Playmat Lipat Mugu: Bermain Bareng Anak Jadi Lebih Seru!

Rabu, 15 September 202134 Comments
Blog post

Playmat lipat Mugu menjadi andalan saya untuk alas bermain anak. Empuk, nggak licin, mudah dilipat dan dibersihkan, dan bisa dipakai bolak-balik. Bermain sama anak jadi lebih seru, tanpa worry mikirin messy. Penasaran? Yuk baca review lengkapnya!

Ohayo!

Ibu-ibu yang punya bayi di masa pandemi mana coba suaranya? Sini merapat, kita pelukan bareng. Nano nano banget yaa rasanya. Seneng sih punya bayi lucu yang semakin hari semakin banyak tingkah nan menggemaskan. Mengamati tumbuh kembangnya, gercep ambil foto dan video hingga memenuhi galeri, juga menjadi pemandu sorak yang gegap gempita tiap Ia mencapai milestone baru.

Tapi itu semua tentu saja dibarengi dengan lelah jiwa raga. Perjuangan menyusui, begadang, belum lagi kalau sudah tiba masa MPASI. Uhuy banget deh. Mikirin menu ini itu setiap hari yang kadangkala disambut dengan riang gembira tapi sering juga ditolak dengan mulut mingkem dan geleng-geleng kepala.

Dan ketika kita ingin mengambil jeda sejenak dengan liburan tipis-tipis, nongkrong sama suami sambil ngopi, atau ngobrol ngalor ngidul sama temen, TAPI INGAT LAGI PANDEMI. Hhhhh…

Di sisi lain juga mikir ini anak nggak papa nih di rumah terus? Kebutuhan bermainnya gimana? Kebutuhan eksplorasinya gimana? Anak balita itu butuh bermain setidaknya 5 jam dalam sehari. Main itu kebutuhan mereka untuk memaksimalkan perkembangan fisik motorik, kognitif, dan sosial emosionalnya.

Terus gimana dong Bunda?

Ya sabarin di rumah saja dulu Bund~ Main sama anak di rumah, nongkrong sama suami di rumah, piknik juga bisa koook di rumah. Tinggal imajinasi kita saja yang menyesuikan Bund~

Kayak saya kemarin, habis piknik sama bayi. Nggelar playmat, bawa keranjang piknik sama gitar, bawa snack pula. Ughlala, kurang totalitas apa saya ngehalunya? LOL.

playmat bayi lipat

Tapi malah enak lho piknik di rumah gini. Nggak capek karena biasanya emang kalau piknik kan kita pindah tempat momong doang nggak sih? Keamanan dan kenyamanan juga lebih pasti karena di rumah sendiri. Dan tetap bisa seru!

Beberapa Tips Bermain Seru Bersama Anak di Rumah:

1. Sediakan playroom atau sudut bermain

Kalau rumah kita lega, bisa sediakan satu ruangan khusus untuk bermain. jadi semua mainan si kecil ada di situ. Ini enak banget karena jadi nggak berantakan kemana-mana. Beberesnya juga jadi nggak capek-capek amat dan kalau udah keburu capek yaudah tutup pintunya dulu, beberesnya nanti. Toh nggak kelihatan ini, wkwkwk.

Tapi kalau rumahnya mungil seperti punya saya, bisa diakalin dengan membuat sudut/space bermain. Malah barengan sama space membaca juga. Bisa dikasih pembatas dengan memasang partisi atau yaa cukup hamparkan playmat azaaa.

2. Siapkan permainan

Hari ini mau main apa ya? Dengan menyiapkan ide bermain, akan mengurangi tingkat berantakan yang cukup signifikan *halah. Misal kita mau main dengan tema laut, kita siapkan bukunya, peraganya, atau permainan pendukung lain.

Pemainan sensori tema laut yang saya buat untuk Ammar

Tapi sesekali kita perlu juga membuat open ended play, atau permainan yang diserahkan sepenuhnya ke anak. Bebaskan dia untuk berkreasi, berimajinasi sesuka hati. Beberapa pilihan open ended play misalnya lego, playdough, buku, figurin hewan, atau permainan role play (masak-masakan, tukang-tukangan, dll).

