Menjadi Blogger Profesional Bersama Dot Com For Me

Jumat, 26 Februari 201642 Comments
Blog post

Menjadi Blogger Profesional Bersama Dot Com For Me.

Beberapa hari yang lalu, timeline FB saya ramai dengan berita tentang rencana Menkominfo yang akan menutup platform Tumblr karena banyaknya aduan masyarakat bahwa platform tersebut banyak mengandung konten porno. Hal itu memancing beragam tanggapan dari netizen.

Saya sendiri nggak terlalu faham tentang platform yang satu ini. Tapi banyak juga teman saya yang microblogging di Tumlbr untuk berkarya dan menuangkan ide. Menurut salah satu teman pengguna Tumblr, memang saat pertama kali sign up banyak ditemukan gambar yang kurang baik di sana. Tapi, banyak juga pengguna Tumlbr yang protes karena merasa bahwa mereka memanfaatkan Tumblr untuk hal yang positif. Dan mereka mengakui banyak kelabihan yang ditawarkan oleh Tumblr dan sudah merasa nyaman di sana.

Tapi yang menarik bagi saya adalah statement dari blogger senior Mba Shintaries. Mba Shinta bilang bahwa resiko ‘numpang’ ya begitu. Harus ikut kemauan si tuan rumah dan tidak bebas seperti halnya punya rumah sendiri.

Begitupun dengan ngeblog. Ngeblog dengan menumpang di platform penyedia domain gratis memang enak, tapi resikonya tentu saja kita tidak bisa sebebas dan seleluasa jika punya domain pribadi. Dan ya, saya setuju dengan itu.

Bagi seorang blogger, memiliki Top Level Domain (TLD) adalah sebuah impian sekaligus kebutuhan. Paling tidak itu yang saya rasakan sih.

Dengan memiliki domain pribadi, maka blog kita akan memiliki visibilitas dan kredibilitas secara global. Jika kita ingin membangun branding sebagai blogger yang profesional, maka memiliki domain pribadi menjadi wajib hukumnya. Simpelnya, nggak ada kan  ya profesional yang pake gratisan? 😀

IMG_20160224_070747
TLD memberikan visibilitas dan kredibilitas secara global.

Sebenarnya, ketika dari awal kita ingin serius ngeblog, mending langsung beli domain pribadi aja. Kenapa? Karena jika nanti blog kita sudah oke, nggak perlu mulai dari awal lagi ketika kita mau pindah ke domain pribadi.

Saya adalah contoh kasusnya. Tadinya niat saya belajar dulu, nanti kalau udah terbukti konsisten ngeblog baru deh beli domain pribadi.Ternyata hanya dalam waktu sebulan lebih, pageview saya sudah mancapai angka yang lumayaaan banget. Wiiiihh..seneng banget dong.

Tapi saya mulai terusik pas di blog saya tiba tiba nongol iklan yang nggak tau dari mana datangnya. Selidik punya selidik, itu adalah iklan dari platform tempat saya ngeblog. Karena saya pakai free domain alias gratisan, maka salah satu term and condition yang ada adalah wordpress berhak memasang iklan apapun di blog saya. Heeehh..enak ya.

Akhirnya setelah berfikir dan menimbang dengan matang, saya memutuskan untuk membeli domain pribadi. Apakah kemudian selesai urusan? Beluuuum.

Saya harus memindahkan semua postingan dari blog lama ke blog yang baru. Itu doang? Mendiiing. Lah itu pageview saya ikutan hilaaang tak berbekas. Huhuhu…Menyesal dong ya? Iyalah, pasti. Tapi mau apalagi. Apalah dayaku? *molailebay*.

Terpaksa deh mulai dari awal lagi, mangumpulkan viewer dan users blog saya satu demi satu. Satu..satu..satu..mencoba fokus dan nggak usah inget-inget lagi segala kenangan indah yang telah berlalu. Apa deh, hahaha…

See? Jadi penting banget kan domain pribadi itu. Masih banyak kelebihan yang akan didapat jika kita memiliki domain pribadi, seperti:

Sebagai investasi dan branding untuk diri kita.

Lebih profesional dan peluang kerjasama lebih besar, karena kebanyakan agen/perusahaan mensyaratkan blogger memiliki domain pribadi untuk bisa menjalin kerjasama dengan mereka.

Lebih leluasa dalam mengelola blog, termasuk jika kita ingin memonetize blog.

