Resep Tahu Udang Saos Tiram

Senin, 25 Januari 20166 Comments
tahu udang saos tiram

Rasa rasanya saya telah menjelma menjadi penikmat udang garis keras. Sering banget masak udang soalnya. Pokoknya di list belanja mingguan, mesti si makhluk berpunggung bengkok ini masuk ke daftar belanjaan wajib. Abis gimana doong, enak sih ya dan bisa diolah menjadi beraneka macam masakan. Dan yang penting, tergolong murah dibanding saudara setempat tinggalnya cumi cumi apalagi kepiting..*lalu tetiba ingat belum pernah makan dan apalagi masak kepiting* Kasihan ya saya *sigh*

Ini bisa dibilang semacam bakwan. Di resep aslinya sih pake silken tofu, tapi adanya tahu putih, yoweslah hajar aja. Satu resep jadi 8 buah ukuran spt dalam foto. Mayan laah…ini dia resepnya.

•Tahu Udang Saos Tiram•

Bahan:
-1 buah tahu putih, hancurkan
-10 udang ukuran sedang, kupas, cuci bersih dan cincang kasar
-1 butir telor, kocok lepas
-2sdm tepung terigu
-2sdm tepung maizena
-1sdm tepung sagu/kanji
-1 siung bawang putih cincang halus
-1/2sdt minyak wijen
-garam dan merica bubuk secukupnya

Bahan Saos:
-1sdt minyak wijen
-2 siung bawang putih, iris
-1sdm saos tiram
-1/2sdm kecap manis
-air secukupnya
-sejumput merica
-1/2sdm tepung maizena, larutkan dg sedikit air

Cara memasak:

  1. Campur semua bahan tahu udang, aduk rata. Panaskan minyak, goreng adonan satu sendok makan sampai kuning keemasan. Lakukan sampai habis, sisihkan.
  2. Saos: panaskan minyak wijen, tumis bawang putih sampai harum, tambahkan air, saos tiram, kecap manis, dan sejumput merica. Aduk rata, cek rasa.
  3. Masukkan larutan tepung maizena, aduk dan masak sampai mengental.
  4. Penyajian: tata tahu udang di piring, siram dengan saos dan taburi biji wijen dan daun bawang.
    *Kalau nggak ada minyak wijen, boleh diganti minyak sayur biasa ya.
    *Saosnya juga bisa diganti asem manis atau mau sekedar dicocol saos sambel monggo lah, suka suka

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Baca juga: Resep Bistik Udang Saos Asam Manis.

6 Comments

  • Rotun DF

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Boleh boleeeh…

  • Vixalexa

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    kayaknya enak dan cara buat nya juga gak terlalu sulit, boleh di coba

  • Ceria Wisga

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    nyuuummmm enak ni kayaknya 😀

  • Rotun DF

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Toss Mba, hehehe…Sama2, makasih udah mampir yaa..salam kenal jugaa..:)

  • Diah

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    Saya juga suka udang Mbak.. bolehlah ini kapan2 buat juga. Thanks resepnya ya Mbak, salam kenal.:)

  • Kaki Naga | Nyak Rotun

    Kamis, 11 Februari 2016 at 2:04 PM

    […] Baca juga: Resep Tahu Udang Saos Tiram. […]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post