Resep Ayam Bakar Sederhana

Rabu, 17 Februari 201610 Comments
resep-ayam-bakar-sederhana.html 
Resep Ayam Bakar Sederhana. Disaat pengen bikin ayam bakar tapi nggak punya alat bakaran *apadeh* maka keluarlah ide kereatif ini: Ayam bakar teflon. Hasilnya? Silahkan lihat sendiri ya, hihi. Sebagai emak perantau yang hidup nomaden, salah satu yang sering menjadi penghalang kalau mau beli sesuatu itu ya, mikir nanti kalau pindahan repot. Jadi selama ini saya masak dengan alat alat sederhana nan minimalis. Wajan ada satu, teflon satu, panci two in one (yang ada kukusannya itu lho), sama panci susu satu. Udaaaahh.

Balik ke ayam bakar ya. Jadi ayamnya diungkep dulu. Kalau abis diungkep mau digoreng juga bisa. Langsung aja ya ini dia resepnya.
 RESEP AYAM BAKAR SEDERHANA 
Bahan:
  • 1 ekor ayam, potong jadi 8-12 bagian
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 400ml air
  • 6 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula merah, sisir halus
  • 2 sdm air asam jawa
Bumbu Halus:
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • garam dan gula secukupnya 
  • (Pisahkan 1 sdm bumbu halus untuk olesan membakar ayam ya)
Cara Memasak:
  1. Lumuri potongan ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit, lalu cuci bersih kembali.
  2. Baluri dengan bumbu halus, diamkan beberapa saat.
  3. Rebus potongan ayam dan  bumbu halus dengan air secukupnya, masukkan juga daun salam, gula merah dan kecap manis, aduk rata.
  4. Rebus sampai air menyusut dan daging ayam empuk, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan pan anti lengket, bakar potongan ayam sambil diolesi dengan sisa bumbu halus yang dicampur dengan 1 sdm margarin leleh dan 1 sdm kecap manis.
 RESEP SAMBEL TERASI
Bahan:
  • 2 siung bawang merah
  • 2 cabe merah besar, potong potong
  • 5 cabe rawit
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt terasi goreng
  • garam dan gula secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng
Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak, goreng bawang merah, cabe merah, cabe rawit dan tomat hingga layu
  2. Campur semua bahan sambal ke dalam cobek, haluskan.
Ayam Bakar Sederhana siap disajikan dengan sambal dan lalapan sesuai selera. Tinggal siapin nasi anget sebakul yaa…:D

10 Comments

  • Turis Cantik

    Rabu, 17 Februari 2016 at 7:36 AM

    Suami saya tiap hari makan harus ada ayam bakar pasti di cobain resepnya makasih mbak

  • Ika Puspita

    Rabu, 17 Februari 2016 at 9:45 AM

    favoritnya anakku nih…ayam bakar, ayam goreng…

  • Rotun DF

    Rabu, 17 Februari 2016 at 12:40 PM

    Wah..penggemar ayam bakar garis keras ya Mba, hahaha..sama2 Mba, makasih ya udah mampir 🙂

  • Rotun DF

    Rabu, 17 Februari 2016 at 12:41 PM

    Kayaknya semua anak-anak suka ayam ya Mba, anakku juga 🙂

  • A. Rahmania Radjadi

    Rabu, 17 Februari 2016 at 2:08 PM

    ngiler saya lihat gambarnya, disini belanja bahannya susyaaah harus ke pasar Thailand yang lokasinya jauh dari tempat saya tinggal 🙁

  • Dapur Ngebut

    Rabu, 17 Februari 2016 at 2:34 PM

    sukaa banget sama ayam bakar n ayam goreng 🙂

  • Rotun DF

    Kamis, 18 Februari 2016 at 4:38 AM

    Makanan sejuta umat ya Mba Inn, semua suka..:)

  • Handriati

    Kamis, 18 Februari 2016 at 12:11 PM

    mba rotun, ditambahin kol goreng mesti tambah maknyuss…senenganku mkanan begini terus tambah kol digoreng 😀

  • Rotun DF

    Kamis, 18 Februari 2016 at 12:29 PM

    Nah kui, aku sebenernya penasaran deh sama kol goreng. Sering denger, tapi belum pernah nyoba:D

  • Rotun DF

    Senin, 22 Februari 2016 at 6:06 AM

    This comment has been removed by the author.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post