Menjadi pemicu dan motivasi agar kita rajin ngeblog, karena sudah ada effort yang kita berikan. Simpelnya kan udah beli domain pribadi, udah keren, masa ngeblognya males *keteplak* 😀

Jadi gimana, mau beli domain pribadi? Gampang kok dan nggak mahal. Banyak penyedia hosting dan domain pribadi yang siap mewujudkan mimpi anda menjadi blogger profesional.

Salah satunya tempat saya beli kemarin. Dotcomforme. Lucu ya namanya? Logonya juga lucu dan eye catching. Awalnya saya lihat di Twitter, trus baca twit-twitnya kok menarik ya. Menarik hati saya untuk membeli. LOL

IMG_20160224_070730
Logo dotcomforme yang eyecatching.

Apa itu Dot Com For Me?

Dot Com For Me adalah sebuah kampanye .com yang dikelola oleh TRAM Digital Works ( PT. Talenta Raya Mediatama ) sejak Januari 2015.

Melalui kampanye ini, Dot Com For Me ingin mendorong semua netizen untuk menyadari pentingnya kepamilikan .com di era digital, baik itu untuk kepentingan pribadi sepert personal branding, maupun untuk kepentingan komersil seperti bisnis online.

Kenapa Dot Com For Me?

Dot Com For Me menyediakan banyak pilihan paket dengan harga terbaik dan sistem pembayaran yang mudah.  Jika di layanan pembelian domain lain mengharuskan kita membayar memakai kartu kredit atau paypal, Dot Com For Me menawarkan sistem pembayaran melalui transfer antar bank. Membantu banget buat saya yang nggak punya kartu kredit ini, hihi. Cukup transfer dan konfirmasi pembayaran invoice, maka pesanan kita langsung diproses.

Walaupun Dot Com For Me termasuk baru, tapi layanan pembelian domain di sini merupakan kerjasama antara TRAM Digital Works dengan IDWebhost dan JogjaCamp yang merupakan registrar domain di Indonesia yang sudah terbukti kredibilitasnya. Jadi no worry lah ya…

Oiya, sebagai emak yang gaptek sibuk, saya terbantu banget dengan pelayanan dari Dotcomforme. CSnya sabar melayani pertanyaan saya yang nggak ada habisnya. Via email, whatsapp, bahkan saya pernah ditelpon langsung sama Mba CSnya. Mungkin karena dengan bahasa tulisan saya nggak mudeng-mudeng kali ya. Dan kemudian mbaknya jadi gemetz. :D.

Hanya dalam waktu dua hari rumah baru saya sudah jadi. Pindahan dan beberesnya sih yang lumayan lama. Tapi worth it lah. Bisa liat sendiri kan sekarang sudah lumayan rapi *ting*

Nah, buat yang mau membeli domain pribadi untuk keperluan blog ataupun website, Dot com For Me menyediakan pilihan paket dengan harga bersaing yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun paket yang tersedia yaitu:

  • Bussines Beginner
  • Bussines Intermediate
  • Blogging
Tangkapan layar 2016-02-25 07.16.14-1-1
Produk Dot Com For Me

Bagaimana Cara Membelinya?

Untuk cara dan ketentuan membeli domain di Dot Com For Me, nggak usah saya jelaskan dengan berpanjang kalam karena bisa dilihat dengan jelas melaui infografis berikut ini:

1-cara-dan-ketentuan2
Cara dan ketentuan membeli domain di Dot Com For Me

Bagaimana? Mudah bukan? Nah, jadi ayo buat teman-teman yang masih mikir-mikir untuk beli domain .com, segera kunjungi websitenya, beli domainnya dan jadilah blogger profesional bersama Dot Com For Me 🙂

image

Salam,

-Rotun DF-

42 Comments

  • Winda Carmelita

    Jumat, 26 Februari 2016 at 8:20 AM

    Saya pakai domain sendiri karena waktu itu saya lihat “windacarmelitadotcom” masih belum ada yang pakai. Pengennya sih semua nama digital saya kuasain semua hihihihi … Tapi memang dotcom itu membuat branding seseorang jadi lebih professional 🙂

  • Indah Juli

    Jumat, 26 Februari 2016 at 8:22 AM

    Karena sudah domain pribadi, harus lebih rajin update blognya, biar setimpal deng dan bayaran hosting juga domainnya :))))

    1. Rotun DF

      Jumat, 26 Februari 2016 at 8:24 AM

      Wahahaha…makjleb nih Makpuh. Nggih, Makpuh. Siap laksanakan XD

  • damarojat

    Jumat, 26 Februari 2016 at 8:48 AM

    saya masih nebeng di blogspot mbak. untungnya di blogspot ga ada iklannya. pinginnya di kesempatan mendatang bisa beli domain.

