Udang Masak Telur Asin

Rabu, 24 Agustus 201642 Comments

Udang masak telur asin. Salah satu nikmat hidup yang perlu disyukuri adalah memiliki tetangga yang baik. Bener nggak? Katanya tetangga itu adalah saudara terdekat, karena jika ada apa-apa yang terjadi, tetanggalah yang pertama kali tahu. Kayak saya ini yang merantau jauh dari orangtua dan sanak saudara, dapet tetangga yang baik itu berkah banget deh. 
Kisah yang paling baru tentang tetangga ya lebaran kemarin. Banyak dapet oleh-oleh dari tetangga yang pulang kampung, ehehehe. Ada roti Maros, bagea kenari dari Ternate dan lain-lain. Itu tetangga yang di Palopo. Kalau yang sekarang mau saya ceritakan adalah tetangga orangtua saya di Kebumen.

Saya kan kemarin mudik. Dan setiap saya mudik, pasti banyak banget tetangga yang berkunjung ke rumah. Ingin bertemu dan bertanya kabar tentu saja. Dan nantinya, menjelang keberangkatan saya, para tetangga datang lagi ke rumah membawakan oleh-oleh. Iya, oleh-oleh untuk saya bawa ke perantauan. Kadang saya sama suami sampai geleng-geleng kepala, lha banyak banget yang mbawain bekal. Bukan apa-apa, bingung ini bawanya gimanaaa. Balik ke Palopo dengan anak dua kebayang kan bawaannya udah banyak kayak apa. Ya baju, ya mainan anak, belum lagi tetek bengek yang orangtua bawain. Hadeeeh. Tapi tetep aja ini bingung yang membahagiakan, hahaha.

Mau tau oleh-oleh apa aja yang dibawain sama tetangga saya? Ada yang mbawain lanting, marning jagung, keripik pisang, sale pisang, kue satu bahkan telur asin. Saya yang tadinya rencana mau beli oleh-oleh untuk tetangga dan teman-teman di Palopo akhirnya nggak jadi beli. Lah udah banyak. Yeaay, lumayan hemat anggaran :p

Oleh-oleh khas Kebumen
Sekarang sih oleh-olehnya udah habis, dibagi-bagi ke tetangga sama temen-temen. Tapi masih ada telur asin yang sengaja saya simpan buat stok lauk. Anak-anak terutama Wafa suka banget sama telur asin. Dan yang ini spesial. Tetangga yang ngasih ini bikin telur asinnya sendiri. Dan telur bebeknya beli sama ibu saya. Dan selama di kampung yang ngambilin telur bebek di kandangnya ya Wafa sama Ayyas, hahaha. Makanya spesial banget deh.
Biar nggak bosen, hari ini saya bikin olahan dari telor asin, yaitu udang masak telur asin. Eh nggak jelas deh ini disebutnya olahan udang apa olahan telor asin sih. Ya bebas lah, yang penting rasanya endes surendessss. Tadinya pas kemarin bilang sama suami mau masak udang telor asin, dia agak ragu gitu. Amis nggak sih. Mlenyek nggak sih. Aku masakin yang lain aja deh. Gitu katanya.
Dan siang ini pas pulang buat maksi terus nyicipin, “WAH ENAK BANGET”. Trus dia makan dengan lahap trus nambah trus abis itu katanya besok minta masakin begitu lagi.
Makanya pak jangan sekali-kali meragukan kemampuan istrimu -___-
Oiya ada yang mau coba juga masak beginian? (((beginian))). Masaknya gampang banget. Nggak pake banyak bumbu. Beneran. Inilah saya kasih resepnya ya. 
UDANG MASAK TELUR ASIN
Bahan:
  • 500gr udang, pilih yang sedang/besar ya. Kupas kulit, buang kepala dan sisakan ekornya
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdt perasan air jeruk nipis/lemon
  • 6 sdm tepung maizena
  • 3 butir telur asin, ambil bagian kuningnya saja dan haluskan
  • 1/4sdt kaldu bubuk
  • 35ml air panas untuk melarutkan kaldu
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang, iris
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdm margarin
Cara Memasak:
  1. Udang yang sudah dicuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Diamkan 15 menit.
  2. Taburi tepung maizena sampai udang tertutup rata. 
  3. Panaskan minyak, goreng udang dengan deep frying ( minyak banyak) sampai udang matang dan sisihkan.
  4. Panaskan margarin di pan, tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan kuning telur asin yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata.
  5. Masukkan kaldu yang sudah dilarutkan air panas, menyusul gula pasir lalu masukin daun bawang. Aduk sebentar.
  6. Terakhir masukin si udang yang udah di goreng, aduk rata sampai meresap
  7. Angkat dan siap disajikan^^.
Gimana, gampil kan? Gampil dong? Biarpun masaknya gampil tapi rasanya maknyus maknyak mamah dedeh pokoknya. Nggak percaya? Cuss cobain resep udang masak telur asin ini.
^Nyak Rotun^

