Serunya Berkomunitas ala Blogger Pekanbaru, Mutia Nurul Rahmah

October 19, 201623 Comments
Blog post

“Segala yang asik buat ditulis, mari ditulis :)”

Sepenggal kalimat di atas saya temukan di laman about me seorang lifestyle blogger asal Pekanbaru, Muthia Nurul Rahmah. Lalu apa yang bisa kamu bayangkan dari isi blog miliknya? Ya, tentu saja segala hal yang asik ada di sana. Asik menurut si empunya blog pastinya.

Mutia mengaku nggak bisa lepas dari tiga hal: nulis, motret, dan jalan-jalan. Saya menyebutnya paket komplit. Bagaimana 3 hal itu bisa saling melengkapi untuk kemudian disajikan di blog yang dirintisnya dari tahun 2009.

Pergi mbolang untuk mengeksplore kekayaan suatu tempat, mengabadikannya lewat mata ponsel, lalu membagi cerita tentangnya melalui sebuah tulisan. Komplit banget kan?

serunya-berkomunitas-ala-blogger-pekanbaru3-jpg

Mutia yang saat ini masih tercatat sebagai mahasiswi di UIN Riau, merupakan sosok yang dikenal aktif dan ngehits di Pekanbaru. Senang berkomunitas, berkumpul dengan orang banyak, dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya.

Ada yang follow instagramnya di @mutmuthea? Pasti langsung setuju kalau Mutia ini anaknya emang ngehits dan kekinian banget. Sering hang out, kumpul bareng aneka komunitas, potonya bagus-bagus, dan followernya itu lho, lebih dari 5K!

Apalah saya yang masih fakir follower. Bolehlah di follow di @rotundf dan @dapurotun. Lah, ngiklan.

By the way, saya tertarik buat ngulik tentang kegemaran Mutia dalam berkomunitas. Kok kayaknya banyak banget gitu, baik offline maupun online.

[Baca juga: 5 Kiat Asik Berkomunitas ala Ipeh Alena]

Kenapa Suka Banget Berkomunitas?

Mutia mengaku dari kecil nggak bisa diem, alias aktif. Senengnya berkeliaran. Eh, kok berkeliaran sih, macem apa aja. Jadi memang seneng keramaian dan ikut perkumpulan.

Entah itu pegajian, klub olahraga, hingga anaka ektra kurikuler semasa sekolah. Semuanya diikuti sama Mutia. Yang penting ngumpul, meski hanya jadi tim hore-hore aja.

Tapi makin kesini, nyatanya Mutia makin selektif sih dalam milih komunitas. Harus yang bener-bener sesuai minat dan hobinya, jadi nggak asal masuk dan nggak dapet apa-apa. Dapet ilmu maksudnya. Sukur-sukur dapet tambatan hati *eh.

Pertimbangan Untuk Masuk Sebuah Komunitas

Yang jelas kata Mutia harus sejalan sama minat dan hobinya, yaitu tadi yang saya sebutin di awal tulisan: nulis, jalan-jalan, pepotoan. Kadang juga misal ada temen yang asik dan ngajakin gabung ke sebuah komunitas, Mutia mau aja. Berbekal bahwa ada temen yang udah kenal, pastinya lebih enak dong pas gabung. Ya nggak?

Jika di perjalanan ternyata ngerasa nggak cocok di sebuah komunitas, Mutia milih buat keluar baik-baik dan nggak nerusin. Soalnya susah juga kalau udah nggak cocok dan di paksain. Ya, macam sebuah hubungan aja lah :p

[Baca juga: #MondayMarriage: Istri Sensi vs Suami Cuek]

serunya-berkomunitas-ala-blogger-pekanbaru1
Komunitas Gadgetgrapher Pekanbaru. Hayo Mutia yang mana?

Manfaat Berkomunitas yang Mutia Rasakan

Banyak banget. Nambah kenalan dan teman, pasti. Nambah ilmu juga. Dan kadang dalam sebuah komunitas, banyak banget ilmu yang kita dapet dari ngobrol-ngobrol santai dengan sesama anggota. Yang kadang nggak ada dalam seminar-seminar.