Baca juga: Mainan Anak, Beli atau Bikin Sendiri?

3. Orangtua ikut bermain

Yaak, ini yang paling penting. Katanya mainan yang tak ternilai adalah orangtua yang ikut ngegelosor main bersama anaknya. Main sama anak tuh apa ya, relaxing banget. Tenggelam ke dunia anak, ngobrol banyak hal meski dijawab dengan bahasa planet (?), sekaligus menjalin bonding mesra bareng mereka. Setuju kan Moms?

4. Pastikan aman

Sebisa mungkin atur tempat bermain yang aman dan nyaman. Aman dari sudut-sudut tajam, mainan dengan kandungan/cat berbahaya, atau dari permukaan yang keras.

Kalau saya selalu memakai alas bermain/playmat, apalagi sekarang Ammar lagi nggak bisa diem banget, baru belajar jalan jadi sering oleng, kapten!

alas  bermain anak

Pilih playmat bayi yang bagus dengan bahan berkualitas, empuk dan nggak licin jadi aman dan nyaman untuk anak.

Dan seperti yang saya tulis di awal, kalau yang jadi andalan adalah playmat bayi lipat dari MUGU. Saya share review berdasarkan pengalaman saya ya!

Review MUGU Folding Playmat, Playmat Bayi Lipat

playmat lipat mugu

Jadi kenapa MUGU folding playmat ini menjadi kecintaan saya?

  • Yang jelas karena dia empuk, dengan ketebalan lebih dari 1 cm sehingga bisa meredam benturan, mengurangi rasa sakit dan menghindarkan anak dari cidera saat terjatuh.
  • Terus warna dan motifnya juga kalem, seperti saya *uhuk. Bisa dipakai dua sisi bolak-balik. Desain permukaan MUGU folding playmat ini juga antislip jadi nggak licin saat digunakan, juga bertekstur sehingga sekaligus bisa merangsang perkembangan sensori bayi.
  • Dibuat dengan bahan yang aman, bebas BPA, phtalates dan timbal sehingga tidak berbau dan bebas racun.
  • Nyaman di kulit bayi, dan multifungsi banget! Bisa buat alas main, bisa juga dibawa piknik.
  • Gampang dilipat dan nggak makan tempat. Kalau lagi nggak dipakai bisa diselipin di samping lemari/rak. Rapi!
  • Waterproof jadi gampang banget dibersihkan. Less stress, less messy, mamak happy.

Cara Melipat MUGU Folding Playmat yang Mudah dan Praktis

Kalau Moms membeli MUGU folding playmat ini , nanti dapat tas untuk menyimpannya. Untuk melipatnya gampil surampil, tinggal ikuti saya pola lipatan yang sudah ada. Sat set sat set, masukin tas, simpan deh.

Oiya, tersedia dua pilihan warna ya. Ada pink-grey dan blue-grey. Yang punya saya ini blue grey. Sisi grey motifnya polkadot, sisi bue motifnya under the sea, ada gambar ubur-ubur sama bintang laut. Cute!

Cara Mencuci MUGU Folding Playmat

Yaampun ini yang paling love sih. Gampang banget dibersihkaaan. Nggak ada tuh acara mencuci penuh perjuangan seperti mencuci karpet pada umumnya. Soalnya waterproof, jadi kalau ketumpahan air misalnya, yaudah tinggal lap aja pakai lap/tisu. Auto bersiiih *cry.

Kalau ketumpahan susu atau cairan yang lengket, bisa pakai lap basah/spons. Kalau tumpahnya dikit pakai tisu basah aja yang praktis *si ogah repot.

Kemarin saya pakai main sensori tema laut, pakai agar-agar swallow dan remahan biskuit. Udahannya berantakan banget kan tuh. Pas udah kelar, tinggal bersihkan remahan dan agar-agar yang tercecer, terus lap. Cliiing.

Mau Beli? Yuk Buruan, Mumpung Ada Diskon!