42 Comments

  • Buleipotan

    Rabu, 24 Agustus 2016 at 8:01 PM

    Jadi kangen rumah, biar kata nyokap masak yg gak ada namanya tetep abis abis juga. Diriku yg liat Postingan mba ajah jadi ngiler XD

    Buleipotan.com

  • April Hamsa

    Rabu, 24 Agustus 2016 at 8:44 PM

    Jadi yang dimasukin tu cukup kuning telur asinnya ja ya mbak? hmmm enak kyknya menunya
    TFS resepnya 🙂

  • nining

    Rabu, 24 Agustus 2016 at 9:43 PM

    Mbaaaa, aku juga suka banget sama telur asin. Duh, uda kebayang telurnya yang masir hmmmm.

  • Khoirur Rohmah

    Rabu, 24 Agustus 2016 at 10:00 PM

    Aku paling suka makanan olahan dri udang…
    Tpi telur asinn juga sukaa sihh hee

  • Nchie Hanie

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 2:18 AM

    Lah Nyaaaak…
    jam segini bw makin lapeer liat udang yg begitu menggoda
    Aku paling suka sea food hanya udang ajaaa,

    nyomot sepiring yaaa nyak!

  • Tira Soekardi

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 2:42 AM

    wah, aku baru tahu nih , ah mau coba mumpung anak bungsuku lagi ada di rumah

  • lendyagasshi

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 5:18 AM

    Nyak keren amaaatt siih…?
    Kapan nulisnya…kapan masaknya….kapan main sama anak?

    semua ber TLD pulaa…

    *mulai gak nyambung.

    Sukkaa Nyak, sama foto masakannya…pasti rasanya ender surendesss yaa…
    **kapan main ke Bandung, aku minta chef Rotun buat masakin aahh….((ngelamaks))

  • Hairi Yanti

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 5:33 AM

    Saya juga doyan banget nih sama udang telur asin. Apa aja yg digabung sama telur asin sptnya enak ya. Pernah nyoba juga tahu telur asin 😀
    Btw kalau saya masaknya putih sama kuning telurnya masuk semua. Soalna bingung kalau kuningnya doang, putihnya diapain 😀

  • Liza-fathia.com

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 6:06 AM

    Aku pingin nyoba resepnya. Kayaknya enak banget ya mba

  • Riska Ngilan

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:21 AM

    Kebumen memang terkenal banget sama telur asinnya ya mbak. Aku pernah beberapa kali nyobain rasanya pas nggak terlalu asin ataupun hambar. Aku wajib belajar buat ini, mas Raden kan doyan yang asin-asin.

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:51 AM

    Masakan Ibu mah the best ya Mba. Makanan terenak selain makanan gratis, hahhahaha. Makasih udah mampir^^

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:52 AM

    Iya Mba, nah kebetulan tu anak-anak kalau makan telur maunya putihnya aja. Kuningnya nggak suka 😀

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:52 AM

    Iyaaa, apalagi telur asin Kebumen kan terkenal masirnya. Udah pernah coba belum?

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:53 AM

    Sama *Toss*
    Kami sekeluarga penggemar udang 🙂

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:54 AM

    Ya Allah Teteh tidur nggak sih kalau malem? Jam segitu masih melek trus pagi buta udah share link. Teteh wonder women :v

    Mangga Teh, tapi ini cuma sepiring, dicomot Teteh abis dong T.T

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:55 AM

    Aku juga baru nyoba ini Mba. Dan langsung jatuh hati, wkwkwk. Mangga dicobain 🙂

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:57 AM

    Hahaha. Kapan ya? kapan kapaaaan…*nyanyik*
    Doain bisa gini terus aja ya Len. Terngiang kata2 Teh Shanty 'dia bisa kenapa saya nggak' kalo abis ngundang narsum keren2. Terpacu jadinya^^

    Doakan bisa main Bandung ya. Harus meet up kita. Harus!

