Musim Hujan Sudah Tiba. Yuk, Jaga Kesehatan Si Kecil dengan 7 Tips ini!

December 19, 201857 Comments
Blog post

”Saat musim hujan tiba, udara menjadi lembab dan menyebabkan virus serta bakteri mudah sekali berkembang biak dan menyebabkan banyak penyakit pada si kecil seperti demam, flu, batuk, radang tenggorokan hingga diare. Cari tahu yuk, tips apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatannya.”

Haeee Buibuuu, udah masuk musim hujan nih. Gimana, udah sibuk dong ya mindahin jemuran bolak balik karena di PHP sama sang surya alias matahari. Baju udah rapi nih berderet di jemuran, kok ya doi ngumpet terus disusul sama gerimis. Gegap gempita lah kita masukin jemuran ke rumah. Eh baru beres, kok dia nongol lagi? Huwaaa, KZL.

I feel youuu, hahaha. Demi baju kering aja perjuangannya masya Allah ya. Tapi ya mau gimana lagi. Wes disyukuri aja, anggep sekalian olahraga, kan mayan tuh buat nurunin berat badan. Meski cuma se ons, muehehe.

Tapi selain perkara jemuran, ada satu lagi nih yang bikin kita was-was pas musim penghujan , yaitu kesehatan keluarga terutama anak-anak.

Maklumlah, kita aja orang dewasa kalau musim hujan gini sering ngerasa dingin, nggreges dan nggak enak badan. Apalagi anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa.

Di sekolah kakaknya Ayyas, semenjak musim hujan banyak banget yang ijin karena sakit. Saya bilang banyak karena selalu di atas 10 anak, huhuu kasihan. Tetangga juga udah ada beberapa yang kena batuk pilek.

Nggak heran ya, musim hujan gini memang rentaaan banget penyakit. Virus dan bakteri mudah berkembang biak di udara lembab seperti sekarang. Makanya kita juga harus ekstra dalam menjaga kesehatan anak-anak.

Nah, apa saja sih yang bisa dilakukan? Berikut 7 tips menjaga kesehatan anak saat musim hujan ala saya.

7 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

  1. Memakaikan pakaian yang hangat

Kaos yang agak tebal, sweater dan jaket yang tadinya terlipat rapi mulai saya keluarkan dari lemari. Saat hujan deras dan cuaca makin dingin, saya pakaikan ke anak-anak. Apalagi saat tidur ya, biasanya anak nggak berasa tuh kalau dingin. Atau sebenernya mereka dingin tapi karena ngantuk jadi nggak mau bilang, mending terusin tidur aja.

Saya pernah loh pas kebangun, pegang telapak kaki anak-anak kok dingin banget. Selimut udah tau kemana, ditendangin sama mereka. Cari aman, saya mending pakaikan kaos kaki bila perlu. DIjamin nyantol sampai pagi.

  1. Awasi Saat Bermain di Luar

Siapa yang anaknya senang main hujan? Toss dulu dong. Saya nggak pernah larang anak-anak bergembira bersama hujan, tentu dengan syarat dan ketentuan yang kami sepakati. Pernah saya tulis di sini, baca ya.

[Baca: Manfaat dan Tips Bermain Hujan]

Yang paling penting, awasi ya Bu kalau anaknya sedang mandi hujan agar kita tahu dia masih bermain dengan aman. Nggak minum genangan air, misalnya.

Penting juga untuk membatasi waktunya, soalnya mereka mah taunya asik maiiiin aja. Kalau udah gitu jadi abai terhadap tubuh yang sebenernya udah kedinginan.

Dan habis main hujan, jangan lupa bersihkan badan si kecil dan beri dia minuman hangat.

  1. Jaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Ini mah memang wajibul kudu ya, bahkan saat nggak musim hujan. Tapi saat sekarang musti ekstra saat bebersih rumah dan lingkungan. Pastikan tidak ada genangan air, tidak ada wadah yang terbuka, atau tumpukan sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk.

  1. Awas Nyamuk!

Ini nih yang ganggu banget. Nyamuk kebon pada bergerilya masuk rumah. Gede-gede banget! (Nulis ini langsung merinding bayangin nyamuk yang gendut-gendut). Kalau anak main ke luar, jangan lupa oleskan lotion atau minyak anti nyamuk.

