Tongseng Ayam

Selasa, 6 September 201625 Comments

Tongseng Ayam. Halo semua, Alhamdulillah di bulan September ini kita sudah masuk di bulan Dzulhijjah nih. Itu artinya sebentar lagi insyaAllah lebaran. Yeaaay. Idul Adha atau biasa disebut lebaran haji merupakan salah satu dari dua hari raya umat Islam, selain hari raya Idul Fitri. Siapa yang tahun ini berqurban? Insya Allah berkah ya.

Nah, ngomong-ngomong tentang Idul Adha, makanan apa yang terbayang? Sate? Gulai? Tongseng? Hmm…saya paling suka sate dan tongseng kambing. Dan selama di Palopo bener-bener harus sabaaar. Kenapa? karena nggak ada yang jual T___T. Beneran deh kenapa ya di sini nggak ada yang jual olahan kambing? Katanya karena masyarakat di sini memang kurang suka. Yang banyak ya ikan. Kalaupun daging, ya daging sapi. Saya di sini bisa makan daging kambing kalau ada yang aqiqah aja, wkwkwk. Selain itu, nggak bisyaaa…
Nah kemarin itu saya lagi nyari-nyari resep tongseng daging, persiapan buat Idul Adha nanti. Tapi tau nggak apa yang saya temukan? Resep tongseng, tapi tongseng ayam! Heh? Bisa ya ternyata. Dan pas saya lihat, bumbunya cukup mudah, cara masaknya simpel, dan yang terpenting bahan-bahannya ada semua di kulkas saya. Jadi saya langsung aja eksekusi resep tongseng ayam ini. Hasilnya? Enaaak, apalagi pakai irisan kol dan tomat yang banyak. Seger.
Buat yang mau variasi tongseng, bisa dicoba nih. Dimakan panas-panas dengan nasi putih dengan taburan bawang goreng. Hmmm..Yummiii..
Yuk lah langsung saja ini dia resepnya.

RESEP TONGSENG AYAM

Bahan:

  • 1 kg ayam (katanya lebih enak pakai ayam kampung. Iyalah pasti ya. Tapi kemarin saya adanya ayam negeri, ya sudah pakai itu saja deh)
  • 4 pasang ati ampela (saya kemarin cuma pakai sepasang) rebus sampai matang dan potong-potong
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas,geprek
  • 2 sdt garam atau sesuai selera
  • 1 sdt gula pasir
  • 1-2 sdm kecap manis
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • kol secukupnya, rajang kasar
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 10 cabe rawit utuh
  • 400 air kaldu atau secukupnya (saya kemarin pakai air biasa)
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Cara Memasak:

  1. Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan bahan lain yaitu bawang meran dan bawang putih iris, daun jeruk, daun salam dan lengkuas geprek. Aduk aduk hingga rata dan layu.
  2. Masukkan ati ampela dan ayam, aduk rata hingga berubah warna.
  3. Tuang kaldu/air, bumbui dengan garam, gula pasir dan kecap manis. Aduk rata dan masak hingga meresap. Test juga apakah rasanya sudah pas sesuai selera. 
  4. Terakhir masukkan kol, cabe rawit, daun bawang dan irisan tomat. Aduk sebentar. Angkat.
  5. Sajikan panas-panas dengan taburan bawang goreng.
Nah, mudah kan cara membuat tongseng ayam ini? Yuk dicoba untuk keluarga tercinta 🙂
Salam,
^Nyak Rotun^

25 Comments

  • Nyi Penengah Dewanti

    Selasa, 6 September 2016 at 8:13 PM

    Ini postingan nggak cuma bikin laper doang, tapi juga bikin baper.
    Si enyakkkk emang nih, biang kerok hahahhaha
    Nyaaaaaaaaaakkk blogmu ini unyu banget sihhhhh

  • Inna riana

    Selasa, 6 September 2016 at 9:17 PM

    aku baru aja mau posting tongseng kambing. tukeran ama tongseng ayam yuk nyakk

  • Anne Adzkia

    Selasa, 6 September 2016 at 10:05 PM

    Wiiih aku belum pernah coba masak tongseng nih. Ada resepnya di sinih, tinggal coba besok

