Nasi Goreng Teri Selimut Telur

Jumat, 30 September 201642 Comments

Haaaai, 
Pernah denger tebakan garing nggak, tentang: 
Penjual apa yang kurang kerjaan? 
Penjual nasi goreng. 
Nasi udah mateng aja masih digoreng :D.
Laris manis lagi. Dulu saya punya langganan tukang nasi goreng yang enak banget. Nggak jauh lagi tempatnya, cuma di depan gang masuk kompleks. 
Tapi meski cuma di depan gang, yang kalau mau beli cukup jalan kaki, tapi ternyata cukup memakan waktu.
Waktu buat ngantri -__-
Apalagi pas udah laper, ternyata sampai sana antriannya panjang banget masya Allah. Sering saya mutung dan akhirnya pulang lagi. Masak Indomie aja wes.
Nggak heran ya kalau nasi goreng masuk ke dalam salah satu kuliner Indonesia yang mendunia. Banyak banget penggemarnya! Apa kamu salah satunya? Variannya juga banyak ya. Ada nasi goreng seafood, nasi goreng sosis, nasi goreng teri, ada lagi nasi goreng gila yang saya belum pernah nyobain. Takut jadi gila *eh. Penasaran juga sih kenapa dinamakan nasi goreng gila x_x.
Nasi goreng ini menurut saya enak disantap pas pagi kalau nggak malam. Kalau siang kelezatannya jadi berkurang. Gitu nggak sih? :D. Nah, kalau saya sendiri, sering bikin nasi goreng buat sarapan. Soalnya sekalian memanfaatkan nasi yang masih sisa. 
Seperti kemarin, saya bikin nasi goreng teri. Soalnya lagi nggak ada bahan lain macem seafood atau sosis. Dan jujur aja nasi goreng teri ini paling favorit buat saya dibandingkan dengan nasi goreng varian lain. Sensasi kriuk dari teri medannya itu lho bikin nagih. Tapi kemarin pake terinya nggak terlalu banyak. Teri medan di Palopo mahal banget sodaraaaa *___*
Meski resep nasi goreng cenderung gampil dan siapa aja bisa masak, cuma nggak papalah saya share resepnya ya. Siapa tau ada yang belum pernah bikin nasi goreng teri. Yuk lah cuss.

RESEP NASI GORENG TERI MEDAN

Untuk satu porsi.

Bahan:

  • 1 piring nasi putih. Nasi kemarin lebih enak lho daripada nasi baru.
  • 1 buah telur
  • 50 gram teri medan, goreng hingga kering
  • Kecap 1 sdm. Ini sesuai selera aja ya. Kalau saya memang nggak terlalu suka nasi goreng yang terlalu pekat dengan banyak kecap. Jadi warnanya hanya kekuningan gitu deh. Lain sama yang di sebelah aka suami. Kalau makan nasi goreng buatan saya masih ditambahin kecap banyak banget. Dia memang penggemar kecap garis keras.

Bumbu halus:

  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabe keriting. Lebih maknyos sebenernya kalau pake cabe rawit yang banyaaak. Tapi kemarin saya skip karena sekalian buat anak-anak.
  • 1 sdt garam
  • sedikit terasi bakar

Cara Memasak:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, lalu sisihkan di pinggir wajan.
  2. Masukkan telur, buat orak arik lalu aduk rata dengan bumbu halus tadi.
  3. Masukkan nasi putih, aduk rata. Tambahkan kecap, aduk rata kembali. Saya ikutin abang nasi goreng langganan saya dulu. Masak nasi goreng dengan api besar. Saat masukin kecap, kecilin dulu apinya, terus gedein lagi dan aduk cepat. Jadi nasi goreng matang merata dan haruuum.
  4. Terakhir masukin teri medan yang sudah digoreng, aduk asal rata, matikan api.
  5. Sajikan dengan pelengkap. 
Kemarin saya sajikan dengan telur dadar lagi di atasnya, meskipun di nasi gorengnya udah ada telurnya juga. Nggak papalah boros sekali-kali. Demi tampilan yang oke dan mendapat judul yang panjang ngalahin kereta: Nasi Goreng Teri Medan Selimut Telur Dadar :v.
Selamat mencoba untuk keluarga tercinta ya!
Salam,
Nyak Rotun.

