Udang Masak Telur Asin

August 24, 201642 Comments

Udang masak telur asin. Salah satu nikmat hidup yang perlu disyukuri adalah memiliki tetangga yang baik. Bener nggak? Katanya tetangga itu adalah saudara terdekat, karena jika ada apa-apa yang terjadi, tetanggalah yang pertama kali tahu. Kayak saya ini yang merantau jauh dari orangtua dan sanak saudara, dapet tetangga yang baik itu berkah banget deh. 
Kisah yang paling baru tentang tetangga ya lebaran kemarin. Banyak dapet oleh-oleh dari tetangga yang pulang kampung, ehehehe. Ada roti Maros, bagea kenari dari Ternate dan lain-lain. Itu tetangga yang di Palopo. Kalau yang sekarang mau saya ceritakan adalah tetangga orangtua saya di Kebumen.

Saya kan kemarin mudik. Dan setiap saya mudik, pasti banyak banget tetangga yang berkunjung ke rumah. Ingin bertemu dan bertanya kabar tentu saja. Dan nantinya, menjelang keberangkatan saya, para tetangga datang lagi ke rumah membawakan oleh-oleh. Iya, oleh-oleh untuk saya bawa ke perantauan. Kadang saya sama suami sampai geleng-geleng kepala, lha banyak banget yang mbawain bekal. Bukan apa-apa, bingung ini bawanya gimanaaa. Balik ke Palopo dengan anak dua kebayang kan bawaannya udah banyak kayak apa. Ya baju, ya mainan anak, belum lagi tetek bengek yang orangtua bawain. Hadeeeh. Tapi tetep aja ini bingung yang membahagiakan, hahaha.

Mau tau oleh-oleh apa aja yang dibawain sama tetangga saya? Ada yang mbawain lanting, marning jagung, keripik pisang, sale pisang, kue satu bahkan telur asin. Saya yang tadinya rencana mau beli oleh-oleh untuk tetangga dan teman-teman di Palopo akhirnya nggak jadi beli. Lah udah banyak. Yeaay, lumayan hemat anggaran :p

Oleh-oleh khas Kebumen
Sekarang sih oleh-olehnya udah habis, dibagi-bagi ke tetangga sama temen-temen. Tapi masih ada telur asin yang sengaja saya simpan buat stok lauk. Anak-anak terutama Wafa suka banget sama telur asin. Dan yang ini spesial. Tetangga yang ngasih ini bikin telur asinnya sendiri. Dan telur bebeknya beli sama ibu saya. Dan selama di kampung yang ngambilin telur bebek di kandangnya ya Wafa sama Ayyas, hahaha. Makanya spesial banget deh.
Biar nggak bosen, hari ini saya bikin olahan dari telor asin, yaitu udang masak telur asin. Eh nggak jelas deh ini disebutnya olahan udang apa olahan telor asin sih. Ya bebas lah, yang penting rasanya endes surendessss. Tadinya pas kemarin bilang sama suami mau masak udang telor asin, dia agak ragu gitu. Amis nggak sih. Mlenyek nggak sih. Aku masakin yang lain aja deh. Gitu katanya.
Dan siang ini pas pulang buat maksi terus nyicipin, “WAH ENAK BANGET”. Trus dia makan dengan lahap trus nambah trus abis itu katanya besok minta masakin begitu lagi.
Makanya pak jangan sekali-kali meragukan kemampuan istrimu -___-
Oiya ada yang mau coba juga masak beginian? (((beginian))). Masaknya gampang banget. Nggak pake banyak bumbu. Beneran. Inilah saya kasih resepnya ya. 
UDANG MASAK TELUR ASIN
Bahan:
  • 500gr udang, pilih yang sedang/besar ya. Kupas kulit, buang kepala dan sisakan ekornya
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdt perasan air jeruk nipis/lemon
  • 6 sdm tepung maizena
  • 3 butir telur asin, ambil bagian kuningnya saja dan haluskan
  • 1/4sdt kaldu bubuk
  • 35ml air panas untuk melarutkan kaldu
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang, iris
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdm margarin
Cara Memasak:
  1. Udang yang sudah dicuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Diamkan 15 menit.
  2. Taburi tepung maizena sampai udang tertutup rata. 
  3. Panaskan minyak, goreng udang dengan deep frying ( minyak banyak) sampai udang matang dan sisihkan.
  4. Panaskan margarin di pan, tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan kuning telur asin yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata.
  5. Masukkan kaldu yang sudah dilarutkan air panas, menyusul gula pasir lalu masukin daun bawang. Aduk sebentar.
  6. Terakhir masukin si udang yang udah di goreng, aduk rata sampai meresap
  7. Angkat dan siap disajikan^^.
Gimana, gampil kan? Gampil dong? Biarpun masaknya gampil tapi rasanya maknyus maknyak mamah dedeh pokoknya. Nggak percaya? Cuss cobain resep udang masak telur asin ini.
^Nyak Rotun^
Prev Post Next Post