Misalnya dalam sebuah komunitas fotografi. Yang udah ahli sering membagi trik foto pas lagi hunting foto bareng-bareng. Kan enak tuh. Belajar dan praktek langsung dari yang udah lebih ahli.

Mutia yang dulunya bersekolah di desa dan hanya ikut komunitas intern sekolah semacam OSIS dan ROHIS, sekarang semacam memuaskan diri dengan melabarkan sayap dan bergabung dengan komunitas di luar kampus. Kenal berbagai orang dari berbagai segmen. Dan Mutia jadi terkanal juga dong. Ngehits lah pokoknya.

Komunitas yang Diikuti Sekarang

Sebenernya komunitas di Pekanbaru banyak banget, tapi sejauh ini Mutia memilih aktif di 4 komunitas. Apa aja?

1. Kaskus Regional Riau Raya (R3)

Iyes, Mutia ini anak Kaskus, bahkan bisa dibilang pentolannya Kaskus nggak, Mut? Soalnya emang aktif banget dan sering menang kontes juga di Kaskus. Makanya nggak heran kalau akhirnya Mutia ditunjuk sebagai aktifis R3 di tahun 2013.

2. Gadgetgrapher Riau

Salah satu minta Mutia adalah fotografi. Tapi Mutia belum punya kamera. Sama Mut, toss. Makanya akhirnya gabung sama komunitas ini dan banyak belajar bahwa motret pake gadget pun bisa keren hasilnya.

3. Akademi Berbagi Pekanbaru

Di sini Mutia bener-bener ngrasaian arti volunteer yang sebenarnya dan belajar untuk bisa terus menebar manfaat bagi orang lain.

4. Kongkow Nulis

Ini komunitas yg didirikan oleh sahabat mut, namanya melati, bukan Mawar. Dulu katanya Mutia cuma jadi tim hore waktu mendirikan ini, tapi sekarang malah udah jadi anggota tetap.

Dan tau nggak, Mutia sempet ngerasa canggung dan nggak pede pas gabung komunitas menulis. Ngerasa bahwa tulisannya belum keren dan masih sebatas hahahihi. Tapi sekarang tulisannya Mutia udah jauh lebih keren kok, tinggal teliti di typo aja, Mut. Biar pas baca blognya Mutia lebih enak dan nggak keganggu typo. Yes?

serunya-berkomunitas-ala-blogger-pekanbaru2

5. Komunitas Blogger

Yang ini wajib banget ya Mut, buat meningkatkan kualitas konten blog. Komunitas blog lokal Pekanbaru namanya Blogger Bertuah. Keren dan agak mistis ya namanya.

Palopo kayaknya belum ada nih komunitas bloggernya. Mungkin nanti saya mau bikin. Namanya Blogger Kapurung. Kemudian orang beranggapan bahwa itu adalah komunitas penggemar kapurung >,<

Kalau komunitas blogger online, Mutia gabung dan aktif di Indonesian Food Blogger, Emak-Emak Blogger, dan Blogger Perempuan yang kemudian melahirkan komunitas kesayangan kita semua: #GengIjoek. Hahaha.

Gimana, beneran mantep kan Mutia ini? Oya, ada satu lagi yang saya salut dari Mutia, yaitu dia konsen buat mengangkat tentang daerah tempat Ia tinggal, yaitu Pekanbaru. Mutia bikin rubrik khusus lho, yaitu #NgobrolinPekanbaru yang kolab sama Mba Lianda Marta. Sekarang udah episode ke 8 kalau nggak salah.

Dan, tentang komunitas yang saya tulis di atas, kalau mau tau versi lebih lengkapnya termasuk jodoh yang kandas di Kaskus *uhuk, sila kepoin di sini ya: 5 Komunitas Keren di Pekanbaru. Mau baca tulisan Mutia yang lain? Sok, langsung cuss aja ke mutmuthea.com.

Cheers,

Nyak Rotun

Prev Post Next Post