Resep Soto Udang

Minggu, 31 Januari 201615 Comments
resep soto udang

Resep Soto Udang. Hiyaaa…udang lagi udang lagi. Hihi, nggak papa lah, variasi olahan udang nggak habis habis. Yang ini dijamin beda dan bikin nagih. Soto ayam? Udah sering. Soto daging? Dagingnya lagi mahal. Soto mie? di Bogor noh banyak. Soto udang? Wih..ternyata ada ya.

Saking bingungnya mau dimasak apa lagi si udang, gugling resep eh, nemu soto udang. Cukup gampang kok. Dan nggak seribet soto ayam yang ayamnya mesti disuwir suwir dulu. Yaiyalah masa udang mau disuwir :D. Bagaimana hasilnya? Uwoow..pak suami makannya nambah. Sama nasi dan kemudian tanpa nasi. Dan saya? cukuplah memandang dengan penuh rasa bahagia dan haru, lalu saya ikutan kenyang. Hahaha…bohong banget ^^v.

Tapi beneran recomended ini soto udang. Mau coba? Nih, pantengin resepnya.

RESEP SOTO UDANG

Bahan:

  • 500 gr udang ukuran sedang. Cuci bersih, buang kepalanya.
  • 1500 ml air
  • 500 ml santan
  • 1 1/2 sdm garam atau sesuai selera
  • 2 sdt kaldu bubuk (opsional)
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai. Ambil bagian putihnya, memarkan
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • 1 ruas kunyit bakar
  • 1 sdm ebi kering

Pelengkap:

  • Tauge
  • Soun yang sudah direndam air panas
  • Telur rebus
  • Tomat potong
  • Daun bawang iris
  • Bawang goreng
  • Sambal merah
  • Kerupuk/emping

Cara Membuat:

  • Didihkan air, masukkan santan kental, kecilkan api.
  • Tumis bumbu halus, daun salam, serai dan lengkuas sampai harum. Masukkan udang, masak sampai berubah warna
  • Masukkan ke dalam rebusan santan, aduk aduk, tambahkan garam, gula, merica dan kaldu bubuk. Aduk rata, cek rasa
  • Soto udang siap disajikan bersama pelengkapnya.

Mudah bukan? Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

15 Comments

  • Dessy Natalia

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    aduh laper mak, mana belum makan malam
    *diet boo*haha
    jagoan bener deh masaknya 😀

  • Uci

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Mba, aku ngga pernah nyoto udang, penasaran sih rasanya. Ini kayanya syeger yaa

  • Rotun DF

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Toss Mak..hihi. Yuk ah makan :))

  • Irawati Hamid

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    saya juga suka udang Mbak, baca tulisan ini jadi lapar dan pengen makan 🙂 🙂

  • Rotun DF

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Hahaha..

  • Rotun DF

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Alhamdulillah…makasih banyak ya Mak..:))

  • Rotun DF

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Iya Mak, hilang segala lelah abis masak deh ya *lap keringet* 😀
    Alhamdulillah, meluncur ke TKP. Oyaa? Waah..senangnya. Saya coba colek2 via FB deh Mba Dewi nya. Aamin..mudah2an dikasih kesempatan ketemu sama Mba Mugniar :*

  • Rotun DF

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Huahahaa…*sodorin soto*

  • Mugniar

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Oya baru baca di FBnya. Masih di Palopo, beliau, Mak hehehe.

  • Mugniar

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Perlu dipijat lidahnya, Mak Nova.
    Pake soto udang wkwkwk

  • Mugniar

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Bahagianya kalo pak suami makannya lahap, ya Mak 🙂

    Oya, kalo mau gabung komunitas blogger AM bisa koq. Cari grup FB-nya: Angingmammiri.org (komunitas blogger Makassar) namanya.

    Oya ada member KEB juga di Palopo, lho. Namanya Dewi Mulya Sari. Tapi saya kurang tahu apakah masih di Palopo atau sudah pindah 🙂

    Mudah2an kapan2 bisa ketemuan kita yaa

  • Arifinda D. Putri

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    aduh… kegoda nih mak 🙁 apalagi didukung fotonya bagus gitu…

    kegoda minta dibuatin maksudnya *ditabok*

  • Ekalagi

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Jadi lapar! Eh bikinnya nggak susah ternyata

  • Rotun DF

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Wkwkwk…kenapa gemeteran Mak? Awas pegangan

  • nova violita

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    ala mak…
    gemeteran lidah..sambil membaca ni resep..eheee

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post