Di dalam rumahpun kalau musim hujan gini saya nyalain obat nyamuk elektrik dari mulai jam 4 sore, dan baru saya matikan jam 10 keesokan paginya.

Di dalem rumah kalau lagi mendung atau hujan kan jadi remang-remang gitu kan. Nah, nyamuk seneng banget ngumpet di bawah meja atau di balik gorden. Hiiyyyy..

  1. Jauhkan dari Orang yang Sakit

Ayyas biasanya selalu ikut kalau saya jemput Wafa ke sekolah. Tapiii, sekarang nggak saya ijinkan. Kalau pas bubar sekolah kan rame dan crowded banget, ada anak yang pilek, atau anak yang baru sembuh dari sakitnya. Jadi saya nggak mau ambil resiko. Mending di rumah dulu deh. Syukurnya Ayyas ngerti J

  1. Jaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat ini banyak ya, diantaranya istirahat yang cukup, serta biasakan mencuci tangan sebelum makan, cuci kaki setelah dari luar rumah, memakai masker bila perlu, dan membuang bekas tisu setelah bersin atau batuk ke tempat sampah dengan cara yang baik.

Untuk hal ini kebantu banget sama buku bacaan. Anak-anak jadi lebih faham bagaimana menjaga kondisi kesehatannya, apa saja yang bisa membuatnya sakit, dan apa saja yang membuat tentara bakteri baik di tubuhnya semakin kuat. Kapan-kapan insya Allah saya review bukunya  di sini deh.

  1. Jaga Asupan Nutrisi

Asupan yang bergizi adalah hal yang sangat baik sebagai penangkal penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Kalau 6 tips sebelumnya merupakan faktor luar, maka menjaga asupan nutrisi ini adalah faktor dalam yang merupakan benteng pertahanan si kecil. Kalau daya tahan tubuh oke, maka insya Allah anak jadi nggak mudah terserang penyakit.

Lengkapi Asupan Nutrisi Anak dengan Bebelac Gold yang Tinggi Serat

review bebelac gold

Untuk Ayyas yang masih berusia 4 tahun, selain memberinya asupan nutrisi dari makanan sehari-hari , saya juga melengkapinya dengan Bebelac Gold. Susu yang tinggi serat ini mampu membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak.

Pemenuhan nutrisi dan serat yang cukup akan dukung perut si kecil untuk bisa hasilkan 7 kehebatan perut seperti cepat tanggap, perlindungan alami, dan pencernaan lancar.

Kehebatan perut lainnya yaitu penyerapan nutrisi secara maksimal yang akan berguna untuk tumbuh kembang anak, juga pencernaan nyaman yang ngaruh banget sama suasana hati. Jangankan anak-anak, kita aja kalau perutnya nggak nyaman pasti jadi bad mood kan? Serba salah mau ngapain juga.

review bebelac gold

Nah kalau anak-anak perutnya nyaman, dia juga jadi good mood, nggak gampang cranky dan aktif seharian. Kayak Ayyas nih, meski agak kecewa nggak bisa main sepeda di luar karena hujan mulu, tapi masih bisa teralihkan dengan main balok  di dalam rumah. Nggak kalah seru kok, asal kita mau nemenin dan ikut aktif bermain bersama.

Kegiatan lainnya di musim hujan tentu saja. Baca buku! Udah lah nggak ada bosennya kalau yang ini mah. Mau berapa buku kalau dijabanin juga hayuuk aja 😀

review susu bebelac gold

Atau jika kondisi memungkinkan, monggo aja kalau mau main hujan. Selesai main hujan langsung deh dapet paket kombo yaitu mandi air hangat, minum Bebelac Gold hangat dalam dekapan bunda yang so pasti hangat juga dong yaaa <3.

Kalian gimana gengs? Udah ada yang nyobain Bebelac Gold ini untuk anaknya? Yang belum, yuk lah cuss cobain!

#GrowThemGreat #7KehebatanPerut

Love,

Prev Post Next Post