Tips dan Trik Melipat Baju Untuk Ecomom

20 Desember 201635 Comments

Tips dan Trik Melipat Baju Untuk Ecomom

Musim hujan t’lah tiba

Musim hujan t’lah tiba

Hore, hore, horeeeee!

Ya, ya, ya. Itu lirik aslinya libur t’lah tiba sih, lagunya Tasya jaman doi masih imut-imut. Tapi sepertinya musim liburan kali ini juga berbarengan dengan musim hujan. Yakan?

Dan hujannya merata ya, seluruh Indonesia. Sering tuh di grup-grup WA ada laporan tentang cuaca terkini.

“Pagi Geeengs…Jakarta mendung sedikit gerimis nih, dengan lalu lintas pamer dada alias padat merayap tersendat-sendat.”

“Bandung juga nih, gerimis mengundang dengan lalu lintas pamer paha alias padat merayap tanpa hambatan.”

“Palopo malah dari semalam hujannya belum berhenti. Awet banget, mungkin hujannya habis makan bakso berformalin.”

Hayo ngacung yang suka laporan cuaca juga di berbagai grup chat? :D.

Dan salah satu problemnya Ibu-ibu di musim hujan itu ya seputar cucian dan perbajuan. Punggung encok karena di php sama matahari. Panas dikit, keluarin jemuran. Nggak lama hujan lagi, jemuran pun masuk rumah lagi. Begitu terus sampai malam menjelang xD.

Sekalinya hari cerah, maka jemuran beberapa hari yang numpuk banyak itu, kering. Tapi itu juga melahirkan masalah baru. Pandangan kita nanar karena dihadapkan pada pekerjaan lain: melipat baju. Hahaha.

Baca: Lelahnya jadi Ibu Rumah Tangga

Duhai, Betapa Trickynya Melipat Baju

Melipat baju buat sebagian orang mungkin kedengaran seperti pekerjaan sepele. Tapi, buat ibu-ibu kayak kita yang setiap hari ketemu sama lipatan baju pasti tau gimana rasanya melipat baju yang memakan waktu cukup lama.

Kalian pernah gak sih merasa kesal waktu sedang melipat baju? Kalo iya, sini toss dulu sama saya. Karena saya juga merasakan hal yang sama. Apalagi kalau saya nih, punya penyakit lumayan akut yaitu, males :p. Kalau baju kering masih dikit, suka menunda melipat. Ah, nanti lah sekalian. Pas udah sekalian: HAH, banyak amat ini baju, kapan kelarnya!.

Dulu saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam lho untuk melipat baju. Hehehe. Mungkin metode melipat baju yang saya gunakan terlalu ribet dan memakan waktu lama.

Tapi sekarang gak gitu lagi, horeeee.

Saya sudah menemukan cara melipat baju yang lebih cepat dan efisien, dan hanya butuh waktu 5 detik saja! Nah, sekarang saya mau share beberapa tips dan trik untuk melipat baju dengan cepat dan tepat. Mudah-mudahan bermanfaat buat para ecomom yang lain ya. Yuk disimak bareng-bareng.

1. Melipat dengan alat pelipat baju

Cara melipat baju ini menggunakan alat pelipat. Alat pelipat ini bisa kita dapatkan di toko-toko online, atau kalau kalian mau, bisa membuat sendiri dirumah dengan bahan dasar kardus bekas. Biar lebih gampang, yuk lihat tutorialnya:

2. Melipat agar lipatan baju tidak terlihat

Cara yang ini merupakan cara yang sangat umum di pakai dalam melipat kemeja pada keseharian kita. Cara yang simpel ini membuat kemeja mempunyai bekas lipatan pada bagian lengan atas dekat pundak dan bagian kanan-kiri badan kita. Agar bentuk lipatannya tidak terlalu membekas sebaiknya kamu tidak terlalu menekan lipatan-lipatan tersebut.

 3. Menggulung Baju

Kalau trik ini mungkin lebih cocok digunakan saat akan berpergian untuk travelling, agar semua baju yang kita bawa bisa masuk tas/koper. Cocok nih buat ecomom yang sering berpergian jauh dan sering membawa baju yang banyak.

