Resep dan Tips Agar Kering Tempe Renyah dan Gurih

February 14, 201712 Comments
resep-tips-kering-tempe-renyah-gurih
Resep kering tempe renyah dan gurih. Bertahun lalu, saat masih berseragam putih abu-abu, setiap pulang ke rumah di akhir pekan, saya pasti dimasakin kering tempe sama Simbok buat bekal ke kosan. Dan selalu banyak, setoples penuh. Kering tempe memang sering menjadi lauk andalan, bukan cuma buat saya, tapi juga teman-teman di kosan. Yang pernah ngalamin ngekos pasti akrab lah sama di kering tempe ini. Ya nggak?
Tapi ada satu hal yang mengecewakan dari kering tempe ini, yaitu niatan biar awet hanyalah angan semata, hahaha. Lha gimana mau awet, bukan cuma buat makan tapi buat camilan juga. Ya dua hari aja langsung ludes. Dan herannya kok nggak ada rasa bosen ya sama kering tempe ini, biarpun seriiing banget makan. Ckckck, terpujilah wahai siapapapun penemu resep kring tempe. Murah, enak, dan nggak ngebosenin.
Pas udah tinggal di Jakarta, kering tempe juga menjadi menu andalan saat beli nasi uduk atau nasi kuning, atau nasi bungkus di warung touch screen alias warteg. Ada satu warteg yang ajib banget kering tempenya. Renyah meskipun udah dicampur sama sayur dan lauk lain di nasi bungkus. Kok bisa ya?
Saya kalau bikin sendiri kok nggak bisa renyah kayak gitu. Padahal udah disimpan di toples dengan tutup rapat. Tapi kalau udah beberapa hari pasti deh jadi alot :(.
Udah banyak resep kering tempe yang saya coba, tapi hasilnya belum ada yang bisa awet renyah dan kriuknya. Sampaaai saya nyobain repes kering tempe dari Bunda Nina di Instagram. Bund Nina ini salah satu food blogger yang sering saya recook resep-resepnya. Barakallah untuk ilmunya ya, Bun :*
Jadi, ternyata ada beberapa tips agar kering tempe bisa awet renyahnya. Renyahnya lho ya, bukan awet kering tempenya. Soalnya pasti dijamin cepet ludes :D. Salah satunya pas menggoreng tempe pastikan minyaknya banyak dan gunakan api sedang saja. Dijamin tempenya garing dan nggak mudah gosong. Oya, ciri tempe sudah kering yaitu dia mengapung di atas minyak.
Tips lainnya, pastikan saat memasukkan ke dalam toples, kering tempe sudah benar-benar dingin ya, soalnya kalau masih panas atau hangat, nanti saat toples ditutup akan timbul uap yang bikin kering tempenya jadi alot.
Gimana gimana, pengen bikin kering tempe yang renyah dan gurih juga? Yuk ah langsung capcuss saja ke resepnya.

RESEP KERING TEMPE RENYAH DAN GURIH

Bahan-bahan: 

  • 1 papan tempe yang besar. Saya lebih suka tempe yang dibungkus daun. Iris tipis bentuk korek api. Tapi jangan terlalu tipis juga ya, nanti mudah hancur pas digoreng.
  • 100 gram kacang tanah.
  • Segenggam teri.
  • 5 buah cabe merah besar, buang bijinya dan iris tipis.
  • 1 ruas lengkus, geprek.
  • 2 lembar daun salam.
  • 4 sdm gula pasir atau sesuai selera.
  • 1 1/2 sdt garam atau sesuai selera.
  • 100 ml air.
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng tempe dan menumis bumbu.

Bumbu Halus: 

  • 10 butir bawang merah.
  • 5 siung bawang putih.
  • 5 buah cabe merah.
  • Cabe rawit sesuai selera (Saya skip soalnya anak-anak juga makan).

Cara Memasak: 

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya, goreng irisan tempe dengan api sedang hingga kering dan terapung. Angkat dan sisihkan. Goreng juga kacang tanah dan terinya.
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan lengkuas dan saun salam, aduk rata.
  3. Tuang air, lalu bumbui dengan garam dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai selera.
  4. Masak sambil sesekali diaduk hingga air menyusut dan bumbu mengental. 
  5. Tambahkan 2 sdm minyak goreng, aduk rata kembali.
  6. Masukkan irisan tempe, kacang dan teri yang sudah digoreng, juga irisan cabe merah. Aduk perlahan hingga benar-benar rata.
  7. Angkat, taruh di wadah yang lebar agar tempe cepat dingin. Jika sudah, siap disimpan di wadah kedap udara.
Kalau menurut saya, tips agar kering tempe gurih dengan rasa merata memang ada di test rasa bumbunya ya. Jadi pastikan bumbunya sudah benar-benar pas sebelum memasukkan tempe. Soalnya kalau tempe dan kawan-kawannya udah masuk, ternyata rasanya belum pas lalu ditambahkan garam atau gula, jadinya rasanya kurang merata dan kurang ngeblend. Gitu.
Jadi deh kering tempe renyah dan gurih yang siap menemani nasi hangat di meja makan. Atau mau dicemilin doang juga boleeeh. Beberapa kali kalau suami pergi camping pasti saya bawain kering tempe ini. Penuh setoples Tupperware biar sekalian buat teman-temannya, hehehe.
Kalian penggemar kering tempe juga? Bikin yuuuk^^
_____
Palopo, kering tempenya udah habis :’)
Nyak Rotun.
Prev Post Next Post