42 Comments

  • Hairi Yanti

    Jumat, 30 September 2016 at 7:49 PM

    Saya juga penggemar nasi goreng. Ga ada bosannya ya makan nasgor dan tiap tempat yg menjual nasgor rasanya beda2 😀

  • Inna riana

    Jumat, 30 September 2016 at 9:51 PM

    nyamm enak…
    idem di depan komplek aku ada penjual nasgor enak yg laris banget. pengen beli tapi males antri

  • Ade

    Jumat, 30 September 2016 at 10:34 PM

    Kenapa ya, aku gagal mulu bikin telur dadar yang cantik?

  • Anita

    Jumat, 30 September 2016 at 10:35 PM

    Nasi goreng menu andalan kalo bingung mo bawain bekal apa buat anak pergi ke sekolah

  • lendyagasshi

    Jumat, 30 September 2016 at 10:42 PM

    Nyak jago masaakk…
    Chef Rotun,
    Mauu donk nyobaiiin..

    *oh ya, ada yg kurang, chef.
    Nasi goreng mawut sama nasi goreng hitam.

    Enyaakk enyak…

  • Kurnia amelia

    Jumat, 30 September 2016 at 11:43 PM

    Kayaknya enak nih…si Emak jago masak yoo.

  • (sulis) bunda raka-alya

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 1:43 AM

    ku suka nasi goreng…Apalagi pedes! pernah klo make teri… Mksh resepnya mak☺

  • Tira Soekardi

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 2:46 AM

    masakan sederhana tapi paling banyak pengemarnya

  • Ety Abdoel

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 7:05 AM

    Bau harum nasi goreng abang-abang itu menggoda banget Nyaak. Heran deh, perasaan kalau masak sendiri, gak seharum itu.
    Hm, kalau aku suka yang pedes nyak. Yang pakai teri nasi coba sih.

  • Ria Rochma

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 7:15 AM

    Nyaaakkkk.. Aku lapar lagiiii.. Kirim siniiii..

  • Nathalia DP

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 7:47 AM

    Duh, tampilannya menggoda sekali… Jd kabita, pdhl saya br beres sarapan…

  • muthihaura

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 8:12 AM

    Aaak jadi lapar lagi mbak. makasih share resepnya, bisa dicoba nnti :))

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 8:55 AM

    Iya Mba, kadang heran kok bisa beda-beda rasanya. Padahal kan bumbunya gitu-gitu aja paling *sok tau* :D.
    Kalau yang langgananku itu nggak jawab kalau ditanyain bumbu halusnya apa aja, katanya rahasia, wkwkkwk.

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 8:55 AM

    Bisa jadi ide bisnis tuh Mba. Jual nasgor juga buat nyaingin dia *eh :p

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 8:56 AM

    Hahaha, gagalnya gimana Mba Ade? Ngocoknya harus pas, terus pas masaknya apinya kecil aja, jadi nggak coklat tapi jadi kuning keemasan :D. Yuk cobain lagi.

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 8:57 AM

    Betuuul. Soalnya bahan dan cara masaknya simpel ya Mba. Dan anak-anak juga suka deh 🙂

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 8:58 AM

    Aiiih, chef Rotuuun..*kibas apron* :p

    Apa itu nasi goreng mawut? Aku belum pernah makan.
    Traktiiiirrrr!

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 8:59 AM

    Belum jago kok Mba Amel, masih belajar juga. Yuk cobai, enak beneran 😀

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 8:59 AM

    Huum pedes lebih nampol ya Mba. Aku kalau lagi rajin sih bikin dua kali, jadi dipisah punyanya anak2.

