Tips Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

Kamis, 25 April 201926 Comments
Blog post

Kepercayaan diri anak tentu berbeda-beda, karena setiap anak juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang pemalu, ada yang periang, ada yang tertutup, ada yang suka bertemu dengan orang baru. Namun, percayalah bahwa apapun karakter mereka, setiap anak terlahir istimewa :).

Sebagai orang tua kita pasti senang dong ya jika si kecil tidak malu-malu saat bertemu dengan orang baru. Terlebih jika si kecil berani untuk tampil di depan umum. Keberanian anak untuk bertemu orang baru dan tampil di depan umum memiliki kaitan dengan kepercayaan diri anak.

Memang seberapa penting sih anak harus memiliki kepercayaan diri?

Kepercayaan diri penting dimiliki oleh anak karena berkaitan dengan perkembangan psikologis anak. Carl Pickhardt, seorang psikolog mengatakan bahwa anak yang kurang percaya diri tidak mau mencoba hal-hal baru atau hal-hal yang berbau tantangan karena mereka takut gagal dan mengecewakan orang lain.

Jadi, penting bagi orang tua untuk mulai menumbuhkan rasa kepercayaan diri si kecil. Nah, bagaimana sih agar anak memiliki kepercayaan diri? Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan.

Beberapa Tips Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

kiat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Berkenalan dengan orang baru

Berkenalan dengan orang baru merupakan cara yang termudah untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Ajak anak untuk memberikan salam atau mengenalkan dirinya kepada orang baru. Dengan begitu anak tidak akan malu-malu lagi untuk berbicara dengan orang baru.

Manfaat lainnya adalah anak mendapat teman atau sahabat baru. Kehadiran sahabat dapat membantu kepercayaan diri si kecil loh. Karena anak akan bersemangat untuk terus mencoba hal-hal baru bersama sahabatnya.

[Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Saat Musim Hujan]

Jangan terlalu mengawasi

Terkadang, sebagai orang tua kita harus belajar untuk mundur sejenak dan membiarkan anak mengambil resiko, membuat pilihan, mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, dan berkomitmen menyelesaikan apa yang sudah dimulainya. Kita tidak perlu mondar mandir mengawasi apa yang dilakukan anak, berikan anak kepercayaan bahwa ia bisa melakukannya.

Beri kegiatan yang menyenangkan

Semua anak memiliki bakat yang berbeda-beda. Ada yang memiliki bakat menyanyi, memainkan alat musik, olahraga, menulis, melukis, atau mempelajari bahasa asing. Cari tahu apa bakat alami si kecil dan libatkan anak ke dalam kegiatan yang sesuai dengan minatnya.

menumbuhkan kepercayaan diri anak

Setelah berhasil menemukan kegiatan yang membuatnya senang jangan lupa untuk terus mengasahnya ya. Pickhardt mengatakan latihan adalah proses menanam usaha dengan harapan dan kepercayaan diri, kemajuan dan perbaikan akan mengikuti secara alami.

Tapi, kita harus berhati-hati juga, jangan sampai latihan tersebut membuat anak tertekan.

Nah, jika si kecil memiliki minat mempelajari bahasa asing, kita dapat mengikutsertakan sang buah hati ke EF Life Club. EF Life Club merupakan kegiatan extrakulikuler yang penting dan merupakan bagian dari pengajaran komprehensif oleh EF. Dengan tema kegiatan yang beragam, anak dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang seru sambil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris nya.

Jangan pernah membandingkan

Setiap anak dikaruniai bakat yang berbeda-beda. Oleh karena itu jangan pernah membanding-bandingkan dengan anak lain. Berikan motivasi kepada anak tanpa harus membandingkan dengan orang lain, karena hal ini akan mengganggu psikologis anak.

Berikan pujian

Berikan pujian atau penghargaan kepada anak ketika ia berhasil menjalani sebuah tantangan agar ia termotivasi untuk melakukan tantangan-tantangan berikutnya. Namun, jika anak tidak berhasil, besarkan hatinya dan berikan pengertian bahwa gagal itu hal biasa, dan berikan motivasi untuk melakukan berusaha lebih giat lagi.