4. Cara melipat baju dengan cepat

Nah, ini nih metode melipat baju yang lagi ngehits. Banyak ecomom yang sharing di Instagram. Setau saya cara ini adalah cara melipat baju dari orang-orang Jepang. Dengan cara ini, kita bisa melipat baju dengan praktis dan cepat. Kurang dari 5 detik kita sudah bisa melipat baju dengan sangat rapi. Wow.

Cara ini lah yang sekarang sedang saya terapkan, karena menurut saya ini cara yang paling cepat dan tepat untuk melipat baju dengan rapi. Kalau lihat sepintas sih kayaknya susah, tapi kalau udah dipraktekin dan terbiasa, gambang banget lho.

Tadaaaaa…!

Nah ecomom, itulah beberapa trik yang saya ingin share. Sejauh ini saya merasa cara-cara tersebut dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga saya. Waktu yang dibutuhkan untuk melipat baju nggak lama jadinya bisa melakukan pekerjaan lain deh, semacam sekrol medsos beberes rumah atau main sama bocah :D.

Kalian paling sering melipat baju dengan metode yang mana nih? Atau ada cara lain yang menurut kalian efisien? Kalau gitu kenapa gak coba ikutan #ShirtFoldingChallenge. Itu adalah challenge buat nunjukkin kemampuan kita dalam melipat baju dengan cepat dan praktis. Info lebih lanjut, kalian bisa cek di http://www.ecomom.co.id/shirt-folding-challenge/ , kalau menang hadiahnya mayan banget lho.

Yuk ikutaaaaan!

Salam

 

35 Comments

  • Lidha

    21 Desember 2016 at 5:50 AM

    Yang nomor satu itu biasa dipraktekin buat jual T-Shirt, pernah lihat pas pertama kali dan langsung ber’oo’ria, pantesaaan rapi (dan gepeng). Terus metode no.4 juga mereka pakai saat T-Shirtnya diobrak-abrik pembeli, praktis bener ngelipatnya ya.
    Nah, kalo paksu lebih suka ngelipat baju yang lengan ketemu lengan, jadi garis lipatan ada di tengah baju bukan dipinggir.

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:44 AM

      Aku jadi ikutan ber ooo ria deh Mba. Ternyata pakai alat pelipat ya, pantes super duper rapi.
      Ih, aku paling sebel Mba kalau melipat baju model lipetannya di tengah, HAHAHA *Plis jangan dibilangin ke suami Mba Lidha ya :p

  • ira duniabiza

    21 Desember 2016 at 6:52 AM

    aheiii… asyiknya. saya baru tahu ternyata ada alat buat pelipat baju ya. ahhh ke mana aja. Hellooo… aniwei cara ketiga itu jadi rapi banget ya mba. Bisa nih kayaknya saya tiru secara selama ini tak terlalu telaten urusan lipat melipat ini… 🙂

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:46 AM

      Hahaha, sama Mba Ira. Aku juga baru tauuuu xD.
      Kalau aku dari kecil pakai nomer 2, ajaran dari kanjeng Ibu 🙂

  • Yulia Marza

    21 Desember 2016 at 7:42 AM

    Baru tau saya ada tekhnik melipat baju dan ada alatnya juga..bisa dipraktekin nih mbak.
    Thanks info nya.

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:47 AM

      Iya Mba, sama-sama ya^^

  • Tuty Queen

    21 Desember 2016 at 7:47 AM

    Yeay..aku udh pernah nyobain cara melipat baju di gambar itu semuaa, udah pernah diajarin ibuku sejak kecil 🙂

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:48 AM

      Aku cuma nomer 2 doang Mba, hihi. Diajarin dari kecil sama Ibu.

  • Lina W. Sasmita

    21 Desember 2016 at 8:03 AM

    Yang teknik keempat ini aku belum mudeng juga. Lalu menatap layar hape lekat-lekat 😀

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:49 AM

      Hahaha, harusnya ada videonya ya Mba lin, biar lebih jelas :D.

  • agi pranoto

    21 Desember 2016 at 3:31 PM

    halo nyak rotun… biasanya aku pake teknik melipatnya konmari, cobain deh! lebih mudah dan lebih ramah space <3

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:52 AM

      Aduh, gimana itu caranya Mba? Aku taunya konmari cuma teknik beberes rumah 😀

  • Ophi Ziadah

    21 Desember 2016 at 4:15 PM

    dulu zaman kuliah, masih single dan belom ada buntut jago deh ngelipet yg efisien
    sekarang suka pusying duluan hahaha *emak macam apa akuu*

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:53 AM

      HAHAHA, I feel you, Mba Ophi. Sehari aja lipetan buanyak banget Ya Allah aku lelah xD.
      Aku anaknya dua, lah Mba Ophi tiga. Kebayang deh, wkwkwk.