Naaah, kalau setelah baca review saya Moms jadi yakin merk playmat bayi yang bagus itu ada di MUGU dan kepengin banget beli, langsung saja klik link www.mooimom.id

Iyes, MUGU folding playmat ini memang salah satu produknya Mooimom, merk terpercaya yang menyediakan aneka kebutuhan ibu dan bayi. Termasuk teether Mombella yang pernah saya review juga di blog ini.

Harga playmat lipat MUGU di website 399 ribu, cukup worthed dengan kualitas dan banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari produk ini.

Daaan, jika memasukkan kode RTN10 maka Moms berhak mendapatkan potongan 10% dengan minimal belanja 300ribu.

Yuk, segera klaim dan selamat seru-seruan bareng anak bersama playmat lipat MUGU!

Tons of love,

34 Comments

  • Mugniar

    Rabu, 6 Oktober 2021 at 12:04 PM

    Warna play mat-nya pas banget dengan warna lantainya Nyak.
    Btw, si adek kapan lihat Makassar? Kakak-kakaknya sudah lhooo šŸ˜€

  • winda – dajourneys.com

    Rabu, 6 Oktober 2021 at 12:29 PM

    wah selain warnanya bagus2, desainnya oke, mudah di bersihkan lagi, TFS ya mbaa

  • Mechta

    Rabu, 6 Oktober 2021 at 5:00 PM

    Meski tak lagi ada baby di rumah, rapi sata naksir playmat nya nih..bisa banget utk piknik kan..ada tasnya lagi! mantaab.. terima kasih sharingnya mba..

    1. Nia Haryanto

      Sabtu, 9 Oktober 2021 at 8:10 AM

      Iya nih, aku juga naksir. Kepengen punya buat gantiin karpet yang susah dibersihin. Tapinya gak punya anak kecil juga. Etapinya cakep sih. Motif dan warnanya aku suka. šŸ˜€

  • Heni Puspita

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 4:57 AM

    Praktis nih untuk dibawa piknik. Di Bandar Lampung beberapa tempat wisata sudah dibuka, tapi ya hindari tempat2 yang ramai deh. Ada beberapa tempat yang jadi favorit kami karena sepi. Nah pas banget kalau buat piknik pakai playmat ini.

  • Kurnia amelia

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 8:31 AM

    Yang punya anak baby dan balita kudu punya playmat ya ga hanya untuk bermain aja tapi juga kemanan apalagi babyi yang baru belajar jalan. Btw bagus dan praktis ya playmatnya.

  • Nia Haryanto

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 8:50 AM

    Wuih, cakep nih playmat-nya. Besar dan aman pula. Mana waterproof ya. Aku jadi kepengen punya, buat gantiin karpet rumah yang sering kena tumpahan air dan susah kering. Etapi aku gak punya balita. Gapapa kitu? Hehehehe Ini kayak perlak gitu, ya?

  • Shyntako

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 8:55 AM

    Wah folding matnya bagus yaa mbak, empuk kayanya tuh cocok buat yang punya anak balita yang lagi mulai merangkak yaa, mudah pula dibersihinnya yaa cukup pakai baby wipes

  • Rach Alida

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 9:06 AM

    Kayaknya ini nggak hanya buat yang punya anak kecil, tapi aku juga mau punya. Harganya sesuai dengan kualitasnya. Anak tapi main disini juga berasa aman dan nyaman ya mba. Ringkas pula

  • lendyagassi

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 9:11 AM

    Aku suka bangeeett…MUGU folding playmat ini impian.
    Soalnya kalau lihat motifnya, suka gemesh overload gitu.. Meski sekarang ga punya anak-anak kecil lagi, tapi empuknya dan kemudahannya dipindahkan juga dibersihkan, jadi andalan dipasang di depan tipi.
    Waktunya kumpul keluarga jadi lebih menyenangkan.