[Baca juga: Kiat Menghadapi Bully Verbal]

Beri tantangan baru

Bukan cuma orang dewasa yang bisa bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Anak-anak juga lho. So, kalau kita melihat anak bosan dengan rutinitas sehari-hari, berikan tantangan baru. Apalagi libur sekolah sebentar lagi tiba nih.

Bingung nggak sih memikirkan kegiatan ketika liburan?

Holiday Academy by English First, Membantu Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

Salah satu alternatif kegiatan untuk mengisi liburan sekolah adalah summer camp. Di Amerika Serikat, Summer camp rutin diadakan setiap liburan musim panas. Summer camp memberikan banyak manfaat kepada anak loh. Salah satunya adalah mengembangkan kemandirian, keterampilan dan membangun kepercayaan diri anak.

Itu kan di Amerika, kalau di Indonesia ada nggak sih?

Ada dong! Summer camp yang ada di Indonesia merupakan program Holiday Academy yang dirancang oleh EF English Center for Kids and Teens. Di Holiday Academy, minat dan bakat anak diasah lebih mendalam sekaligus mempertajam kemampuan bahasa Inggrisnya.

Si kecil senang bercerita dan tampil di depan umum? Holiday Academy memiliki tiga program yaitu Storytellers (untuk anak usia 3-7 tahun), Phonics (untuk anak usia 4-7 tahun), dan On Stage (untuk anak usia 9-17 tahun) merupakan program yang dapat mengasah kemampuan anak dalam mendengar, berbicara sekaligus meningkatkan kepercayaan dirinya melalui bermain peran.

Untuk si kecil yang memiliki minat di bidang menulis dan bidang ilmiah, Holiday Academy memiliki dua program yaitu Reading Science (untuk anak usia 9-13 tahun) dan Writer’s Guild (untuk anak usia 11-13 tahun). Kedua program ini dirancang untuk mengasah kemampuan memahami teks ilmiah dan membuat berbagai macam tulisan. Tak ketinggalan kegiatan eksperimen ilmiah yang mengasah kemampuan percakapan anak.

Keren banget kan?

Nah, jad kalau si kecil bosan melakukan kegiatan liburan yang itu-itu saja, Holiday Academy bisa menjadi pilihan terbaik untuk si kecil. Selain programnya yang menarik, program Holiday Academy juga memiliki durasi program yang bervariasi, mulai dari 1 hingga 4 minggu.

Untuk pendaftaran dan informasi Holiday Academy, kunjungi EF.ID/programsummercamp dan dapatkan harga spesial. Jika ingin si buah hati mendapatkan pengalaman seru belajar bahasa Inggris yang lebih lama, kita dapat mengunjungi EF.ID/aprilfantastis untuk pendaftaran kelas reguler EF dan dapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 juta beserta merchandise eksklusif! Yeaaay!

#AkuBisa jago Inggris dengan seru di EF.

Jadi siapa nih yang tertarik banget buat daftarin buah hatinya ke Holiday Academy nya EF? Semoga bisa menjadi salah satu cara untuk memboost kepercayaan diri anak ya!

Love,

26 Comments

  • Mechta

    Selasa, 30 April 2019 at 9:22 PM

    Wah sekarang semakin beragam kegiatan untuk melatih kemandirian anak ya mba..kalau dulu mah paling2 ikut Pramuka saja, hehe..

  • Shofia

    Selasa, 30 April 2019 at 10:17 PM

    setuju banget mbak, soalnya saya pengalaman sama diri sendiri, perasaan dulu waktu kecil bener2 gak pd karena semua bergantung orang tua dan ga bisa apa2 sendiri. Emang perlu sih kegiatan-kegiatan di luar sekolah yang mendukung anak untuk sosialisasi sekaligus have fun dan nambah pinter juga, kayak program EF ini…

  • Reyne Raea

    Selasa, 30 April 2019 at 11:23 PM

    PR bagi saya agar tidak terlalu mengawasi, masih deg-degan euyyy..
    Maklum anak saya khususnya yang sulung, sering banget jatuh tersungkur.

