Mie Goreng Kubis Pedas

March 13, 201822 Comments
Blog post

Masing-masing kita pasti punya masakan yang memorable ya, alias punya kenangan tersendiri. Entah karena pas kecil sering dimasakin sama ibu, atau menjadi makanan favorit pas nongkrong sama teman-teman, atau karena saking enaknya hingga tak terlupakan.

Nah, saya ada beberapa. Tapi kali ini mau cerita salah satunya, yaitu Mie Goreng Kubis Pedas. 

[ Baca juga: Nasi goreng teri selimut telur ]

Menjadi memorable karena makanan ini pasti ada di setiap nasi berkat yang ada di kampung saya. Nasi berkat itu maksudnya nasi yang didapat dari kenduri atau pengajian, atau yasinan.

Semacam nasi kotak tapi dibungkusnya pakai plastik atau daun jati. Isiannya macam-macam, tapi saya paling suka mie goreng kubis ini.

Makanya ibu akhirnya sering banget masakin ini. Bahkan sampai sekarang kalau saya mudik, mie goreng kubis ini menjadi salah satu menu wajib yang ada di meja makan. Mudiknya kapan? Setahun, atau bahkan dua tahun sekali *sad *nyari roket buat terbang ke Kebumen🚀🚀

Kalau rindu sudah tak tertahankan, maka saya akan masuk dapur, memasaknya, sembari dibayangi wajah ibu yang seakan menari di pelupuk mata :’).

Dan buat kalian yang suka juga dengan menu ini, atau mau mencoba makanan yang bikin saya bahagia -siapa tau bikin kalian bahagia juga yekan-, maka kali ini saya akan share resepnya.

🍝MIE GORENG KUBIS PEDAS🍝

Bahan-bahan :

  • 1/2 bungkus mie telur, kemarin saya pakai mie telur cap 3 ayam. Rebus sampai aldente, beri sedikit minyak dan urai biar nggak lengket
  • 20 gram kubis, iris kasar. Kalau mau diiris halus juga boleh, selera aja yaa
  • 1 butir telur, atau bisa juga pakai bakso, sosis, atau kornet. Kalau resep asli ibu saya tentu saja nggak pakai apa-apaan, mie sama kubis doang. Hahaha
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, satu butir kemiri dan sejumput ketumbar, ulek halus
  • 1 genggam cabe rawit, atau sesuai level kepedasan yang diinginkan, iris-iris
  • Penyedap secukupnya (bila suka)
  • Garam secukupnya dan gula sedikiiit aja
  • Minyak secukupnya
[ Baca juga: Ekkado Mie ]

Cara Memasak:

🍝Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bawang merah iris dan cabe sampai harum. Kalau pakai telur, kornet atau sosis juga masukin di step ini ya. Masukkan juga garam, gula sedikit dan penyedap. Aduk rata.

🍝Masukkan kubis, masak sampai setengah matang (saya biasanya sebentar aja, soalnya enak kalau masih kriuk-kriuk).

🍝Masukkan mie telur, bisa ditambahkan kecap dan sedikit saus tiram kalau suka (saya nggak pakai, makanya mienya tetep original warnanya :D). Aduk rata, tes rasa. Jika udah oke, matikan api dan mie goreng kubis siap disajikan. Oiya, di sini saya pakai dua batang daun bawang yang sudah diiris-iris. Saya masukin pas rasanya udah pas. Soalnya suami suka banget kalau mie goreng gini dikasih daun bawang.

Nah, gampang sekali bukan? Kalau masak begini biasanya saya gadoin sama potongan timun, atau sama kerupuk. Gurih dan pedaaasss menggoyang lidah😋😋😋

Yuk cobain yuk!

Oiya, kalian punya makanan yang memorable nggak? Apa dan kenapa alasannya? Cuss komen di bawah ya😍

Love,

Prev Post Next Post