Doyan Plesir

    7 Januari 2019 at 8:02 PM

    Susunya si sulung dulu pun Bebelac, tapi variannya beda. Kalo musim hujan justru anak-anak makin suka main di luar rumah, pengen hujan-hujanan ya mba. Gpp sih setelah itu buatin susu hangat dan cemilan roti bakar

  • Mechta

    7 Januari 2019 at 9:06 PM

    Asupan gizi memang sangat penting ya.. semacam perlindungan dari dalam..begitu ya.. Semoga ansk2 sehat2 semua ya meskipun musim hujan sudah tiba

  • Eni Martini

    7 Januari 2019 at 9:08 PM

    Bagus banget susu tinggi serat untuk pencernaan dan pencernaan yang sehat pondasi kesehatan anak. Pendar cocok minum Bebelac Gold.

  • Yoanna Fayza

    7 Januari 2019 at 9:14 PM

    Kalau buat kesehatan pencernaan, daya tahan tubuh dan asupan nutrisi sih udah gak kuatir, ada Bebelac Gold yg mencukupi semuanya. Yang bikin parno urusan nyamuk nih nyak. Di rumah udah dijaga baik2 ga ada nyamuk masuk, nah kalo pas di sekolah gimana.. huhuhuu..

  • Reyne Raea (Rey)

    7 Januari 2019 at 11:43 PM

    saya paling parno ama nyamuk deh, maklum sejak kecil ortu selalu menjaga kami dari nyamuk, jadi parno banget dengan nyamuk di musim hujan.
    Bersihkan selalu bak mandi, air tergenang ditutup dan baju yang gantung di minimalkan.

    Btw susu ini juga cocok sama anak saya, dia bermasalah dengan pencernaan soalnya, minum ini bikin pencernaannya lancar dan sehat, pun juga jadi lebih aktif dan riang 🙂

  • Dawiah

    8 Januari 2019 at 9:04 AM

    Main hujan-hujanan kayaknya bukan anak-anak saja deh yang suka, Aku juga suka hihihi…
    Beruntungnya anak zaman now, sudah ada susu Bebelac Gold yang dapat membantu penambahan nutrisi anak, jadiiii hujan-hujan ok sehat juga ok.

  • lendyagasshi

    8 Januari 2019 at 9:46 AM

    Bahasanya Nyak lucu beuud… “Wajibul kudu” jadi ingat pelajaran bahasa Arab dan aku belom ngerjain tugas.
    Eaa~

    Btw,
    Ngefek kah Nyak..pasang obat nyamuk elektrik?
    Aku mau coba juga kalau iya…

    Dan minum susu, bikin anak-anak anteng.
    Hihii~
    Mungkin karena Bebelac Gold rasanya yummii kali yaa…

  • Ainhy Edelweiss

    8 Januari 2019 at 11:44 AM

    Di noted nih tips-tipsnya kak jadi bekal masa depan #eh btw Bebelac ini andalan para mom yah dan terpercaya menutri tumbuh kembang anak, bagus banget dijadikan rekomendasi

  • Yati Rachmat

    8 Januari 2019 at 1:33 PM

    Cucu2 nunda dah pada gede tp utk menjaga kesehatan pagi hari selalu minum susu.

  • Hida

    8 Januari 2019 at 3:33 PM

    Jangankan anak-anak mbak..aku aja masih suka mandi hujan kok hehehe. Emang seru kok main hujan itu, asal udahannya harus mandi dan minum makan yang hangat-hangat, seperti susu.

  • Eka Rahmawati

    8 Januari 2019 at 6:18 PM

    Tips soal kesehatan anak di musim hujan ini sangat berguna banget Mba. Lumayan buat nambah pengetahuan ku meski belum punya anak hehehe

  • Ika Puspita

    8 Januari 2019 at 9:00 PM

    Anakku yang cowok nih, aktif banget. Suka banget mandi hujan, main kotor-kotor, duuh kadang bikin keki emaknya.
    Eh, itu susunya juga sama loh kyk anakku

  • Ida Tahmidah

    8 Januari 2019 at 9:21 PM

    Wah ini Bebelac baru keren ya tinggi seratnya bagus buat pencernaan anak..wow deh..