    Dulu saya biarin aja dia main di luar, eh pulang-pulang bikin jantung copot.
    Jatuh lah, berantem lah.
    Kalau jatuhnya biasa sih okeh!
    Tapi kalau pulang2 gusinya hampir kebelah semua, haduuhhh mau copot rasanya jantung.
    eh malah curcol hahaha

    Semoga saya bisa lebih legowo memberikan anak kebebasan agar bisa lebih percaya diri 🙂
    Ikut Holiday Academy EF boleh juga nih 🙂

  • Tetty Hermawati

    Rabu, 1 Mei 2019 at 1:07 AM

    anakku yang kedua agak pemalu dibanding kakaknya, nampaknya tips di atas harus dipakai nih, supaya dia jadi anak yang supel dan ga takut kalau ketemu temen baru

  • Uniek Kaswarganti

    Rabu, 1 Mei 2019 at 8:11 AM

    Berarti kalau buat anak yang sama sekali belum bisa Bahasa Inggris juga ga papa ya?
    Takutnya ntar kan si bocah jadi minder kalau belum bisa berbahasa Inggris sendiri. Maunya happy tentunya kaaan…

  • Nia K. Haryanto

    Rabu, 1 Mei 2019 at 8:17 AM

    Iya banget, anak perlu percaya dengan dirinya sendiri. Cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan asaa percaya dirinya, salah satunya adalah dengan memberi ruang untuk dia melakukan hobinya. Anak saya yang ketiga nih pemalu banget. Tapi dengan suka Bahasa Inggris, dia mulai percaya diri.

  • HM Zwan

    Rabu, 1 Mei 2019 at 6:35 PM

    Membandingkan anak kita dengan anak orang lain justru membuat mental anak kita jadi nggak bagus ya mbk. Sejak banyak kenalan sama anak anak di kampung, anakku mulai bagus ini perkembangan sosialnya. Lebih mandiri dan percaya diri

  • Anne Adzkia

    Rabu, 1 Mei 2019 at 9:22 PM

    Wow summer camp…pastinya seru ya karena full dengan kegiatan dengan segudang manfaat. Bravo EF!

  • Ria Nugros

    Rabu, 1 Mei 2019 at 9:33 PM

    Setuju mba dalam mengasuh anak tidak perlu selalu di awasin dan bagus memberikan pujian untuk anak, anak bisa cepat mandiri nantinya 😀

  • Arda Sitepu

    Rabu, 1 Mei 2019 at 9:49 PM

    Salah satu membuat anak percaya diri dan selalu saya berikan adalah tidak pernah membandingkan dengan adiknya atau anak lain. Karena anak adalah spesial dengan kecerdasannya masing-masing. Salah satu pengembangan kepercayaan dirinya juga nanti les di EF mbak kayak mamanya dulu hehe.

  • Hidayah Sulistyowati

    Rabu, 1 Mei 2019 at 10:10 PM

    Lancar bicara bahasa Inggris pun bisa jadi bekal menumbuhkan percaya diri seorang anak. Apalagi kalo ketrampilanya ini diakui dan anak dipilih jadi MC misalnya.
    Seru ya kalo anak-anak ngikut camp kayak gini, mereka bisa seseruan bersama sambil belajar bahasa Inggris dengan fun

  • Helena Magdalena

    Rabu, 1 Mei 2019 at 11:21 PM

    Kalau anak sering diajak berkegiatan emang bisa boost percaya diri banget sih. Soalnya ada temenku, anaknya malu manja cengeng bgt eh skrg pas udh TK ternyata sering jadi juara lomba fashion anak. Kalau ketemu orang udah gak malu kayak dulu. Tapi kalau anakku nanti belajar bahasa Inggris aja, cas cis cus lancar bahasa asing juga bisa bikin pede 🙂

  • Sri Al Hidayati

    Kamis, 2 Mei 2019 at 1:41 AM

    Dulu saya itu termasuk yang sulit buat ngizinin anak main di luar rumah. Karena kekhawatiran yang berlebihan itu coba saya kikis sedikit, tapi tetap saya awasi supaya anak juga tidak seperti diabur. Hehe. Bener belajar bahasa juga bisa menumbuhkan kepercayaan diri anak ya mba.

