Review Teether Mombella: Temani Tahap Tumbuh Gigi Si Kecil

March 24, 202159 Comments
Blog post

Salah satu momen nano nano dalam mendampingi tumbuh kembang buah hati adalah saat Ia memasuki fase tumbuh gigi. Setuju nggak, Mak? Si bayi jadi rewel, serba salah, belum lagi kadang disertai demam. Oh, dan kalau nen jadi suka banget nggigitin puting! Nah, kali ini saya mau berbagi info seputar tumbuh gigi pada bayi sekaligus review teether Mombella yang menjadi salah satu teman setia saya menemani fase tumgi Ammar.

Jadi perkara tumbuh gigi ini yaaa. Meski tau bahwa fase ini pasti dialami alias normal alias udah pernah jugaaa mengalami hal serupa saat merawat dua kakaknya dulu, tapi tetep aja saya cemas dan patah hati melihat Ammar demam, rewel dan jadi susah tidur. Segala yang ada maunya diemplok dan digigitin sembari nggriyeng atau rewel gitu deh.

Sebagai ibu, kadang mungkin kita bingung juga perkara bayi rewel ini. Karena tumbuh gigi atau karena hal lain sih? Nah, ada beberapa tanda atau gejala nih kalau si kecil memang sedang mengalami fase tumbuh gigi yang biasanya terjadi di rentang usia 4-6 bulan.

Tanda Si Kecil Mau Tumbuh Gigi

1. Banyak mengeluarkan air liur

Kalau menurut yang saya baca, meningkatnya air liur pada bayi karena ada peningkatan gerak otot selama proses tumbuh gigi. Jadi bukan karena pas ibunya hamil ngidamnya nggak keturutan ya. LOL.

2. Ruam di sekitar mulut

Kalau air lurnya banyak, rajin-rajin bersihkan dengan lap bersih atau tisu ya, Mak. Tapi pelan-pelan, jangan kayak lagi ngosok pantat wajan, yang ada nanti makin ruam deh mulut bayinya.

3. Tidak nafsu makan

Haduhaduh, ini patah hati banget sih lihatnya. Si bayi yang biasanya lahap makan jadi ogah-ogahan. Bahkan ada yang menolak makan atau nyusu sama sekali lho karena ngerasa kok sakit sih buat makan. Pokoknya serba salah deh, kaya kita kalau lagi sariwan kali ya, huhuu.

[ Baca juga: Cerita Menyusui dan Review Milmor Plus ]

4. Rewel, terutama di malam hari

Bayi akan lebih rewel karena laju pertumbuhan gigi akan mengalami peningkatan di waktu malam. Yuk mareee siap-siap begadang!

5. Demam

Saat bayi demam, penting banget untuk sedia termometer ya Moms, jangan pakai insting dan kira-kira aja, tapi ukur. Moms juga bisa mengompres si kecil atau skin to skin untuk membuatnya lebih nyaman. Tapi kalau demamnya sampai 38 derajat atau nggak kunjung sembuh selama 2 hari, segera bawa ke dokter ya.

6. Gusi bengkak

Salah satu cara untuk memastikan si kecil sedang tumbuh gigi, Moms bisa buka mulutnya perlahan dan lihat apakah gusinya tampak bengkak dan kemerahan. Jika iya, Emak bisa membuatnya lebih nyaman dengan memijat gusinya perlahan.

7. Gusi gatal sehingga menggigit dan mengisap benda di sekitarnya

Saat memasuki fase tumbuh gigi, bayi akan merasa gusinya gatal dan Ia mencoba mengatasinya dengan menggigit benda apapun yang ditemui, termasuk puting si ibu.

Jadi sabar-sabarin aja ya, sambil tetap dikasih tau bahwa nggak boleh gigit karena ibu jadi sakit. Kalau sekiranya Ia sudah kenyang, sebaiknya nennya berhenti dulu dan beri Ia mainan atau teether yang aman untuk digigit-gigit.

[ Baca juga: Mainan Anak, Beli atau Bikin Sendiri? ]

Memilih Teether Bayi Terbaik: Mombella Teether

Tentu Moms sudah nggak asing lagi ya sama teether, mainan untuk digigit-gigit bayi yang tujuannya mengurangi rasa nggak nyaman saat fase tumbuh gigi. Teether ini juga buanyaak pilihannya. Warna dan bentuknya lucu-lucu, ukurannya juga macam-macam.

Dalam memilih teether bayi terbaik, selain faktor lucu tentu yang paling utama adalah faktor keamanan ya, terutama bahan dan desain teether itu sendiri. Soalnya kan mainan ini buat dimasukkan mulut si kecil, tentu harus pakai bahan yang aman dan berkualitas. Sedangkan ukurannya harus pas agar tidak menyebabkan bayi tersedak.

Moms bisa baca-baca dulu artikel tentang review teether bayi, atau bisa tanya-tanya ke teman yang sudah lebih berpengalaman. Atau, mungkin Moms punya influencer yang biasanya menjadi rujukan dalam memilih produk seputar ibu dan bayi.

Saya sendiri memilih Octopus Mombella Teether untuk Ammar. Soalnya saya memang sudah sering memakai produk dari Mooimom, salah duanya yaitu korset untuk pasca lahiran dan geos (gendongan kaos). Produknya sudah terbukti nyaman dan berkualitas.