  • Nurul Noe

    Rabu, 7 September 2016 at 12:32 AM

    Aku idem sama mba Anne, bpm pernah nyobain masak tongseng 😀

  • Rotun DF

    Rabu, 7 September 2016 at 5:08 AM

    Wekekek..*kaboooor*
    Aih, unyu-unyu kaya yang punya kan? :p

  • Rotun DF

    Rabu, 7 September 2016 at 5:16 AM

    Horeee…samaan. Yuk Mba tukeraaa. Aku mau banget tongseng kambing T__T

  • Rotun DF

    Rabu, 7 September 2016 at 5:19 AM

    Hayuk Mba, cobain. Segeeerr

  • Rotun DF

    Rabu, 7 September 2016 at 5:20 AM

    Beli aja NOe, beli *eh xD

  • Ika Puspita

    Rabu, 7 September 2016 at 7:03 AM

    Aku lumayan sering bikin tongseng ayam, Nyak. Sayangnya nggak pernah di poto2..wkwkwk
    tapi pengen lah, sesekali nyicipin masakannya Nyak

  • Riska Ngilan

    Rabu, 7 September 2016 at 7:19 AM

    Wah kalau aku beberapa kali masak Tongseng Ayam mbak karena menurut aku mudah bikinnya walupun kadang suka lupa resepnya. Hahaha 😀

  • Raisa Hakim

    Rabu, 7 September 2016 at 7:42 AM

    Mantap nih worth to try ��

  • Rach Alida Bahaweres

    Rabu, 7 September 2016 at 8:03 AM

    Aku mau nyoba ahhh masak tongseng ayam mba. Kayaknya enak bangeet 🙂

  • Kanianingsih

    Rabu, 7 September 2016 at 8:38 AM

    di rumah lagi ga boleh masak ayam nih nyak hiks karena anak2 lagi diet ayam kata dokter ngaruh ke mata mereka. tapi mgk seekali boleh aja. kalo buat anak gausah pake pedes kali ya nyak tapi tongseng ga pedes ga seruuu

  • Lia_Lathifa

    Rabu, 7 September 2016 at 10:03 AM

    mantap nih nyakrotun rajin memasak juga, jadi lapar aku.. 🙂

  • Hidayah Sulistyowati

    Rabu, 7 September 2016 at 11:07 AM

    Aku suka banget bikin tongseng, tapi seringnya daging kambing. Eh ayam juga pernah ding nyoba, ini resepnya beda dengan aku, coba deh bikin yang ini

  • Milda Ini

    Rabu, 7 September 2016 at 2:18 PM

    wah, baru tahu kalo ada tongseng ayam

  • Rotun DF

    Rabu, 7 September 2016 at 5:59 PM

    Poto dong Mba, potoo..hihi

  • Rotun DF

    Rabu, 7 September 2016 at 5:59 PM

    Akupun kalo resep masih nyontek kok Dek, wkwkwk

  • Rotun DF

    Rabu, 7 September 2016 at 5:59 PM

    Huum Mba, pedes lebih nampool xD

  • Rotun DF

    Rabu, 7 September 2016 at 6:00 PM

    Wah, mau juga dong nyobain versi Mba Wati^^

  • Mutia Nurul Rahmah

    Rabu, 7 September 2016 at 10:13 PM

    Yaaa Allah..tongseng favorite aku inii apalagi kambing whaa..nambah-nambah makannya

  • Levina

    Kamis, 8 September 2016 at 6:59 AM

    Hihi..foto tongseng y berseni Mbak. Eh, salah fokus…:)

  • echaimutenan

    Sabtu, 10 September 2016 at 6:19 AM

    daginggg dagingggg
    serba daging di idul kurban hihihi
    cuma biasanya kan daging kambing yaaa bukan ayam

  • Angel

    Kamis, 6 Oktober 2016 at 10:07 AM

    Mba Rotun, sejak suka berkunjung ke blog satunya aku jadi sering intip2 resep disini juga ;D Aku demen banget sama Tongseng. Biasanya buat pakai ayamnya yg ayam filet kupotong2, belum pernah pakai ayam potongan. Trus bumbunya biasa aku beli bumbu basah nya di pasar, belum pernah buat sendiri dari basic. Kapan2 mau coba ah 🙂

  • Intan Novriza Kamala Sari

    Selasa, 17 Januari 2017 at 6:37 PM

    Aku suka tongseng, Nyak. Dulu pas masih di Bengkulu, langganan beli tongseng kambing di deket kantor. alamaak kebayang enaknya, pedes cabe rawitnya. Nyaaam. Pas pindah ke Bintuhan sini, gak ada yg jualan tongseng dong *sedih

    Resepnya boleh dicoba Nyak. Kayaknya simple yak. Tapi PR banget ngulek bumbu. hohooo

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post