Fun Cooking Nugget Oyek

Kamis, 10 November 20220 Comments
Blog post

Nugget oyek menjadi pilihan fun cooking di kelas literasi Saung Aksara minggu kemarin. Nugget ayam mungkin sudah biasa bagi anak-anak. Tapi nugget oyek? Hmm, gimana ya rasanya?

Sebenarnya fun cooking bulan November itu saya jadwalkan di minggu terakhir. Terus, tadinya rencana mau bikin puding. Tapi pas di suatu hari lihat status ibu PKK yang lagi pelatihan tentang keragaman pangan dan praktek membuat nugget oyek, kok menarik banget ya. Apalagi anak-anak sekarang, kayaknya jarang banget yang tau atau masih makan oyek.

Akhirnya langsung komen di statusnya seseibu, kita panggil saja Bu El.

“Ibuuu, bisa kayaknya nih ngajakin anak-anak Saung Aksara buat bikin nugget oyek”

“Bisa doong. Ayok mau kapan? Minggu besok saya bisa”

Wow, fast respon gaes. Deal hari Minggu, saya follow up dengan nanya alat dan bahan apa yang diperlukan, lalu cuss belanja belanji.

Mengenal Oyek

Hari Minggu jam 2 siang, anak-anak datang ke saung dan langsung wow wow melihat ada meja dengan aneka bahan untuk membuat nugget oyek. Sebelum mulai memasak, Bu El memperkenalkan tentang oyek yang ternyata banyak sekali manfaatnya.

Salah satunya oyek memiliki kadar gula rendah sehingga baik untuk orang dengan kondisi diabetes, kolesterol, dan obesitas. Selain itu oyek mengandung berbagai nutrisi termasuk fosfor, kalsium, vitamin B, zat besi, protein, dan tentu saja karbohidrat.

Bu El juga menjelaskan sejarah oyek, ketika jaman penjajahan dulu nenek moyang kita kesulitan untuk mendapatkan beras sehingga akhirnya memiliki ide untuk mengolah singkong yang mudah didapat menjadi oyek yang menyerupai beras agar lebih awet disimpan.

Ternyata anak-anak tidak asing lho dengan oyek, meski jarang bahkan banyak yang belum pernah mengkonsumsinya. Beberapa mengaku tidak suka aromanya yang khas, efek dari perendaman singkong. Tapi ketika diolah menjadi nugget, ternyata rasanya sungguh enak dan anak-anak suka😍

Bahan Membuat Nugget Oyek

  1. kYang pertama tentu saja oyek sebagai bintang utama kita. Kemarin kita bikin 1,5 kg
  2. Ayam bagian dada 1 kg
  3. Sayuran berupa: wortel, brokoli dan seledri
  4. Keju, kemarin pakai kraft yang ukuran sedang 2 buah
  5. Susu plain/tawar
  6. Telur 3 butir
  7. Bawang putih
  8. Bawang bombay
  9. Tepung terigu dan tepung panir untuk pencelup
  10. Minyak untuk menggoreng

Baca juga: Ebi Furai Enak ala Resto? Ini Dia Resep dan Tipsnya

Cara Membuat Nugget Oyek

Dalam proses memasak anak-anak bergantian mulai dari memotong sayuran kemudian menumis bawang-bawangan, memasukkan bahan-bahannya satu persatu mulai dari sayuran, ayam yang sudah dikukus dan dicincang, keju, susu, garam dan lada, oyek.

Setelah semua tercampur rata, matikan api dan masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Kenapa apinya dimatikan? Biar telurnya nggak menggumpal dan matang duluan. Aduk kembali hingga tercampur rata dan kemudian taruh di loyang dan kukus selama 10 menit.

Setelah matang, kemudian dipotong-potong, dicelupkan ke larutan terigu dan air, dan kemudian gulingkan ke tepung panir dan terakhir goreng di minyak panas.

Alhamdulillah, nugget oyek dinikmati bersama-sama dengan cocolan saus tomat dan cabe. Bersama-sama anak-anak mengucapkan terimakasih kepada Bu El.

Baca Juga: Resep Capcay Kuah Tomat

Untuk resep 1,5 kg nugget oyek bisa jadi banyak bangeeet. Kemarin aja nggak digoreng semua, masih ada satu loyang yang belum dipotong. Rasanya enak dan gurih meski nggak pakai penyedap. Rasa bawangnya berasa, kejunya juga. Yummyyyy🤤

Gimana, nugget oyeknya gampang banget dibuatnya kan? Yuk, coba juga di rumah! Bisa menjadi alternatif frozen food yang enak dan tentu saja lebih sehat.

Tons of love,

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Prev Post Next Post