Fun Science: Balon Mengembang Tanpa Ditiup? Kok Bisa?

Kamis, 3 November 20220 Comments
Blog post

Fun Science merupakan agenda kelas literasi Saung Aksara di pekan ketiga setiap bulannya. Belajar sains dengan meyenangkan, dan tentu saja: Seru!

Nah, untuk fun science kemarin kita melakukan percobaan dengan bahan yang cukup sederhana., lho. Yaitu botol air mineral kosong, balon, cuka dan soda kue. Bahan yang sama bisa dipakai juga untuk percobaan gunung meletus, kecuali balonnya ya.

Alat dan Bahan

Karena anak-anak yang datang cukup banyak, akhirnya kita bagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok kita kasih alat dan bahannya, yakni:

  • 3 buah botol kosong
  • 3 buah balon
  • 2 botol cuka
  • 2 bungkus soda kue

Langkah Percobaan Fun Science Balon Mengembang Tanpa Ditiup

Pertama, isi botol dengan larutan cuka dengan volume yang berbeda. Sedikit, agak banyak, dan banyak. Begitupun dengan balon yang diisi dengan baking soda.

Kemudian, masukkan ujung balon ke mulut botol lalu posisikan balon ke atas sehingga baking soda yang ada turun ke bawah botol yang sudah diisi cuka.

Perlahan, balon akan terisi udara, dan masing-masing sesuai dengan volume cuka dan baking sodanya. Yang terisi sedikit maka balonnya kecil, semakin banyak maka balonnya semakin besar.

Teriakan dan decak kagum anak-anak terdengar selama proses berlangsung, beberapa bahkan ada yang menjauh karena takut balon akan meletus😂

Kenapa Itu Bisa Terjadi?

Setelah percobaan selesai, bersama-sama kita membahas, kenapa itu bisa terjadi?

Ternyata, larutan cuka yang bersifat asam dan baking soda yang bersifat basa, menciptakan reaksi kimia yang menghasilkan CO2 atau karbondioksida. Yang kemudian mendorong O2 atau oksigen yang tadinya ada di dalam botol naik ke atas dan menyebabkan balon mengembang dan membesar.

Anak-anak juga membahas kenapa botol menjadi sangat dingin? Ternyata ini disebut dengan reaksi endoterm, yakni reaksi penyerapan kalor dari lingkungan ke sistem.

Campuran cuka (asam) dan baking soda (basa) bersifat netral sehingga terjadi perpindahan suhu dari luar botol (lingkungan) ke dalam botol (sistem).

[ Baca juga: Mainan Anak, Beli atau Bikin Sendiri? ]

“Senang dan seruuu belajar science bareng bunda dan teman-teman. Berasa jadi ilmuwan bikin percobaan-percobaan”, ujar Umami yang tak pernah absen di kegiatan Saung Aksara.

Gimana, seru kan percobaan kita? Coba juga yuk , di rumah masing-masing!

Tons of love,

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Prev Post Next Post