  • Sri Luhur Syastari

    Jumat, 26 Februari 2016 at 8:55 AM

    Saya sebentar lagi ganti maaaaak, insyaallah. Makanya ngga ngeshare dan posting tulisan dulu. Hihihi. Thanks sharingnya mak 🙂

  • reni dwi astuti

    Jumat, 26 Februari 2016 at 9:21 AM

    Huaaaa…aku msh pake yg gratisan. Pingin punya TLD tp msh bingung urusan pindahannya…wah viewernya ilang semuaa….haduuuhhh eman eman… (viewerku gak byk2 amat sih hehehe…tp kan eman2 kalo hilang xixixi)

  • Julia

    Jumat, 26 Februari 2016 at 9:24 AM

    Ribet nggak mindahin semua artikel lama ke domain yang baru Mba’?

    1. Rotun DF

      Jumat, 26 Februari 2016 at 9:52 AM

      Enggak kok, cukup simpel. Di blog lama eksport data, back up, trus impor deh pake blog baru 😉

  • Uci

    Jumat, 26 Februari 2016 at 9:43 AM

    Aku belum nih mba hehe, apa layak yah tulisanku jadi dotcom 😀 makasih yah infonya mba ^^ mau cek dotcomforme

    1. Rotun DF

      Jumat, 26 Februari 2016 at 9:55 AM

      Layak pastinya ;). Sama2, cuss lah ceki ceki ^^

  • Levina

    Jumat, 26 Februari 2016 at 10:04 AM

    saya juga pake dot com for me Mak.

  • Heni PR

    Jumat, 26 Februari 2016 at 10:29 AM

    Oh, harus dipindahin datanya ya?
    Saya kira, ganti nama saja, selesai.

    1. Rotun DF

      Jumat, 26 Februari 2016 at 10:32 AM

      Iya Mba..ibaratnya kita pindahan rumah, harus dipindahin juga perabotnya, hehehe…

  • Pakde Cholik

    Jumat, 26 Februari 2016 at 10:43 AM

    TDL jelas lebih gaya dan lebih leluasa untuk monetize blog.
    Salam hangat dari Jombang

  • Ety Abdoel

    Jumat, 26 Februari 2016 at 11:24 AM

    Asyik, blog Nyak tambah kece nih.
    Siap-siap aja banjir penggemar.

    1. Rotun DF

      Jumat, 26 Februari 2016 at 11:48 AM

      Aaah…Mba Etyyy…makasiiih. Aku aminin yang kenceng 😀

  • Tarry KittyHolic

    Jumat, 26 Februari 2016 at 11:51 AM

    Kalau pakai blogspot, viewernya tetap Mbak. Cuma alexanya yang jadi super gendut setelah ganti dot com.

    Tapi emang jadi lebih PD dan rajin ngeblog setelah ganti domain. Ya semoga ga hanya di awal aja tapi selamanya 🙂

  • Rahayu

    Jumat, 26 Februari 2016 at 12:24 PM

    Huaa… viewr-nya jadi hilang hu hu hu …

  • Turiscantik

    Jumat, 26 Februari 2016 at 12:51 PM

    Krn udh pnya domain berbayar harus rajin update kl ngak merasa duit kebuang hehehe

  • yurmawita

    Jumat, 26 Februari 2016 at 12:57 PM

    Masih mengumpulkan semangat tuk menjadi professional ‘halah’ alias m a l a ss hihi

    1. Rotun DF

      Sabtu, 27 Februari 2016 at 6:15 AM

      Ayo semangat Mbaa..go go goo..:)))

  • Arinta Adiningtyas

    Jumat, 26 Februari 2016 at 2:26 PM

    Aiiihh..jadi pengen pindahan jugaaa.. Mumpung rankingnya masih 1 jutaan..wkwkwk

    1. Rotun DF

      Sabtu, 27 Februari 2016 at 6:17 AM

      Gih, buruan pindaaah :)))

  • Mugniar

    Jumat, 26 Februari 2016 at 2:35 PM

    Hayoo, DotComforMe harus bayar mahal sama Mbak Rotun, sudah dipromosikan di blognya 🙂

    Asyik ya, kayaknya ini mah hosting pribadi, bukan sekadar domain pribadi 🙂

    Sukses terus ya Mbak 🙂

    1. Rotun DF

      Sabtu, 27 Februari 2016 at 6:18 AM

      Wkwkwk..amiiinn..semoga dianya baca XD
      Iya Kak, ini hosting pribadi juga. Makasih untuk doanya Mba. Aku aminin yang kenceng :). Sukses juga untuk Kakak ya.