Nah, Mombella ini bisa diibaratkan ‘anaknya’ Mooimom yang khusus menjual teether berkualitas untuk bayi. Jenis dan bentuknya macem-macam. Saya memilih teether berbentuk octopus pakai topi. Gemesss. Apalagi kalau lihat mulutnya, berasa mau dicium akutuuu, wkwk.

Ammarnya juga suka banget sama si octopus ini, makanya sekalian deh review teether Mombella ini di blog. Siapa tau ada yang lagi nyari juga kan? Here we go!

Review Teether Bayi Mombella: Octopus Teether

Bahan Berkualitas dan Aman

Octopus Teether Mombella menggunakan 100% food grade silicon import. Kenyal, lunak dan lembuuut banget. Jadi enak digenggam dan nggak menyakiti gusi saat digigit-gigit. Chew, chew!

Teether ini juga sudah melewati tahap produksi FDA. Tidak beracun, tidak berbau dan tidak mengandung bahan plastik, timbal, kadmiun, logam dan zat berbahaya lainnya. Cocok untuk bayi usia 4 bulan saat mulai fase oral (eksplorasi mulut).

Sukanya lagi teether ini punya wadah penyimpanan jadi selalu terjaga kebersihannya dan nggak mudah menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman.

Meski begitu, jangan lupa untuk rutin membersihkan den mensterilkan teether ya Moms. Gampang banget kok, karena Octopus teether Mombella ini bisa menahan suhu mulai dari -40-200 derajat Celcius. Bisa masuk freezer untuk didinginkan, masuk microwave, masuk mesin pencuci piring atau bahkan direbus.

Desain Menarik dan Bermanfaat Untuk Aneka Stimulasi

Iya, dari satu teether ini, banyak banget stimulasi yang bisa si kecil dapatkan. diantaranya:

  • Stimulasi indra penglihatan melalui warnanya yang cerah dan menarik
  • Kemampuan koordinasi tangan dan mata saat bayi belajar mengambil dan kemudian menggenggam mainan yang Ia suka
  • Merangsang indra peraba karena banyak sekai tekstur yang bisa diekplor. Mulai dari topinya yang bergaris, mulutnya yang bulat, juga kaki-kakinya yang timbul yang bermanfaat buat mengurangi rasa nggak nyaman selama proses tumbuh gigi. Dan yang pasti karena bentuknya pas, si kecil jadi nggak gampang tersedak. Luv!
  • Pengembangan kreatifitas karena teether ini bisa dimainkan dengan banyak cara. Seru!
  • Interaksi orangtua dan anak yang juga pentiiing banget untuk perkembangan sosial emosial bayi.

Satu Mainan, Aneka Kreasi Seru

Awalnya tuh saya nggak ngeh kalau Octopus teether Mombella ini bisa dimainkan dengan aneka cara. Taunya malah dari Wafa, anak pertama saya. Dia yang membaca dengan cermat segala keterangan di wadah teether. Tau-tau dia bikin teethernya jadi bentuk bola gitu, kakinya melengkung ke atas.

Terus pas dipencet, nanti teethernya itu bunyi. Ciiit, ciiit, gitu deh. Sama ngeluarin udara dari lubangnya. Seneng godain Ammar pake ini soalnya dia bakal merem-merem gumush pas mukanya ketiup.

Bisa juga jadi mainan pas mandi dan teethernya jadi penyemprot air. Cuurrrr! Terus bisa lompat juga kalau abis dipencet dan ditaruh di lantai. Si bayik girang ada Octopus lompat mendekat. Ahahaha.

Cara Membersihkan Teether Mombella

Biasanya saya membersihkan teether ini cukup dua langkah saja. Pertama saya cuci dengan air mengalir dan sabun khusus perlengkapan bayi. Jangan lupa sikat perlahan semua bagiannya, termasuk kaki octopus karena banyak banget tekstur di di situ.

Selanjutnya saya sterilkan dengan cara merebusnya. Cepet, dan marem gitu rasanya melihat air mendidih. Berasa langsung mati semua kuman dan bakterinya. Satisfying!

Tapi Moms bisa melakukan dengan cara sendiri ya, mau dimasukkan freezer, microwave, atau mesin pencuci piring. Bebas, yang penting mah teethernya bersih, steril dan aman dimainkan si kecil. Etapi ngggak disarankan pakai sinar UV ya!

Teether Octopus Mombella, Bisa Dibeli Di Mana?

Setelah baca review teether Mombella, terus Moms kepengin banget nih beli buat si kecil atau buat kado. Cuuusss langsung meluncur ke website resmi Mooimom. Ati-ati kalap pengen beli semua, hihi.

Website ini juga komplit banget loh penjelasan tentang produknya. Dan ada info seputar tumbuh kembang bayi juga yang berkaitan dengan produk tersebut. Jadi betah deh berlama-lama buat baca-baca.

By the way, siapa yang mau dapet diskon? Pasti mau banget dong yaaa. Seperti jutaan ibu-ibu lainnya yang pasti langsung cring! kalau mendengar kata diskon. LOL.

Nah, saya ada voucher diskon yang bisa dipakai nih. Cukup masukkan kode voucher BLOGROTUN10 dan Moms berhak mendapatkan diskon 10% dengan minimal pembelajaan 300 ribu rupiah. Mayan banget kaaan?

Yuk, segera ceki ceki ke www.mooimom.id. Bisa sekalian belanja kebutuhan Moms dan baby lainnya. Semoga review Mombella dari saya bisa bermanfaat ya.

Selamat belanja dan bermain teether seru bersama si kecil~

Tons of love,

Prev Post Next Post