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:58 AM

    Oo..iyakah Mba? kalau saya kebetulan anak-anak nggak suka sama kuning telurnya. Jadi ya pas. Putihnya dimakan langsung, kuningnya dimasak ginian 🙂

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 7:59 AM

    Huum enak Kak Liz. Hayuk cobain^^

  • Rotun DF

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 8:00 AM

    Iyeeess. Kata orang-orang gitu. Masir dan asinnya pas!
    Cuss belajar. Mau aku kirimin telur asinnya langsung dari Kebumen? 😉

  • Unknown

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 10:05 AM

    This comment has been removed by the author.

  • Unknown

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 10:05 AM

    Enyakkkkkkk mauuuuu, bagi sini bawain ke kost T_T

  • Blogger Kendal

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 10:06 AM

    Enyakkkkkkk mauuuuu, bagi sini bawain ke kost T_

  • ali shodiqin

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 10:47 AM

    terima kasih untuk resepnya, boleh ini untuk di coba…. sekali lagi thanks…

  • Keke Naima

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 12:30 PM

    udang diapain aja selalu enak, ya. Bagiiii 😀

  • Ratna Dewi

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 2:55 PM

    Kemarin aku habis beli udang dan mau nyobain resep ini tapi masih ragu takut gagal karena belum pernah nyobain. Nanti kalau beli udang lagi nyobain aahh. Aku simpan ya resepnya buat dicontek ntar kalo mau bikin udang telur asin.

  • Kornelius Ginting

    Kamis, 25 Agustus 2016 at 5:24 PM

    Lanting bambunya melegenda dan sudah terkenal jadi oleh2 kalau teman kantor pada pulang ke kebumen 🙂

  • laili umdatul khoirurosida

    Jumat, 26 Agustus 2016 at 8:02 PM

    Aku pernah makan udang begini di tempat makan, enaaak banget rasanya.. saking enaknya sampe aku ga nyadar kalo itu udang.. Padahal aku alergi wkwkw

    Resepnya boleh lah ya disimpan, siapa tau calon suami suka *aiih

  • Arina Mabruroh

    Sabtu, 27 Agustus 2016 at 12:42 AM

    Mba, sudah lama aku penasaran sama menu ini.. tapi kalau mau nyoba jadi ragu2 kebayang amisnya telur asin udah eneg duluan. Amisnya kerasa nggak sih?

    btw tetangganya sama banget kek di Wonosobo, apalagi tetangga dan memang saudara 🙂 kalau pulkam trus mau balik Semarang pasti dioleh-olehin macem2 😉

  • Unknown

    Sabtu, 27 Agustus 2016 at 8:47 AM

    This is so inspiring! I love the post:)

    irenethayer.com

  • Indah Nuria Savitri

    Rabu, 31 Agustus 2016 at 5:35 PM

    Astagaaaa enak bangeet ituuuh

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:15 AM

    *lemparin* >.<

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:15 AM

    Sama-sama^^
    Terimakasih juga udah mampir.

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:16 AM

    Betuul, Makchi.
    Doh, mau dih bagi. Tapi udah abis :p

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:17 AM

    Siaaap. Monggo Mba.
    Jangan takut nyoba. Masak itu bersenang-senang. Kalo gagal yaudah palingan nangis *eh 😀

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:17 AM

    Batuul, Mas. Wah, banyak temen orang Kebumen juga ya.

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:18 AM

    Wkwkwk, dikiranya apa kalo bukan udang? 😀
    Bungkuuuss lah.

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:19 AM

    Enggak amiiiss. Beneran deh. Malah lembut masir2 gitu.

    Seneng yaa punya tetangga baik hati 🙂

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:19 AM

    Thank you for stopping by 🙂

  • Rotun DF

    Kamis, 1 September 2016 at 5:20 AM

    Mba Iiiinn..astagaa..senengnya aku dimampirin Mba Insav. Makasiiihh^^

  • Riza Alhusna

    Sabtu, 3 September 2016 at 2:14 PM

    Sekali-kali liat blognya emak-emak lah. Sapa tau abis ini gw ketularan bisa masak.

  • fanny fristhika nila

    Selasa, 13 September 2016 at 9:57 PM

    g putihnya ga dipake samasekali ya mbak? aku suka bgt menu segala yg berbau telur asin ini.. kdg2 kan di resto chinese cumi juga dimasak telur asin… tp ada 1 resto yg putihnya juga dicincang halus dan dicampur.. enak juga sih.. aku catet resepnya yaa.. mw minta mba ART ku bikinin ini buat menu 🙂

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prev Post Next Post