  • lita chan lai

    8 Januari 2019 at 9:33 PM

    tipsnya berguna banget. reminder buat emak2 yg punya anak. kalau dirumahku yg harus dijaga itu nyamuk. kadang nyamuk kalau musim hujan malah seneng digenangan air.

  • Isti Adzah Rohyati

    8 Januari 2019 at 10:27 PM

    Waaa iya bener nih nyamuk! Di rumahku laig banyak nyamuk banget, nggak inget kalau ternyata ada hubungannya dengan musim hujan. Sebel banget nyamuk yg masuk ke kamar lebih banyak dari yang biasanya 🙁
    Btw, bagus juga ya, Bebelac Gold malah nggak bikin pencernaan bermasalah. 🙂

  • Siti hairul

    8 Januari 2019 at 10:41 PM

    Miqdad juga doyan banget susu Bebelac Gold ini soalnya ada rasa madunya kali ya.

  • Rani Yulianty

    9 Januari 2019 at 5:52 AM

    Musim hujan gini memang rentan sakit, nggak hanya anak-anak, orangtua juga, kalau kurang jaga kesehatan bisa tepar, ini di rumah, ibu lagi sakit batuk, mudahan-mudahan bisa segera sembuh, khawatir juga sama anak-anak

  • Nia K. Haryanto

    9 Januari 2019 at 7:16 AM

    Setuju bangeeet dengan tipsnya. Alhamdulillah, anak saya paling kecil juga ditambah dengan Bebelac Gold 3. Jadinya gak banyak khawatir di musim hujan kayak sekarang pun. 7 Kehebatan Perutnya bikin dia makin kuat dengan cuaca.

  • Uniek Kaswarganti

    9 Januari 2019 at 7:44 AM

    Si kecilku juga lagi senengnya pengin main hujan-hujanan nih. Kalau di tempatku hujan biasanya sore baru turun, pas banget saat dia pulang sekolah. Semoga enggak gampang sakit ya anak-anak kita meski terkena hujan dan udara yang dingin. Melindungi anak dengan asupan tinggi serat juga penting nih agar aktivitas lancar dan tidak mengalami rasa tak enak di perut.

  • Nyi Penengah Dewanti

    9 Januari 2019 at 8:11 AM

    Aku seneng banget liat anak-anak main air, hehehe soalnya jadi ingat jaman dulu kita suka main air hujan. Yee Nyak mengizinkan ya tapi tetap dalam pendampingan. Alhamdulillah ya nyak ada Bebelac juga dalam mendukung aktivitas anak yang lancar.

  • Dwi Septiani

    10 Januari 2019 at 11:31 AM

    Nyamuk tuh mb, salah satu yang aku khawatirin di musim hujan. Memang penting banget ya menjaga daya tahan tubuh anak menghadapi musim yang makin gak jelas ini. Insya Allah kalo daya tahan tubuh bagus, penyakit gak gampang menyerang.

  • Farida Pane

    11 Januari 2019 at 7:40 AM

    Bener semua nih tipsnya. Senang ya ada bebelac yang membantu menjaga imunitas tubuh dengan kebaikannya buat pencernaan.

  • Sri Widiyastuti

    11 Januari 2019 at 9:16 AM

    Musim hujan siap siap flu mewabah, Alhamdulillah sih anak anak sekarang tahan banting. Kalau kehujanan saya langsung buatkan susu hangat dan mandi air hangat. Keramas. Mengikuti saran mama saya dulu. Alhamdulillah dengan cara demikian anakku palingan cuma.meler aja.

    Thanks info sehatnya ya mbak.

  • Baiq Rosmala

    8 Februari 2019 at 9:04 PM

    iya mak lagi musim nih sarang nyamuk di mana-mana karena musim hujan berkepanjangan, setuju deh sama semua poin yang ada di tulisan ini, semoga setelah berusaha menjaga kesehatan anak, mereka akan sehat selalu yaa…

  • Tips Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak – Nyak Rotun

    24 Juli 2019 at 12:06 PM

    […] [Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Saat Musim Hujan] […]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post