  • Nunung Nurlaela

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 10:47 AM

    Wah cantik banget playmattenya. Warnanya soft. Cocok untuk aktivitas anak atau keluarga ya. Mudah dibersihkan juga. Untuk sit up atau bobok cantik emaknya juga asik nih karena empuk. Hehe

    1. Sovi Nur Wakhidah

      Kamis, 7 Oktober 2021 at 10:57 AM

      Masya Allah baby-nya lucu banget, Mbak. Seneng ya kalau MUGU folding playmat-nya waterproof. Kesukaan Bu Ibu ini mah. Nggak perlu ribet bersihin haha. Lipatnya juga praktis dan warnanya cantik.

  • Sri Widiyastuti

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 12:26 PM

    wah senangnya, folding matnya beneran cantik dan mudah dilipat ya. mudah dibersihkan pula. Jadi gak repot pemeliharaannya ya mbak, apalagi ada tasnya juga. rumah jadi gak berantakan, karena folding matnya bisa disimpan di tas yang juga cantik. maaksih infonya mbak

  • Ameliasepta

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 12:42 PM

    Wah bagus banget playmatenya kak, bersahabat banget lagi yah karena mudah dibersihkan.
    Bisa jadi referensi kado buat anak anak nih.
    Thanks infonya yah kak

  • Nurul Sufitri

    Kamis, 7 Oktober 2021 at 4:26 PM

    Wah, itu playmat? Kirain warna lantainya abu-abu gitu hihihihi šŸ™‚ Cakep banget mbak…. multi fungsi. Bisa dilipat praktis dan dibawa buat piknik, rebahan di mana aja cocock nih hehehe. Main sama anak, ngobrol bareng keluarga bakalan lebih nyaman dan seru deh.

  • RAch Alida

    Jumat, 8 Oktober 2021 at 10:44 AM

    Anak bakalan betah banget kalau bermain di playmat lipat seperti ini. Apalagi di temani bunda dan juga ada permainan. Warnanya juga aku suka mba

  • Naqiyyah Syam

    Jumat, 8 Oktober 2021 at 3:09 PM

    jadi pengen juga beli karena awalau anak-anak udah agak gede tapi kalau maen di rumah juga berantakan dan perlu lokasi khusus

  • Katerina

    Jumat, 8 Oktober 2021 at 4:16 PM

    Punya anak kecil kudu punya playmat, biar aman main di lantai. Zaman anakku kecil, belum ada playmat kayak gini mbak, saya pakainya yang model puzzle gitu, warna warni, tapi ga praktis kalau dibongkar pasang. Kalau ini bagus ya, dari segi bahan mau pun kepraktisan, bisa dilipat dan ada kantongnya pula. Layak dimiliki oleh moms dengan anak-anak kecil.

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Jumat, 8 Oktober 2021 at 4:52 PM

    Adik saya juga punya playmat lipat seperti itu untuk tempat bermain bersama anak-anak di dalam rumah. Hanya keadaannya sekarang udah rusak di sana-sini. Nanti saya rekomendasikan untuk membeli playmat lipat mugu seperti punya Nyak Rotun. Warna playmat-nya bagus juga ya

  • Suciarti Wahyuningtyas

    Jumat, 8 Oktober 2021 at 9:01 PM

    aku pun sampai sekarang masih pakai playmate kalau anakku main dilantai, selain kadang lebih merasa nyaman ya dan mainnya gak bakal jauh dari si playmate. Dengan kata lain bundanya lebih mudah beberes, hehehehee

  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    Sabtu, 9 Oktober 2021 at 8:47 AM

    Wah asyik banget nih kyknya playmat ini ya mbak? Apalagi buat yang msh punya anak kecil yg msh sering numpah2in makanan atau minum. Kyknya kok gampang banget dibersihkannya trus cara menyimpannya kembali jg mudah.
    Untuk anak yg mulai belajar merangkak atau jalan jg kyknya oke yaaa
    Mau coba liatin webnya ah kali ada pilihan jenis warna dan besar playmat lainnya. TFS infonya

  • Dian Restu Agustina

    Sabtu, 9 Oktober 2021 at 2:05 PM

    Ya, ampun meski anak udah gede kok mupeng aku sama mugu playmat lipat ini…apalagi lihat dirimu, nggelar playmat, bawa keranjang piknik sama gitar, bawa snack pula. totalitas bener ngehalunya ya haha…pengin jadinya

