Resep Capcay Kuah Saus Tomat: Enak dan Segar !

February 13, 201834 Comments

Fyuuuuh, hampir dua minggu nggak masak karena jagain anak yang sakitnya gantian. Efeknya berasa banget bok, apalagi di kantong. Ya bayangin aja, buat sarapan misal beli bubur atau sesederhana beli roti tawar sama isiannya udah berapa. Itu roti tawar sebungkus langsung habis loh. Belum makan siang, misal beli paketan nasi ayam lima belas ribu aja, kali empat, udah berapa. Belum lagi makan malam! *pijit kening *pijit dompet.

Efek lainnya, keenakan nggak masak terus mau mulai lagi magernyaaa ampun-ampunan. Suami juga yang punya tugas belanja ikutan mager. Tapi sungguh ini tidak bisa dibiarkan. Demi #irit2018 kita harus bergerak. Serentak.
*Ini apa sih*
Buat pemanasan, saya akhirnya masak yang simpel-simpel dulu, misal: Nggoreng nugget.
Enggak deng. Bukan masak itu mah.
Saya akhirnya masak menu andalan yang merupakan perpaduan yang sangat sempurna: praktis, enak, dan gizinya lengkap. Sering disebut one dish meal, yaitu paket komplit dalam satu porsi. Ada bahan karbo, lauk berprotein dan lemak, serta sayur-sayuran lengkap dalam satu piring. Selain mengenyangkan, sajian ini juga bergizi lengkap sehingga baik dikonsumsi. Perfecto.

Baca juga: Nasi Goreng Selimut Telur

Dan pilihan one dish meal kali ini adalah…

CAPCAY KUAH

Capcaynya agak beda soalnya saya kasih tambahan saus tomat. Kuahnya jadi merah menggoda gitu, dan jadi seger banget. Nyaaamm.
Langsung aja ya, ini dia:

Resep Capcay Kuah Saus Tomat

Bahan-bahan:

  • 100 gr udang kupas
  • 100 gr daging ayam, potong dadu
  • 5 buah bakso daging, iris bulat
  • 2 buah sosis ayam, iris serong
  • 100 gr bunga kol, siangi per kuntum
  • 100 gr buncis, iris serong
  • 2 buah wortel, iris serong
  • 5 lembar sawi putih, belah dua dan potong-potong
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu-bumbu:

  • 4 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah, cincang kasar
  • 1 buah bawang bombay, iris kotak
  • 2 batang daun bawang, iris serong
  • 1 buah cabe merah besar, buang isinya dan iris serong
  • 1 cm jahe, iris tipis
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdt merica bubuk
  • Garam, gula dan lada halus secukupnya

Cara Memasak:

  1. Panaskan minyak goreng, masukan kocokan telur dan bikin orak-arik. Sisikan di pinggir wajan
  2. Tumis bawang merah putih, bawang bombay dan jahe sampai harum
  3. Masukkan ayam, udang, bakso, sosis, kembang kol, dan wortel. Tambahkan air secukupnya lalu tutup wajan
  4. Tambahkan bumbu yang lain: garam, gula, lada bubuk, saus tiram dan saus tomat. Aduk rata kembali
  5. Masukkan buncis, sawi putih dan daun bawang. Aduk rata dan tes rasa. Jika sudah oke, masukkan larutan maizena. Masak sebentar hingga ada letupan. Angkat dan siap disajikan.
Karena capcay ini udah lengkap, nggak masak lauk lagi juga oke kok. Paling tambah kerupuk sama sambel. Maknyoooss. Kemarin sih saya tambah nugget goreng. Bisa juga ditemenin sama tempe dan tahu goreng. Apa aja wes, yang penting okeee.
Selamat masak^^
Nyak Rotun

Prev Post Next Post