  • lidha maul

    Jumat, 26 Februari 2016 at 5:51 PM

    Wah, selamat ya mbak. Nanti saya numpang belajar boleh ya..boleh ya..bolehdong

    1. Rotun DF

      Sabtu, 27 Februari 2016 at 6:19 AM

      Makasiiiihhh…boleh bangeeet. Sama sama belajar sih judulnya, wkwkwk

  • Molly

    Jumat, 26 Februari 2016 at 9:41 PM

    Pake domain berbayar secara gak langsung maksa kita buat sering update ya mba, biar ga sia-sia sama uang yang udah keluar hehehe. Makin mahal bayarnya, makin rajin nulisnya hihi 😀

    1. Rotun DF

      Sabtu, 27 Februari 2016 at 6:20 AM

      Betuuuul syekali :)))

  • Aprillia Ekasari

    Sabtu, 27 Februari 2016 at 12:59 AM

    dot com for me cuma utk pembelian domain ataukah bisa hosting jg mbk? ada rencana mau pindah hosting soalnya hehe

    1. Rotun DF

      Sabtu, 27 Februari 2016 at 2:47 AM

      Bisa Mba, ini saya juga udah hosting sendiri 🙂

  • Fikri Maulana

    Sabtu, 27 Februari 2016 at 6:42 AM

    Alhamdulillah domain saya sudah ganti nih mbaa 😀

    1. Rotun DF

      Sabtu, 27 Februari 2016 at 6:44 AM

      Horeee..selamat ya.

  • Ipeh Alena

    Sabtu, 27 Februari 2016 at 7:56 AM

    Ini alasan kuat saya biar bisa pindah domain. Karena maju mundur mulu sayanya hehehe

  • Hairi Yanti

    Minggu, 28 Februari 2016 at 12:18 AM

    Saya baru 4 bulan pakai domain sendiri setelah ngeblog dari tahun 2009. Tapi ngeblog dari tahun 2009 mah ngeblog suka-suka. Curhat-curhat aja di blog, sekaranh juga setelah domain sendiri masih curhat sih #GaBerubah 😀

  • Bimo Aji Widyantoro

    Senin, 29 Februari 2016 at 7:56 AM

    alhamdulillah saya sudah pindah ke TLD Domain, memang sih awalnya takut tapi pas dicoba malah kelihatan keren juga sih. Tapi sayangnya kekurangan saya cuman jarang nulis
    bisa carikan ide?

    1. Rotun DF

      Senin, 29 Februari 2016 at 7:59 AM

      Keren..selamat ya. Mm..tulis aja hal yang bener2 kamu sukai. Itu sih 🙂

  • momogrosir

    Selasa, 1 Maret 2016 at 11:45 PM

    harus dipikirkan dl deh pake domain sendiri atau nebeng blog yg dah ada

  • Usup Supriyadi

    Rabu, 2 Maret 2016 at 3:48 AM

    Hmmm… jadi kepikiran buat ke dot com nih, sekalipun sekarang blogspot jadi blogspot.co.id hehe

  • Dwi Aryanti

    Minggu, 1 Mei 2016 at 3:07 PM

    Kalau domain nama sendiri, tapi masih numpang di blogspot. Kelemahannya apa mba?

  • sarah

    Sabtu, 19 November 2016 at 11:25 PM

    Masih baru ngeblog, jadinya nggak berani buat beli dulu. Next Kalo sudah paham betul dengan dunia blogging, baru deh. Takut tersia sia nantinya. Ini baru mulai belajar konsisten nulis yang bisa dibilang jarang juga.#hahaha.. #ngeles..

    1. Rotun DF

      Minggu, 20 November 2016 at 8:03 AM

      Hayuk semangaaattt^^

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post