  • Helena

    Sabtu, 9 Oktober 2021 at 2:23 PM

    waaah Uno mau dong ikutan main. sensory bin tema laut asik juga itu ada pasirnya pula.
    eh bener lho playmat terpakai banget dari newborn sampai balita. Bisa tummy time sampe tidur siang di sana. hahaha itu mah aku

  • Dian

    Sabtu, 9 Oktober 2021 at 6:27 PM

    Ah iya, main bareng anak itu memang seru ya mbak
    Apalagi klo mainnya diatas playmate lipat mugu ini
    Pasti mainnya lebih nyaman dan seru

  • Jiah Al Jafara

    Sabtu, 9 Oktober 2021 at 8:43 PM

    Kenapa aku baru tahu MUGU Folding Playmat ini ya? Kemarin pas Keponakanku masih guling-guling tuh mau nyari alas yang aman. Sekarang udah mider anaknya. Catet deh kali nanti beli buat anak sendiri

  • Lia Yuliani

    Sabtu, 9 Oktober 2021 at 8:56 PM

    Seru banget ya Mba bisa main bareng anak. Playmatenya Keren. Anak bisa anteng main nih. Memang lebih bagus kalau ortu juga ikut bermain ya, makin meningkatkan bonding dengan anak.

  • Witri Prasetyo Aji

    Sabtu, 9 Oktober 2021 at 9:21 PM

    Wah, playmatenya mudah dibersihkan juga ya Mak… Ini kalau sudah enggak pandemi, cocok nih buat piknik apalagi ada tasnya…

  • Sri Widiyastuti

    Sabtu, 9 Oktober 2021 at 11:01 PM

    Suka banget sama playmate Mugu. Mudah dilipat dan mudah dibersihkan yaa. Jadi pengen punya juga deh buat Saki. Meski udah gede, kayaknya dia suka pasti punya playmate yang model begini. Bisa dibawa kemana-mana pula kan yaa.

  • Sapti nurul hidayati

    Minggu, 10 Oktober 2021 at 8:46 AM

    Bwner nih di masa pandemi memang kretivitas orang tua untuk nemeni anak bermain sangat dibutuhkan ya. Dan segala amunisi harus dibawa. Seperti play mat dari mugu ini. Yang praktis bisa ditenteng ke mana-mana dan mudah juga perawatannya.

  • khairiah

    Minggu, 10 Oktober 2021 at 8:47 AM

    iya kelihatan tebal dan empuk ini nggak seperti paymat lainnya, plus waterproof juga plus cantik lagi motifnya bisa dibawa kemana saja, seru juga dipake untuk piknik…nyaman untuk tiduran…btw harganya berapa? tersedia dalam berapa ukuran

  • Mirna

    Minggu, 10 Oktober 2021 at 11:23 AM

    playmat it penting banget sih ya soalnya jadi dasar dia main biar tetep aman dll, makanya kudu sekalian yang bagus seperti mugu ini.anti air dan anti slip nya itu yang bener2 dibutuhkan ya mba

  • Uniek Kaswarganti

    Senin, 11 Oktober 2021 at 7:00 AM

    Buat keluarga yang enggak punya baby sekalipun, tetap oke nih pake playmat ini ya. Untuk gelaran bareng keluarga, bersantai dan menikmati aneka jajanan gitu. Ga takut bekas tumpahannya ntar gimana bersihinnya. Udah gampang banget ya bisa dicuci bersih.

  • Apura

    Senin, 11 Oktober 2021 at 4:08 PM

    Produk dari mooimom juga tah… Bagus playmatenya. Aku suka motifnya..terus tebel juga ya. Rekomen banget buat yang punya bayi.

  • artha

    Kamis, 14 Oktober 2021 at 8:06 AM

    bisa disimpan lagi dan rapi dong. suka deh… saya jg mau ah punya playmat ini buat anak.mana lebih tebal dibanding playmat saya di rumah dan warnanya jg manis ya

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post