  • Utieadnu

    21 Desember 2016 at 5:07 PM

    Rata2 baju aku gantung smua… cuma yg daleman.aj di lipat egek malas x y…

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:55 AM

      Digantung semua Mba? Lemarinya segede apa? Hahaha.

  • Inna Riana

    21 Desember 2016 at 10:02 PM

    ow ada alat pelipat baju ternyata. ada yg bisa lipet otomatis ga yaa *emak pemalas*

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:56 AM

      Ayo Mba berdoa, sekalian ada mesih gosok baju. Duh, mau banget lah, hahaha.

  • Ratna Dewi

    21 Desember 2016 at 10:53 PM

    Aku selama ini kalau melipat baju suka belang bentong kadang nggak sama kanan kiri, hahaha. Baca ini jadi belajar lagi deh melipat yang bener. Syukur-syukur kalau bisa punya alat pelipat bajunya, hihihi.

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:57 AM

      Iya aku juga penasaran deh. Itu mahal nggak ya alatnya *brb gugling*

  • Irawati Hamid

    22 Desember 2016 at 11:49 AM

    saya kalo melipat baju yang penting terlipat aja Mba, kadang gak sama lipatan yang kiri dan kanan hihihi 🙂

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 10:59 AM

      Kalau saya harus rapi Mba, diajarin gitu dari kecil, huhu. Ibuku rapihan banget orangnya.
      Tapi sekarang pas punya anak berubah sih, yang penting cepet, wkwkwk.

  • Nurul Fitri Fatkhani

    22 Desember 2016 at 6:03 PM

    Ingin bisa melipat yang kayak orang-orang Jepang itu…praktis ya…
    Selama ini, kalau saya lipat baju, kanan kirinya gak selalu sama..hihihi…

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 11:00 AM

      Memang perlu latihan sih ya Mba, kayaknya kalau pake alat itu dijamin sama semua deh. Beli yuk! 😀

  • Gena Lysistrata

    24 Desember 2016 at 9:18 AM

    Wuahhhh…ini bisa dicoba bgt caranya..keliatannya gampang ya mba?hihi..cobain ahhh

    1. Rotun DF

      27 Desember 2016 at 11:05 AM

      Iya Mba Gen, cepet dan rapi^^

  • Lisna

    27 Desember 2016 at 2:44 PM

    Baru tau juga kalo ngelipet baju bisa dilakukan dalam beberapa detik ya nyaaak. Kece!

  • Tulisan Online

    28 Desember 2016 at 12:51 AM

    Yang terakhir sudah saya praktekkin tapi hasilnya warbyasah berantakan hahahaha.

  • Tetty Hermawati

    29 Desember 2016 at 8:07 PM

    waw ada kompetisi ngelipet baju, kreatip amat ya berasa agustusan..

  • Rosanna Simanjuntak

    30 Desember 2016 at 3:57 PM

    Langsung praktek nomor 4.
    Satu dan kedua belum berhasil, pas yang ke 3, yay, I nailed it!
    Langsung pamer deh ke Yasmin, buah hatiku. Hahaha…
    Kalu begitu tak perlu sterika lagi dong yaa.

  • Alma Wahdie

    31 Desember 2016 at 8:35 AM

    Woow…
    Kalo di gambar ribet ngeliatnya, Mbak nomor 3 itu. Tp aslinya emang cepet n efisien banget

  • Enny Law

    2 Januari 2017 at 7:24 AM

    Baru tw ada alat pelipat baju gt:D

  • Anne Adzkia

    3 Januari 2017 at 7:17 AM

    Aku pernah lihat video DIY yang bikin alat pelipat baju pakai kardus bekas. Mirip juga dgn yang ini ya mbak, tapi ini lebih custom. Keren beneran

  • Afina

    6 Januari 2017 at 8:00 PM

    Baru tau ada alat pelipat baju. Tapi kayanya lebih oke cara ke empat yah. Coba ah …

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post