Pulsa Listrik Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya

February 23, 201827 Comments
Blog post

“Sayang, bangun. Pulsa listrik mau habis tuh. Bunyi mulu dari tadi”

“Hmmm, jam berapa sih ini?”, jawab saya sambil setengah sadar ngambil ponsel. Hah, jam setengah 3 pagi. Nggak salah nih, kok tumben pulsa listrik cepet banget habisnya. Biasanya saya beli mingguan, 100 ribu. Dan nggak sampai bunyi tit..tit..tit..yang berisik banget itu, saya udah isi lagi.

Ini belum seminggu deh, pikir saya. Akhirnya sembari mata masih setengah merem, saya beli pulsa via m-banking dan suami yang bertugas masukin token ke meteran.

Ngomongin listrik, memang dia menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan lagi ya di jaman sekarang. Tanpa aliran listrik, apalah jadinya kita ini. Apalagi di rumah kami pasang Wi-Fi yang otomatis ikutan mati. Kalau lagi ada kerjaan? Wassalam deh. Buru-buru ngacir keluar rumah beli paket data.

Dan sekarang ini, rata-rata udah pakai sistem listrik prabayar ya? Beli pulsa listrik juga jadi gampang banget. Saya kemarin beli pakai m-banking. Nggak perlu keluar rumah malam-malam buta, lagian mau beli di mana, semua udah pada tutup. Selain pakai m-banking, pulsa listrik ini bisa dibeli juga di situs belanja online loh.

Listrik prabayar ini diciptakan agar pengguna bisa memanfaatkan listrik dengan maksimal dan tidak telat lagi dalam membayar tagihan. Cukup beli pulsa listrik dan kemudian mengisikan tokennya ke mesin listrik. Cara ini juga dimaksudkan agar pengguna bisa lebih cermat dalam memanfaatkan listrik sehingga lebih hemat. Namun berbanding terbalik dengan harapan, fakta di lapangan justru mengejutkan karena banyak sekali pengguna listrik prabayar yang mengeluhkan bahwa penggunaannya boros dan pulsanya cepat habis.

Ada yang gitu juga nggak?

Nah ternyata yang menjadi sebab listrik jadi boros itu banyak banget, mulai dari instalasinya, cara pemasangannya, masalah kabel hingga penggunaannya.

Beberapa Penyebab Pulsa Listrik Boros

1. Kebocoran pada pemasangan instalasinya

Untuk alasan yang pertama adalah karena adanya kebocoran dari segi pemasangan instalasi listriknya. Yang ini banyak banget kejadian, dan harus banget dilakukan pengecekan. Kebocoran kadang bisa terjadi karena kesalahan dari teknisi yang masang. Umumnya pola sambung yang nggak erat jadi alasan yang paling banyak terjadi. Jika kondisi memang sudah positif demikian, maka kita wajib untuk bisa merevisi semua sambungan instalasinya. Perkuat kembali penyambungan instalasinya dan tutup memakai solasi sehingga kebocoran tidak akan terjadi lagi di kemudian hari. Dengan harga jual pulsa listrik yang tak murah, maka jangan sampai ada kerusakan dari sistem instalasinya.

Baca juga: Panduan Memilih Vacuum Cleaner

2. Kabel

Kabel memiliki efek yang amat besar di dalam pemasangan instalasi listrik. Kabel merupakan konduktor atau penghantar, jadi kalau pemasangannya dilakukan secara sembarangan maka akibatnya akan sangat fatal. Dampak yang bisa timbul dari adanya pemasangan kabel yang kurang bagus ini misalnya dengan kabel yang tak mampu tampung arus listrik besar sehingga korsleting dan kebakaran hebat. Jika terjadi hal ini, maka solusinya tentu saja adalah dengan mengganti kabel dengan kabel baru yang lebih bagus.

3. Pemakaian alat listrik

Naaah, untuk alasan yang terakhir adalah kembali lagi kepada diri sendiri. Ya, pemakaian alat listrik yang banyak tentu saja akan menjadikan pulsa listrik terus menerus terkuras habis, jadi jangan salahkan orang lain. Pertama pastikan untuk cek semua tegangan dari peralatan listrik di rumah dan pastikan gunakan alat listrik dengan bijaksana. Kalau di saya yang masih sering lupa itu nyabutin kabel yang udah nggak dipakai, meski alatnya udah off ya. Misal TV, kalau udah mati ya cabut juga kabelnya. Karena kalau masih nyolok, ya bakal terus mengalirkan arus listrik. Charger ponsel juga duh, pemalasan ini kadang-kadang.

Itulah beberapa alasan mengapa pulsa listrik jadi cepet habis. Rajin ngecek aja ya masing-masing penyebabnya sehingga bisa dilakukan penanganan tepat.

Yuk, hemat listrik!

Salam,

Prev Post Next Post