Kue Cubit: Si Mungil nan Cantik dan Manis

February 27, 20167 Comments
resep kue cubit 
Kue Cubit: Si Mungil nan Cantik dan Manis.
Iyaaa…telat banget emang baru nyobain kue yang ngehits ini. Abis gimana, nggak ada yang jual sih di Palopo sini. Mau bikin nggak punya cetakannya. Lah itu ada? Ini cetakan dipinjemin sama tetangga, hahaha…
Jadi ceritanya, si  anak tetangga yang udah kelas 1 SMA itu, penasaran banget sama kue cubit yang hits beberapa waktu lalu. Kan anak abege kekinian pastilah update banget sama apa-apa yang lagi ngehits ya. Dan kemudian dia meneror saya. Tiaap ketemu minta bikinin kue cubit -__-
“Tante, ayo mi kita bikin kue cubit, penasaran sekalika mau cobain”
“Tante ndak ada cetakannya, Mut”
“Eh, ada di rumahku nah. Punya ibuku. Kuambilkan ya!”
Muti, si peneror saya^^
Tapi kemudian rencana itu tinggallah rencana. Muti Senin-Sabtu sekolah. Sedangkan hari Minggu, saya jalan jalan dong, pengajian, belanja, sok sibuk banget deh. Tapi bahan bahan untuk bikin kue cubit ini udah di beli dan dianggurin di kulkas. Lalu tiap buka kulkas si Wafa nanya:
“Bun, ini Chacha siapa? Boleh aku makan nggak?” “Kalo coklatnya, boleh?”
Huwaa..akhirnya, daripada gagal maning-gagal maning nyocokin jadwal saya dengan Muti, dan bahannya keburu diembat, saya eksekusi sendiri aja deh. Toh ini resepnya simpel, jadi bisa disambi sementara anak-anak main. Ndilalahnya pas lagi masak, ada temennya Wafa main, 2 orang. Kemudian yang terjadi tiap ngangkat kue dari cetakan:
 “Minta ya Bun..aku makan yaa..”
“Tante, saya boleh cicipin satu?”
  Ditambah si bayi ikutan heboh, “Tueh..tueh..mau tueeh..” -___-
Bisa ditebak sodara-sodara?
Saya harus menyelamatkan kue 7 biji demi bisa dipoto. LOL. Kemudian memisahkan 3 biji untuk Muti, dan kemudian yang 4 ludes lagi sama bocah-bocah itu. Yassalam…bahkan suami saya pun nggak kebagian. Maafin ya Ay.. 😀 
Ending dari kisah ini adalah, peneror saya bertambah, yaitu Wafa. Tiap kali merengek minta dibikinin kue cubit lagi. Hadeeeh…hayuklah, kita cuss dapur XD.
RESEP KUE CUBIT
Bahan:
  • 2 butir telur
  • 50 gr gula
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr tepung terigu protein sedang
  • 3/4 sdt baking powder
  • 15 gr margarin leleh
  • 25 ml susu cair
  • Bahan toping sesuai selera ( Me: meises, keju, chacha, coklat)
Cara Memasak:
  1. Kocok telur, gula dan garam sampai mengembang.
  2. Masukkan terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan.
  3. Masukkan susu dan margarin leleh, aduk rata hingga adonan licin dan tidak ada yang bergerindil.
  4. Panaskan cetakan yang sudah dioles margarin, tuang adonan sampai 3/4 cetakan, tutup dan biarkan setengah matang.
  5. Tabur toping, tutup kembali dan tunggu sampai matang.
Kemarin setelah langkah ketiga adonannya saya bagi dua, yang satu saya kasih essence pandan, yang satu pasta kuning. Dikiit doang, hanya untuk mempercantik warna kuenya. Kalau mau original, langkah ini diskip aja ya.
Gimana? Gampil dan cepat bukan? Layak dicoba untuk memenuhi rasa penasaran Anda (saya itu mah :D). Ini kemarin jadinya dikit, sekitar 12 apa 13 biji gitu deh.
Selamat mencoba ya, semoga beramanfaat 🙂
Salam,
-Rotun DF-
Prev Post Next Post