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 9:00 AM

    Iya Mba 😀

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 9:01 AM

    Nah, itu dia Mba. Bisa menggoda banget ya harumnya. Dan gaya masaknya yang kayak sembarangan gitu asli bikin penasaran. Kok bisa enak banget. Katanya sih ada di berani bumbu sama api yang besar.

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 9:01 AM

    Wis entek Mbaaa, wahaha

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 9:02 AM

    Hihi, bikin besok pagi Teh.

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 9:03 AM

    Ayo masak Mba, terus makan, kenyang deh :)))

  • Blogger Kendal

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 9:40 AM

    laper Nyakkkkkkk
    mau dong nyak 🙁
    anak kost belum makan nih 😀

  • Hijab Modern Cantik

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 11:13 AM

    wawww nasi goreng… pengen…
    mau dung aku…. menggugah selera ini…

  • Rach Alida Bahaweres

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 1:45 PM

    Kalau aku paling suka nasi goreng buatan suami, mba. Benar-benar tak tergantikan. Hihiii. Resepnya mba amu aku tiru ah. APlagi pakai selimut gitu. Hihiii
    Makasih mbaa

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 2:49 PM

    Wani piroooo, hahaha 😀

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 2:49 PM

    Monggo Mba diicip-icip, hihi

  • Rotun DF

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 2:50 PM

    Dududu..enak banget suaminya pinter masak Mba. Sumiku paling pol masak mie instan. wahaha xD

  • Kanianingsih

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 3:09 PM

    nyaaaak, nasi goreng teri bikin nambah!

  • Rusydina Tamimi

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 4:54 PM

    ini kesukaanku dari jaman SD, nasi selimutteluur 😀
    rasanya endeees

  • Ida Yusnilawati

    Sabtu, 1 Oktober 2016 at 9:30 PM

    This comment has been removed by a blog administrator.

  • fanny fristhika nila

    Minggu, 2 Oktober 2016 at 1:14 AM

    akuuuuuu suka banget nasi goreng :D… segala macem jenisnya kyknya suka semua deh… nasi goreng putih, nasi goreng rawit, teri, nasi goreng tomyam, mau diapain aja nih nasi ttp enak yaa ;D ..kalo pake teri medan pun , duuuuh bisa nambah2 mbak :D..biar makin mantep aku ksh irisan rawit jd joss bgt pedesnya 😀

  • tutyqueen

    Minggu, 2 Oktober 2016 at 11:14 AM

    huaaa…favorit aku banget ini mbaak ngences deh 🙂

  • Winda Carmelita

    Senin, 3 Oktober 2016 at 7:32 AM

    Nasi goreng ini comfort food banget ya. Segak enaknya, tetep aja enak hihihi … Selimut telur dadarnya rapi banget sih Mbak 🙂

  • Ernawati Lilys

    Rabu, 5 Oktober 2016 at 8:09 AM

    lagi pengen makan ternyata kesini tambah lapaaar, banyak resep2 juga , simpen ya nyak 🙂

  • Aurelia Aurita

    Rabu, 5 Oktober 2016 at 4:24 PM

    Lihat piring dan telur dadarnya jadi ingat nenek *salkus

  • Anisa AE

    Jumat, 7 Oktober 2016 at 10:15 AM

    Nyak, mau dong? Ngiler nih :p

  • Ophi Ziadah

    Senin, 17 Oktober 2016 at 4:07 PM

    waah kece photonya nih mbaak….menggugah selera

  • Mie Goreng Kubis Pedas – Nyak Rotun

    Minggu, 4 Oktober 2020 at 1:31 PM

    […] Begitulah sebuah makanan bisa menjadi sangat memorable.[ Baca juga: Nasi goreng teri selimut telur ] […]

  • Resep Capcay Kuah Saus Tomat: Enak dan Segar ! – Nyak Rotun

    Minggu, 4 Oktober 2020 at 1:39 PM

    […] Baca juga: Nasi Goreng Selimut Telur […]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post