  • Rani Yulianty

    Kamis, 2 Mei 2019 at 4:08 AM

    Anak pertama sih pede banget, ketemu baru pede nanya-nanya, anak kedua nih yang pemalu, ditanya orang langsung ngumpet di emsknya, bagus ya program holiday EF, sayang di kota saya belum ada EF

  • Linimasaade

    Kamis, 2 Mei 2019 at 5:46 AM

    Betul mbk semua poinnya saya setuju mbk. Pastikan anak tidak terlalu ditekan oleh kegiatan berat ya mbk apalagi kalau anak dibanding-bandingkan pasti auto gk suka

  • Yoanna Fayza

    Kamis, 2 Mei 2019 at 6:45 AM

    Waah jadi pingin coba ke EF Jogja, nanya2 program Holiday Academy ini. Anakku belum pernah nyoba story telling di depan umum.

  • Siti hairul

    Kamis, 2 Mei 2019 at 7:15 AM

    Berkenalan dg orang baru itu membantu membangun kepercayaan diri anak. Kerasa banget efeknya soalnya. Makanya aku sering mengagendakan outing ke luar

  • Kartika Nugmalia

    Kamis, 2 Mei 2019 at 7:17 AM

    Masa Golden Ages memang waktu paling tepat untuk anak mengekplorasi kemampuannya ya Mak. Menyenangkan sekali kayanya camp holiday seperti ini. Selain ketemu teman baru, anak juga berlatih beradaptasi dengan lingkungan baru.

  • Rach Alida Bahaweres

    Kamis, 2 Mei 2019 at 7:45 AM

    Aku lagi membujuk anakku buat ikut les bahasa inggris ni mba. Dan pilihanku ya memang adalah EF karena memang sangat terpercaya nih mba. Bagus pula

  • Nyi Penengah Dewanti

    Kamis, 2 Mei 2019 at 8:12 AM

    Anak memang harus diberi ruang khusus ya Nyak
    biar bisa mengekspresikan dirinya, kadang ada yang malu gitu anak-anak
    kayak aku hahaah kalo banyak orang malu dulu. Alhamdulillah sekarang tidak

  • lendyagasshi

    Kamis, 2 Mei 2019 at 8:32 AM

    Kok pangling aku lihat kaka, Nyak..
    Huuhu..dan kangen tulisan Nyak tentang parenting.
    Eh,
    Tentang pernikahan juga diink..

    Aku menunggu, Nyak.

    Dan Summercamp ini impianku pas duluu di EF. Orangtua cencu ga ngijinin.
    Mengingat anaknya yang angin-anginan.
    Hehhee…

  • Dewi Natalia

    Kamis, 2 Mei 2019 at 8:37 AM

    Ga terasa bentar lagi liburan ya mba. Info bagus untuk murid-murid les ku nih.

  • Indira W

    Kamis, 2 Mei 2019 at 8:45 AM

    Seru nih banyak kegiatannya 🙂
    Anak jadi percaya diri dengan berlatih beradaptasi ya 🙂

  • April Hamsa

    Kamis, 2 Mei 2019 at 9:37 AM

    Setuju bangeeeet jangan pernah membandingkan, lalu sering2 ajak ketemu org baru dikenalin gtu ya mbak, gak usah jauh2 mislanya tetangga atau teman kita atau di mana gtu pas main ke playground.
    Wah program EFnya kyknya bagus banget nih buat isin liburan

  • ade anita

    Kamis, 2 Mei 2019 at 9:46 AM

    Iyap. Aku setuju dengan semua poin poinmu tentang cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

  • Ika Puspita

    Kamis, 2 Mei 2019 at 9:59 AM

    Emang bener Nyak, biar anak makin pede tuh jangan terlalu diawasi. Beri dia kepercayaan juga, biar makin berani dan percaya diri.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post